Inspirasi Itu Bernama Yorick

Aku memang suka sekali membaca buku atau menonton film yang bersumber dari kisah nyata. Karena masalah yang dihadapi adalah realita, solusi yang diberikan memang bisa diterapkan dan nilai yang disampaikan lebih berpengaruh dalam kehidupan. 

Tak pernah patah, tak akan menyerah, terus melangkah.

Itulah prinsip dari Yorick, sosok nyata yang dikisahkan dalam novel dengan judul yang sama dengan namanya. Novel ini belakangan sangat mencuri perhatianku. Prinsip Yorick di atas yang dijadikan sebagai tagline menjanjikan keseruan kisah. Aku membacanya dalam bentuk aplikasi di ponsel.


Sinopsis


novel yorick

Masa kecil Yorick banyak diwarnai oleh Mak Encum, neneknya. Mereka tinggal berdua saja di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Berbagai perundungan karena kemiskinannya membuat Yorick rendah diri. Namun Mak Encum terus menanamkan semangat dan mengajarkan nilai-nilai positif padanya.

Saat Yorick berusia 11 tahun, Mak Encum mulai sakit-sakitan. Mereka harus terpisah dan Yorick pun menggelandang. Berbagai pekerjaan serabutan dilakoninya. Cuci piring, kuli angkut, pembantu rumah tangga, servis komputer dan programer IT.

Segala keletihan dan keperihan yang menderanya dijalani dengan tabah dan mempertemukannya dengan sahabat-sahabat yang baik untuk melangkah bersama. Hingga di usia yang masih kepala tiga, ia telah membangun jaringan bisnis besar di berbagai negara, Nevsky Prospekt.


Antarmuka Versi Digital


Novel digitalnya memiliki perangkat navigasi yang cukup memudahkan. Ada menu Daftar Isi yang tinggal diklik untuk melompat ke bab yang diinginkan.

Juga, ada fasilitas bookmark untuk menandai bacaan. Jika aplikasi dibuka, akan otomatis menampilkan halaman yang terakhir ditandai.

Bentuk huruf yang digunakan dalam isi buku sangat sederhana sehingga mudah dibaca. Berupa tulisan hitam di atas latar putih. Selain itu, terdapat pula pilihan tampilan zoom mode dan mode malam dengan latar hitam dan tulisan putih untuk memudahkan membaca sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini sangat menghargai kekayaan intelektual penulisnya, dengan tidak mengizinkan kita menyalin tempel isinya maupun mengambil tangkapan layar dari halaman-halamannya.


Sistematika


1. Halaman Sampul


Halaman sampulnya berupa adegan Yorick Kecil bersimpuh di pangkuan Nenek. Pemilihan aksen warna yang dramatis dengan latar gelap di sini sangat menggambarkan betapa pilunya masa kecil Yorick.

Gaya huruf yang digunakan untuk judul berupa tulisan tangan yang terbilang unik. Menurutku, cukup mewakili sebuah pribadi yang penuh mimpi namun sekaligus juga memiliki kekerasan hati.

2. Identitas Buku


 identitas buku novel yorick

Keterangan di atas adalah identitas buku novel Yorick dalam bentuk cetak. Ya, ini adalah sebuah novel yang baru dicetak pertama kali di tahun lalu dengan tebal 346 halaman. Sedangkan versi digitalnya hanya terdiri dari 316 halaman.

3. Sekapur Sirih


Tujuan dari penulisan novel Yorick termuat dalam halaman ini. Yaitu, untuk meramaikan bumi literasi Indonesia melalui sebuah novel inspiratif. Novel ini diharapkan bermanfaat turut membangun karakter anak bangsa dengan menularkan semangat bahwa "Hidup Itu Berjuang."

4. Ucapan Terima Kasih


Berisi ucapan terima kasih dari pengarang kepada orang-orang yang dianggap berjasa dalam penulisan novel Yorick ini.

5. Kisah Yorick


Terbagi menjadi sekitar 60 bab cerita tentang Yorick di masa kecil, masa remaja dan saat kini telah dewasa dalam porsi yang hampir sama besar.

6. Yorick di Mata Orang-Orang Terdekatnya


Berisi kesaksian para sahabat Yorick tentang kepribadiannya dan pendapat mereka setelah membaca novel ini.

7. Sekilas tentang Pengarang


Kirana Kejora telah menulis banyak novel. Beberapa di antaranya sukses di pasaran, diangkat ke layar lebar dan meraih sejumlah penghargaan. Selain novel, Beliau juga menulis naskah 40-an FTV, film layar lebar dan dokumenter yang juga mengukir prestasi darinya.

8. Profil Perusahaan Nevsky Prospekt Indonesia


Sebuah perusahaan induk dari setidaknya 12 perusahaan berbagai bidang yang tergabung dalam Nevsky Group. Beroperasi di Indonesia dan terdaftar di Amerika Serikat maupun Hongkong.


Tema


Novel Yorick adalah novel inspirasi, novel semangat dan novel cinta seorang nenek untuk cucunya.


