Kriteria Tempat Belanja yang Ideal untuk Harbolnas

Yippie! Harbolnas segera tiba! Eh, ada yang belum kenal apa itu Harbolnas? Bagi para aktivitis belanja online, sepertinya istilah yang satu ini sudah akrab selama beberapa tahun belakangan. Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Di mana lebih dari 200 E-commerce yang beroperasi di Indonesia akan secara serentak mengadakan promo diskon besar-besaran. 


Wow! Seru banget, kan? Kapan Harbolnas berlangsung? Pada awalnya, Harbolnas resminya ditetapkan sebagai promo yang dikenal dengan 12.12 karena berlangsung pada tanggal 12 Desember. Namun untuk tahun ini, sepertinya akan ada sesi pemanasan Harbolnas mulai 11.11 alias 11 November 2017. Sebentar lagi!

Makanya, bagi kamu yang berminat untuk ikut menikmati berbagai promo yang ditawarkan di Harbolnas bahkan sejak masa pemanasannya, yuk mulai pilah-pilih mau berbelanja di mana nantinya agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini kriteria tempat berbelanja online yang ideal:

Aman

Tak heran jika banyak situs abal-abal yang menawarkan barang dengan harga super murah. Apa lagi di tengah euforia Halbolnas nanti. Hati-hati, jangan langsung tergoda dengan penawaran seperti ini, ya. Kita harus bisa memilih situs marketplace yang terpercaya. Apa kriterianya? Situs marketplace yang terpercaya harus bisa menjamin transaksi kita tidak akan bocor pada pihak lain yang tidak berkepentingan.
Cara paling mudah untuk mendeteksi apakah sebuah marketplace merupakan tempat yang aman untuk berbelanja adalah dengan memperhatikan URL-nya, dari mulai masuk hingga transaksi pembayaran. Pilih URL yang diawali dengan HTTPS. HTTPS merupakan sebuah protokol yang mengenkripsi data Anda sehingga semua aktivitas di website tidak bisa dibaca oleh orang lain. Huruf S adalah singkatan dari kata Secure alias aman. URL dengan HTTPS memiliki indikasi barnya berwarna hijau. Coba perhatikan pada alamat situs Mall Internet, misalnya.

Lengkap

Tentu saja, ini adalah kriteria yang kita perlukan agar kita memiliki pilihan yang luas terhadap berbagai barang incaran kita. Kita bisa mengharapkan produk yang kita inginkan tersedia di sana. Sehingga puas acara belanjanya! Matahari Mall merupakan salah satu contoh marketplace terlengkap yang pernah saya temui.

Interaktif

Di tengah era digital seperti saat ini sekali pun, kita tetap membutuhkan interaksi dan komunikasi dengan sesama manusia, bukan sekadar dengan mesin. Ya, namanya juga makhluk sosial, ya. Customer Care yang disediakan oleh marketplace sebaiknya responsif, ramah, informatif dan tersedia dalam berbagai jalur yang mudah dijangkau. Misalnya ada sarana chatting di situs, bisa dikontak melalui telepon, WA, media sosial dan lain-lain. Tokopedia adalah salah satu marketplace yang saya suka cara melayani pelanggannya.

Transaksi Mudah

Iya, dong. Kebanyakan pembeli online menggunakan sarana internet untuk berbelanja itu kan salah satu alasannya karena lebih praktis dan mudah. Termasuk dalam urusan pembayaran. Selayaknya sebuah marketplace menyediakan metoda yang semakin mudah dan bervariasi.
Utamakan memilih cara pembayaran COD alias Cash On Delivery jika penjual menyediakan fasilitas cara pembayaran tersebut. Dengan begitu, jika barang yang diterima itu rusak atau tidak sesuai dengan keinginan, kita bisa mengembalikan barang tersebut langsung tanpa harus membayar. Sehingga tidak perlu lagi melakukan pengembalian barang dan refund yang merepotkan itu. Lazada adalah marketplace yang menyediakan fasilitas COD untuk beberapa produknya.

