[Ulasan] Outdoor Speaker SPC Noah Sound, Nendang Suaranya!


Hai, Teman-Teman! Kali ini aku mau mengulas sebuah perangkat kekinian, nih. Yaitu bluetooth speaker. Sebenarnya, aku sudah punya alat semacam ini sebelumnya, hadiah dari menang lomba blog. Namun aku tak tahu cara pakainya. Hahaha...

Nah, makanya aku bahagia sekali saat ada kesempatan untuk mencoba bluetooth speaker yang lain. Karena siapa tahu, model yang berbeda bisa membantuku lebih memahami apa sih, sebenarnya bluetooth speaker itu?

Sekilas Mengenal Bluetooth Speaker

Jadi ceritanya, teknologi bluetooth itu memungkinkan perangkat untuk berbicara satu sama lain tanpa melalui kabel. Kita hanya cukup sekali memasangkan (pairing) kedua alat untuk saling mengenal, dan kemudian keduanya akan mampu berkomunikasi, saling tukar data dll tanpa bantuan kabel. 

Teknologi ini dikenal membutuhkan biaya murah dan konsumsi daya yang rendah. Dan kini, teknologi bluetooth telah diterapkan ke speaker, sehingga melahirkan bluetooth speaker.

Dengan melekatkan alat transmisi atau kartu ke perangkat, ia akan mengirim dan/atau menerima gelombang radio. Gelombang ini kemudian diperkuat oleh amplifier dalam speaker.

Keuntungan Memiliki Bluetooth Speaker

Ini adalah pertanyaanku saat menerima hadiah bluetooth speaker, "Buat apa?" Bukannya di PC, laptop maupun telepon genggam sudah ada speaker-nya? Ternyata, memang ada banyak keuntungan menggunakan alat ini. Berikut di antaranya:

1. Nirkabel

Laptop biasanya sudah memiliki speaker di dalamnya. Sedangkan PC, membutuhkan tambahan speaker luar atau headset untuk memberikan kualitas suara yang lebih jelas. Keduanya adalah alat berkabel.

Ada saat di mana kita merasa suntuk dengan banyaknya kabel bersliweran di sekitar meja kerja kita. Jadi kalau kamu ingin mengurangi jumlah kabel yang bergelantungan, kamu bisa pakai bluetooth speaker untuk memberikan pengalaman audio yang lebih baik dan rapi di mata.

2. Portabel

Biasanya ia hadir dalam bentuk yang mudah dibawa. Kemampuan 2 speaker yang biasanya menghiasi PC disatukan dalam sebuah kotak praktis. Mereka bisa dengan mudah terhubung ke perangkat. Selama kita menjaga gawai penerimanya berada dalam jangkauan yang ditetapkan.

Mereka dapat berguna ketika Anda mulai bosan atau ketika Anda berada dalam mood untuk bersantai.

3. Efisiensi Daya

Kebutuhan daya alat ini sangat rendah. Jadi, sangat membantu menghemat tagihan listrik.

4. Kualitas Suara

Dengan konsumsi daya yang rendah, alat ini mampu menghasilkan kualitas suara yang sangat mengesankan. Sudah bisa hampir menyerupai pengalaman suara di teater, deh.

5. Tanpa Instalasi

Tidak perlu perangkat lunak apa pun yang harus diprogramkan terlebih dulu. Cukup sekali pairing yang prosesnya hanya sekian detik, dan selanjutnya akan langsung terhubung secara otomatis. 

6. Desain

Karena performa yang bagus bisa dikemas dalam bentuk yang praktis, maka biasanya alat ini hadir dalam desain yang menarik juga. Tinggal disesuaikan saja dengan kepribadianmu. Mau yang elegan, hi-tech atau unyu-unyu.

7. Murah

Nah, asyiknya lagi, semua keunggulan di atas bisa kamu tebus dengan harga murah. Bahkan tersedia dengan diskon terbaik di toko-toko online kesayanganmu.

SPC Mobile Speaker NS-1, Meningkatkan Level Pengalaman Audiomu 

Nah, bluetooth speaker yang aku coba kali ini adalah Outdoor Speaker NS-1 (NoahSound) dari SPC Indonesia. Melihat kemasannya, kesannya berkelas sekali. Bukan sekadar karena ada foto Noah di depannya, ya.

