header permata pengalamanku

Tips Membaca Buku di Tempat Umum

148 komentar

internet cepat
Membaca buku di tengah keramaian? Sebagai insan yang gemar membaca sejak bisa melakukannya di usia tiga tahun, ini sih sudah menjadi kebiasaanku. Enggak peduli di mana pun, kapan pun, selama bisa menemukan buku, ya enggak ada aktivitas yang lebih penting selain membacanya.
Memangnya, di era internet cepat begini, gemar membaca masih relevan? Kalau buat aku sih, sama sekali enggak berkurang. Bahkan, bertambah, ya. Seiring dengan makin banyaknya alternatif fasilitas membaca yang saat ini tersedia.
Jadi, sebenarnya enggak ada alasan lagi ya, untuk bilang enggak sempat membaca. Sebab, gemar membaca atau enggak, kita tetap secara enggak sadar harus membaca, kok. Rambu-rambu lalu-lintas, keterangan produk, peta, dan lain-lain, semuanya merupakan sedikit contoh dari begitu banyak hal yang harus kita baca setiap hari demi mendukung kebutuhan kita.
Nah, daripada selalu beralasan enggak gemar membaca sehingga enggak banyak tahu, mending sekarang diubah deh, kebiasaannya agar bisa suka membaca. Salah satu cara menanamkan sikap gemar membaca ini, ya bersedia melakukannya di saat membutuhkan atau waktu luang, termasuk kala  di tengah  keramaian.

Membaca di Keramaian, Memang Bisa?

gemar membaca
Bisa banget! Kalau kamu belum terbayang bagaimana caranya mengatasi berbagai halangan saat membaca di tempat umum, berikut ini aku bagikan tips membaca buku agar kita bisa siap melakukannya di mana pun, ya. Yuk, simak!

1. Selalu Membawa Buku

Enggak akan bisa membaca kalau enggak ada yang dibaca, kan? Enggak di semua tempat kita bisa langsung mendapati buku. Jadi, strategi pertama adalah selalu sediakan bahan bacaan itu di dekat kita. Setiap pagi, kita sudah punya rencana mau membaca buku apa seharian ini.

2. Pilih yang Ringan

Kalau kamu masih dalam tahap membiasakan diri, mending memulainya dengan yang ringan dulu. Bisa dengan membawa buku saku atau buku digital yang enggak menambah beban bawaan sama sekali. Kategori ringan ini juga bisa jadi dari sisi isinya. Pilih saja bacaan yang santai dan menghibur agar kamu merasa aktivitas membaca ini merupakan salah satu cara relaksasi di tengah kesibukan.

3. Manfaatkan Waktu Luang

Waktu luang akan selalu ada sesibuk apa pun kita. Misalnya, di perjalanan pergi atau pulang kantor, saat menunggu pesanan kopi datang, atau mengantre. Daripada memanfaatkan internet cepat yang kita miliki untuk menggulung layar linimasa media sosial tanpa tujuan, lebih baik ya membaca buku aja yang lebih sistematis isinya.

4. Cari Tempat Tenang

Enggak banyak orang bisa tetap berfokus di tengah suasana hiruk-pikuk. Jadi, untuk mengurangi distraksi baik itu berupa pemandangan orang-orang yang lewat atau suara yang bersahut-sahutan, pilihlah tempat yang tenang. Enggak ada tontonan lain seperti televisi dan enggak sedang mengobrol dengan orang lain.
Termasuk ketenangan di sini adalah meminimalkan gangguan dari gawai elektronik, ya. Saat membaca, kamu bisa mengatur ponselmu dalam mode pesawat dulu, matikan notifikasi, dan ubah nada panggilan menjadi getaran aja.

buku digital

5. Dengarkan Musik Lembut

Buat yang justru gelisah dengan keheningan, kamu bisa membaca dengan ditemani musik. Dengarkan musik lembut supaya enggak kehilangan fokus selama membaca. Hindari lagu yang bikin kamu ingin ikut bernyanyi. Kalau memang bacaanmu ringan, boleh juga sih, diiringi musik yang riang atau sedikit menghentak.

