Berkemah Menunjang Gaya Hidup Sehat



Secara umum, menerapkan gaya hidup sehat adalah sebuah keharusan bagi setiap insan yang mendambakan kehidupan yang berkualitas. Hal ini layak diterapkan oleh seluruh lini masyarakat. Baik anak maupun dewasa, muda maupun tua, perempuan maupun laki-laki.

Sebenarnya, apa sih, gaya hidup sehat itu?
Menurut badan kesehatan dunia (WHO), gaya hidup sehat adalah suatu keadaan di mana mental, fisik dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil.

Jadi, kita tidak hanya perlu memperhatikan kesehatan fisik, ya. Namun kesehatan mental dan sosial juga menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Dan namanya juga gaya hidup, maka gaya hidup sehat ini merupakan komitmen jangka panjang yang terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang telah menjadi kebiasaan. Jika kita ingin menerapkan gaya hidup sehat, inilah beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari kita:


Aktivitas Fisik

Menurut pakar kesehatan, orang dewasa rata-rata memerlukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 75 menit. Atau bisa dipecah lagi menjadi 4 kali seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit. Sedangkan anak-anak membutuhkan durasi olahraga 2 kali lipat dari orang dewasa.
Namun aktifitas fisik bukan hanya berolahraga, melainkan juga melibatkan segala kegiatan yang melibatkan fisik. Selain dapat menyehatkan tubuh, aktivitas fisik juga melancarkan peredaran darah dan membantu menyuplai asupan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tak heran jika hal ini membuat otak dan pikiran menjadi lebih rileks dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Istirahat

Istirahat yang cukup akan membantu kita memiliki tubuh dan pikiran yang sehat. Prioritaskanlah istirahat pada waktu-waktu terbaik, yaitu saat tidur malam dan sejenak beristirahat di siang hari.

Mental

Bukan hanya tubuh yang perlu dievaluasi kondisinya, melainkan juga kesehatan mood kita. Penyakit bukan hanya menyerang saat tubuh terganggu kesehatannya, namun bisa juga dipicu oleh stres. Karenanya, kita harus pandai memanajemen stres agar tidak mengganggu kinerja kita sehari-hari.
Berikan waktu bagi tubuh dan pikiran kita untuk melakukan hobi, meditasi atau aktivitas yang berbeda dari rutinitas sehari-hari sehingga dapat memberikan efek penyegaran.

Sosial

Relasi sosial merupakan salah satu komponen pembentuk pribadi yang erat pula kaitannya dengan kesehatan jiwa dan pikiran. Periksalah seberapa kuat hubungan kita dengan keluarga, teman-teman dan orang-orang di sekitar untuk saling berbagi.

Makanan

Tak bisa ditawar lagi, menerapkan gaya hidup sehat artinya kita selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi lengkap dalam porsi yang seimbang.

Bagaimana? Kamu siap memulainya? Atau sedang menjalaninya?

Berkemah, Salah Satu Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pernahkah Anda berkemah? Bagaimana rasanya? Tahukah Anda bahwa berkemah merupakan salah satu alternatif cara yang bisa kita ambil untuk melengkapi gaya hidup sehat kita?

Seperti yang kami sekeluarga lakukan di awal bulan ini. Kami mengikuti sebuah acara berkemah bersama sekitar 20 keluarga lainnya. Wah, seru sekali, lho! Dan tentu saja menyehatkan. Baik bagi fisik, mental maupun kehidupan sosial kita.

Memang sih, kadangkala acara berkemah berjalan tidak sesuai harapan. Bukannya tubuh makin sehat, malah jatuh sakit sepulang dari sana. Bukannya jadi bahagia, tapi malah suntuk selama acara. Nah, supaya aktivitas berkemah bisa menunjang gaya hidup sehat kita, yuk simak video berikut untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan selama berkemah.


Persiapan

Jaga vitalitas tubuh sebelum jadwal berkemah. Agar kita dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dan menikmati berbagai pengalaman yang tersedia di alam bebas dengan sebaik-baiknya. Persiapkan semua perlengkapan beberapa hari sebelumnya untuk memastikan tidak ada yang terlupakan. Pakaian hangat, obat-obatan dan beberapa perlengkapan untuk menjaga kebersihan diri adalah barang-barang yang harus cukup tersedia dalam tas.

