Insto Dry Eyes Membantuku "Bye, Mata Kering!"

insto dry eyes

Percaya kan, kalau setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing? Nah, jika selama ini kamu kesulitan menemukan kekuranganku (uhuk!), aku bakal bocorkan salah satunya. Sebenarnya, aku sudah lama menjadi Si Mata Kering. Hah? Apa itu? Kenapa itu?


Apa itu Mata Kering?


Mata kering atau istilah medisnya keratoconjunctivis sicca (KCS) adalah keadaan di mana mata kekurangan asupan air mata sebagai pelumas. Bisa karena:

  • produksi air mata yang menurun
  • meningkatnya penguapan air mata, atau 
  • komponen air mata yang tak seimbang. 

Padahal, air mata ini berfungsi penting untuk:

  • menjaga permukaan mata tetap halus dan jernih
  • melindungi mata dari benda asing yang masuk
  • membersihkan kotoran di permukaan mata
  • membunuh bakteri
  • membantu menyaring cahaya yang masuk, dll


Gejala Mata Kering


Makanya, kalau Si Mata Kering sedang melanda, sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, deh. Secara memang hampir seluruh kegiatan kita melibatkan mata sebagai salah satu organ penting dalam melakukan sesuatu. Jadi, kita perlu waspada gejala mata kering. Apa sajakah itu?

mata kering   

1. Mata Sepet


Apa sih, sebenarnya mata sepet itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi mata sepet adalah:

sepet/se·pet/ a cak 1 rasa kelat seperti rasa buah salak yang masih mentah; sepat; 2 rasa seperti melekat atau tidak enak (tentang mata)

Jadi, mata sepet itu adalah ketika kita sulit membuka mata karena terasa lengket, mengganjal, buram dan sensitif dengan cahaya yang biasa sekali pun. Mata sepet ini disebabkan oleh tidak mampunya mata membersihkan kotoran, akibat mata kering alias kekurangan air mata.

2. Mata Pegel


Nah, kalau mata pegel alias mata lelah ini seperti apa? Jika melihat definisinya, sebagai berikut:

pegal/pe·gal/ a 1  berasa kaku (tentang tulang-sendi dan sebagainya): karena terlalu banyak bekerja
lelah/le·lah/ a 1 penat; letih; payah; lesu; tidak bertenaga 

Jadi, mata pegel atau mata lelah ini sensasinya berupa rasa kaku, lemas atau berat di sekeliling mata akibat kerja mata yang terus-menerus fokus dalam jangka waktu lama. Hal ini terjadi karena kita mengamati benda-benda kecil dalam jarak dekat, atau bisa juga karena kelainan refraksi mata.

3. Mata Perih


perih/pe·rih/ a pedih; sakit

Kalau mata perih, sepertinya sudah terbayang ya, seperti apa rasanya? Mata perih membuat mata terasa seperti terbakar, dan kadang ditandai dengan munculnya garis-garis merah bercabang pada bagian putih mata. Jadi, berbeda dengan mata merah atau pink eyes akibat iritasi/alergi, ya.

Kamu juga pernah mengalami salah satu atau lebih dari gejala-gejala mata sepet, mata pegel dan mata perih di atas? Kalau iya, jangan lagi anggap remeh!  Kamu perlu menyadari sekarang bahwa mata sepet, mata pegel dan mata perih adalah gejala mata kering yang harus segera diatasi.


Penyebab Aku Jadi Si Mata Kering


1. Hamil dan Menyusui


mata kering

Aku pertama hamil sejak 2 bulan menikah. Selanjutnya, aku terus mengalami masa hamil dan menyusui secara bergantian atau bahkan bersamaan, tanpa jeda selama 15 tahun hingga sekarang. Hal ini membuatku sangat dekat dengan ancaman dehidrasi akibat kebutuhan cairan yang meningkat.

Memang mekanismenya sudah diatur oleh Sang Pencipta, ya. Jika ibu hamil dan menyusui mengonsumsi cairan, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan bayinya terlebih dulu. Jika pemenuhan cairan ini terbatas, maka Sang Ibulah yang berkorban, menjadi Si Mata Kering.

Selain memang membutuhkan air lebih banyak, hormon yang bekerja pada ibu hamil dan menyusui pun dapat memicu mata kering.

