Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau Bagi Bumil


Sebagai orang Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah kuliner yang bernama bubur kacang ijo. Vigna radiate (bahasa latin) atau kacang hijau merupakan tumbuhan yang termasuk jenis polong-polongan dan memiliki kandungan protein nabati tinggi. 

Ada berbagai cara penyajian dari kacang hijau tersebut, yang salah satunya adalah dijadikan sebagai bubur. Tak hanya kaya akan kandungan protein nabati, bubur kacang hijau juga memiliki citarasa yang manis dan lezat. 

Menurut para dokter kandungan, ternyata ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau, lho. Lantas, manfaat apa sajakah yang akan didapat oleh ibu hamil dari mengonsumsi bubur kacang hijau tersebut? 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang manfaat dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Berperan Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi


Manfaat luar biasa yang pertama dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni berperan sebagai asupan gizi dan nutrisi. Tentunya hal ini sangat diperlukan oleh para ibu hamil, untuk memenuhi kebutuhan asupan tersebut selama masa kehamilan. 

Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki peranan penting bagi perkembangan dan pertumbuhan janin. Dengan demikian, maka tak heran jika ibu hamil diharuskan mengonsumsi bubur kacang hijau secara rutin dan teratur.

2. Mencegah Cacat Kelahiran



Cacat kelahiran merupakan momok yang menakutkan bagi semua ibu hamil. Ya, cacat kelahiran ini biasanya disebabkan karena ibu hamil kekurangan asupan asam folat. Cacat kehamilan tersebut bisa berupa bibir sumbing, kelainan jantung, hingga dapat merusak otak. 

Tentu saja bunda sangat tidak menginginkan hal itu terjadi. Namun, cacat kelahiran itu dapat dicegah dengan mengonsumsi bubur kacang hijau sebab kaya akan kandungan asam folat. 

3. Dapat Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan


Manfaat luar biasa yang berikutnya dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Terganggunya sistem pencernaan ini bisa disebabkan karena bunda yang kekurangan asupan serat, sehingga asupan gizinya akan ikut terhambat. 

4. Dapat Memelihara Kesehatan Tulang


Menurut para pakar gizi ternama dunia, kacang hijau mengandung sekitar 1,5 mg zat besi dalam setiap 100 gram penyajiannya. Nah, zat besi tersebutlah yang bertugas untuk memelihara kesehatan tulang, sehingga Bunda akan terhindar dari penyakit osteoporosis atau yang biasa kita sebut dengan keropos tulang. 

Selain zat besi, bubur kacang hijau ini juga memiliki kandungan kalsium yang bertugas untuk mempertebal tulang bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungannya.

5. Dapat Mencegah Penyakit Anemia


Manfaat luar biasa yang terakhir dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat mencegah penyakit anemia. Ada berbagai jenis penyakit anemia. Namun salah satu yang menjadi penyebab terjadinya anemia pada ibu hamil disebabkan kekurangan asam folat dan vitamin B12.

Mengingat bubur kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, maka zat besi tersebut dapat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin darah, sehingga bunda akan terhindar dari penyakit anemia. 

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil. Dengan manfaatnya yang begitu luar biasa, tak ada alasan bagi Bunda untuk tidak mengonsumsi bubur kacang hijau tersebut. Juga, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat selama kehamilan.

Komentar

  1. Pas hamil dulu, aku rutin minum air kacang hijau ato bubur kacang hijau. Tp wkt itu krn dikasih tau mama supaya rambut bayinya lebat :D. Dulu pas mama hamil rutin minum itu dan jdnya lebat di rambutku hahaha.

    Ga tau deh mitos ato ga yaa... Tp memang rambut anakku yg pertama lumayan lebat :D.

    BalasHapus
  2. Aku suka nih kacang hijau. Ternyata banyak banget manfaatnya ya.

    BalasHapus
  3. Aku suka kacang hijau. Bukan saja waktu hamil, sampai sekarang juga masih suka minum. Selain enak juga mengenyangkan.