Penokohan


1. Yorick


novel yorick

Secara fisik, Yorick digambarkan penuh karisma. Tingginya 177 cm, berlesung pipit, berkulit putih dan berusia 30 tahunan. Sejak kecil, Yorick sangat enerjik. Kekuatan fisiknya ini ditunjang dengan kekuatan otaknya yang pandai, visioner dan gemar belajar.

Selain ketajaman pikiran, kekuatan hatinya pun luar biasa. Yorick dikenal sebagai sosok yang tegar, santun, pemaaf, tulus dan amanah. Tentu saja itu tidak membuatnya jadi lemah. Sifat dasarnya yang berjiwa pemimpin dan teguh pendirian menjadikannya survivor sejati hingga meraih kesuksesan.

Too good to be true? Tak ada gading yang tak retak. Demikian pula seorang Yorick. Pemikirannya yang sukar ditebak kadang membingungkan orang di sekitarnya. Cara berpikirnya yang praktis dan tutur katanya yang lugas telah membuatnya kehilangan perempuan idaman hatinya.

Kelemahan lain dari Yorick di mataku adalah kebiasaannya merokok.

2. Mak Encum




Beliau adalah seorang nenek yang sangat menyayangi cucunya dan sabar menghadapi sikap Yorick yang terkadang melawan serta kritis. Walau begitu, Mak Encum juga tegas saat Yorick berbuat buruk. Hal ini membantu Yorick memahami perbedaannya dengan perbuatan baik dan menjauhinya.

Beliau tetap berusaha memenuhi sendiri kebutuhannya dan cucunya walau sudah tua. Cara berpikirnya sangat sederhana namun bermakna. Nilai religius sangat kental dalam setiap nasihatnya.

3. Nevia



Nevia adalah gadis cantik dan cerdas keturunan keluarga berada. Seperti kebanyakan perempuan, Nevia lebih suka menunggu dalam menjalin hubungan, ingin dimengerti tanpa berminat menjelaskan. Sifatnya yang agak temperamental sangat tidak disukai oleh Yorick.

4. Sahabat-Sahabat Yorick



Selain ketiga tokoh utama di atas, tentu saja ada banyak tokoh lain bertebaran dalam novel ini. Terutama para sahabat Yorick yang mengiringi perjalanannya sejak remaja.

Rotten dan Tejo adalah sahabat yang paling awal dikenal Yorick. Sifat keduanya yang bertentangan membuat mereka sering bentrok ringan yang kemudian ditutup dengan gelak bersama.

Pak Kin adalah seorang aktivits LSM kemanusiaan yang berpengalaman memimpin 16 perusahaan. Ia dianggap Yorick sebagai kakak, namun Pak Kin lebih suka menganggapnya sebagai rekan seumuran. Mereka berdua sangat akrab hingga banyak yang tak menyadari perbedaan usia keduanya.

Iyan adalah rekan andalan dalam membangun perangkat lunak. Sangat setia kawan menemani dan membantu Yorick bagaimana pun keadaannya. Mengingat Yorick pun selalu tulus membantunya, termasuk saat berusaha merebut hati seorang perempuan.

Pak Hanafi adalah salah satu sosok pengganti ayah yang dirindukan Yorick sejak kecil. Ia selalu mendukung Yorick dalam keadaan apa pun dan membimbingnya seolah anaknya atau muridnya sendiri.


Alur


Novel Yorick menggunakan alur maju-mundur. Dibuka dengan kegundahan Yorick yang hubungannya sedang bermasalah dengan Nevia. Situasi yang mellow membuatnya diterpa rasa rindu pada neneknya yang sudah tiada, sosok yang sangat berjasa mengisi masa kecilnya.

Selanjutnya, cerita pun bergulir tentang Yorick Kecil di usia 11 tahun. Hingga suatu saat Yorick tersadar dari lamunan, untuk kemudian kembali terpekur oleh kenangan hari-hari selanjutnya. Demikian seterusnya.


Latar


Latar Tempat


Kisah dimulai dari salah satu kota di Rusia, yaitu Saint Petersburg. Kemudian terlempar ke masa kecilnya di Panjalu Kabupaten Ciamis, serta masa remajanya hingga dewasa di Bandung. Selain itu, ada sedikit cerita di Pontianak.

Latar Waktu


Cerita membentang di sepanjang masa kecil Yorick yang sepertinya berkisar di tahun '90-an hingga tahun 2018.

Latar Suasana


Ada banyak suasana yang menghiasi cerita dalam novel ini. Di Rusia, ada suasana White Nights, yaitu saat matahari tetap terlihat cerah di malam hari. Juga, riuh rendahnya kota saat menjadi tuan rumah bagi Piala Dunia 2018. Sama menariknya dengan suasana pedesaan di Panjalu, Ciamis.

Latar Budaya


Selain budaya penyambutan White Nights, ada lagi fakta yang cukup membuka mata di Rusia. Sepertinya di sana juga marak copet. Hahaha ... Mengingat bagaimana Gadis Rusia yang tertabrak Yorick hingga belanjaannya berantakan pun menolak dibantu membereskan barang-barangnya.

Disebutkan juga tentang tradisi sunatan yang menjadi salah satu sumber rezeki bagi Yorick. Selain karena mendapat pesanan dari hasil ternaknya, juga karena ada banyak makanan khas daerah Ciamis dan sekitarnya yang dapat dinikmatinya.