2. Aktivitas Bloger


mata kering

Tahu dong, kerjaan bloger kayak apa? Sangat akrab dengan gawai elektronik, baik itu ponsel, laptop atau pun komputer. Menyusun artikel, berbagi di media sosial, membuat grafis, memotret, menyunting video atau aktivitas digital lainnya.

Semua pekerjaan di atas membuat mata bloger jadi sering diajak untuk fokus dalam jangka waktu yang lama dan lupa berkedip. Mata jadi kurang pelumas dan akibatnya gampang mengalami mata sepet, mata pegel dan mata perih, deh.

Ditambah paparan blue light yang dipancarkan layar para gawai elektronik. Cahaya yang berenergi sangat besar ini memiliki gelombang terpendek, sehingga cenderung berkedip-kedip. Hal inilah yang membuat mata lelah.

Belum lagi, yang namanya bekerja menggunakan laptop atau komputer biasanya membutuhkan ruang ber-AC untuk menjaga gawai agar tidak cepat panas. Nah, AC ini pun memicu air mata kita menguap lebih cepat. Lengkap sudah bloger menjadi kandidat kuat sebagai Si Mata Kering!

3. Memakai Lensa Kontak


mata kering

Namanya lensa kontak, selembut apa pun bahannya, tetap saja dianggap benda asing oleh mata. Makanya, mata akan bekerja keras untuk terus-menerus melumasi permukaan mata. Kalau asupan air mata ini sampai terganggu dalam jangka waktu lama, mata kering pun melanda.

Apa lagi, aku biasanya memilih lensa kontak dengan kadar air tinggi. Alasannya, lensa kontak berkadar air tinggi dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata sehingga terasa lebih sejuk. Cuma ya gitu, aku juga harus rajin menjaga kelembabannya lebih ekstra.

Lensa kontak itu kan, tidak memproduksi air, melainkan membutuhkan air. Makin tinggi kadar airnya, makin banyak pula kebutuhan airnya. Kebutuhan ini dipenuhi oleh larutan perendam saat tak dipakai. Sedangkan saat digunakan, kelembaban lensa kontak dipenuhi dengan mengambil air mata.

Sudahlah air mata terpakai, kerja mata pun jadi cenderung ekstra. Menggunakan lensa kontak sesuai ukuran minus itu membuat pandangan kita menjadi sangat jelas. Hal ini secara tidak sadar mendorong kita untuk jelalatan mengamati apa pun di sekitar kita. Kan, bikin mata pegel, tuh?

Parahnya lagi, kondisi lensa kontak yang melekat di mata ini membuat aku sering lupa kalau sedang memakainya. Jika sedang dalam perjalanan jauh, atau sudah lelah beraktivitas seharian, tiba-tiba aku tertidur aja gitu, dalam keadaan masih memakai lensa kontak! Gimana nggak mata kering, coba?

Saat kita tidur, kan tidak berkedip. Produksi air mata jadi berkurang. Padahal, stok air mata yang ada terus di pakai lensa kontak untuk menjaga kelembaban. Bangun-bangun, mata sepet karena segala kotoran yang masuk tidak terbuang. Selain mata sepet, terasa juga mata perih dan mata kering jadinya.

4. Tinggal di Negara Tropis


mata kering

Hidup di tengah iklim tropis itu artinya kita akrab dengan suhu hangat dan cahaya matahari sepanjang tahun. Sinar matahari mengandung cahaya biru alami yang juga dapat mengganggu kinerja mata sebagaimana cahaya biru yang dipancarkan dari layar gawai elektronik.

Angin tampaknya menjadi idaman sebagai penyejuk di daerah tropis. Namun sesungguhnya, angin justru memicu penguapan air mata lebih cepat sehingga bisa membuat mata kering.

Saat musim kemarau, asap dan debu menjadi musuh bagi mata jika kita keluar rumah. Walau bukan penyebab utama, namun faktor lingkungan seperti ini dapat memperparah kondisi mata kering.

mata kering

Bukan cuma aku lho, yang bisa mengalami mata kering. Sindrom mata kering ini juga bisa menimpamu. Selain penyebab-penyebab yang sebelumnya aku sudah sebutkan karena aku alami sendiri, mata kering juga bisa menjangkiti jika kamu seperti yang tertulis dalam gambar di atas.

