Simak 8 Tips Memilih Kamera CCTV Sesuai Kebutuhan!

Kamera CCTV banyak sekali manfaatnya. Selain untuk alasan keamanan, CCTV juga berfungsi  sebagai bukti saat terjadi kejahatan. Jika Anda menganggap beli kamera cctv online adalah suatu tindakan yang penting untuk rumah, toko atau kantor Anda, perhatikan faktor-faktor berikut dalam memilih CCTV.


1. Di Dalam atau Di Luar Ruangan

Ya, karena untuk kedua lokasi tersebut dibutuhkan kamera CCTV yang berbeda.

Dalam Ruangan

Untuk pemakaian di dalam ruangan, terdapat banyak pilihan karena sebagian besar kamera yang tersedia memang digunakan untuk dalam ruangan. Jika Anda membutuhkan untuk ruangan gelap, Anda bisa memilih kamera CCTV yang dilengkapi inframerah.
Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikan saja bentuk fisik kamera CCTV yang diinginkan dan penempatannya. Apakah itu di plafon, dinding, disembunyikan diantara produk lain (misalnya: smoke detector camera, hidden camera) dan lain-lain. 
Dome camera khusus dipasang pada plafon dan tidak bisa digabungkan dengan rotator, karena tidak tersedia dudukan untuk rotator CCTV. Jika Anda ingin dome camera yang dapat berputar, pilihlah Pan Tilt Dome Camera. Sedangkan untuk tipe selain dome dapat dipasang pada plafon maupun dinding serta dipasangi rotator.
Box camera mempunyai kelebihan pada lensa yang dapat diganti dan disesuaikan dgn kebutuhan, Tersedia beberapa pilihan ukuran lensa yang dijual secara terpisah. Semakin kecil ukurannya, semakin lebar sudut pandangnya. Namun kelebihan lensa yang besar ukuran milimeternya adalah lebih zoom. Agar lebih praktis, Anda dapat memilih Lensa Varifocal yang tersedia.
Soal ukuran, kamera berdimensi kecil sangat cocok jika untuk disembunyikan. Namun kamera besar juga mempunyai keunggulan tersendiri justru karena dapat terlihat jelas. Sehingga bisa mencegah para pelaku tindak kejahatan.

Luar Ruangan

Kamera CCTV luar ruangan lebih mampu mereduksi cahaya matahari dan jumlah LED inframerah yang dipakai umumnya lebih banyak dibandingkan kamera CCTV untuk di dalam ruangan serta memiliki teknologi ICR. Jika keadaan sedang gelap atau hanya ada sedikit cahaya, kamera akan otomatis merubah warna gambar video yang dihasilkan menjadi hitam putih terang.
Biasanya, kamera luar ruangan sudah tahan cuaca dan dilengkapi pelindung untuk menahan sinar matahari maupun air hujan. Biasanya disebut topi kamera. Sehingga tidak perlu membeli housing lagi.

2. Ketajaman Gambar

Pada dasarnya setiap kamera mempunyai karakteristik yang berbeda seperti TVL, resolusi, merek dan lain-lainnya.

Berikut beberapa standar kualitas atau resolusi gambar CCTV:

  • 1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality – 380-420 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL

Hasil resolusi gambar atau video dari kamera CCTV 1/4″ CMOS/CCD lebih rendah dibandingkan dengan 1/3″ CMOS/CCD. Karena 1/3″ CMOS/CCD memiliki bidang yang lebih besar dari 1/4″ CMOS/CCD, sehingga menghasilkan gambar yang lebih bagus dan tajam. Jika chipset kamera CMOS/CCD yang dipakai adalah 1/3″ CMOS/CCD, dapat dipastikan camera tersebut memiliki TVL lebih tinggi. Semakin besar TVL berarti semakin bagus dan tajam gambar yang dihasilkan.
Dan sekarang sudah sampai ke 800 TVL yang disebut Super High Resolusi 960H kamera CCTV. Sunbio bahkan sudah memiliki kamera CCTV hingga 1000 TVL. Selain juga memiliki produk dengan kualitas HD CVI yang diklaim lebih jernih, bening dan bagus. 