6. Pasang Pengatur Waktu

Penyebab lain kamu gagal fokus ketika membaca bisa jadi karena kurang beristirahat. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan teknik Pomodoro. Tentukan sendiri berapa waktu yang kamu sediakan untuk satu ronde membaca, setelah itu kamu bisa beristirahat selama lima menit. Jika masih ada waktu, kamu bisa lanjutkan ronde berikutnya hingga tiba waktu beristirahat kembali atau harus mengerjakan yang lain. Selain memudahkanmu berfokus ketika membaca, cara ini juga mempermudah membangun rutinitas membaca, hingga ke perilaku gemar membaca.

7. Pilih Tempat dengan Internet Cepat

Gawaimu mungkin sudah dilengkapi internet cepat untuk membaca buku digital atau memutar musik favoritmu. Akan tetapi, siapa tahu tiba-tiba macet, kan? Sebaiknya, kamu berjaga-jaga agar acara membacamu enggak terganggu. Pilih aja tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi yang disediakan pihak pengelola taman, restoran, dan lainnya. Kebanyakan dari mereka menggunakan layanan IndiHome dari Telkom Group yang cukup aman, ya.

8. Selesaikan Satu Buku Dulu

Ini akan lebih menghemat waktu dan membantumu mudah berfokus dibandingkan harus beralih memahami buku lain. Jika memang kamu sudah enggak tertarik dengan buku yang sedang dibaca, pastikan bahwa kamu memang akan meninggalkannya untuk waktu yang lama. Jadi, kamu punya cukup waktu untuk menyelesaikan buku berikutnya sebelum akhirnya kamu ingin kembali membaca buku tersebut.

Nah, mudah kan, tips membaca buku ini diterapkan? Siapa nih, yang suka membaca buku di tempat umum juga?

Related Posts

148 komentar

  1. Tips selalu membawa buku bisa menjadi pilihan nih. Kadang di keramaian bosen, jadi butuh hiburan. kalau ga ada hiburan yang bisa digunakan, bisa dengan membaca buku ya, Kak.

    BalasHapus
  2. Aku dulu seneng banget membaca kalau pas lagi nunggu gitu mbak. bener-bener jadi hiburan apalagi kalau perginya sendirian. Sekarang gantian bawa bukunya punya anak-anak, saya hanya memantau saja. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, nih. Aku suka numpang baca bukunya anak2

      Hapus
  3. Selama ini, mau membaca buku selalu terganggu dengan HP. Nah, tips di atas membantu sekali.

    BalasHapus
  4. Aku suka bawa buku bacaan juga mbak, karena kadang bosen nunggu lama di bandara atau antrian ke RS bisa manfaatkan waktu luang. Cuma kalau baca di mobil aku gak bisa. Pasti pusing terus mual.

    BalasHapus
  5. Ke manapun aku selalu bawa buku, yaahh minimal buku al matsurat lah

    Supaya bs dibaca anytime

    BalasHapus
  6. Satu lagi. Belajar konsentrasi. Sebelum membaca buku, mungkin bisa dicoba dengan berdiam diri, memejamkan mata lalu mendengarkan suara terjauh. Kalau sudah lihai dengan hal ini, biasanya kita akan terlatih memiliki konsentrasi yang baik. Jadi meskipun membaca di tengah keramaian, kita tidak akan terganggu.

    BalasHapus
  7. pekerjaan rumah saya nih: membaca di tempat umum
    karena sering gak fokus, akhirnya lihat kiri kanan
    apalagi kalo ada orang yang ngobrol keras banget :D

    BalasHapus
  8. Nah aku termasuk yang bisa membaca di tempat umum. Terutama novel ya. Aku bisa asyik sendiri. Apalagi sebelum mataku plus semangat bacaku tinggi kak

    BalasHapus
  9. Ah..jadi ingat sudah cukup lama tak membaca buku.. Bukan krn tak ada buku baru, tapi entah mengapa hasrat membaca sdg menguap shg bbrp buku baru masih nganggur.. Terima kasih tipsnya mba.. InsyaAllah mau kupraktekkan..