Begitu pula budaya Lebaran yang dilewatkan begitu saja oleh Yorick, karena ia merasa tidak diterima oleh keluarganya. Juga budaya perayaan wisuda yang bukan menjadi impiannya. Berhubung ia tak tahu akan mempersembahkan gelar sarjananya untuk siapa.


Bahasa


Bahasa yang digunakan dalam novel ini juga sangat bervariasi. Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dominan. Kemudian ada juga penggunaan Bahasa Sunda, Jawa, Inggris dan Rusia.


Sudut Pandang


Novel Yorick ini secara keseluruhan ditulis dengan sudut pandang orang ketiga serba tahu yang menceritakan bagaimana keseharian, pikiran dan perasaan Yorick serta tokoh-tokoh lainnya.


Amanat


Ada banyak petikan-petikan kalimat penuh hikmah yang dapat kita jadikan pelajaran untuk meningkatkan kualitas diri. Beberapa di antaranya:


Termasuk yang berkesan adalah filosofi peniti yang disampaikan mak Encum. Aku baru sadar kalau kata peniti itu berarti alat untuk titian, ya.
Peniti akan menusuk bila tertekan. Ia pemersatu yang terputus, perekat yang terpisah. Lalu ia akan menutup, tak menampakkan diri, setelah bisa menyambungkan sesuatu.


Semua yang terlihat di mata, bisa dipelajari (hal. 187).

Ilmu katon, kalau istilah Jawa yang biasa aku dengar dari Bundaku, setiap kali akan memperbaiki sesuatu walaupun belum pernah Beliau kenal seluk-beluknya.

Saya nggak gagal. Saya baru menemukan cara lain (hal. 267).

Ini adalah komentarnya saat sedang mencoba programnya untuk ke-352 kalinya. Ia meniru jawaban Thomas Alfa Edison yang baru berhasil membuat bohlam setelah percobaan ke-999.

Bukan hanya masalah bisnis, pada dasarnya Yorick memiliki pemikiran yang mendalam tentang segala sesuatu. Misalnya, tentang kehidupan:

Baginya setiap hari adalah pagi (hal. 11)

Sahabat adalah saudara tidak sedarah. (hal. 195)

Memaafkan tidak mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. (hal. 295)


Tambahan Pengetahuan


Kata orang, buku itu kan gudang ilmu, membaca itu jendela dunia. Jadi, pengetahuan apa saja yang aku dapat dari buku ini? Banyak sekali! Antara lain:

  1. Bertambahnya kosakata Bahasa Indonesia, Sunda, Inggris dan Rusia. Kalau Bahasa Jawa? Sudah hafal di luar kepala. Hahaha ...
  2. Makin banyak tahu tentang suasana, sejarah dan seluk-beluk kota St. Petersburg, termasuk masjid biru Soekarno
  3. Fenomena White Nights dan tradisi penyambutannya
  4. Ternyata Rusia adalah negara dengan 11 zona waktu
  5. Sejarah Panjalu
  6. Kekayaan kuliner khas Ciamis
  7. Dinamika perusahaan perangkat lunak
  8. Cara menghadapi anak usia praremaja yang biasanya mulai menampakkan kekritisan pemberontakan terhadap sekelilingnya, sebaik apa pun itu
  9. Berusaha tidak menjadikan anak yatim-piatu sebelum waktunya. Karena itu sangat perih bagi anak. Dan juga bagi orangtua, saat menghadapi penolakannya di usia yang lebih besar. Hiks.
  10. Banyak petikan kalimat motivasi yang indah dan inspiratif. Sebagiannya sudah disebutkan di atas.


Kelebihan Novel Yorick


Menilik jumlah halamannya yang lebih dari 300-an apakah menjadikan novel ini terlalu berat dibaca? Tidak juga. Jika kamu membacanya, kamu bisa keasyikan hingga tak terasa sudah selesai.

Makin ke tengah, campur-aduk perasaan ini membacanya. Sedih membayangkan segala yang menghimpit Yorick Kecil. Marah pada para orang dewasa yang seolah tak punya belas kasih padanya. Terharu dengan orang-orang yang masih peduli. Geli dengan kisahnya bersama para sahabat.

Ini adalah salah satu buku yang mampu memasukkan detil keindahan lokasi tanpa perlu terbaca seperti buku panduan traveling. Membuat ingin ke sana, menyaksikan keindahan Kota The Venice of The North karena ratusan jembatan di atas kanalnya.

Cara menerjemahkan berbagai bahasa percakapan di dalamnya cukup unik. Bukan dengan membuat catatan kaki, melainkan langsung diceritakan kembali dengan kalimat tak langsung.

Setiap bab dari novel ini adalah potongan yang akan memberikan gambaran utuh tentang pribadi seorang Yorick. Misalnya, tentang penyebutan nama Kecamatan Panjalu, penjabaran artinya, yang ternyata ada kaitannya dengan arti dari nama perusahaan yang dijalankannya sekarang.

