Merajut Mimpi Sang Putri, Merangkai Kata Mengejar Cita

Memiliki anak yang menginjak usia remaja itu sebuah tantangan tersendiri. Kebutuhannya akan independensi dan privasi menyeruak kental di usia ini. Kadang menimbulkan friksi yang mewarnai hari. Fiuh, kembali orangtua dituntut memiliki kesabaran yang berbeda. Keluasan hati untuk mengakui kemandiriannya sambil tetap bersedia di garis belakang untuk mengamati dan mengingatkan saat dia mulai salah arah.
Di usia ini, Putri Sulungku telah merumuskan cita-citanya dan menemukan gairah dalam hidupnya untuk menekuni hobi pilihannya. Dia bercita-cita ingin menjadi dokter bedah. Dan menulis adalah kegemarannya.
Pindah ke rumah baru membuka peluang baginya untuk mendapatkan suasana yang baru. Suasana yang lebih mendukung privasinya. Ya, dia menginginkan ruang kamar yang terpisah dari saudara laki-lakinya. Pun, karena kebutuhannya yang semakin tinggi terhadap gawai, kami mengizinkannya meletakkan laptop ayah di kamarnya.

Laptop ini, selain untuk menyalurkan hobi menulis, utamanya difungsikan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar yang dia ikuti dalam sebuah kelas online. Kelas ini merupakan jalan yang kami ambil untuk memfasilitasi anak-anak kami yang menerapkan homeschooling dalam belajar agar tetap bisa mendapatkan ijazah. Ijazah inilah yang dibutuhkan putriku untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi hingga bisa menjadi dokter.
Masalah kadang timbul jika Sang Ayah suatu saat harus memakai laptop di samping komputer yang sudah ada. Kadang karena tuntutan pekerjaan, Beliau membutuhkan 2 komputer untuk menyelesaikannya. Atau karena Beliau harus bekerja di tengah perjalanan.

Ya, bertambah lagi pribadi berusia dewasa di rumah kami. Yang menuntut haknya untuk diperlakukan sama. "Kapan aku punya laptop sendiri?" tanyanya. Dan untuk ke sekian kalinya kami mengingatkan bahwa dia akan mendapatkannya di usia 13 tahun.
Sebenarnya dia tak menuntut banyak. Dia hanya meminta apa yang dia butuhkan. Saat ini, dia hanya butuh laptop untuk menulis dan belajar online dengan fasilitas audio yang memadai. Namun, sebagai orangtua, tentu kami harus memiliki visi yang lebih jauh. Kami harus mempersiapkan kebutuhannya sesuai tuntutan di masa mendatang, bukan hanya sekarang. Diam-diam, kami mencari informasi tentang laptop yang tepat untuk mendukung perkembangan aktivitasnya nanti.

Ingatanku melayang pada sebuah acara megah yang berlangsung pertengahan Agustus lalu dengan tajuk "The Edge Of Beyond." Dalam acara ini, ASUS merilis 6 notebook terbarunya. ASUS, sebuah nama yang tak asing lagi di telinga karena menempati peringkat 1 terbesar di pasar notebook Indonesia, berdasarkan data GfK 2017. Diantara keenam produk baru yang diluncurkan, perhatianku tertarik pada ASUS VivoBook S. Mengapa? Berikut ini beberapa alasannya.

Penampilan

Ya, tampilan ASUS VivoBook S15 tampak begitu anggun dengan keindahan desain yang sempurna. Aku tahu, gawai dengan varian warna emas adalah idaman putriku. Ukurannya pun sangat tipis dan lebih ringan dari sebelumnya. Beratnya hanya 1,7 kg dengan profil 17.9 mm.

Layar

Bisa dibayangkan, dengan ukuran setipis itu, artinya layar ASUS VivoBook S15 pun memiliki desain yang super tipis. Panel layarnya Full HD dan sebenarnya berukuran 15,6". Namun karena ketipisan bezelnya, ukuran tersebut dapat masuk ke dalam bingkai laptop khas ukuran 14 inci. Inilah keunikan bingkai NanoEdge 7,8 mm yang secara luar biasa memberikan rasio 80% antara layar dengan tubuh laptop. 
Selain dari segi ukuran, keistimewaan lain yang dimiliki oleh layarnya adalah teknologi lebar pandangan hingga 178°. Tentu saja, saat Putri Sulungku memiliki laptop sendiri, dia tetap harus bersedia berbagi dengan adik-adiknya jika jadwal bermain gawai tiba. Biasanya, mereka mengisi waktu tersebut dengan menonton video bersama-sama. Dengan layar yang memiliki sudut pandangan selebar ini, maka bisa dipastikan bahwa anak-anak akan merasakan keasyikan yang serupa di mana pun posisi duduknya saat menonton bersama. Karena warna dan kontras yang dihasilkan tetap hidup dan tajam dilihat pada sudut pandang mana pun.