    BalasHapus
  4. Kacang hejo ( kata orang Sunda teh) itu emang bagus banget, klo pengen rambut anaknya subur kata orang tua jaman dulu makan aja kacang ijo tiap hari,

    BalasHapus
  5. Waktunaku hamil.aku suka banget konsumsi burjo. Kadang masak sendiri seringnya.beli di luar tinggal.lep. manfaatnya buanyaak.banget

    BalasHapus
  6. Aku dulu rajin minum bubur kacang hijau pas hamil semata krn pingin rambut anakku pada tebal. Hehehe abis rambutku tipis

    BalasHapus
  7. Banyak yaaa manfaat kacang hijau untuk bumil. Dulu pas hamil aku juga suka mimik kacang ijo dan air kelapa juga mba.

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat bermanfaat seperti apa yang sudah di tuliskan, di tunggu artikel selanjutnya ya

    BalasHapus
  9. waktu hamil aku juga rajin banget minum kacang hijau, karena kacang hijau mengandung folat yang tinggi

    BalasHapus
  10. Pas hamil anak pertama, rajin banget minum minuman kacang ijo, kalau lagi enek minum itu, ternyata banyak manfaatnya ya buat bumil

    BalasHapus
  11. Kacang hijau memang banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk buat bumil ya. Dimakan anget2, enaak :)

    BalasHapus
  12. Aku suka kacang hijau. Di rumah termasuk sering nih bikin bubur kacang hijau

    BalasHapus
  13. Wah ternyata banyak manfaat bubur kacang hijau bagi Bumil ya.. Semoga banyak Bumil yg mendapat informasi ttg hal.ini..

    BalasHapus
  14. Banyak yg bilang bumil makan dan minum air kacang hijau nanti rambut bayinya bisa lebat. Gak tau benar atau nggak, tapi aku percaya aja karena nggak ada salahnya minum air kacang hijau. Jadi selama hamil hampir tiap hari minumdan makan kacang hijau :)

    BalasHapus
  15. Sampai sekarang masih suka buat dn jadi menu cemilan bubur kacang ijo mba...

    BalasHapus
  16. Kacang hijau memang banyak manfaatnya. Saya yang sebetulnya gak terlalu suka kacang hijau, sata hamil lumayan rutin mengkonsumi ini. Semua demi anak dalam kandungan hehehe

    BalasHapus
  17. Sama kaya Mbak Fanny, aku rajin minum kacang hijau saat hamil dan anakku juga lebat banget rambutnya sejak lahir.... Jadi pas brojol uda gondrong, hehehe.... Ga tahu itu kebetulan atau memang benar efek kacang hijau ya :)

    BalasHapus
  18. Manfaatnya banyak ya Mbak. saya juga waktu hamil dulu rajin minum minuman kacang ijo, kalo ada buburnya ya makan buburnya biar sehat

    BalasHapus
  19. Aku suka banget bubur kacang hijau mbaaa, paling suka kalau pas lagi ada posyandu gitu hehe.. Dulu sering antar adik buat posyandu dan sering juga dapat jatah bubur kacang hijau. Manfaatnya banyak juga ya, selain nikmat dikonsumsi.

    BalasHapus
  20. Mandaatnya banyaaak ya mba.. dan yang pasti enak rasanyaaa

    BalasHapus
  21. Ibu hamil memang harus makan banyak kacang hijau ya. Karena ada kandungan vitamin dan zat besinya.

    BalasHapus
  22. iya banget, selama hamil kemarin juga aku rajin makanin bubur kacang hijau... coz banyak manfaatnya :)

    BalasHapus
  23. Waktu hamil ku sering makan burjo mba, manis soalnya hehehe manfaatnya juga banyak. Katanya bisa juga buat melebatkan rambut si janin imho yang penting sehat

    BalasHapus
  24. Baru tahu aslinya, kalao manfaatnya kacang ijo sebanyak itu, saya sih suka banget makan bubur kacang, apalagi kalao saat Travelling kesebuah kota suka cari bubur kacang ijo khas madura, dan beberapa cara penyajian bubur kacang di kota lain, kayak di surabaya di kasih es....

    BalasHapus
  25. banyak sekali ternyata ya manfaat kacang hijau? Udah enak, sehat, bermanfaat lagi.

