Yuk, Salurkan Donasimu Melalui Lazis Baiturrahman


Amal jariyah adalah amalan yang manfaatnya dirasakan terus-menerus oleh yang lain. Misalnya, kita menyumbangkan sesuatu untuk kepentingan umum. Selama benda tersebut masih digunakan oleh orang lain, maka pahalanya terus mengalir buat kita, bahkan setelah kita meninggal sekali pun. Walau sudah tidak dapat berbuat apa-apa, namun kita masih mendapatkan curahan pahala akibat sedekah kita.
Ya, itulah salah satu kemuliaan bersedekah. Keutamaan sedekah yang lain yaitu bisa menolak bala, memancing rezeki dari arah yang tak disangka, mempercepat terkabulnya doa, menyembuhkan sakit, bisa membantu perekonomian masyarakat jadi merata.

Kalau kita berzakat, berinfak dan bersedekah bisa lewat Badan Amal Zakat atau Lazis (Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah) nih. Zakat adalah wajib dikeluarkan, sementara infak dan sedekah hukumnya sunnah. Kenapa harus kita berzakat, infak dan sedekah, karena biar harta kita bersih dan berkah, dan di dalam harta kita ada bagian kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim piatu. 
Berbagi itu indah dan tidak akan membuat kita bangkrut. Zakat, infak dan sedekah membentengi kita dari sifat kikir, sebagai umat muslim kita harus dermawan dan kaya hati dengan gemar bersedekah. Baik berbagi berupa materi, ilmu pengetahuan, bahkan berupa senyum, kita tersenyum ramah dan tulus menyapa orang lain juga merupakan sedekah.


Jika Anda mempunyai rezeki lebih dan ingin berbagi, tapi terkadang bingung menyalurkannya, kami ingin merekomendasikan Lazis Baiturrahman yang akrab disebut Lazisba. Lazisba, adalah Badan Amil Zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam/YPKPI,  Tak usah ragu, Lazisba sudah terdaftar dalam SK Kemenkunham No AHU-10075.50.10.2014 menjadi Laziz Baiturrahman. 

Motto Lazisba yaitu tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Ya  betul sekali dalam agama Islam kita harus sering memberi, daripada meminta. Bahkan dilarang meminta termasuk oleh-oleh, karena dikhawatirkan membebankan orang yang kita mintai, barangkali yang pergi melakukan perjalanan dengan ongkos dan bekalnya yang pas-pasan.

Dana bantuan yang didonasikan melalui Lazisba Insya Allah akan bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan, tentu saja tepat sasaran dan akan ada laporan berkala bagi donatur. Nah, untuk apa saja sih donasi yang diterima Lazisba? Ada beberapa program yang menjadi andalan Lazisba diantaranya:

1. Bidang Ekonomi

Bertemu dengan ibu-ibu penerima program KUBAH
Lazisba memiliki program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan berupa pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk para mustahik atau orang yang berhak mendapatkan zakat, infak, sadaqah. Kita ibaratnya memberikan pancing dan kailnya bukan hanya umpan, sehingga perekonomian mereka bisa meningkat.
Programnya bernama Kubah atau Kredit Usaha Barokah. Kubah ini sudah menjangkau banyak pihak diantaranya para nelayan di Desa Tambak Mulya tahun 2009, para petani Tegowanu-Karangawen di tahun yang sama. Dan banyak lagi. Keren ya!

2. Bidang Pendidikan


Di bidang pendidikan, Lazisba memiliki program memberikan beasiswa untuk anak asuh tingkat SD-SMA. Nama programnya BUS alias Beasiswa Untuk Surga. Selain itu, ada kegiatan memberikan bantuan renovasi bagi sekolah yang bangunannya sudah memprihatinkan. Nama programnya Sekolahku Indah.
Sudah cukup? Belum! Masih ada lagi! Ada program ELC atau Education Learning Centre. ELC ini adalah pusat pengembangan pendidikan bagi para mustahik untuk meningkatkan kemampuan diri untuk hidup yang lebih baik. Untuk daerah yang rawan aqidah, Lazisba mendirikan TPA Taman Syiar Al Quran juga menyediakan pendampingan.

3. Bidang Kesehatan


Di bidang kesehatan ada program yang bagus sekali yaitu memberikan fasilitas bersalin gratis bagi para mustahik, namanya program Bercerita. Untuk ibu dan balita, Lazisba membuat program Ibu Kus alias Ibuku Sehat Anakku Cerdas. Kegiatannya memberikan pemeriksaan kesehatan dan peningkatan gizi para ibu dan anak. Bagi anak yatim dan dhuafa ada pula program sunat gratis bernama Sunah atau Sunat Barokah.

4. Bidang Kepemudaan

Programnya disebut SABAB (SATUAN PEMBINA UMAT LAZISBA). Program tersebut bertujuan menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam, berkarakter Islami, mandiri dan berjiwa sosial tinggi, sumber dai–dai dalam pembinaan, sebagai sarana pengembangan semangat Entrepreneurship di kalangan pemuda, dan yang lainnya.
Diharapkan dengan program ini, para pemuda mustahik bisa tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, soleh dan mandiri serta mampu berkarya di masyarakat. Mereka dibekali berbagai keterampilan yang bermanfaat.

Nah, gimana? Keren banget, kan! Program ini bisa berjalan berkat bantuan dari berbagai sumber yaitu Zakat, Infak, Sadaqah, CSR berbagai perusahaan, serta bantuan donatur dengan jangka waktu tertentu. Jadi, jangan mau ketinggalan ya! Kita salurkan rezeki kita melalui Lazisba agar mereka bisa tetap bisa menjalankan program-program mereka yang bermanfaat bagi para mustahik.

Buat yang ingin membantu memperkenalkan Lazisba, Lazisba juga punya program Duta Zakat yaitu relawan yang bertugas memberi informasi dan memperkenalkan Lazisba pada lingkungan sekitarnya. Diharapkan makin banyak orang yang tertarik menjadi donatur setelah kita jelaskan. Ya, jadi donatur atau duta zakat keduanya sangat mulia. Bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Insya Allah, kebahagiaan dan keberkahan akan melingkupi kita dan keluarga, aamiin. Mari lakukan amal terbaik kita lewat Lazis Baiturrahman. Untuk info lebih lanjut hubungi:

Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
Masjid Baiturrahman Semarang
FB / IG: LazisBaiturrahman
Call center : 0851-0099-9774

Komentar

  1. Patagraf pertamanya sama persis punyaku ya mbak 😀

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah diingatkan tentang sedekah ini, Mbak...

    BalasHapus
  3. Sedekah buat tolak balak. Wah wajib banget buat sedekah y kalo kayak gini. Alhamdulillah deh afa lazisba yg pastinya terpercaya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... sedekah sih sunnah. jika mendapatkan ujian, yang wajib adalah bersabar. namun jika dengan sedekah bisa meringankan beban kita sehingga lebih bisa bersabar, kenapa tidak? :)

      Hapus
  4. Pembinaan pemuda, program yang istimewa banget. Memang harus peduli ya, mba sama anak-anak muda jaman now.

    Biar mereka banyak aktif untuk peduli sesama dan juga lebih mengenal agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. karena pemuda adalah kekuatan inti setiap generasi :)

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^