Aktivitas Fisik

Ya, kegiatan di luar adalah kesempatan emas bagi kita untuk mengoptimalkan kebutuhan tubuh kita untuk tetap aktif. Berjalan, berlari, memanjat, mendaki, bersepeda atau berenang. Saatnya untuk terus bergerak!

Olahraga

Olahraga berbeda dengan aktivitas fisik sehari-hari, ya. Olahraga memiliki gerakan, hitungan dan durasi tertentu untuk melatih otot-otot tubuh. Berolahraga di bawah sinar mentari pagi? Luar biasa segarnya!

Kebersihan

Ya, jaga kebersihan diri dan lingkungan kita. Sebelum berkemah, sangat disarankan untuk memastikan terlebih dulu ketersediaan tempat mandi yang memadai di sana. Rajin mencuci tangan, gunakan fasilitas umum dengan bijak dan jangan buang sampah sembarangan demi kenyamanan seluruh pengunjung.

Lingkungan

Berada di alam bebas memberikan kita kesempatan untuk melihat langsung aneka komponen ekosistem yang mungkin tidak ada di tempat tinggal kita. Aneka tanaman, hewan, bebatuan dan banyak lagi yang menarik perhatian. Jangan mengganggu dan merusaknya, ya. Karena keseimbangan ekosistemlah kita masih bisa hidup layak dan berkualitas. Satu saja bagian rusak, kenyamanan bumi sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup tidak lagi sama.

Relaksasi

Ya, manfaatkanlah seluas-luasnya waktu kita di tengah alam terbuka ini untuk mengendorkan berbagai ketegangan jiwa dan raga. Hiruplah udara segarnya, pandangilah warna warni bunganya, nikmatilah senandung burung-burungnya, ciumlah aroma tanah dan rerumputannya. Isilah seluruh indera kita dengan berbagai sensasi langka.

Sosialisasi

Berkemah memberi kita kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Saling berkenalan, berbagi, menolong dan bertukar cerita. Kapan lagi bisa mempunyai waktu mengumpulkan banyak teman di dunia nyata?

Kreasi

Tinggal di sebuah tempat baru mengajak kita untuk lebih giat memutar otak dalam memenuhi segala kebutuhan kita menghadapi berbagai situasi yang ada. Masalah baru yang harus diselesaikan dengan alat baru dan terbatas. Sungguh menantang!

Istirahat

Kegiatan boleh seabrek. Namun jangan lupa beristirahat, ya. Kegiatan ekstra harus diimbangi dengan istirahat yang berkualitas agar kesehatan tubuh dan jiwa tetap terjaga dengan baik.

Bersyukur

Ya, nikmati semua yang ada dan syukurilah. Medan yang terjal, cuaca yang menggigit, gangguan di sana-sini, terima semua dengan lapang hati. Karena masih banyak hal menakjubkan yang kita alami selama di sana. Pemandangan yang indah, air yang segar dan banyak lagi.

Makanan

The last but not the least. Justru poin ini aku sebutkan terakhir karena pembahasannya yang paling panjang. Mengingat inilah bahan bakar kita untuk bisa menjalani berbagai aktivitas sehat. Maka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang makanan saat kita berkemah.



1. Memasak Sendiri
Daripada mengandalkan makanan instan, lebih baik kita mengolah sendiri makanan yang akan dikonsumsi sehingga lebih terkontrol kualitas nutrisinya. Kemaslah bahan makanan dalam wadah kedap udara.
2. Cukup Cairan
Pastikan kita minum minimal 2 liter air tiap harinya. Teriknya mentari dan dinginnya udara malam menuntut kita untuk senantiasa menyuplai cairan guna menjaga suhu tubuh tetap normal. Jangan menunggu hingga kehausan, ya.
3. Camilan Sehat
Saat berkemah, camilan ini wajib adanya. Karena aktivitas fisik yang lebih banyak dan kondisi cuaca yang lebih ekstrim, kita perlu menyediakannya dalam jumlah cukup banyak. Pilihlah camilan yang sehat dan praktis untuk dibawa dan dikonsumsi. Buah segar, buah kering, roti, biskuit, minuman kemasan atau yogurt.