    BalasHapus
  26. Banyak ya manfaat kacang hijau. Aku jarang makan kacang hijau, seringnya makan ketan hitam nya aja kalau beli bubur kacang ijo, kacang hijau nya orang lain yang makan.

    BalasHapus
  27. Waktu hamil anak pertama, hampir tiap hari minum rebusan kacang hijau. Nggak tahu napa tetua di keluarga besar ibuku, selalu menyuruh kami yang hamil minum air rebusan kacang ijo. Ternyata manfaatnya banyak ya

    BalasHapus
  28. Bubur kacang hijau tuh paling enak makanya oakai roti tawar, terus dingin masukan ke dalam kulkas dulu mantap

    BalasHapus
  29. Dulu pas aku hamil, ammaku nganjurin banyak konsumis kacang ijo. Kata mama kacang ijo bisa bikin rambut bayi lebat, dan pas lahiran juga lancar. Nggak tau deh tuh mitos atau fakta. Cuma karena emang aku tau kacang ijo itu banyak kandungan gizinya, jadi aku konsumsi, hehe

    BalasHapus
  30. Wah, banyak banget ya manfaat bubur kacang hijau buat bumil. Jangankan bumil sih, aku juga doya. Enak soalnya. Hehehe...

    BalasHapus
  31. Banyak juga manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Dari dulu sampai sekarang aku tuh suka banget sama bubur kacang hijau.

    BalasHapus
  32. Aku suka banget makan kacang hijau mba apalagi kalau dibuat jadi bubur, jadi kangen masakan ibu di rumah

    BalasHapus
  33. Orang tua selalu bilang kalau anaknya pengen banyak rambut semasa hamil kudu banyak makan kacang ijo hehe. Btw aku suka banget bubur kacang ijo hangat lho apalagi diminum waktu hujan.

    BalasHapus
  34. Sekilas penglihatanku aku pikir lulur haha
    Soalnya tempatnya mirip.
    Saya juga suka bubur kacang ijo. Apalagi dingin haha

    BalasHapus
  35. Zaman aku hamil dulu jg suka konsumsi kacang ijo. Ya karena aku suka aja sih hehe. Ternyata manfaatnya banyak ya buat bumil TFS

    BalasHapus
  36. Manfaatnya juga banyak ternyata buat ibu hamil ya, tapi aku di rumah memang rutin bikin bubur kacang hijau sih, enak soalnya

    BalasHapus
  37. Makanan dan minuman favoriiit jaman hamil dulu, hihi. Senengnya bikin bubur kacang hijau yang bening Mba, tanpa santan. Biasanya airnya aku pisahin dan buat stok minuman. Kalau sekarang sih lebih suka burjo yang kuentel dan bersantan, hehe.

    BalasHapus
  38. Menu bubur kkacang hijau hampir setiap hari disediakan saat saya hamil dan menyusui. Alasannya karena katanya bagus untuk bayi dan bisa melancarkan ASI.
    Rasanya pun enaak ��

    BalasHapus
  39. Aku waktu hamil dulu gak begitu suka bubur. Padahal banyak banget ya manfaatnya buat janin. Kalau hamil lagi mau paksain diri deh konsumsi kacang hijau

    BalasHapus
  40. Bubut jacang hijau kesukaanku, aku sering masak sendiri pakai jahe dan gula merah plus pandan biar wangi enak banget. Kalau aku suka bening tanpa santan.

    BalasHapus
  41. Kacang ijo itu favorit keluarga bunda, mau dimàdak apa aja padti abis, dibikin peyek, dibikin bubur atau buat campuran satur bening bayan.

    BalasHapus
  42. gak salah nih saya pecinta kacang ijo, apalagi waktu hamil kedua kemarin doyan banget makan bubur kacang ijo, eehh pas lahir si Adek rambutnya lebat banget, sampai dikira anak cewek, hihihih

    BalasHapus
  43. Bener banget, mbak. Kadang ijo banyak banget manfaatnya buat bumil

    BalasHapus
  44. Nah, saya kok malah sembelit ya Mbak pas hamil dulu kalau makam kacang hijau. Itu kenapa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^