Aku suka sekali dengan adanya pemuatan komentar orang-orang terdekat tentang Yorick. Yang paling menarik adalah ucapan Iyan. Ia mengakui Yorick dan dirinya sama-sama menyebalkan. Namun akhirnya menganggap bahwa Yorick tetap lebih baik.

Gaya bertutur novel ini tampak mudah diadaptasi ke dalam film. Sangat visual. Bukan bertele-tele sekadar permainan kata-kata indah yang hanya bermain di emosi. Yang kalau diperankan, agak susah menggambarkannya. Mungkin memang sejak awal novel ini sudah berniat difilmkan?



Kekurangan Novel Yorick



Pengetikan


Masih terdapat beberapa kesalahan minor dalam pengetikan, kalimat yang tidak efektif dan tidak sesuai dengan kaidah PUEBI.

Bahasa


Juga, Bahasa Jawa yang digunakan beberapa ada yang kurang tepat jika disebut sebagai logat Surabaya. Masih tercampur dengan dialek Jawa Tengah. Jika logat Surabaya asli, seharusnya menggunakan kata:

  • nggak, bukan ra
  • mbandingno, bukan mbandingke
  • ngalihno, bukan ngalihke

Eksplorasi Emosi Tokoh


Selain itu, ada beberapa bagian kisah pribadi Yorick yang tidak tereksplorasi dengan cukup luas secara emosional. Namun mengingat ini adalah kisah nyata dari seorang programer yang hidup sebatang kara di masa kecilnya, maka aku bisa memahami mengapa.

Berhubung aku pun lulusan jurusan Informatika dan menikah dengan adik angkatan dari jurusan sama yang juga yatim-piatu sejak kecil. Jadi, menamai emosi yang berkaitan dengan relasi itu adalah kesulitan bagi pribadi seperti Yorick. Apatah lagi menjabarkannya.

Terlebih, kebanyakan kekosongan emosi dalam buku ini terkait dengan hari kepergian Mak Encum, orangtua, keluarga besar dan jodoh. Hal-hal yang sepertinya Yorick sendiri belum menuntaskan perasaannya, masih ada yang tertahan, sehingga belum bisa memaknainya.


Saran


Bisa dilakukan pengeditan ulang untuk memperbaiki kesalahan pengetikan, pemilihan dan penyusunan kata.

Berhubung Novel Yorick ini filmnya direncanakan tayang tahun ini, maka aku berharap filmnya akan seindah novelnya. Entah dengan memperkuat kesan yang sudah tertuang dalam novel, atau dengan menyajikan dari sudut berbeda yang tak kalah apiknya.

Selain itu, semoga tidak ada adegan merokok atau properti rokok dalam film. Supaya tidak kontraproduktif dengan tujuan awal ditulisnya novel ini, demi perbaikan kualitas generasi penerus bangsa.


Sudahkah kamu membaca Novel Yorick?

228 komentar

  1. wah, lengkap juga ternyata ya.

    BalasHapus
  2. Hatur Nuhun. Salam Yorick

    BalasHapus
  3. Kereeeen revewnya lengkap dan detail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih udah mampir 🙏

      Hapus
  4. ini mah serasa pulang kekampung halaman,, latarnya d panjalu yah:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, putra Panjalu! Jangan2 kenal nih sama Yorick 🤗

      Hapus
  5. Kakak... Betapa lengkapnya Kakak dalam mereview novel ini. Jadi bikin kepo... Apalagi latar dan bahasanya. Kayaknya modern banget. Aku suka.

    But, I need to read it in another time.

    BalasHapus
  6. Mbaaakk, terimakasih banget sinopsisnya dan uangkapan kelebihan dan kekurangannya...;)

    BalasHapus
  7. Sejak kemarin saya kepo dengan Yorick ini, pertama karena banyak blogger yang membahasnya. Eh ternyata memang setelah membaca beberapa halaman dan beberapa bab. Novel ini renyah dan penuh motivasi banget.
    Must have book untuk tahun 2019 sih menunrut saya

    BalasHapus
  8. Masya Allah..lengkap dan keren banget. Fitur-fitur cara pengungkapan review beda banget...jadi pengen baca terus. Terima kasih atas inspirasi blog dan review film yang keren.

    BalasHapus
  9. Wah resensi paling bagus dari blog2 resensi yg pernah aku baca. Panjang & komplit tapi no spoiler. Kalau kekurangan utama yg kutangkap tanpa membacanya adalah nama Yorick itu yg kukira orang Indonesia timur tapi ternyata Ciamis. Tapi ini bisa berbalik jadi kelebihan jika didalamnya ada cerita ttg nama unik tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak, baca aja bukunya kalau penasaran hihihi...

      Hapus
    2. Ho oh ya, aku juga penasaran pada nama Yorick ini, serasa bukan orang Ciamis :)) Oke, harus baca bukunya nih klo gini.

      Hapus
  10. saya malah salkus ke gambar yg disisipkan, bagus bgt dan bikin seger bacany mb ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. terimakasih atas apresiasinya

      Hapus
  11. Jadi pengen baca, penasaran kisah yorick ini. Review yang komplit kak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, baca. terima kasih ya, sudah mampir.

