Menu Lebaran di Keluargaku

menu lebaran

Apa menu lebaran yang biasa ada di keluargamu? Rata-rata, para keluarga di Indonesia menu lebarannya mirip-mirip, ya. Ada ketupat, lontong sayur, opor, rendang, sambel goreng ati, dan apa lagi, ya?


Selain itu, sebagai camilannya, pasti sudah disediakan aneka kue kering untuk melengkapi menu lebaran. Biasanya berupa nastar, kastengel, kue semprit, sagu keju, putri salju, mungkin juga kudapan populer seperti cokelat praline bertema lebaran.


Kalau bundaku sih, sebagai ratu dapur yang menyiapkan menu lebaran di rumah kami untuk menjamu keluarga dan tamu yang berkunjung, biasanya malah memilih hidangan yang tidak biasa ada di hari lebaran.

Paling sering sih, Beliau membuat gado-gado. Namun, pernah juga beberapa kali membuat baso atau sate. Selain itu, menu lebaran Bunda yang paling dihafal oleh sepupuku adalah lontong mi. Kalau mengabarkan akan datang, maka Bunda pun menyiapkan bahan untuk memasak lontong mi sebagai pengobat rindu.

Untuk Perayaan Idulfitri 1440 H Keluargaku tahun lalu, Bunda malah memasak Lontong Ayam Bumbu Rujak dengan minuman Setup Nanas dan Kolang-Kaling. Ajaib, ya? Minuman lain yang biasanya disiapkan Bunda sebagai menu lebaran adalah Setup Blewah.

Alasannya, sederhana saja. Karena, Bunda bisa membayangkan bahwa biasanya para tamu itu sudah atau akan berkunjung ke banyak rumah dengan menu lebaran yang rata-rata sama. Makanya, Bunda menyajikan menu yang berbeda supaya para tamu tetap antusias dan tidak merasa bosan.

Pantas saja, setiap tamu yang berkunjung ke rumah kami, selalu antusias menyantap menu lebaran yang disajikan. Karena, biasanya Bunda memang berusaha tampil beda tapi tetap membangkitkan selera.

Kamu pernah merasa kesulitan nggak, mencari baso di hari lebaran? Nah, itu salah satu pengalaman yang membuat Bunda memilih menu lebaran yang berbeda seperti ini. Padahal, baso itu bisa dibilang makanan sehari-hari bagi warga Jawa Timur, dan merupakan salah satu asupan protein andalan buat para ibu menyuapi anaknya.

Nah, bagaimana dengan menu lebaran di keluargamu? Apakah kamu sudah punya ancang-ancang akan menyajikan apa saja nanti?

Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^