Sudahkah Kamu Mengenal Manfaat Hobi?

hobi

Halo, Semua! Kali ini, kita berbincang sedikit mengenai hobi, ya. Semua orang pasti memiliki hobi. Jenisnya bisa beraneka ragam. Membaca, berolahraga, menggambar, atau mengutak-atik barang. Apa sih, hobi itu? Kalau berdasarkan KBBI, begini definisinya:

n kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama:

Baca juga: Anak Hobi Coding? Mengapa Tidak?

Jadi, hobi itu dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat, berbeda dengan kesukaan yang biasa. Itulah sebabnya, saat orang melakukan hobinya, ia tampak begitu semangat dan tidak pernah puas. Orang bahkan rela menginvestasikan banyak materi maupun waktunya selama mendalami hobi yang menyenangkan  baginya.

Setiap orang perlu memiliki hobi dan menekuninya. Karena, hobi memberikan sejumlah manfaat, lho, antara lain:

Sarana Rekreasi


Rasa senang saat menjalankan hobi akan menghindarkan kita dari kejenuhan dan stres, baik secara fisik maupun mental. Melakukan hobi yang menyenangkan itu seperti mengisi ulang energi kita agar siap untuk bekerja kembali dan menjaga agar emosi kita tetap stabil.

Lebih Produktif


Banyak orang yang menganggap bahwa melakukan hobi yang menyenangkan hanyalah membuang-buang waktu. Setelah lelah bekerja, sebaiknya waktu luang digunakan untuk beristirahat saja. Padahal, yang namanya istirahat bukan berarti hanya tidur dan tidak melakukan apa-apa, lho.

Istirahat dari suatu kegiatan bisa kita isi dengan kegiatan lain. Jika waktu istirahat itu kita gunakan untuk melakukan hobi yang menyenangkan, tentu itu membuat kita lebih produktif daripada diam saja.

Menjalankan hobi yang menyenangkan ternyata mampu menstimulus otak kita agar tetap berkembang. Bukan hanya berkembang terkait dengan pekerjaan, tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup kita. 

Melatih Ketekunan


Orang akan cenderung lebih tekun mengerjakan aktivitas yang dianggapnya sebagai hobi yang menyenangkan. Kabarnya, setiap manusia membutuhkan 10.000 jam untuk menguasai suatu keterampilan. Jika tidak didukung dengan rasa senang, tentulah ia tidak sanggup menjalani masa latihan yang demikian panjang dengan tekunnya.

Meningkatkan Kreativitas


Jadi, ketekunan dalam menjalani sebuah hobi yang menyenangkan akan membuat kita terampil dan banyak tahu dalam bidang tersebut. Tidak hanya terampil, namun kita juga akan lebih kreatif. Karena, kita lebih mau mencari solusi dari setiap hambatan yang ada saat kita sedang melakukan hobi yang menyenangkan.

hobi

Memperluas Jaringan


Orang-orang yang memiliki hobi sama biasanya akan berkumpul membentuk sebuah komunitas. Mereka memerlukan pecinta hobi yang sama sebagai kawan berdiskusi, bertukar informasi, bertransaksi, atau sekadar menikmati hobi yang mereka bersama-sama.

Hal ini akan membuat kita jadi memiliki jaringan pertemanan yang luas. Kita memiliki alasan untuk berinteraksi dengan beberapa orang baru secara lebih intensif, karena memiliki minat yang sama terhadap suatu hal.


Menghasilkan Karya


Keterampilan dan kreativitas yang kita dapatkan dari menekuni hobi yang menyenangkan, lambat laun akan menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Coba, pikirkan bagaimana kamu bisa menolong orang lain dengan hobimu!

Alternatif Pekerjaan


Secara umum, individu yang melakukan kegiatan semata-mata hanya untuk bersenang-senang disebut dengan amatir. Istilah ini merupakan lawan dari seorang profesional yang melakukan sebuah kegiatan untuk mendapatkan imbalan.

Seorang amatir yang sudah lama berkecimpung dalamnya, biasanya suatu saat akan mulai berpikir untuk menjadi profesional di bidang tersebut. Supaya hobi yang menyenangkan baginya ini tidak hanya memberikan kepuasan batin namun juga menjadi hobi yang menghasilkan 

Andy F. Noya dalam salah satu episode Kick Andy pernah berkata, “Berbahagialah orang yang sudah mencapai tahap bekerja adalah berekreasi.” Hal ini sangat mungkin terjadi jika pekerjaan yang dijalaninya memang sesuai dengan hobinya selama ini.

Kesuksesan di Bidang Lain


Rasa gembira yang didapat seseorang ketika melakukan hobi yang menyenangkan akan memberinya kebahagiaan yang memengaruhi kinerja otak dan tubuhnya, sehingga bisa bekerja lebih optimal. Lama-lama, bukan hanya prestasi di bidang hobinya saja yang bisa diukir, ia pun dapat bekerja maksimal di bidang lain hingga berprestasi. 

Nah, sekarang tak perlu ragu lagi ya, untuk menekuni hobi yang bermanfaat banyak ini. Pilihlah hobimu, selalu luangkan waktumu untuk menjalaninya, dan kerjakanlah dengan riang. Nanti, kamu akan merasakan sendiri manfaatnya dalam meningkatkan kualitas hidupmu.

Jadi, apa hobimu?

4 komentar

  1. Klo hobi bapak2 biasanya suka disewotin istri karna ngakunya gak perlu modal hehehe

    BalasHapus
  2. Sependapat.
    Hobi kalau ditekuni bisa jadi mata pencaharian.

    Bekerja sesuai passion itu menurutku paling nyaman.

    BalasHapus
  3. menghasilkan karya ini yang masih belum tau deh hehe. tapi hobi emang harus dijalankan

    BalasHapus
  4. Kalau saya dulu sebagai alternatif pekerjaan, hoby saya tukang urut refleksi.
    Dan kadang hasilnya juga lumayan, senang rasanya bisa menolong orang lain.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^