Promo Menarik

Ya iya, lah. Ini alasannya kita menanti-nanti Harbolnas, kan? Karena biasanya para marketplace itu berlomba-lomba menawarkan promo yang menarik. Diskon besar, cashback, gratis biaya pengiriman, hadiah yang menggiurkan dan sebagainya. Seperti Lakupon ini, yang menyediakan aneka voucher menarik bagi kita untuk bersenang-senang menikmati waktu bersama orang-orang terdekat kita.
Jangan lupa untuk meneliti terlebih dulu syarat dan ketentuan dalam menikmati berbagai promo yang ditawarkan oleh marketplace, ya. Jangan terkecoh dengan judul promonya saja. Guna meminimalisir kesalahan perhitungan serta transaksi nantinya akan berjalan lebih lancar karena kita sudah paham mekanismenya.
Untuk informasi praktis tentang berbagai promo menarik yang ditawarkan selama Harbolnas, kamu bisa mengunjungi halaman Promo Menarik di blog ini supaya tidak ketinggalan. Rajin-rajin memeriksa isinya, ya. Karena akan dilakukan pembaharuan secara berkala, lho.


Reputasi Toko yang Bagus

Yang namanya marketplace, adalah sebuah pasar temat bertemunya para penjual dan pembeli. Jadi, biasanya marketplace ini terdiri dari banyak toko yang berjualan aneka jenis barang di dalamnya. Makanya, kalau kita sudah menemukan marketplace yang memenuhi syarat di atas, sekarang kita tinggal memeriksa reputasi dari setiap toko yang barang dagangannya menjadi incaran kita untuk membelinya.
Cara mengetahui reputasi suatu toko online bisa melalui rekomendasi dari keluarga atau kerabat yang pernah memiliki pengalaman bertransaksi dengan toko ini sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkannya melalui fasilitas yang disediakan marketplace seperti misalnya label tertentu untuk toko yang berprestasi, banyaknya bintang yang diterima serta dengan membaca dari para pelanggan sebelumnya.

Nah, bagaimana? Semakin siap menghadapi Harbolnas nanti? Eit! Mampir lagi ke sini besok, ya. Karena setelah ini akan saya paparkan berbagai tips untuk mempersiapkan diri menjelang Harbolnas. Agar acara belanja kita bisa berjalan dengan lebih efektif. Tungguin, ya!

Sumber foto: freeimages.com

Komentar

  1. Menjelang harbolnas pasti banyak promo2 nih, harus gercep biar dapat wkwk rela begadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bener. Dah punya incaran nih?

      Hapus
  2. Sudah bikin list barang yang diincar di harbolnas nanti biar makin asoyyy belanjanyaa :D

    BalasHapus
  3. Wiihh bntr lg harbolnas yaaa..

    Aku Suka lazada krn bs cod-an tp barang2 di tokped lebih murah,, tricky bgt ya belanja online hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya. Kudu pinter milih2😁

      Hapus
  4. Mbaaaak.. Ada yang kelewat tipsnya. Umpetin ATM dan token haha... Bisa kalap liat diskonan harbolnas 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Itu tips untuk artikel berikutnya. Tips pas hari-H Harbolnas :p

      Hapus
  5. Kudu bikin daftar belanjaan nih biar nggak kalap.

    BalasHapus
  6. Kalau saya suka belanja di tokopedia, aman dan jarang sekali saya ada kendala. Btw, bentar lagi harbolnas ya. Belanja online yuk

    Salam kenal

    BalasHapus
  7. harbolnas dan saya enggak belanja
    #nasib2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. ya gpp juga kan ga belanja :)

      Hapus
  8. Nggak sabar menunggu besok untuk Harbolnas, mba. Hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, hari ini ada yg sudah mulai lho. Tunggu infonya hati ini di artikel baruku ya. Masih ribet nih :)

      Hapus
  9. Perlu siap-siap neeh.... harbolnas :)

    BalasHapus
  10. saya juga nungguin harbolnas nih soalnya ada beberapa barang yang mau dibeli. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai kelewatan, ya. tipsnya ada di artikel baru setelah artikel ini lho :)

      Hapus
  11. aku belum ada rencana buat beli barang2.. pengen beli offline tapi maless... mau beli online gak sabar nunggu barang dateng... ahahah.. serba salah deh... gak diapa2in juga, duit berkurang terus.. aing bingung.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Ya ampun dilema sekali :p

      Hapus
  12. Aih, lengkap banget tipsnya... 11.11 udah lewat, buat nanti 12.12 aja deh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^