Me Time-ku Sebagai Bloger

Me time

Sebenarnya, kegiatan menulis blog itu sendiri sudah menjadi aktivitas me time bagiku. Berhubung memang hobi. Makanya kupilih sebagai salah satu cara mengekspresikan diri dan mengisi waktu luang dalam menjalani peran utamaku sebagai ibu rumah tangga.

Seiring dengan berjalannya waktu, rupanya nasib membawa blogku bukan saja sebagai penyaluran hobi, namun juga mulai memberikan penghasilan. Tentu saja di sini profesionalitas mulai dituntut. Ada ketentuan dan tenggat waktu yang harus dipatuhi.

Belum lagi permintaan dari klien soal page view, SEO, backlink, DA/PA, spam score ... Juga saran dari sana-sini soal tampilan blog, waktu loading dll. Semuanya hal teknis semacam ini memacuku untuk belajar lebih dari bayangan sebelumnya dan cukup melelahkan.

Tak heran, jika kadang menulis blog menjadi sebuah rutinitas dan tekanan tersendiri bagiku. Senang, sih. Namanya juga mendapatkan pemasukan dana. Saat menulis blog bukan lagi sekadar hobi namun sudah beralih menjadi profesi, aku perlu menyediakan me time lain untuk melepas penat darinya. 

Istirahat adalah beralih dari satu kegiatan kepada kegiatan yang lain.

Agar tetap produktif, aku selalu berusaha untuk mengatasi kejenuhan bukan dengan berhenti beraktivitas, melainkan dengan melakukan kegiatan yang lain. Begitu juga saat aku membutuhkan me time dari kegiatan menulis blog. Aku cari yang masih berhubungan dengan blog.

Harapannya, aku jadi bisa mengusir rasa penat sekaligus mendapatkan amunisi baru dari dan untuk menulis blog. Mau tahu me time apa saja yang kulakukan sebagai bloger ini? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Organic Post


Tetap menulis, namun dengan mengembalikannya sebagai me time, bukan pekerjaan. Caranya, dengan menulis artikel organik. Aku menulis karena ingin menulis, bukan karena diminta. Aku menulis apa yang ingin kutulis, tanpa sebuah ketentuan yang mengikat.

Aku bahkan sampai memasukkan masalah artikel organik ini sebagai salah satu poin dalam Target untuk Blogku di Tahun 2019. Harus menulis artikel organik seminggu sekali. Artikel organik, selain menyegarkan semangat menulis juga bagus untuk kesehatan blog agar tidak melulu berisi iklan.

Makanya, belakangan aku terus meningkatkan semangat menulis artikel organik ini dengan mengikuti sejumlah tantangan seperti ODOP Blogger Muslimah Indonesia, BPN 30 Day Challenge dan yang saat ini aku mulai ikuti adalah tantangan ODOP dari Estrilook Community.


2. Menambah Pengetahuan


Tidak akan bisa menulis jika tak rajin membaca. Otak kita ini ibarat teko yang menyimpan pengetahuan. Menulis adalah salah satu cara untuk menuangkannya. Suatu waktu, isi otak kita akan habis tertuang. Saat itulah kita perlu mengisinya kembali dengan belajar.

Proses belajar ini biasanya aku lakukan dengan membaca buku, mengikuti aneka seminar atau berselancar di dunia maya. Baik itu dengan blog walking, membaca artikel tentang suatu topik, menonton di Youtube dll.


3. Memanjakan Diri


Lelah berkarya, tentu tak boleh mengabaikan kebutuhan fisik dan kebahagiaan hati. Memanjakan diri adalah salah satu caraku untuk me time. Tak jauh-jauh, biasanya aku menggunakan sebagian pendapatan dari blog untuk menghadiahi diri sendiri dengan membeli barang yang diperlukan.

Kadang, barang itu pun bisa aku gunakan untuk mendukung kegiatan menulis blog atau menjadi obyek cerita dalam artikel selanjutnya. Tak jarang, justru timbal-balik dari klien berupa fasilitas me time, misalnya layanan spa, makan-makan atau menginap gratis di hotel seperti dalam video ini:


Saat menulis adalah me time-mu yang memberikanmu penghasilan dan dapat kauisi dengan me time lain yang mendukung kegiatan menulismu ini, maka nikmat Allah mana lagi yang kaudustakan? Alhamdulillah, me time sebagai bloger memang menyenangkan!

26 komentar

  1. Masya Allah, me time nya pun bermanfaat sekali.. kalau punya hobi yang jadi kerjaan emang menyenangkan banget yaa..

    BalasHapus
  2. Me time karena bisa bebas berekspresi ya mbak.. sepakat nih aku.. me time sambil ngeblog 🤗🤗 salam kenal ya mba 😘

    BalasHapus
  3. Wah semoga ODOP nya sukses..istiqomah..ya...Aku pengen bisa ikutan...tapi ya begitulah...udah keder duluan ngebayangin posting tiap hari haha..semangat mbak...