Heavenly Blush Greek Yogurt Andalanku

Yogurt Yunani atau labneh merupakan yogurt kental yang umum dijadikan menu pokok masyarakat Yunani. Rasanya asam sebagaimana yogurt namun terasa lebih kuat karena kekentalannya. Ia bisa disantap begitu saja atau pun dimasak dulu. Bisa disajikan sebagai hidangan gurih maupun manis. Yogurt Yunani juga bisa menjadi alternatif pengganti mentega yang lebih menyehatkan.

Tahap awal pembuatannya sama dengan yogurt biasa. Setelah jadi, yogurt disaring dengan cara dimasukkan ke kain kasa dan digantung selama beberapa jam. Di bawahnya terdapat panci untuk menampung tetesan cairan whey. Proses penyaringan inilah yang menghasilkan tekstur yogurt menjadi lebih kental. Konsistensinya berada di antara kekentalan yogurt dan keju.

Menurut US News, Yogurt Yunani memang lebih unggul dalam kandungan sodium, gula (karbohidrat), dan protein. Karenanya, yogurt ini ideal bagi yang ingin menurunkan berat badan. Tak heran jika masyarakat Yunani yang terkenal bergaya hidup sehat itu sangat akrab kesehariannya dengan yogurt ini.

Yunani memiliki indeks rata-rata umur penduduk yang tinggi, yaitu mencapai 82 tahun. Pola diet mereka dikenal dengan sebutan diet Mediterania yang merupakan salah satu diet tersehat di dunia. Asupan untuk diet jenis ini, antara lain: minyak zaitun, sayuran segar, ikan, biji-bijian, susu kambing, teh herbal dan Yogurt Yunani.

Sudah lama aku tertarik menjalani diet a la Mediterania ini. Selain mudah, bahan-bahannya bergizi tinggi dan penuh citarasa. Sayangnya, ada satu lubang yang belum sempurna aku jalani, yaitu pemakaian Yogurt Yunani.

Selama ini, aku hanya bisa memakai yogurt biasa yang beredar di pasaran. Ya tidak mengapa juga sih, sebenarnya. Hanya saja, aku jadi harus berpuas diri untuk menelan kembali air liur yang terbir setiap kali membaca atau menonton informasi tentang Yogurt Yunani. Mupeng berat....



Tak disangka, ternyata label yogurt favoritku, yaitu Heavenly Blush, akhirnya meluncurkan varian Greek Yogurt! Eureka! Duh, rasanya itu seperti bertemu kekasih yang telah terpisah puluhan tahun. Ciee...

Heavenly Blush ini merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengenalkan manfaat Yogurt Yunani ke pasar Indonesia, lho. Yaitu sejak 2015 lalu. Begitu menemukan produk ini di minimarket, langsung saja aku membeli beberapa. Karena aku yakin kalau produk keluaran Heavenly Blush pasti enak dan berkualitas. Dan ternyata benar, Saudara-Saudara!

Saat pertama kali mencobanya, aku langsung bisa membedakan sensasinya dibandingkan yogurt biasa. Duh, pantas ya, yang sudah mengenal yogurt jenis ini akan susah berpaling ke yogurt biasa. So creamy, so milky, with a ray of delicious strong acid taste. Ah, susah lah melukiskannya. Hanya yang sudah pernah mencicipinya yang akan tahu seperti apanya.

Heavenly Blush Greek Yogurt hadir dalam dua varian, yaitu: Heavenly Blush Greek Yogurt Classic 200 ml dalam kemasan tetrapak dan Heavenly Blush Greek Yogurt 100 gram berbentuk mangkuk yang di dalamnya terdapat buah segar dan aneka topping yang ditempatkan secara terpisah. Ada granola, persik, arbei, apel, pir dan madu. Keren ya, idenya.

Tidak cuma aku yang terkesima, ternyata. Karena inovasi kemasan mangkuk ini pun menang di ajang WorldStar Packaging Awards. Wow!