    BalasHapus
  10. Saat masih kerja, saya baca buku di bis. Cianjur Jakarta apalagi kalau kena macet bisa lebih empat jam. Satu buku kalau tipis malah kurang. Baca ebook bisa mengurangi baterai sekitar 30%
    Eh baca buku di bis, tempat umum juga, bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dong. Bus tempat umum.
      Boros juga ya 30% batere buat ebook

      Hapus
  11. Aku tim yang tetap bisa membaca buku ditengah keramaian. Dulu waktu kuliah, aku juga sering bawa buku di tas. Saat lama nunggu antrian, aku lebih milih baca buku aja dulu. Seringnya sih novel karena aku suka novel

    BalasHapus
  12. Menyelesaikan satu buku dulu ini jadi merasa ditegur, hihii~
    Soalnya kalo baca buku suka ganti-ganti tergantung lagi duduk di ruangan mana. Aku masih mengandalkan buku fisik kalau gak sedang bepergian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Kalau lagi bepergian, bagaimana?

      Hapus
    2. Kalau bepergian, jadi baca buku baru lagi yang ada di rak buku digital.
      Aku hobi banget baca buku di google play tapi juga langganan Gramedia Digital. Intinya suka kegoda sama buku yang covernya cantik dan lebih bagus lagi kalau lagi hype, hehhee.. anaknya suka yang trending-trending.

      Hapus
    3. Hehehe.. Buku cetak memang menggoda untuk dikoleksi

      Hapus
    4. Iya kak Farida..
      Apalagi buku zaman sekarang tuh covernya aesthetic sekali. Jadi abis beli buku, kudu banget minta disampulin biar kalau dibawa kemana-mana, bisa tetep slay~

      Hapus
    5. Hahhaa..anak sekarang kalau bilang santuy teh...begitu, kak Farida.
      Kaya tetep cantik.
      Arti harfiahnya sih gak ada yaa..

      Hapus
  13. Alhamdhulilah di tas selalu ada buku jd kalo pas lagi nunggu dan bosen bisa deh dibaca bukunya aku soalnya ga gtu suka baca ebook si mbak tapi jadinya beda sendiri orang lain sibuk ama hape aku sendiri yg pegang buku hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gpp yang penting terus upgrade diri ya

      Hapus
  14. Dulu aku bisa mba membaca dimana pun, tidak terganggu dengan suara di sekitar. Makin ke sini kok sulit ya, gampang terdistraksi. Harus benar-benar tenang suasananya untuk membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu ya. jadi lebih sensi sama sekitar

      Hapus
    2. nah aku juga seperti ini nih..dulu tuh klo sdh membaca full focus di bacaan..eh sekarang2 kok gampang terganggu alias gak fokus.. knapa ya?

      Hapus
  15. Terima kasih tipsnya mbak.
    Selama ini kalau lagi nunggu di tempat umum bacanya e-book.
    Mau saya coba bawa buku di tas, supaya bisa dibaca saat bepergian dan ada waktu senggang.

    BalasHapus
  16. KAlo sekarang baca buku ada pilihan buku digital, lebih praktis juga. Asal internet lancar, baca isi buku juga gampang ya mbak

    BalasHapus
  17. sekarang ini, baca buku bisa langsung dari handphone yaa, Mba. Jadi ingat beberapa tahun lalu, saya sering bawa buku dalam tas untuk dibaca saat sedang menunggu angkot

    BalasHapus
  18. Nomor 1 adalah akuu. Sekarang sih enak sejak punya ereader baca buku apa aja bisaa. Paling suka sih baca di kereta gitu. Vibesnya khas hehe

    BalasHapus
  19. aku dulu bisa mbak, baca buku di tengah keramaian, tapi sekarang gampang terdistrak suara, dan terdistrak hape hahahaha, tapi tips tipsnya mau kucoba ahhh

    BalasHapus
  20. Aku kadang numpang baca buku di gramedia mbaa, bisa betah kalo baca di sana. Kadang kalo mau nonton juga bawa buku

    BalasHapus
  21. Sekarang aku bacanya buku digital jadi praktis dibawa ke mana saja dengan hape, memang sih mata jadi lebih cepat lelah ya buat yang belum terbiasa

    BalasHapus
  22. Membaca buku di mana saja. Daripada bengong, membaca menjadi solusi jitu. Nambah ilmu dan wawasan, selain itu juga menghilangkan rasa bosan.