Nah, sebelum mata sepet, mata pegel dan mata perih sebagai gejala mata kering ini melanda berkepanjangan, simak terus artikelku ini, ya. Aku akan berbagi tips agar kita bisa sama-sama mengucapkan, "Bye, Mata Kering!"


Wahai, Penduduk Negeriku! Yuk, Kita "Bye, Mata Kering!"


mata kering

Cara yang pertama adalah dengan menjaga asupan cairan, Vitamin A dan Omega 3 agar produksi air mata kita tetap ideal. Kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ikan, susu, telur, hati domba, ubi kuning, kale, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam, mangga, semangka, pepaya, jambu dll.

Olahraga teratur membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan, sehingga kita terhindar dari penyakit yang dapat memicu mata kering, seperti: diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dll. Olahraga rutin juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit glaukoma hingga 25%.

Selain itu, selalu siapkan pelindung mata saat kita keluar rumah. Pilih kacamata hitam anti UV dengan desain yang melekat di wajah atau yang memiliki bingkai sampul / perisai samping untuk memperlambat penguapan air mata. Gunakan juga pelindung kepala.

Imbangi penggunaan AC dengan menjaga kelembaban ruangan menggunakan humidifier. Sesekali, keluarlah dari ruangan ber-AC untuk mengistirahatkan mata kita di tengah pekerjaan secara berkala. Manfaatkan suburnya tanah negeri kita dengan memandangi hamparan tanaman hijau di luar sana.

Kadang, tidurlah dengan posisi terlentang. Tidur dengan posisi wajah menempel pada bantal dapat mengakibatkan tekanan pada mata, sehingga kita merasakan mata lelah atau mata pegel saat bangun. Kompres mata dengan air hangat atau mentimun selama 15 menit sebelum beraktivitas.


Bloger Pun Bisa Bilang, "Bye, Mata Kering!"


mata kering

Agar nyaman, atur posisi tubuhmu saat bekerja. Letakkan layar komputer sedemikian rupa hingga posisi mata sejajar dengan tepi atas layar. Pilih kursi yang nyaman, hingga kakimu sejajar dengan lantai.

Gunakan layar anti silau untuk meredam radiasi cahaya dari layar komputer. Aktifkan mode eye protection pada laptop atau ponsel. Jika terasa gejala mata kering, berkediplah.

Ingatlah taktik 20-20-20 agar tidak mengalami mata lelah atau mata pegel. Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan memandang sejauh 20 kaki (6-7 meter) selama 20 detik. Selain itu, tiap sedikitnya 2 jam, beristirahatlah selama 15 menit untuk berolahraga kecil.

Bekerjalah dalam ruangan dengan pencahayaan yang optimal, tidak terlalu redup dan tidak pula menyilaukan. Tutuplah tirai seperlunya di siang hari dan sediakan lampu dengan kapasitas cahaya yang cukup di malam hari.


Mata Minus Tetap Bisa Bilang, "Bye, Mata Kering!"


mata kering

Mata pegel atau mata lelah juga dapat terjadi akibat memakai alat bantu penglihatan yang tidak sesuai dengan kelainan refraksi mata. Maka, pakailah lensa kontak / kacamata dengan kekuatan lensa yang sesuai dan tetap nyaman dipakai. Periksakan mata secara berkala untuk memastikan ukurannya.

Sesuaikan kadar air lensa kontak kita dengan kondisi mata. Bila kuantitas dan kualitas air mata  normal, gunakan lensa kontak berkadar air tinggi. Namun, bila produksi air mata sedikit, pilih lensa kontak berkadar air di bawah 50%, karena lebih sedikit menyerap air mata saat dipakai.

Pastikan kondisi lensa utuh sebelum digunakan. Adanya sobekan pada lensa kontak membuat mata perih dan mata kering. Jangan menggunakan lensa kontak melebihi masa pakai yang dianjurkan pada kemasan.

Sebelum menyentuh lensa kontak, cuci tangan hingga bersih dan keringkan. Perhatikan pemakaian produk di sekitar wajah, seperti kosmetik atau hair spray, agar tidak mengotori lensa kontak.

Bersihkan lensa kontak setelah dipakai dan simpan dalam cairan disinfektan. Jangan menggunakan cairan yang tidak dikhususkan untuk lensa kontak.  Pilihlah larutan pembersih lensa yang bebas pengawet.