Tapi memang bentuk, ukuran, bahan, warna dan komposisi gambar serta tulisannya benar-benar sedap dipandang. Kotaknya terbuat dari bahan yang kokoh dan tebal.

Kertas yang digunakan berwarna doff yang memudahkan kita membaca keterangan di atasnyaKesan mewah dihadirkan oleh aksen glossy di beberapa bagian seperti pada tulisan "Noah Sound Outdoor Speaker," gambar produk dan logo SPC. Terdapat lubang untuk menjinjing di atasnya. 

Bagian belakang kemasannya memuat berbagai fitur dari alat ini. Begini penampakannya:


Tuh, fiturnya keren-keren, ya? Antara lain:

1. Tahan Percikan

Produk ini akan tetap bekerja dengan baik walau terkena percikan air. Namun bukan berarti kita bebas mengguyurnya, hujan-hujanan atau menyelam bersamanya, ya.

2. Mendukung Banyak Perangkat

Antara lain: USB, Micro SD Card, tampilan daya iOS dan ringtone. Produk ini bisa digunakan untuk semua file berformat MP3, WMA, WAV FLAC dan APE.

3. Baterai Tahan Lama

Berbahan lithium dengan kapasitas 1200mAh. Membutuhkan waktu pengisian sekitar 3 jam. Dengan masa pakai sekitar 6 jam pada volume sedang dan sekitar 3,5 jam pada volume maksimal.

4. Suara Pembuka dari Ariel Noah

Ya, nama model produk SPC Noah (NS-1) ini memang diambil dari singkatan Noah Sound. Kalau tidak membaca keterangan ini di kemasannya, aku nggak bakal nyadar lho, kalau itu suaranya Ariel. Karena terdengar beda. Kukira itu suaranya bule asli. Hihihi...

Buat aku hal ini sangat membantu, ya. Jadi tahu bahwa tadi sudah benar atau tidak mengoperasikannya. Maklum ya, aku kan orang baru yang belum pernah menggunakan bluetooth, apa lagi bluetooth speaker.

Dan ini adalah salah satu keunggulannya dibanding kompetitor. Karena aku belum pernah menemukan speaker yang berisi suara pemandu seperti ini.

5. Percakapan Dua Arah

Yup! Produk ini bisa digunakan untuk menerima panggilan dan berbincang sebagaimana menggunakan telepon seperti biasa secara handfree.

6. Daya Output

Hanya 2 x 3 Watt dengan Radiator Bass.

7. Input AUX 3,5 mm

Produk ini bisa menerima inputan dari audio eksternal menggunakan colokan berukuran 3,5 mm.

8. Teknologi Bluetooth 4.0

Menghasilkan kemampuan transfer data yang cepat dengan konsumsi daya rendah. Daya jangkaunya bisa hingga radius 10 meter.

Apa Saja Sih, Isi Produk SPC Outdoor Speaker NS-1?

Kemasan baru produk ini dilapisi dengan plastik bening. Bagian tutupnya diisolasi dengan stiker bening yang cukup tebal dan kuat yang bisa berulang kali direkatkan kembali. Saat membukanya, kita akan segera mengenali keberadaan magnet yang ditanamkan di balik bagian tutup agar rapat.

Isi dari kemasan ini terdiri dari:
  • Speaker
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Pengait
  • Buku Manual
  • Lembar Spesifikasi Produk

Speaker-nya terbungkus plastik saat dalam kemasan. Desainnya sangat gagah dengan warna dominan hitam dan aksen garis merah di bagian tengah maupun sekeliling bidang depan dan belakang. Di ujung kanan atas terdapat lubang merah tempat memasang pengait untuk digantung di tas dll.

Ukurannya cukup praktis. Dengan dimensi 142 x 70 x 46 mm dan berat 395 gram sudah termasuk baterai, tentu tidak memakan tempat dan mudah dibawa ke mana pun.


Bagian bawah alat ini memiliki kaki dari bahan karet agar perangkat dapat diletakkan dengan stabil. Sisi kirinya memiliki lubang pemasangan kabel USB, AUX dan Micro SD. Area ini memiliki penutup yang rapi hingga terlindungi dari percikan air.