Visual

Keasyikan lain yang ditawarkan adalah teknologi visual yang disebut ASUS Splendid. Teknologi ini memiliki 4 fitur mode tampilan, yaitu: Normal, Vivid, Eye Care dan Manual. Fitur ini dapat diakses dengan sekali klik untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan. 
Mode normal adalah bentuk visualisasi yang biasa digunakan sehari-hari. Jika kita ingin tampilan dengan foto dan video yang memiliki tingkat kekontrasan menakjubkan, kita bisa menggunakan Mode Vivid. Sedangkan Mode Eye Care saat cocok untuk menemani putriku selama kegiatan menulisnya. Karena dia hanya butuh mengetik, tidak memerlukan warna-warni gambar. Mode ini mengurangi tingkat paparan cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata. Sedangkan Mode Manual disediakan untuk kita mengatur sendiri penyesuaian warna sesuai selera.

Video

Menonton video melalui laptop ini memberikan pengalaman yang menakjubkan. Karena gambar tampak sangat hidup dan realistis setiap saat. Hal ini disebabkan oleh teknologi video yang dimiliki ASUS, yaitu Tru2Life. Melalui algoritma yang cerdas, video mendapatkan optimalisasi pada ketajaman dan kekontrasan dalam setiap piksel di setiap frame hingga 150%!

Audio

Keindahan visual yang dihadirkan oleh laptop ini didukung pula oleh kualitas audio yang ekspansif, disetel oleh para ahli. Dengan teknologi ASUS SonicMaster, VivoBook S memiliki kombinasi dari perangkat keras, perangkat lunak dan penyetelan audio yang dirancang khusus. 
Perangkat kerasnya berupa amplifier, pengeras suara besar dan ruang resonansi yang disesuaikan dan dirancang untuk pengiriman audio yang kuat dan suara bass yang lebih dalam. Perangkat lunaknya berupa grading codec kelas profesional yang membantu encoding dan decoding audio secara tepat. Selain itu, terdapat pula pengolahan sinyal tambahan dan penyetelan untuk memperbaiki detail suara, menyaring suara dan meningkatkan kejernihan suara.
Teknologi audio ASUS ini menyediakan 5 mode suara yang dapat dipilih dengan sekali klik, yaitu: Mode Music, Movie, Gaming, Recording/Speech dan Manual. Mode Music memberikan suara yang realistis dengan perubahan yang minimal, sehingga yang kita dengar sesuai dengan suara aslinya. Mode ini sangat cocok dipakai oleh putriku saat menyimak pelajaran dalam kelas online.
Sedangkan untuk acara menonton bersama, tentu saja mode Movie pilihannya. Mode ini memperbaiki bagian bass dan frekuensi tinggi sehingga menghasilkan efek suara yang penuh energi selayaknya menonton di bioskop.
Mode Gaming memperbaiki setiap detil suara saat bermain. Deru mesin dalam permainan balapan atau dentuman ledakan di tengah medan permainan, mendukung imajinasi kita saat bermain.
Mode Speech akan memastikan hasil rekaman suara kita jernih dengan keseimbangan antarfrekuensi yang baik. Mode ini sangat sesuai untuk dimanfaatkan oleh putriku yang kadangkala harus mengumpulkan tugas dalam bentuk rekaman suara. Selain itu, mode ini juga bagus untuk mengisi suara dalam tugas pembuatan video.

Kinerja

Semua keunggulan di atas dapat dinikmati karena laptop ini didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 terbaru, dengan RAM 4GB DDR4 2133MHz dan grafis NVIDIA® GeForce® 940MX. Tambah lagi, VivoBook S15 dilengkapi dengan ultra-fast dual-band 802.11ac Wi-Fi yang memungkinkan kita dapat menikmati kecepatan hingga 867Mbps, yaitu sampai 6x lebih cepat dari 802.11n!

Pendingin

Kinerja luar biasa tentu harus didampingi dengan sistem pendingin yang bagus agar laptop tetap awet dan berumur panjang. Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas terbaru yang canggih, pipa panas tipis dan tata letak internal yang cerdas. Hal ini menciptakan sistem pendinginan yang efisien sehingga dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35°C. Jadi, suhunya terjaga agar tetap lebih rendah dari suhu tubuh walaupun telah digunakan berjam-jam lamanya. Jadwal kelas online yang padat seharian atau pun mengetik terus-menerus karena jus kreatif sedang mengalir dalam otaknya, tetap dapat dijalani dengan nyaman oleh putriku di depan laptop ini.