Gunakan lensa kontak hanya saat benar-benar diperlukan. Selebihnya, tetap memakai kacamata sebagai alat bantu.

Terakhir, selalu ingat untuk melepas lensa saat mata lelah beraktivitas atau menjelang tidur.

Semua tips di atas biasa aku terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mengurangi risiko mata kering. Seperti saat harus meliput acara di luar kota dalam bentuk vlog, misalnya. Perjalanan jauh dan penuh tantangan pemicu mata kering dapat aku lalui dengan nyaman.



Insto Dry Eyes Membantuku "Bye, Mata Kering!"


Ya, selain tips yang sudah aku sebutkan di atas, aku memang selalu sedia Insto Dry Eyes sebagai senjata pamungkas untuk mengatasi gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel dan mata perih. Mengapa aku memilih Insto Dry Eyes?

insto dry eyes

Pertama, karena memang Insto Dry Eyes ini berfungsi sebagai air mata buatan yang membantu melumasi permukaan mata agar senantiasa lembab. Cukup dengan meneteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata, 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter, bisa mengurangi gejala mata kering.

Hal ini tak lepas dari dua bahan aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu:

  • Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg yang bekerja sebagai air mata buatan dan sangat efektif mengatasi gangguan mata kering
  • Benzalkonium chloride 0,1 mg yang berfungsi sebagai zat antiseptik untuk membersihkan mata dari berbagai virus, jamur dan bakteri.

Penggunaannya memang sangat mudah. Produknya pun mudah ditemukan di apotek, supermarket dan minimarket terdekat. Harganya ramah di kantong. Aku hanya merogoh dompet sedalam 16.600 rupiah saja untuk mendapatkan benda mungil dengan berat bersih 7,5 ml yang praktis ini.

insto dry eyes

Tentu saja, tetap perhatikan cara penyimpanan dan pemakaian seperti yang disebutkan pada kemasannya, ya. Insto Dry Eyes memang dapat menyebabkan keburaman sementara pada penglihatan dan sengatan sejuk pada saat pemakaian. Diamkan dulu 15 menit sebelum beraktivitas.

Hasilnya, aku yang biasanya cuma tahan memakai lensa kontak selama 3 jam, kini bisa memakainya lebih lama dengan nyaman karena terhindar dari mata sepet, mata pegel dan mata perih yang merupakan tanda-tanda kita mengalami mata kering.

Yang perlu diingat, Insto Dry Eyes hanyalah senjata pamungkas yang tidak untuk dipakai rutin terus-menerus dalam jangka waktu lama. Tetap jalani semua tipsku di atas dan gunakan Insto Dry Eyes jika perlu, agar kita semua bisa mengucapkan, "Bye, Mata Kering!"

251 komentar

  1. sama mbak. aku juga pakai insto dry terus kalau pas mata kering

    BalasHapus
  2. Ini andalan semua orang ya.
    INSTO memang favorit bangeettt!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. karena saya kerja di depan komputer seharian mbak, pasti bikin mata kering dan perih. kalau gini butuh insto deh untuk meredakannya

    BalasHapus
  4. Iya nih internet memang bikin candu jadi kalau sudah megang Gadget bisa lupa waktu. Berhentinya kalau mata sudah berasa pegel. Untung sekarang ada insto ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, kalau udah berasa mata pegel, istirahat dan tetesi insto dry eyes ya

      Hapus
  5. Mata saya juga makin minus gegara ngenet nih hahaha.
    Dan seringnya ditandain dengan makin bengkak, makanya sekarang jadi sipit.
    Kudu cobain ini nih, saya sering mau nyoba tapi lupa mulu, baca ini jadi semangat mau nyoba :)

    BalasHapus
  6. aku minus karena dulu sering baca buku sambil tidur dan cahaya lampu kurang mba hehehe...udah jadi sahabat aku nih insto beneran ampuh atasi mata kering

    BalasHapus
  7. Aku minus dan udah mulai bergerak ke plus, mata suka riyip-riyip saat harus mantengin gadget dan saat nulis artikel. Haduuhh.. mata jadi kerja keras banget ya mba saat lihat monitor. Butuh perlindungan juga agar air mata enggak kering nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sedia insto dry eyes ya mbak buat jaga2

      Hapus
  8. Apalagi aku nih, usia engga bohong deh. Pakai kaca mata, kerja depan komputer, jahit, duh...Harus sedia Insto Dry Eyes deh...

