Kopeng Treetop: Paduan Wisata Alam dan Petualangannya Mantap


Hore! Sepulang dari seminggu bekerja di luar kota, Suami memenuhi janjinya untuk mengajak anak-anak berekreasi. Mau ke mana kita? Prok prok prok!

Dan anak-anak pun berebutan menyebutkan keinginannya masing-masing. Setelah pusing tanya sana tanya sini berusaha menyatukan keinginan, akhirnya kali ini aku memilih untuk memenangkan permintaan Si Sulung.

Lho, kok gitu? Kenapa eh kenapa? Karena eh karena menurutku, sesuatu yang disukai anak-anak yang lebih kecil bisa jadi sudah mulai terasa membosankan bagi yang lebih besar. Sedangkan apa yang menarik bagi anak yang besar, bisa jadi juga membuat adik-adiknya penasaran.

“Aku akan mengabulkan satu permintaanmu. Sebutkan keinginanmu, wahai Anakku!” ujarku menirukan Si Jinny.
“Aku mau ke permainan yang ekstrim!” seru Si Sulung dengan antusias.

“Hah? Oh, semacam roller coaster? Kita ke Transm*rt, dong,” kataku.
“Iya, aku suka roller coaster. Tapi bukan yang seperti Transm*rt. Itu membosankan. Kita sudah sering ke sana,” jawab Putri Sulungku.

Walah, yang begitu kok membosankan? Lha aku saja sampai sekarang nggak berani kok naik roller coaster di situ. Hihihi…

Ya sudah. Aku pun mencari-cari informasi permainan ekstrim di Semarang. Ada nggak, ya? Agak ragu juga, sih. Saat kuketikkan kata kunci “roller coaster Semarang,” muncullah informasi tentang wahana zip coaster di Kopeng Treetop.

Wow, wahana apa ini? Katanya sih, ini adalah perpaduan antara flying fox dan roller coaster! Wah, wah… Tampaknya seru sekali, ya. Anak-anak pun antusias ingin ke sana.

Menuju Kopeng Treetop

Sebagaimana namanya, destinasi wisata satu ini memang terletak di Keacamatan Kopeng, Kabupaten Semarang. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Salatiga, sering kali Kopeng Treetop ini disebut berada di Salatiga.

Dari arah Kota Semarang, cukup mudah menemukan lokasi wisata di lereng Gunung Merbabu ini. Terletak di Jalan Raya Kopeng Batur, Getasan, Semarang. Tak jauh dari Agrowisata Salib Putih.

Setelah melewati gapura Kopeng, sekitar setengah kilometer kemudian, kita akan menemukan pertigaan. Belok ke kiri melewati jalan yang menurun tajam. Ikuti saja hingga sampai di gapura wisata Blok F bumi perkemahan. Masuk gapura tersebut dan lewati jalan yang menanjak. Sampai, deh!.

Sekilas tentang Kopeng Treetop

Ternyata, Kopeng Treetop ini adalah bagian dari Treetop Adventure Park yang memiliki 350 jaringan lebih dan tersebar di seluruh dunia. Kawasannya berdiri di tengah hutan pinus yang luasnya mencapai 7 hektar.


Wahana utamanya tentu adalah petualangan melintas dari pohon ke pohon dengan berbagai tantangan yang berbeda. Selain itu, ada banyak jenis permainan seru dan unik lainnya seperti: Zip Coaster, Zorbing, Caving, ATV dll.

 

Di sini, kita juga bisa berkemah, lho. Mau yang beramai-ramai dengan rombongan atau pun yang berkonsep mewah, ada!

Baca juga: Berkemah Menunjang Gaya Hidup Sehat.

Usai parkir kendaraan, salah satu hal yang menakjubkanku adalah ketika menemukan papan hijau dengan tulisan putih "Mushola". Musalanya keren deh, berdesain tenda terbuka a la Bohemian, gitu.


Di sini memang tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Jadi, ya harus beli di sini kalau kelaparan, kehausan atau sekadar ingin mengemil. Restonya bernama Treetop Sky.


Menariknya, resto tersebut berada di atas pohon pinus dan desainnya pun terbilang unik. Berupa rumah pohon yang luas berbentuk pohon beratapkan ijuk. Perabotannya didominasi bahan kayu dengan desain yang berbeda-beda. Seru, deh!