Bagian atas perangkat adalah bagian utama berisi berbagai tombol operasi. Di sini juga terdapat 2 lampu penanda aktivitas perangkat.

Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak video berikut ini:


Secara pribadi, aku suka banget dengan buku manual yang disediakan produk ini. Karena isinya lengkap, jelas dan sangat membantu aku memahami cara memakainya. Suatu hal yang tidak ada dalam produk bluetooth speaker yang aku miliki sebelumnya. Pantas saja bingung, ya.

Pengalamanku Bersama SPC Outdoor Speaker NS-1

Dari video di atas, kita juga bisa melihat bagaimana produk ini memiliki antarmuka yang interaktif dengan indikator suara setiap kali perangkat menyala, terhubung, berganti mode atau pun dimatikan.

Besarkan volume suara gawaimu ya, untuk bisa mendengar dengan detil perbedaan suara saat volume kecil dan volume besar. Juga bagaimana suara asli dari telepon genggam dalam volume maksimal dibandingkan dengan saat dihubungkan dengan speaker dalam volume maksimal.

Sstt... Aku mencobakan pada salah satu video dalam akun Youtube Gayafone milik Kang Dadan Ramdhani yang ternyata juga mengulas produk ini.

Baru deh, aku percaya bahwa ternyata memang menggunakan alat ini jelas terdengar bedanya. Suara lebih keras, jernih, double stereo dengan bass yang nendang banget! Benar-benar pengalaman yang mengasyikkan bagi telingamu.

Serunya lagi, produk ini bisa digunakan untuk menerima panggilan saat sedang aktif digunakan. Tinggal pencet tombol Bluetooth/Call, maka kita bisa bercakap-cakap langsung tanpa perlu membawa telepon.

Berhubung penelepon jaraknya dekat, jadi terdengar ya bahwa ternyata ada delay antara saat penelepon berbicara dan terdengar via speaker. Ini wajar saja mengingat memang yang dikirim adalah gelombang bunyi yang tidak secepat gelombang cahaya lajunya.

Puas menikmati teknologi bluetooth-nya, aku juga mencoba menggunakan fasilitas audio eksternalnya dengan menghubungkan ke komputer. Sudah terlihat di video kan, bagaimana dahsyatnya suara yang dihasilkan. Padahal itu pakai volume sedang saja di komputer, lho.

Berhubung aku ini introvert yang tidak suka suara keras, jadi aku menikmati speaker ini dalam volume maksimal namun volume di komputer yang terkecil yang masih bisa didengar. Dan ternyata masih bening aja tuh, sensasinya di telinga. Mantap!

Berhubung judulnya Outdoor Speaker, jadi aku coba beneran deh, pakai di luar ruangan. Aku memilih taman dekat rumah yang banyak didatangi para mahasiswa dan keluarga.

Di tengah temaramnya lampu-lampu taman, aku memilih area yang agak sepi untuk menyalakan speaker. Begitu terdengar suara "power on!" di seberang sana ada yang menyahut, "Myuziikkk...!" Huahaha...

Rasanya antara tengsin dan ingin menimpali, "Yak, yang di ujung sana! Mau titip salam dan kirim-kirim lagu buat siapa?" Namun hal itu malah membuatku teringat akan umur. Hahaha... Keren lah, memang speaker ini. Sukses bikin aku jatuh cinta dan jadi suka memakainya.

Kamu mau merasakan sensasinya juga? Harganya murah, kok. Cuma 200 ribuan di Shopee. Yuk, serbu!

Komentar

  1. Iya, enak klo speakernya nirkabel gini ya Mba. Enggak pake kabel klewer2. Mau juga ah speakernya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, baru tau aku kalau punya beginian asyik jg hehehe..

      Hapus
  2. Berarti bisa telponan tanpa harus pegang hp ya mbak? Cocok kalo lagi ga bisa hands free alias gendong sana gendong sini si bayik.

    BalasHapus
  3. Huwaaaa asik banget mBa, pengen punya duh. Meringankan sekali ini buat kita para emak hehehhe

    BalasHapus
  4. Wah aku malah baru tahu nih kalo ada bluetooth speaker. Keunggulannya banyak juga ya ternyata.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^