Karena konsistensinya yang kental dan tinggi protein ini, maka benar saja kalau disebut Heavenly Blush Greek Yogurt cukup andal untuk mengenyangkan perut. Karena protein mengalami proses yang lebih panjang untuk dicerna, sehingga cocok sebagai pengganjal lapar. Jadi, jika Anda mencari camilan sehat atau pun bahan yogurt untuk melengkapi hidangan utama maupun penutup, Heavenly Blush Greek Yogurt ini cocok sekali sebagai pilihan.

Makanya aku membawanya beberapa kotak varian klasik saat berkemah kemarin. Karena aku tahu, rasa lapar akan sering melanda. Sedangkan setiap waktu makan selalu pakai acara antre karena banyaknya peserta. Kami menikmati waktu menunggu sambil menyedot Heavenly Blush Greek Yogurt Classic. Dikonsumsi bersama buah-buahan atau pun lelehan coklat? Semuanya enak!

Rajin mengonsumsi Heavenly Blush Greek Classic membuatku mendapatkan asupan sehat saat lapar keburu melanda. Acara mengudap jadi lebih nikmat karena tanpa ada rasa bersalah yang menyelip. Tubuh pun terasa lebih bugar, berenergi dan ASI mengalir deras untuk Sang Buah Hati. Senangnya!

Yuk, Ikut Cicipi #HeavenlyBlushGreekSecret!

Sudahkah Anda mencoba produk Heavenly Blush yang baru ini? Kalau belum, sekarang saatnya untuk memasukkan Heavenly Blush Greek Classic sebagai bagian dari pola hidup sehatmu. Selain manfaatnya memang nyata, rasa lezatnya juga sulit untuk ditolak, juga karena Heavenly Blush sedang gencar meluncurkan kampanye #HeavenlyBlushGreekSecret.

Melalui kampanye ini, Heavenly Blush memperkenalkan kepada kita rahasia kesehatan masyarakat Yunani. Bukan hanya dengan cara mengajak kita mencicipi produk Heavenly Blush Greek Classic. Bahkan, kita diajak untuk menyingkap langsung rahasia itu di tempatnya!

Iya, Heavenly Blush akan mengajak kita ke Santorini, Yunani! Jadi, kita dapat merasakan dan melihat langsung pengalaman diet sehat a la Mediterania serta bagaimana Yogurt Yunani dipakai dalam berbagai produk makanan masyarakat setempat. Hayo, siapa yang nggak ngiler, coba?

Yang tertarik, langsung saja meluncur ke situs resmi Heavenly Blush. Selain hadiah berupa perjalanan gratis ke Yunani untuk 30 orang, juga ada hadiah berupa uang tunai hingga total 100 juta rupiah! Semoga beruntung, ya!

Komentar

  1. Anakku kalo lagi sakit, aku boost pake ini lho... Jadi lebih cepat pulih tanpa obat2an. Belakangan jadi rutin konsumsi Heavenly Blush, jadi jarang sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, jgn2 anakku ga sakit sepulang berkemah jg gara2 minum ini? Huahaha..

      Hapus
  2. Aku lagi mulai kinsumsi yogurt nih mba, sblumny suka males krna asam rasanya, tp pas nyoba heavenly blush gak terlalu asam,aku suka.

    BalasHapus
  3. Setiap kegiatan yang dimulai dengan meminum Yogurt Heavenly Blush jadi makin menyenangkan.
    Jadi makin aktif saat bermain dan mudah berkreasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betul sekali. Udah pernah icip ya?

      Hapus
  4. saat traveling apalagi berkemah memang asiknya bawa cemilan sehat, biar pejalanan makin enak dan asik.

    BalasHapus
  5. Kok aku jadi pengen ikutan kemah dan bawa Heavenly Blush juga. Ini aku kecanduan yogurtnya. Enak banget. Kenyang pula.