3.Berkabel atau Nirkabel

Sistem kabel mirip dengan sistem listrik di rumah. Sedangkan nirkabel bekerja dengan daya baterai dan menggunakan sinyal. Masing-masing mempunyai keuntungan tersendiri. 
CCTV kabel lebih stabil dan mempunyai kualitas sinyal yang sangat baik dan tentunya tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lainnya yang mungkin ada di dalam atau sekitar lokasi. Sedangkan CCTV nirkabel biasa dipilih dengan alasan tidak merepotkan, mudah sekali dipasang, mudah disembunyikan dan murah jika ingin mengantinya. Namun keberadaan perangkat nirkabel lainnya bisa menghambat sinyal sehingga kualitas gambar yang direkam menjadi kurang jernih.

4. Format Rekaman Video

DVR adalah sistem kamera yang akan merekam video yang dipasang. Dari DVR tersebut akan disimpan ke harddisk, sehingga sangat cepat dan gampang jika ingin memeriksa hasil rekamannya.

5. Akses Virtual

Sistem kamera CCTV kini banyak menawarkan akses online sehingga Anda bisa melihat langsung mengoperasikannya melalui telepon genggam yang  Anda miliki.

6. Sesuaikan Anggaran

Seiring dengan waktu, semakin sulit untuk membedakan atau membandingkan mana yang terbaik diantara berbagai merek dan tipe kamera CCTV. Sebab perkembangan kedua chipset CMOS dan CCD yang semakin pesat dan bersaing ketat dalam kualitas gambar video yang dihasilkan. Beberapa label bahkan tidak lagi mencantumkan besaran TVL dan hanya memberi keterangan seperti TVL Standard, High Resolution Camera atau Super High Resolution Camera
Jadi, kita tinggal menyesuaikan saja dengan anggaran yang tersedia untuk memutuskan membeli kamera CCTV yang mana. Anggaran ini selain terkait dengan harga kamera sekaligus biaya pemasangannya.

7. Garansi Produk

Hal ini perlu diperhatikan karena berhubungan dengan layanan pascapembelian yang akan diberikan toko kepada pembeli. Rata-rata untuk semua produk elektronik, garansi tidak diberikan jika tersambar petir, pengaruh lonjakan arus listrik, atau jika chipset kamera terbakar.
Kebanyakan distributor memberikan garansi produk hanya 1-2 tahun. Jika ada penjual yang memberikan garansi lebih dari 2 tahun, Anda perlu mempertanyakan kualitasnya dan memastikan apakah dalam jangka waktu tersebut mereka benar-benar akan memperbaiki atau mengganti produk jika rusak.

8. Toko Penjual

Anda bisa memilih toko fisik yang dapat Anda kunjungi melihat langsung produk yang dijual di lokasi toko, atau pun memilih untuk membelinya di toko online murah yang sudah terbukti aman dan terpercaya. 

Itulah beberapa hal dalam memilih kamera CCTV yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga membantu, ya!

Sumber gambar: freeimages.com




Komentar

  1. Kami pernah kehilangan sepeda di garasi, kasian si bungsu krn itu sepeda hadiah ultahnya. Abis itu kami pertimbangkan untuk pasang cctv deh. Ternyata bisa pesan via online ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sedih pastinya ya. Iya bisa belanja via online sekarang :)

      Hapus
  2. CCTV memang perlu dipertimbangkan kehadirannya di rumah, apalagi yang punya akses virtual itu ya.. jadi bisa real time ngawasin rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, boleh tuh dicoba. Jd tetap bisa pantau rmh walau sedang di luar :)

      Hapus
  3. Apakabar aku? Rumah aja belum punya ini udah ngomongin CCTV aja ... hehehe
    Anw thanks banget tipsnya bisa jadi acuan nnti klo mau pasang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip deh. Sama kok aku juga blm punya rumah :)

      Hapus
  4. Thankyuuuu mbak infonya. Ini pas banget infonya buat gantiin cctv di toko om karena habis dirusak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kriminal sekali merusak cctv. Moga Segera nemu yang lebih baik ya

      Hapus
  5. Ternyata beda ya yang untuk indoor sama outdoor.. untung baca ini, biar selektif kalo2 nanti mau pasang...makasi infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^