      Hapus
  12. Bagus mbak kisahnya, diangkat dari kisah nyata pula. Jadi tidak nengada-ada dan bisa menjadi sumber semangat dan inspirasi bagi pembacanya. Tfs mb...jadi pengen nonton filmnya juga..

    BalasHapus
  13. Bagus ceritanya, anak kecil yatim piatu yang sukses

    BalasHapus
  14. Syukaa banget sama review-nya auto pengen baca karena saya tipe yang suka novel kisah nyata hahah kebanyakan baca non fiksi. Boleh dicoba nih bacanya makasih mbk Review-nya mantul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. terima kasih apresiasinya. Yuk, baca...

      Hapus
  15. Belum pernah mencoba untuk membaca melalui novel digital begitu. Tapi membaca watak dari tokoh tokoh yang ada dan quote quote yang membakar semangat jadi kepingin membacanya lebih banyak melalui novelnya.

    BalasHapus
  16. Keren masya allah lengkap sekali informasi novel yorick ini.. Jadi penasaran

    BalasHapus
  17. Novel ini keren, banyak nasehat hidup yang bisa dijadikan pedoman. Nunggu filmnya

    BalasHapus
  18. Baru pertamakali gue baca review tentang Novel selengkap ini. Keren dan detail banget. Bikin penasaran pengen baca sendiri Novelnya.

    BalasHapus
  19. Wah detail banget mak reviewnya.. jadi penasaran nih.. memang betul ya banyak orang sukses yg dulunya mengalami masa2 sulit.. seperti yorick inj

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sih. kalau ga pernah sulit, susah dapat dorongan untuk maju

      Hapus
  20. Novel Yorick detil dan dikerjakan sangat teliti, smoga diterima pembaca dg baik.

    BalasHapus
  21. Tulisannya keren euy, lengkap banget dan akunya jadi penasaran sama kisah Yorick. Mau baca juga ah novelnya. Jadi nanti kalau difilmkan, aku bisa ngikutin ceritanya juga. Kebiasaan sih untuk novel-novel yang akhirnya difilmkan, nontonnya jadi makin seru dan nebak-nebak mana adegan yang kemudian makin berkembang di film dibandingkan di novelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama nih kayak aku. aku kayaknya ga seperti kebanyakan orang yang apatis bahwa film biasanya ga sebagus novelnya. mungkin karena aku juga orangnya visual banget ya jadi kalau sebuah cerita tampil dg bagus dalam gambar bergerak begitu malah lbh excited

      Hapus
  22. Mba aku baca sinopsisnya jadi keoengwn baca novel lagi. Udah lama banget gak baca novel semenjak lulus kuliah. Makasih ya mba.. refremsinya.. aku ingin beli buku Yorick

    BalasHapus
  23. Detail banget reviewnya Mbaaaak. Mantappp. Saya bayanginnya Yorick ini berarti seusia saya ya.... Hmmm.... Tapi terjal banget kisah hidupnya ya....

    BalasHapus
  24. keren mak reviewnya, jadi penasaran pengen baca bukunya baru abis itu lihat filmnya. namanya unik ya, yorick

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nama yg unik. cocok dijadikan judul

      Hapus
  25. Kisah hidup yang mengharukan . Sejak kecil yoruck hidupnya prihatin. Terpaan dan hinaaan bikin ia semakin tangguh dan berhasil.

    BalasHapus
  26. Saat melihat trailernya, berasa banget aura kesedihan yang mewarnai kisah Yorick ya mba. Tapi luar biasanya dia bisa sukses ketika dewasa, meskipun banyak perasaan pribadi yang tak tertuntaskan di novel ini.

    BalasHapus
  27. Sama mbaa, aku pun selalu senang membaca atau nonton pilem yang berasal dari kisah nyata. Berasa lebih dekat :)

    BalasHapus
  28. tulisannya lengkap dan bagus mba, bikin aku pengen beli secepatnya ahahaa thanks sarannya di IG, aku kayaknya mau beli buku fisiknya aja

    BalasHapus
  29. Aku penasaran mba, dasarnya aku juga suka novel. Ini bentuk digital lagi.. klo sudah difilmkan, biasanya aku bandingkan juga, enak dinikmati versi novel atau filmnya. Makasih mba reviewnya

    BalasHapus
  30. keren mbak reviewnya, bikin aku penasaran ama novel ini (wait, tumpukan novel di belakang almari harus diturunkan dulu).makasih mbak sharingnya :)

    BalasHapus
  31. aku suka juga baca novel tapi yang ini belum sempat. dan filmnya akan segera ada juga ya. Love the way you review it and interesting infographic!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas apresiasinya

      Hapus
    2. kira-kiranya filmnya nanti seperti apa ya? Hopefully as good or even better than the book yaaa

      Hapus
  32. Review mya komplit, mbak. Dari gaya bahasa, penokohan, semua dibahas. Jadi tahu tentang novel Yorick. Bahkan udah difilmkan ya, aku kudet nih baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh. mo baca bukunya dulu atau langsung nonton?

      Hapus
    2. Review ini sukses bikin aku mupeng pengin baca juga loooh.. Tunggu ya, habis ini mau cari bukunya.