    BalasHapus
  6. Pertama kali nemu greek yogurt Heavenly Blush di supermarket dulu bahagia banget karena pernah nyari-nyari produk greek yogurt ga nemu-nemu dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, emang dulu jarang bgt kan greek yogurt di indonesia

      Hapus
  7. Saya pun mulai suka minum Heavenly Blush Greek Classic mbak, karena emang rasanya yang pas plus kandungannya yang banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menempuh hidup sehat ya😊

      Hapus
  8. Wah,, keren. Ternyata heavenly greek yoghurt punya varian dg isi buah segar & teman2. Bisa buat sangu kalo lagi travelling nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Praktis dan sehat ya😊

      Hapus
  9. Sukak bbt heavenly blush yg Greek series ni terutama yg madu. Enyaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya yg ada toppingnya. Ih, jd pingin berburu lagi hihihi..

      Hapus
  10. Aku suka kemaaah, Mbak, tapi nggak suka persiapan dan ntar pas kelar, sangat melelahkan. Hiks. Kalau pas zaman sekolah dulu hobi bgt ikut kemah, terus penjelajahan, ho menantang banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Emang paling enak pas jalan2nya ya. Eit, terapin dong semua tips di atas biar ga terlalu payah sepulang berkemah😊

      Hapus
  11. Terakhir kali kemah jaman SMA. Sekarang kemahnya bikin tenda2an dalam rumah hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Iya. Gitu aja anak2 dah seneng ya. Ntar kalo dah siap dibawa outdoor, coba camping di luar yuk😊

      Hapus
  12. Saya pengen banget bisa camping lagi. Udah lama gak camping. Kangen dengan suasananya

    BalasHapus
  13. enak ni yogurtnya, aku pengen banget ajak bocah berkemah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, kapan2 kemah sama si bocah. pasti hepi bgt deh :)

      Hapus
  14. Akuuu juga suka bngt nih heavenly blush, enk bgt heheheh

    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  15. Kangen camping deh jadinya, kayak masa muda dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eciee... sekarang jg masih berjiwa muda dong. yuk kemping lagi :)

      Hapus
  16. heavenly blush yogurt emang enak banget, kemasannya simple jadi bisa dibawa kemana-mana termasuk pas berkemah ya mba. PEngen banget suatu hari nanti bisa berkemah berdua suami, jadi lebih romantis gitu tidur di alam bebas hihi

    BalasHapus
  17. Keren Mbak, gaya hidup sehat memang banyak faktor penunjang termasuk makanan dan minuman ya. Salah satunya dengan konsumsi heavenly blush yogurt ini.

    BalasHapus
  18. Whuaa iyaya bwrkemah pun bisa menunjang gaya hidup sehat. Btw, yogurtnya ada rasanya kah atau plain saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heavenly Blush Greek Yogurt hadir dalam dua varian, yaitu: Heavenly Blush Greek Yogurt Classic 200 ml dalam kemasan tetrapak dan Heavenly Blush Greek Yogurt 100 gram berbentuk mangkuk yang di dalamnya terdapat buah segar dan aneka topping yang ditempatkan secara terpisah. Ada granola, persik, arbei, apel, pir dan madu.

      Yuk, berkemah!

      Hapus
  19. Yups,betul banget kak ...
    Gaya hidup sehat itu harus seimbang antara kesehatan mental dan fisik, ngga cuman dari gizi saja.

    Pengin berkemah lagi tapi belum terlaksana nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kirain sering berkemah. yuk diagendakan :)

      Hapus
  20. gitu ya bun, berkemah juga kan refreshing, jadi setuju banget kalo bisa menunjang gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  21. Duh, kemah ya mbak. Jadi keinget jaman SMP - SMK pas lagi kemah. Tapi persiapan tuh emang ribet. Heavenlny Blush punya varian baru ya mbak? Baru tahu aku. Makasiu infonya mbak.

    BalasHapus
  22. Aku dulu sering berkemah. Asyik sih, tapi kemas2nya yang mager hahaha. Serunya kalo pagi ngirup udara seger. btw ttng yogurt boleh juga tuh,harganya berapaan mba? leh uga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yogurtnya sekitar 11-15rb. Enaaakk..

      Hapus
  23. Wah..jadi kangen kemah nih... Terakhir bbrp tahun lalu saat anak2 masih kecil2 hehe.

    BalasHapus
  24. Saya belum coba nih mba jafi penasaran bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingin nyoba berkemah ato heavenly blush? 😊

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^