Baterai

Laptop ASUS VivoBook S15 memiliki baterai polimer Lithium dengan umur pemakaian 3x lebih lama dari baterai silinder Lithium-ion yang standar. Dengan dukungan teknologi ASUS Battery Health terbaru, menjadikan baterai dalam laptop ini sebagai baterai super. Memiliki masa pakai yang lebih panjang, tingkat ekspansi yang lebih rendah dan terjaga kondisinya. Selain itu, teknologi quick-charge yang dimilikinya membuat baterai terisi lebih cepat. Untuk mengisinya hingga 60 persen, kita hanya membutuhkan waktu 49 menit!

Papan Kunci

ASUS VivoBook S15 memiliki keyboard full-size backlit yang sempurna untuk pengaturan cahaya rendah. Konstruksinya ergonomis dan nyaman dengan bentuk single-piece yang kokoh dan tombol  berjarak 1,4 mm.

Penyimpanan Data

ASUS VivoBook S15 memiliki desain penyimpanan ganda. Memberikan kemampuan terbaik untuk kedua pilihan karena memiliki kecepatan data SSD 12 GB yang impresif serta kapasitas HDD yang besar, yaitu 1 TB. Kita bisa memasang aplikasi di SSD untuk waktu muat super cepat dan menggunakan HDD untuk menampung file besar seperti film, suara dan album foto. 
Dengan fasilitas semacam ini, kita bisa merasakan aktivitas baca/tulis yang sangat cepat, kinerja PCMark, waktu boot-up, sekaligus perlindungan data fisik dengan SSD.

Konektivitas

ASUS VivoBook S15 dilengkapi dengan port USB 3.1 Type-C™ yang desainnya reversibel  any-way-up sehingga pekerjaan menjadi lebih sederhana. Juga ada konektor USB 3.1 selain 2 koneksi USB 2.0. USB 3.1 memberikan kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari USB 2.0 yang lama. Di samping itu, juga terdapat slot kartu HDMI dan slot SD card yang tentunya mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

Sensor Sidik Jari

Wah, ini! Sepertinya akan dianggap sebagai fitur penting bagi putriku yang sedang membutuhkan privasi. Dengan sensor sidik jari untuk akses satu sentuhan menggunakan Windows Hello, mengakses ASUS VivoBook S15 menjadi lebih mudah dan aman. Kita tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi untuk masuk.

Harga



Coba tebak, berapa harga yang dipasang oleh ASUS VivoBook S untuk perpaduan seni dan teknologi dengan berbagai keunggulan spesifikasi di atas? Ternyata, hanya Rp 9.799.000! Ya, harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk kompetitor di pasaran. Jadi, tak heran kan, kalau laptop ini menjadi pilihan sebagai hadiah untuk mendukung cita-cita dan hobi putriku?

Komentar

  1. Ya Alloh, kece banget. Mupeng saya. Good Luck ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. emang keren ya laptopnya :)

      Hapus
  2. whooo mau banget sama laptopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jugaaa... lho? ini sebenarnya buat ibunya apa anaknya?

      Hapus
  3. Cakep banget performa, baterai, desainnya, ringan pula...ampun perpaduannya paas yaa Mbak Farida

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. udah ok banget ini sih buat anakku :)

      Hapus
  4. Anakku juga udah mulai minta laptop sendiri...
    Good luck mak, moga sukses buat putrimu...
    Anakku cita-citanya masih simpang siur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. wajar lah mak z kalau masih umur segitu. yang nomer 2 juga belum fix kok cita2nya :)

      Hapus
  5. Saya suka asus, lihat produk baru Asus jd kepikiran utk up grade laptop, tapi galau juga karena asus yg saat ini saya pakai masih baik2 saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iya, kalau nuruti mupeng bakal pengen terus ya.
      Beli sesuai kebutuhan aja :)

      Hapus
  6. Waaah spesifikasinya lengkap dan kece abis Mbak, layak banget untuk dijadikan gawai mendukung cita-cita putrinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Semoga bisa jadi rejekinya :)

      Hapus
  7. pengen punya satu laptop ini di rumah nih , keren spesifikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku juga pingin hehehe...

      Hapus
  8. Vivobook bisa jadi incaran yang reasonable nih di harga 9 jutaan ya, jadi pingin memiliki ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Bagus bgt utk harga 9 jt 😍

      Hapus
  9. Anakku baru masuk kuliah, lagi nyari laptop buat aktivitas perkuliahan. Sepertinya Laptop VivoBook ini layak jadi target perburuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dukung dana juga gak nolak mbak, hehe…

      Hapus
    2. Saya dukung dengan doa pak. Karena saya pun berusaha mendapatkan ini dengan cara berdoa hihihi..

      Hapus
    3. Sip mbak, doa yang paling penting, selebihnya berusaha semaksimal mungkin.. Yuk ah kejar impian kita..

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^