      Hapus
  33. Membaca tokoh Mak Encum jadi teringat sama almarhumah nenek saya, karakternya persis sekali sederhana, tegas, penyayang dan sabar. Jadi pengen baca novel nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntungnya punya nenek seperti beliau

      Hapus
  34. Mbak..gara-gara baca review ini aku jadi teratjuni pengin baca juga..haha
    Duh lengkap banget ulasannya. Dari berbagai sisi pula.
    Kereen!
    Keren eeview dan juga novel Yorick-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ratjun yang menyehatkan jiwa insyaallah ya

      Hapus
    2. Inspiratif bener novelnya...
      Semoga makin banyak tokoh yang diangkat kisah hidupnya dalam novel seperti Yorick ini sehingga bisa memotivasi orang lain untuk terus memperjuangkan hidupnya.

      Hapus
  35. Langsung jatuh cinta pada novel Yorick begitu membaca review ini. Reviewnya komplit dan menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, terimakasih apresiasinya

      Hapus
  36. Lengkap banget ulasannya. Dan akupun jadi penasaran buat baca novel dan nonton filmnya. Eh kayaknya asyik nungguin filmnya dl ya baru baca novelnya. Ini diangkat dari kisah nyata ya mbak?

    BalasHapus
  37. Baca ini jd pngen baca sendiri deh haha.. alur cerita nya sepertinya menarik banget. Aku suka desain sampul nya juga.

    BalasHapus
  38. Waah jadi penasaran pengen baca novelnya. Jadi spoiler gini.. tanggung jawab mba gimana endingnya. Hehehe 😉 reviewnya saya suka! Nnti coba searching2

    BalasHapus
  39. baca reviewnya jadi kepengen beli bukunya dan baca sendiri hihi. Seru ya? penasaran banget, saya suka nih baca buku kek gini hihi, inspiratif. Makasih ya bun sharingnya.

    BalasHapus
  40. Wah, aku kemarin pernah denger yorick ini jg. Tp baru tau detailnya disini. Lengkap banget ulasannya mba. Baru sekali baca ulasan novel dr mb farida. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga sih ulasan buku di blog sebelah

      Hapus
  41. ya ampun mba, review nya detail bangeeet.. duh jadi pengen baca juga novel Yorick ini.. apalagi tokoh utama yang digambarkan penuh karisma, hm, jadi penasaran ^^

    BalasHapus
  42. Belum, Mbak. Cuman beberapa kali lihat sampul novel ini berkeliaran di timeline IG ku. Kupikir novel apa-an ini. Ternyata lagi on banget ya. Baca sinopsisnya, film ini ntar bakalan cocok banget kalau ditonton anak zaman now.

    BalasHapus
  43. Wah sama Mba saya jg suka nonton film based on kisah nyata. Inspiratif. Kalau boleh usul webnya di set mobily friendly di set web tu ga nyaman buat yg buka di hp mba hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yg ini themenya ga mobile friendly. ntar diutak-atik lagi

      Hapus
  44. Sudah lama tidak membaca buku yang memgambil sudut pandang oramg ketiga :)

    BalasHapus
  45. Mak Encum berjasa buat Yorick ya dengan wejangannya sehingga bisa membuat dia bisa bertahan walaupun banyak rintangan yang harus dihadapi. Baca novelnya banyak ilmu yang didapat juga ya mbak, aku baru tahu loh kalau Rusia punya zona waktu yang banyak kaya gitu
    Jadi penasaran sama filmnya juga nih aku mbak.

    BalasHapus
  46. Saya juga senang cerita yang berasal dari kisah nyata. Cerita yang inspiratif dan bisa diambil hikmahnya.
    Apalagi Yorick tidak hanya sekali dua kali menghadapi masalah dalam hidupnya. Inspiratif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh. masalah hidup pasti selalu ada. tapi di usia sekecil itu...

      Hapus
  47. Sudah lama aku nggak baca buka, tp ini kok bikin penasaran dengan akhir ceritanya mba

    BalasHapus
  48. Aku lama ga baca novel nih mbak. Jadi pengen ke toko buku buat nyari novel ini.

    BalasHapus
  49. Wah aku dah lama nggak baca novel gara2 keranjingan nonton drakor dan netflix. Jadi pingin baca novel lagi. Ini reviewny lengkap banget. Keren

    BalasHapus
  50. Ngga kebayang ya anak kecil sebatang kara, sedih banget Alhamdulillah bisa sukses di masa dewasanya. Terharu pisan..

    BalasHapus
  51. Suka banget dengan quotenya :hidup harus diawali dengan doa dan diakhiri dengan rasa syukur" adeeem bacanya. Jadi penasaran baca Yorick, kayaknya bakal banyak quotes menarik lainnya nih :)

    BalasHapus
  52. reviewnya lengkap banget, Mba. Suka dengan tokoh Yorick dan jadi penasaran pengen baca novelnya juga :)

    BalasHapus
  53. Jadi kangen baca buku lagi mba hahaha
    keetahuan, udah lama nggak baca nopel
    masih banyak bacaan, aku pengen baca Yorick nih mba
    semoga ada kesempatan mampir ke tokbuk

    BalasHapus
  54. Iyap aku tertarik sma alur ceritanya mba,, banyak bngt yang bisa Kita pelajari dari novel ini ,, mau baca lagi ini

    BalasHapus
  55. Reviewnya cakep bangeett, kak..
    Aku jadi paham kalau Novel ini banyak hikmah sekaligus ada gambaran tokoh-tokohnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
    2. Aku ijin ATM mereview novel yaa...
      Saking cakepnya, aku jadi terpesona.

