Jenis Makanan Yang Mengandung Banyak Kalsium

makanan kalsium

Dalam membentuk tulang yang kuat, sangat diperlukan nutrisi yang mengandung kalsium dan sekaligus protein serta vitamin D. Protein dan kalsium mampu memperkuat tulang. Sedangkan untuk vitamin D dapat membantu untuk melakukan penyerapan kalsium dengan baik. Kandungan nutrisi tersebut dapat kita temukan dalam kandungan susu. Susu untuk tulang. Namun, di samping itu masih ada jenis-jenis makanan yang juga mengandung gizi yang sama banyak manfaatnya. Lantas apa sajakah makanan yang mengandung banyak kandungan nutrisi seperti yang disebutkan di atas. Berikut ini ada manfaat susu dengan beberapa jenis makanan yang mengandung gizi tersebut.



1. Almond Butter


Anda tentu tahu kan apa itu almond butter. Jenis kacang yang memiliki jumlah kalsium tinggi. Selain itu, almond tidak banyak mengandung banyak kolesterol. Sehingga baik untuk Anda konsumsi sebagai tambahan protein dalam tubuh anda. 

Almond butter merupakan kacang yang low fat jadi tergolong aman untuk dimakan. Almond memiliki kandungan sekitar 240 mg dalam jumlah 2 sendok makan. Ditambah dengan protein serta nutrisi yang lainnya. Semua kandungan ini dapat membentuk zat gizi yang bagus untuk tulang. 


2. Sayuran


Kandungan protein selanjutnya dapat anda temukan pada sayuran. Sayuran hijau segar memiliki kandungan protein yang cukup besar. Sayuran yang dimaksud seperti selada, sayuran kale dan sayuran lobak. 

Sayuran tersebut, jika dimasak, sekitar 200 mg kalsium yang akan Anda dapatkan untuk tubuh Anda. Sehingga kebutuhan kalsium dapat tercukupi sekitar 20% bagi tubuh Anda.


3. Yogurt


makanan kalsium

Yogurt hampir sama dengan susu untuk tulang. Karena mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan dalam tubuh. Kandungan kalsium dalam yogurt lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah kalsium yang terdapat pada susu murni. 

Hal ini karena dalam proses pembuatannya yogurt mengalami proses yang cukup komplek. Sehingga dalam semangkuk yogurt rendah lemak bisa menghasilkan 42% jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Well, itu tadi beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kalsium untuk tubuh, khususnya untuk kesehatan tulang. Selain susu untuk tulang, masih ada banyak macam makanan sehat dan kaya kalsium lainnya.

27 komentar

  1. Sayangnya banyak yg tidak suka sayur ya. Jadi pertumbuhan anak Indonesia memang stagnan. Tulangnya tak tertopang dengan kalsium yang maksimal.

    BalasHapus
  2. Siippp. Aku demen bgt tiga makanan ituuu. Tinggal anakku nih, yg pilah/i kalo makan sayur.

    BalasHapus
  3. Ternyata kandungan kalsium di yogurt lebih tinggi dibanding susu murni ya. Anakku yang paling gede suka banget minum yogurt, kalo aku cuma icip-icip aja biasanya :D

    BalasHapus
  4. Ini semuanya makanan kesukaan aku semua nih kadang kalau lagi bingung gak inget makanan2 ini padahal waktu hamil aku sempet kekurangan kalsium dan malah konsumsi obat

    BalasHapus
  5. Yoghurt memang dikenal sebagai salah satu mnuman sehat ya mba. Cuma akumasih pilih rasa hahaha, kalau yang terlalu asam masih belum nyaung, hehe

    BalasHapus
  6. baru tahu kandungan kalsium di yogurt lebih banyak dibandingkan dengan susu murni :) untung waktu hamil aku doyan banget makan yogurt hehehe

    BalasHapus
  7. Saya sekeluarga suka banget nih ma yogurt. Dan ternyata kalsium tidak hanya ada di produk hewani

    BalasHapus
  8. Kebutuhan kalsium terasa banget kalau sudah seusiaku. Apalagi perempuan, sendi2 gampang aus. Harus benar2 dijaga asupannya.

    BalasHapus
  9. sampai saat ini aku kurang suka masa kak konsumsi yogurt, hiks, padahal beberapa kali ke ahli nutrisi aku disaranin buat banyak makan yogurt...

    BalasHapus
  10. AKus uka banget sama namanya yoghurt asem-asem tapi nyegerin ayah mbk. Yoghurt juga mempunyai kandungan kalsium juga yah

    BalasHapus
  11. Dari ketiga makanan penambah kalsium diatas, almond butter yang paling jarang aku makan nih.. kalo sayuran dan yogurt sering banget, karena doyan hihi..

    BalasHapus
  12. Yogurt asyik banget jika ada banyak kalsium. Kayaknya ku mau perbanyak konsumsi kalsium ah :)

    BalasHapus
  13. Yogurt sekarang banyak jenisnya ya mbak, anak-anak suka susu atau yogurt. Sesekali belinya giliran gitu, hihiii

    BalasHapus
  14. Semua makanannya aku suka, anakku jg suka haha. Penting banget mencukupi kebutuhan kalsium supaya tulang tetap kuat walau udah berumur ya. Btw aku jg suka minum susu kalsium tinggi mak ��

    BalasHapus
  15. Wah, info bermanfaat nih buat saya yang udah 35+ hihihi. Perlu mengonsumsi makanan-makanan berkalsium yang cukup, biar gak osteoporosis dini.
    TFS, Mbak :)

    BalasHapus
  16. aku lebih suka almond butter! Asli rasanya enaaaak dan bebas laktosa yaa

    BalasHapus
  17. Wahh baru tahu nih kalo yogurt memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dari susu murni

    BalasHapus
  18. Alhamdullillah, bersyukur, minuman favorit yogurt termasuk yang banyak kalsium.
    Sama kayak mba Elly, almond butter, aku jarang konsumsi.

    BalasHapus
  19. Almond aku suka banget dan emang almond kaya akan kalsium. Kalau sayuran mah kudu dan wajib ya, tapi kalau sayur paling suka bayam. Untuk yogurt gak terlalu suka. Daripada yogurt, aku memilih minum susu kalsium aja

    BalasHapus
  20. Penting banget memang nih kalsium pas paling terasa saat hamil nih..kalau kurang kalsium kasian banget ibu n anaknya..

    BalasHapus
  21. Aku suka nih semua jenis makanan yang tersebut di atas. Terutama yogurt, apalagi sekarang ada banyak rasa

    BalasHapus
  22. saya belum coba no 1, 2 dan 3 hihihi

    BalasHapus
  23. Aku belom pernah konsumsi almond butter Mbak. Paling ya almond panggang atau butter aja yg salted ama yg unsalted huehhe but thanks for informations mbak

    BalasHapus
  24. Aku rasa rasanya kurang kalsium deh kak. Tulangku rasanya tak skuat dulu hiks. Makanya mau mulai drutinin ah konsumsi makan makanan di atas. Makasih inpohnya ya kak

    BalasHapus
  25. Aku baru tahu nih kalau ternyata Almond butter utu tinggi kalsium. Oh ya untuk pemenuhan kalsium sendiri biasanya keluarga kami itu ya paling susu atau buah aja sih hehe.

    BalasHapus
  26. alhamdulillah saya suka semuanya mbak, kebutuhan kalsium saya insyaAllah terpenuhi, sering makan sayur soalnya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^