    BalasHapus
  23. Bener juga sih mau biasakan baca buku ya harus selalu sedia buku bacaan, kadang lebih suka baca ditempat tenang sambil ngopi gitu

    BalasHapus
  24. Sejak kecil aku suka membaca, Alhamdulillah sekarang bisa beliin banyak banget buku buat anak dan merangsang minat baca anak. Aku pribadi kalo baca di kamar aja sambil rebahan mba soalnya klo di tempat umum kurang konsen apalagi di kendaraan duh pusing banget baca n buka hp

    BalasHapus
  25. Baca buku di ruang publik gak masalah, tetap asik untuk dijalankan, jadi gak mati gaya

    BalasHapus
  26. Aku masih baca buku di temoat umum, dulu buku fisik kini banyakan buku digital. Jadi pas nunggu gitu bacanya. Memang kalau itu buku digital WiFi dari internet cepat bakal membantu sekali

    BalasHapus
  27. aku dari SMP suka baca di angkot atau kadang sambil jalan wkwkw, pernah baca buku lucu di dalam angkot, trus gak sengaja ketawa kenceng, ehh diliatin sama penumpang seisi angkot hahaha

    BalasHapus
  28. Saya sudah jarang membaca bukum selama ini bacaan hanya melalui android hehe. Apalagi semenjak sibuk dengan pekerjaan hehe

    BalasHapus
  29. Kalau ada internet cepat dari IndiHome, baca e-book pun asyik ya, Mbak Farida?
    Eh ini buat yang suka baca e-book sih. Soalnya ada orang2 yang lebih suka baca buku yang dicetak.

    BalasHapus
  30. Terimakasih tipsnya mbak.. Saya kategori yang butuh ketenangan saat membaca. Dan sungguh nggak bisa kalau di tempat yang sangat ramai. Tapi tips ini sangat layak banget untuk saya coba!

    BalasHapus
  31. Aku juga tipe yang bisa membaca buku di tengah keramaian bahkan di atas bus transjakarta akupun masih bisa habis 1 buku daripada bengong nontonin macet ya kan

    BalasHapus
  32. kalau aku sukanya baca buku sambil ngadem di cafe, pustaka... kalau naik kendaraan sprti mobil ataupun bus pusiing hahhehehe

    BalasHapus
  33. Kalau saya pilih baca buku dalam keheningan mbak, kalau dalam keramaian jadi perhatiannya teralih ke sekitar. Tapi tipsnya mau dicoba dulu deh, dilatih pelan-pelan semoga jadi kebiasaan baru, bisa membaca di tengah keramaian

    BalasHapus
  34. Kira-kira kalau komik tuh termasuk buku juga nggak? 😁 soalnya aku sekarang lagi gandrung webtoon dan webnovel

    BalasHapus
  35. Lagi suka baca buku jg nih, sebenarnya di keramaian pun sih nggak terlalu pengaruh buatku asal lg mood hahaah

    BalasHapus
  36. thanks mbaa.. aku sering bawa buku ke mana - mana juga memang, soalnya di jalan suka agak lama or ada waktu sejenak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... buku itu tiada gantinya menurutku. Ada kenikmatan tersendiri bisa membaca dari satu halaman ke halaman berikutnya

      Hapus
  37. Aku sudah lama ga bawa buku kalau pergi2 dulu zaman anak2 kecil selalu bawa biar mereka terbiasa..eh sekarang malah akunya yang malas....huhu...harus dibiasakan lagi nih..terima kasih tulisannya sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  38. Membaca buku di tempat umum...terimakasih telah berbagi tipsnya ya. Kalau saya menghindari membaca di kendaraan umum, karena suka terlewat tempat turun, hehe.