      Hapus
  56. Wah, seru banget kayaknya ya novelnya. Jadi kepengen baca. Dan sosok Yorick-nya idola banget kayaknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan

      Hapus
  57. Seperti kebanyakan perempuan, Nevia lebih suka menunggu dalam menjalin hubungan, ingin dimengerti tanpa berminat menjelaskan.

    Haha cewek banget ini ya

    Wah, novelnya inspiratif sekali, apalagi ada tambahan sejarah daerah dan kuliner daerah juga.

    BalasHapus
  58. Oh novel ini juga difilmkan? Aku kudet nih mbak baru tau film Yorick.
    Namanya unik ya Yorick, aku pikir awalnya nama tempat gtu di Rusia hehe

    BalasHapus
  59. wow, ini tuh diangkat dari kisah nyata? lengkap banget resensimu, Mbak. Makin penasaran nih sama filmnya Yorick. Kalau baca bukunya keknya udah ga sempat.

    BalasHapus
  60. Sangat menarik, mengingat ini berkisah tentang perjuangan seseorang dan lebih lebih ini diangkat dari kisah nyata.
    Sepertinya sebelum nonton filmnya lebih baik baca dulu novelnya biar greget.

    BalasHapus
  61. Membaca riviewnya saja sudah menarik apalagi baca novelnya, sama dengan yang lain jadi penasaran pengen baca novel nya.

    BalasHapus
  62. Ini salah satu keuntungan buatku yang gak pernah baca novel lalu dapat review novel selengkap ini. Namun ku penasaran sama sosok Yorick ini sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yorick yang nyata? sepertinya dirimu tak sendiri hihihi...

      Hapus
  63. Lengkap banget nih reviewnya sampai merasakan bagaimana tokoh itu hadir dari review ini kalau novel dari kisah nyata bikin penasaran ingin membacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
  64. Yaaaa emang kebanyakan pereempuan suka nunggu ya. Eh tapi sekalinya ketemu yang bisa kasi kepastian pasti gampang move onnya hehe :D
    Aku penasaran beneran nih baik sama novel maupun filmnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana bisa kasi kepastian kalau ceweknya ditanya ini-itu nggak mau jawab hihihi..

      Hapus
  65. Waah ada versi digitalnya, pengen baca nkvel Yotick, penasaran banget apalagi ini novel yang berlatar kehidupan nyata, pasti menginspirasi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, semoga kau jg bisa menemukan inspirasinya

      Hapus
  66. Menarik banget tentang Yorick ini mba. Aku pengen baca novelnya. Cerita seperti ini selalu asyik buat dibaca.

    BalasHapus
  67. Ini novel digital. Keren banget ya langsung mau difilmkan. Udah lama aku ga baca novel nih. Enakan novel digital ya, gak makan tempat.

    BalasHapus
  68. Nama mak encum itu mengingatkan aku pada emak2 yg sempat viral dulu.

    Biasanya ekspektasi film dan novel sedikit berbeda, sperti biasa terjadi huhu. Moga tetap cucokkk filmnya 😍😍😍

    BalasHapus
  69. Wah soon akan Ada version filmnya ya novel ini. Gak sabar buat nonton akutu mba. Biar bisa selalu termotivasi dalam menjalani hidup

    BalasHapus
  70. Ulasannya lengkap banget kakak. Betul banget buku gudangnya ilmu, suka banget kalau novel ga sekadar cerita fiksi tapi sarat dengan ilmu dan pesan moral

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dong. jadi makin pintar dan bijak ya kita hihihi...

      Hapus
  71. Wah.. lengkap sekali ulasannya, Mbak.
    Dan membaca tulisan ini, novelnya sepertinya sangat menarik, apalagi ditulis oleh penulis yang sudah malang melintang. Menyuguhkan banyak hal, termasuk pesan moral yang kuat.

    BalasHapus
  72. Aku kayaknya bakal nonton filmnya lebih dulu. Dari yang sudah2, kalo baca dulu bukunya, pas nonton filmnya jadi kecewa. Nah kalo film dulu, saat baca novelnya jadi puas karena lengkap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya aku pilih nonton film dulu, karena aku visual banget

      Hapus
  73. Aku jadi kepo dan pengen nonton pelemnya, penjelasannya komplit banget kaya timbel Mba. Makasih sharingnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun komplit kayak nasi timbel hahaha...

      Hapus
  74. Keren mba ulasannya dari sudut pandang pembaca

    BalasHapus
  75. Masya Allah ya tokok Yorick ini. Mengingatkanku kehidupan masa kecil suami yang dibesarkan oleh neneknya juga. Jadi kasian

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, bagaimana pun, membayangkan anak bukan diasuh ortunya sendiri itu sedih ya

      Hapus
  76. Jadi penasaran pengen nonton filmnya. Semoga kesampaian :)
    Quote-nya juga luar byasak, mbak.