Soal menu, ada banyak pilihan dari masakan nusantara hingga masakan western. Harganya sih, lumayan ya. Tapi rasanya juga mantap, kok. Menikmatinya di tengah udara yang sejuk dikelilingi hijaunya pepohonan dan kicauan burung, ah… Tak terlupakan sensasinya!

 

Wahana permainannya? Berikut ini daftar harganya. Maaf ya, fotonya kurang jelas. Yang pasti cukup menguras kantong, sih. Wahana termurah adalah Zorbing dan Caving dengan biaya masing-masing 50 ribu.




Sirkuit outbound terbagi menjadi beberapa level. Yang paling tinggi mencapai 20 meter. Kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jenis sirkuit yang ada, antara lain:
  • Yellow Circuit dan Green Circuit untuk anak-anak
  • Purple Circuit, Blue Circuit 1, dan Blue Circuit 2 untuk usia 12 tahun ke atas
  • Red Circuit, Black Circuit 1 dan Black Circuit 2 untuk yang suka tantangan ekstrim.

Jangan kawatir! Kita akan mendapatkan pengarahan dan pelatihan dulu, kok. Petugas juga senantiasa mendampingi selama bermain di wahana.

Bagi para orangtua yang tidak ikut outbound, disediakan tempat duduk di bawah area untuk bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain. Ada yang berupa kursi-kursi, bangku dan mejanya, atau pun gazebo berbentuk unik.



Pengalaman Kami Bermain di Kopeng Treetop

Setelah mengukur tinggi dan berat badan, ternyata yang bisa mengikuti semua wahana hanya Putri Sulungku. Sedangkan 3 adiknya hanya bisa bermain outbound. Jadilah kami memilih paket outbound untuk 4 anak.

 

Kesannya? Fantastis! Pokoknya anak-anak ketagihan banget. Walaupun baru pertama kali ini mereka harus bergelantungan dan mengoperasikan sendiri alat-alat keamanan yang dibawa, namun rupanya mereka langsung lancar memraktikkan ajaran pelatih. Berikut ini video kegiatan mereka:

  
Seru, kan? Apakah mau datang lagi ke sini? Pastinya! Walau tergolong mahal, namun memang pengalaman yang ditawarkan sangat unik dan sepadan. Putri Sulungku masih saja penasaran dengan Zip Coaster dan aneka permainan lainnya. Mungkin selanjutnya sambil berkemah dan barbekyu?

Harga Tiket Masuk Kopeng Treetop

Kata petugasnya sih, harga tiketnya 25 ribu per orang. Ditambah biaya parkir mobil 10 ribu. Namun setelah aku perhatikan, sepertinya tiket 25 ribu itu ada perinciannya, yang terdiri dari:
  • Tiket masuk Kopeng Treetop 10 ribu
  • Tiket masuk Taman Nasional Lereng Merbabu (yang entah di mana) 5 ribu
  • Potongan biaya wahana/makanan 10 ribu.
Bagaimana? Penasaran mau mencobanya?

Komentar

  1. Wah, bikin penasaran nih kak Farida ... , aku jadi pengin nyobain sensasi naik zip coaster.

    Tadinya kukirain mahal juga tiket masuknya, ternyata setelah kuperhatiin tiketnya ada potongan diskon 10K.
    Bagus juga idenya, biar pengunjung mampir ke restonya yang berdesain unik nangkring diatas pohon .. hehehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cobain yuk ke sini. Itu voucher diskonnya bisa utk wahana/makanan ��

      Hapus
    2. Ya,kak kumasukin wishlist liburanku.
      Pengin jajal zip coaster 😁

      Hapus
  2. wah tempatnya adem gini sih asyik ya

    BalasHapus
  3. Seru banget wisata disemarang mah..
    Enak buat ngisi waktu liburan bersama keluarga

    BalasHapus
  4. wah seru banget ya..jalan2 nya

    BalasHapus
  5. Asik nih. Aku kira Kopeng itu sudah masuk Salatiga. Ternyata masih di Semarang ya mbak. Baru tahu nih. Nice info mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^