    BalasHapus
  9. Eah ternyata bahaya juga ya mba, suamiku hobi banget kucek-kucek mata sampai selaput matanya ada yg pecah...alhamdulilah nggak bahaya ... Harus aku kasih sediakan insto nih ya biar nggak kucek-kucek lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, jangan dikucek-kucek. Emang cucian? hahaha..

      Hapus
  10. Kalau main laptop atau pc suka lupa waktu Maya jadi pegel . Nah untungnya mpo mainnya pakai handphone ada jeda istirahat apalagi saat case handphone.

    Maya kering, pegal dan sepet alhamdullilah tidak terjadi.
    Tapi kalau kena debu harus bawa instro dry eyes.

    BalasHapus
  11. Uraian yg kumplit dg infografis yg cakep!! TFS ya mba..jadi makin ngeh dg mata kering dan insto sbg solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
    2. Ohya yang Kusuka juga, kemasannya mungil jadi mudah deh dibawa-bawa..

      Hapus
  12. Suka ishh sama ifografisnya, btw aku juga sedia Insto ini soale ngebantu banget kalau mata kering abis momotoran hehe.

    BalasHapus
  13. aku jarang sih merasa something wrong di mata.
    tapi insto memang selalu jadi andalan kalau tiba-tiba mata perih karena kelilipan debu :D

    BalasHapus
  14. Aku dulu paling sering ngalamin mata kering karena keasyikan main game kalau nemenin papa nyetir malam.
    Akhirnya berdua tetes insto gitu. Baru tau skrg ada yg khusus gini kemasanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, insto dry eyes khusus buat mata kering nih

      Hapus
  15. Mata sepet itu beneran gak enak deh. Saya pernah dan sering mengalami nya. Untunglah sekarang ada info tentang Insto ini. Keluhan tentang mata tidak nyaman bisa segera diatasi ya

    BalasHapus
  16. sekarang saya sedang mengalami mata lelah, Mba, karena hampir tiap malam begadang sedangkan siang hari juga jarang tidur siang. Wahh saya juga mesti sedia insto nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, sedia insto dry eyes untuk mengatasi mata lelah ya

      Hapus
  17. wahhh yang sering di depan layar monitor atau handphone wajib banget menyediakan insto ini yaa, Mba, agar tidak menderita mata kering

    BalasHapus
  18. huwaaa ternyata bumil dan busui rentan mata kering? ditambah aktivitasku pantengin layar hp dan laptop tergolong tinggi setiap hari. Makasih tipsnya yaaa Mbak.

    BalasHapus
  19. Sebenernya tiap orang berpotensi kena mata kering ya. Memang sebaiknya kudu sedia insto di mana aja untuk berjaga jaga. Baru tau busui bisa berpotensi kena mata kering juga

    BalasHapus
  20. Bubye mata keriiing. Aku juga selau bawa di pouch mba.. penting banget menjaga kelembaban mata yang kita pakai setiap hari secara maksimal

    BalasHapus
  21. jadinya nggak perlu khawatr lagi mata kering. Udah ada solusinya yang tentu sangat membantu kita yah kak. Wajib bawa kemana mana ini biar aman

    BalasHapus
  22. Mata kering itu emang nggak nyaman sekali deh. Apalagi buat kita yang sering banget mengetik ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, makanya butuh sedia insto dry eyes ya

      Hapus
  23. Aku yang suka pegel mataku tiap kali abis seharian di depan laptop. Tapi aku udah lama selalu sedia Insto di rumah, dari jaman masih kerja malah.

    BalasHapus
  24. Sama mbak, kalau saya juga kelamaan mantengin komputer, handphone dan menjahit mata suka perih. Solusinya cuma Insto Dry Eyes, harganya pas di kantong...

    BalasHapus
  25. Jadi ngingetin banget ini mah sbg blogger emang banyak mantengin layar terus ya jd kudu care nih keurusan mata..