    BalasHapus
  77. Mbaknya hebat.. Ngereview novel sedemikian lengkap n detil :)

    BalasHapus
  78. Keren euy, detail bgt.
    Ini nih review yg bikin yg bc nya jd makin pgn baca novelnya.
    Menginspirasi bun novelnya.

    BalasHapus
  79. Suka sekali dengan quotes mak Encum yang pertama.. Hidup harus diawali dengan doa dan ditutup dengan rasa syukur. Dalem banget kalau dibaca. Keren mbak.. Jadi penasaran..

    BalasHapus
  80. seru dan mengharu biru pasti nih ya mbak, jadi pingin nnton karena kalau baca bukunya pasti nggak sempet huhu..tapi review bukunya mbak, lengkap abis!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru... dan haru...
      andai selama aku nonton ada yg pasang cctv depan wajah, pasti keliatan bgt roman mukaku berubah-ubah gitu pas baca

      Hapus
  81. Belum baca nih Mbak, tapi dari postingan ini klo novel Yorick ini recommended utk dibaca, bikin penasaran deh.

    BalasHapus
  82. Wow. Keren banget review-nya. Jangan sampai review ini lebih indah daripada filmnya.

    BalasHapus

  83. Tak pernah patah, tak akan menyerah, terus melangkah. <<< prinsip hidup aku juga hehehe by the way, bagus banget review kamu mbak, detail n jelas sejelas2nya hehehe

    BalasHapus
  84. Saya belum pernah nih mbak baca novelnya, kayanya bagus banget nih. Soalnya saya suka baca novel sesekali saat senggang

    BalasHapus
  85. Keren banget tokoh-tokoh nya kekuatan hidup untuk berjuang

    BalasHapus
  86. ini saya sepakat, ada bagian pribadi yorick yg tidak tereksplorasi ya karena ini kisah nyata jadi walau saya gak puas, ya mesti maklum saja

    BalasHapus
  87. Gak sabar mau liat dalam bentuk film. Semoga sama bagusnya dengan novelnya ya mah.or at least mendekatilah

    BalasHapus
  88. Wah mau ada film nya juga tahun ini ya.
    Biasa kalau udah baca novel suka kecewa sama film karena ga sesuai imajinasi yang muncul ketika baca. Aku nonton dulu deh baru baca :)

    BalasHapus
  89. Baru tau tentang novel ini, tapi kalau bagus takutnya malah ketika di filmkan merubah ceritanya dan kesan bagusnya malah hilang , kayak kebanyakan novel lain yang di filmkan

    BalasHapus
  90. Penulisnya mengawal sejak awal pembuatan filmnya sih. Jadi semoga tidak mengecewakan ya

    BalasHapus
  91. Menarik sekali dengan setting Rusia, kita bisa dapat khazanah budaya Rusia juga dengan membaca novel ini

    BalasHapus
  92. Penggambaran watak Yorick ini jadi tipe ideal kaum hawa banget, aku.ngebayangin kalo.bneran ada d dunia nyata, itu cewek2 udah pada ngantri ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... ada beneran kok, orangnya. kan kisah nyata

      Hapus
  93. Aku bukan orang yg sering nonton film sih, tapi kayaknya ini menarik juga, jadi bikin penasaran hehe..

    BalasHapus
  94. Duh penasaran banget pengen baca novel yorick, aku paling suka novel yang berasa dari kisah nyata, suka banyak inspirasinya, apalagi ini tentang kisah sukses seseorang ya

    BalasHapus
  95. Terima kasih informasinya mbak. Baru tahu. Meluncur segeraaa

    BalasHapus
  96. membaca tulisan ini jadi buat aku pengen banget menghabiskan waktu membacanya. Sangat menarik

    BalasHapus
  97. Ini keren banget postingannya mba, infografisnya detil dan menarik banget...serius salah fokus ini sama isi postingannya :)

    BalasHapus
  98. Aku jadi mau spare time buat baca buku digitalnya Yorick ini, aku tuh suka banget sama kisah kehidupan nyata kayak gini. Resensi nya keren!

    BalasHapus
  99. ceritanya menarik banget yaaa, aku jadi penasaran deh sama ceritanya Yorick. Sering banget sih ada cerita konsep kayak Yorick gini tapi ttp suka kalo isinya menceritakan perjuangan seseorang dari nol..

    BalasHapus
  100. Oh yorick, daku juga mau ke Rusia. Ajak daku dong, karena kisahmu memang menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  101. Reviewnya lengkap banget nih Mbak. Saya jadi penasaran dengan kisah dalam novel Yorick ini. Sepertinya menarik.

    BalasHapus
  102. Bener-bener inspiratif mba novel Yorick ini, rasanya jadi pengen segera baca aku tuh.

    BalasHapus
  103. Desainnya bagus ya, jadi inget waktu kuliah belajar layouting pake indesign. Saya juga tertarik dgn bahasa rusia btw. Kedengarannya unik ya..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^