    BalasHapus
  4. Kalau hobi udah jadi profesi emang jadi bukan bentuk me time lagi ya mbak. Makanya ada yang sering bilang kalau pekerjaan dan hobi harus terus dipisah.

    Tapi menulis dengan tema tertentu sebagai me time juga bisa dilakukan kok. Semangat mbak menulisnya :)

    BalasHapus
  5. Jadi dapat bonus dari kegiatan metime ya mbak, heheee
    aku ikut ODOP yg BP pas puasaan itu nggak berhasil terselesaikan huhuu
    Semangat ngeblognya mbak Farida

    BalasHapus
  6. Bisa nulis organic post itu sesuatu ya mbk. Kayak ngeblog zaman dulu.. Hehe. Wah, asik banget bisa nginep di hotel

    BalasHapus
  7. Bagi orang yang suka bercerita tapi kadang malu seperti aku, juga merasa menulis menjadi me-time. Apalagi, dari menulis mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar dan menikmati sesuatu yang unik :D

    BalasHapus
  8. MasyaAllah emang seneng ya mba jd blogger jadi banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang lain

    BalasHapus
  9. me time aku sebagai blogger dengan mampirin ke blog post temen-temen lainnya, karena bisa dapetin insight menarik hehehe

    BalasHapus
  10. Otak kita ini ibarat teko yang menyimpan pengetahuan. Menulis adalah salah satu cara untuk menuangkannya. setuju, dan menulis ini memperkaya batin juga

    BalasHapus
  11. Kalau udah banyan job kadang keteteran nulis organiknya padahal nulis organik ini justru seruu yaa

    BalasHapus
  12. Aku lagi merasa kecapekan menulis nih mbak, jadi memutuskan mengurangi posting artikel di blog, rasanya jenuh. Jadi banyakin baca buku, nonton film, dan pengen ikut seminar atau workshop nulis lagi untuk meningkatkan kemampuan diri..

    BalasHapus
  13. Sekarang aku kalau pergi-pergi gitu sekalian bikin konten juga mbak, terutama konten untuk blog. Nulis blog juga bisa jadi me time juga nih, tapi aku biasanya kalau mau me time nyari tempat yang nyaman dan biasanya memilih kedai kopi.

    BalasHapus
  14. Kalau saya nulis tuh hobi.me timenya ya nonton drakor. Hehe. Tapi kadang nulis juga bisa jadi me time saat nulisnya asal. Jauh dari SOP job. Xixixi

    BalasHapus
  15. Ngebloggingg itu seperti ngomong ama diri sendiri yah, namun dr aktifitas positif ini ada banyak hal2 baru yang ditemukan ��

    BalasHapus
  16. Sama Mbak. Menulis dan ngeblog itu me time banget buat saya. Kalau nggak nulis atau ngeblig duh rasanya malah stress. Tapi kalau udah selesai jadi plong banget.

    BalasHapus
  17. Aku pengin banget memperbanyak tulisan organik ku, salah satunya emang ODOP cocok banget untuk konsisten menulis organik

    BalasHapus
  18. Iya mbak, setuju banget. Aku juga menganggap ngeblog sebagai me time tapi menghasilkan. Dan menulis organik pun udah diniatkan seminggu sekali, tapi kadang cuma bisa sebulan 3 kali

    BalasHapus
  19. Kereb mb.. Yang penting imbang ya, antara kerjaan dengan me time nya. Bikin tulisan organik bagus juga ya buat dicoba agar bisa ada curhat-curhatnya.. Hihi...

    BalasHapus
  20. Me time aku sebagai blogger nyuci piring.. Nyuci baju.. Sit up... Sama makan bakso lewat... Hehehe

    BalasHapus
  21. Dulu, me time buatku itu baca buku. Sekarang, nonton drakor. Ihiks... :))))

    BalasHapus
  22. Benar mba, nge blog itu awalnya me time. Sekarang aku malah butuh me time lain, seperti sekadar tidur siang tanpa diganggu atau makan indomie kuah wkwkek....

    BalasHapus
  23. Me time-ku itu bobok
    Pengen bobok dari rutinitas blogging dan ngurus anak wkwk

    BalasHapus
  24. maunya me-time dengan nulis di blog, mbak. Tapi kok ya ga sempat buka laptop yah jadinya nulisnya kebanyakan di buku. Pindahin ke blognya ntar aja

    BalasHapus
  25. Me time ku selain ngeblog itu adalah hunting foto coffee atau apa saja di luar rumah
    Habis itu saya tulis hehe

    BalasHapus
  26. Me time ku sekarang tidur hahaha... lagi berkutat dengan antar jemput 3 anak, tapi kangeeeen deh nulis organic post

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^