    BalasHapus
  39. Sejak dulu aku udh terbiasa bawa buku bacaan / catatan kemanapun
    Kalau sedang ke luar kota bisanya pas menggunakan kereta api paling seru sih sambil menemani perjalanan

    BalasHapus
  40. Aku juga sudah mengalami masa-masa ke mana2 bawa buku. Meskipun di keramaian atau puskot juga aku tetep bisa. Sambil dengerin musik pake ear phone gitu. Bener banget kalau mau fokus harus selesaikan satu buku dulu.

    BalasHapus
  41. Aku gak bisa baca novel di tempat umum, paling suka ya di rumah, di kamar. Karena kalau baca suka lupa kan, masuk deh ke duniia buku. Jadi gak nyaman begitu sadar di umum hehehe

    BalasHapus
  42. Aku g bisa mba baca buku di tempat umum, mudah terditraksi. Tapi kalau baca berita di gawai masih bisa 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baca fiksi butuh melibatkan perasaan, ya?

      Hapus
  43. Iya sih. Kalau di keramaian memang lebih asyik kalau bacaannya ringan aja. Sambil ngantri atau gimanaa. Mending emang baca buku sih.

    BalasHapus
  44. Membaca buku di tempat umum itu banyak tantangannya. Memang harus konsentrasi sih. Soalnya banyak suara-suara di sekitar yang bisa bikin kita gak konsen
    Tapi Kalau bukunya bener-bener menarik, aku sih bisa bener2 membaca serius jadinya karena penasaran sama isi dan lanjutannya

    BalasHapus
  45. Kalau kondisinya memungkinkan, aku masih baca mbak tapi buku digital. Karema sekarang gembolannya banyak di dalem tas huhuhu

    BalasHapus
  46. Me time aku di saat ga mau di ganggu adalah membaca, tapi kalau membaca di tempat umum asal bacaannya lagi seru ga bakal ngaruh meski rame sekitarnya🤭😃.

    Sekarang dimudahkan banget membaca digital kalau lg asik ada wa masuk aku abaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting bisa dapat bacaan menarik ya

      Hapus
  47. aku dan anak-anak termasuk yang bisa membaca di tempat umum hahaha sebab di kereta kemarin anak2 tetap asyik membaca buku. mungkin menarik aja gitu ya. aku sendiri emang suka bawa buku sih saat bepergian

    BalasHapus
  48. Meskipun lebih enak sambil tiduran tapi baca buku di tempat umum jg kadang oke sih buat aku asal ngga ada gerakan alias anteng gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaum rebahan nih. Asal tetap jaga kesehatan mata ya bang

      Hapus
  49. Aku, biasanya saat antri
    Atau dalam perjalanan
    Biar nggak bosan gitu
    Mengisi waktu dengan membaca buku

    BalasHapus
  50. Kalau sambil mendengarkan musik aku kurang bisa berkonsentrasi baca, kecuali sumber bunyinya jauh.. Membaca buku itu memang mengasyikkan...

    BalasHapus
  51. Nah ini dia, kebetulan anakku lagi suka baca nih, jadi kalau keluar suka aku bawain satu buku ringan buat di baca dari pada main gadget pas nunggu makanan datang atau pas nongki di coffee shop

    BalasHapus
  52. dulu aku suka mba baca di tempat umum. sering ngga lengkap rasanya kalau bepergian ga bawa buku.. tapi sekarang udah jarang karena rempong banget udah ada anak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya juga ya. Mungkin yang dibaWa buku anak

      Hapus
  53. Setuju, Mbak. Baca buku di keramaian emang bisa banget. Apalagi kalau kita udah larut dalam cerita bukunya. Kadang malah sampai nggak dengar suara mobil lewat. Haha

    BalasHapus
  54. AHA, iya sih memang sebenarnya perlu juga kita bawa buku kemanapun. Jadi misal lagi nunggu kereta di stasiun, waktunya bisa digunakan untuk membaca buku. Jadi gak terbuang percuma deh

    BalasHapus
  55. Laily Fitriani20 Agustus 2022 07.45

    Tipsnya oke banget Mbak. Saya termasuk yang bisa membaca buku di keramaian nih. Kalau pergi² jauh pun bawa buku.

    BalasHapus
  56. baca buku di luar paling enak menurutku di taman atau beranda cafe hihi. suasananya tenang dan bikin kita fokus baca

    BalasHapus
  57. Membaca buku di tempat umum kebiasaan aku dan suamiku dulu...hahaha...sekarang ganti lihat gadget deh....tapi kebiasaan baca bukunya nular sama si sulung. Pengen memulai lagi kayaknya asyik juga sih...

    BalasHapus
  58. saya tipikal kalau baca buku harus di tempat yang tenang, kalau ramai ada suara berisik gitu kayak ga masuk sama apa yang dibaca, dan jarang sekali kalau di keramaian membaca buku

    BalasHapus
  59. Hal yang menyenangkan kalau kemana-mana bawa buku ringan dan sederhana jadi bisa baca buku dimana dan kapan saja.
    Saya juga paling senang mbak membiasakan diri membaca walau di tempat umum.

    BalasHapus
  60. Membaca di tempat terbuka susah buat saya. Soalnya saya tipe introvert. Tapi ya harus disiasati biar tetap nyaman

    BalasHapus
  61. Saya tipe membaca buku jika lagi mood nih, mbak.
    Duhh maafkan.
    Tipsnya boleh dicoba nih, makasih mbak.

    BalasHapus
  62. Baca buku di tempat umum, sepertinya udah jarang ya Mba. Buku fisik tetap menyenangkan buat dibaca meski udah banyak ebook atau produk digital lainnya. Tipsnya sih harus diterapkan dan dibiasakan.

    BalasHapus
  63. Jadi inget, kak Farida.
    Sometimes yaa.. kalo dengerin lagu tertentu dan bacanya novel, berasa adegan di novel tuh ada OST nya.
    Hehhee...memang semakin seru membaca buku dengan mendengarkan musik menggunakan earphone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya. Kaya aku dulu pas pertama denger lagu something in the way itu langsung kepikiran kota gotham. Eh, sekarang jadi ostnya film batman

      Hapus
  64. Saya tipe org yg membaca buku harus dtempat yg tenang.. Kalau ditempat umum makin ke distrak nih sama keramaian dsekitar.. Tapi mungkin bisa ya coba salah satu tips ini.. Makasih mbakk..

    BalasHapus
  65. Hikss..udah lama gak baca buku. Padahal buku2 yg dibeli masih banyak belum terjamah 🤦🏽‍♀️

    BalasHapus
  66. Terima kasih tips solutif nya mbak. Aku juga suka bawa buku kemana-mana, apalagi kalau lagi antri nunggu sesuatu ya, pas banget isi waktu dengan baca-baca ya

    BalasHapus
  67. Makasi tips bermanfaatnya yak, Kak. Pas buat aku si golongan pembaca buku digital. Hehee sejak zaman pandemi enggak sebebas dulu buat ke perpustakaan jadi beralih ke baca via bantuan internet deh~

    BalasHapus
  68. membaca buku merupakan hal yang paling menyenangkan apalagi ketika harus menunggu, waktu tunggu yang lama jadi terasa sebentar dengan membaca buku

    BalasHapus
  69. Krn dari kecil udah dibiasain membaca, itu udah kayak kebutuhan yang harus dilakuin tiap hari jadinya mba. Tiada hari tanpa baca. Dan kemanapun aku pergi, selalu ada buku di tas. Aku ga masalah baca di keramaian, ttp bisa fokus. Yg ga bisa itu baca di mobil saat lagi jalan. Pusing soalnya. Tapi kalo KA atau pesawat ga masalah, Krn LBH stabil juga kan. :).

    BalasHapus
  70. wah saya kalau baca sambil dengar musik kayaknya malah nggak fokus sih, mbak. maunya jadi nyanyi deh. hehe. tapi kalau saya dari dulu sudah biasa baca di mana saja apalagi sekarang ada aplikasi buku digital jadi semakin mudah kalau mau baca buku

    BalasHapus

Posting Komentar