    BalasHapus
  26. Aku terkesima videonya mb sama infografisnya tentang Insto, ish keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih banyak atas apresiasinya

      Hapus
  27. Mata aku sering banget gatel deh mbak, mungkin karena kering ya huhu ngga enak banget sih emang kalo mata kering.. jadi ganggu aktifitas ya.. baiknya memang senantiasa menjaga kesehatan mata ya, dan jangan sampe mata kering.. dry eyes memang butuh nih aku.. aktifitas tinggi.. kasiah mata kalo ngga dijaga kesehatanya

    BalasHapus
  28. Aku pakai insto dry ini kalau pas perjalanan mudik, ketika lama di depan layar komputer atau handphone, dan ketika gak pakai kacamata, soalnya mataku juga suka kering nih..

    BalasHapus
  29. Blogger juga rentang kena mata kering ya ngadepin layar trus. Harus sering berkedip ya supaya aliran air mata bisa megaliri kornea, kalau masih kurang bisa pakai Insto Dry eyes

    BalasHapus
  30. Bye lah sama Mata Kering. Tinggal di negara tropis tuh emang rawan kena apalagi sering berkendara, lihat laptop atau hp lama2. Aku juga sedia Insto ini dan tetap jaga kesehatan mata dg hal lain juga

    BalasHapus
  31. Insto sahabat mata kering buat aku mba, udah sahabatan sama aku sejak aku gadis sampe mamak-mamak sekarang :D

    BalasHapus
  32. Aku nih mbak ngrasa banget emang mata suka pegel gtu terutana kalau paa lagi serung ngadep leptop, emang buat pekerja teks komersial yg sering ngabisin waktu depan leptop harus sedia insto ini ya supaya mata kalau iritasi cepet bisa diobati

    BalasHapus
  33. Oh..bahkan posisi tidur yang kurang benar bisa menyebabkan istirahat kurang optimal yaa..
    Huhuu..
    Harus lebih perhatian pada kesehatan mata niih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga kesehatan mata dengan menggunakan Insto Dry Eyes.
      Cakeep~

      Hapus
  34. ini yang aku buutuhin nih kak, mataku kalo udah pake soflens kelamaan suka kering dan emrah gitu, makanya harus sedia insto

    BalasHapus
  35. Baca-baca tentang mata kering bikin keingetan sama diri sendiri yang sering kering juga matanya. Kudu Punya nih Insto

    BalasHapus
  36. Akhir akhir ini aku merasa terganggu dengan kondisi mata yang ga nyaman... Ternyata aku baca di atas termasuk mata pegel... Wah harus punya insto di rumah nih....

    BalasHapus
  37. insto ini andalan banget buat pengguna motor kayak aku, soalnya suka pedih kalau kemasukan debu atau pasir, di kantor juga suka kering karena kebanyakan liat layar komp :) solusinya tinggal tetesin insto aja

    BalasHapus
  38. Aku juga pakai Insto Dry Eyes ini kalo Mata udah capek banget ngeliat smartphone. Apa daya ya kerjaannya harus melihat hape terus.

    BalasHapus
  39. Kalo aku mat kering penyebab nya kelamaan liat laptop dan hape.. tetiba suka kering. Dan insto ini wajib sih siap.sedia di kotak obat rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh bener banget. Yang akrab sama gadget kudu sohiban sama insto dry eyes

      Hapus
    2. Setuju banget mbaaa... yang hobinya mentelengin layar nih kudu bersahabat dengan Insto Dry Eyes. Biar sewaktu-waktu bisa netesin mata yang udah pegel ini.

      Hapus
  40. Alhamdulillah menyeangkan sekarang kalo mata pegel, tinggal tetes make insto
    mata kering sering banget mba, apalagi non stop kerja via latop. Untunglah ada solusi

    BalasHapus
  41. Sudah siap insto mba di kotak obat.Pokonya bye-bye mata kering, insto terbukti bikin adem.

    BalasHapus
  42. Anakku sempat kena mata kering mba, gara-gara kelamaan main hp jadi kedip-kedip terus hiks ternyata Insto bisa meredakan mata kering ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Sekarang anaknya dah sembuh, kan?

      Hapus
  43. Semacam senjata wajib yang harus ada di rumah ya, insto dry eyes ini...

    BalasHapus
  44. Aku baru tahu loh mbak, kalo menyusui juga berefek pada mata kering. Pantas aja aku dulu suka haus, jadi waktu menyusui itu bisa minum lebih dari 3 liter perhari.

    Nah kalo sekarang mataku jadi kering karena banyakan lihat hape dan laptop. Hape di charge, laptop dibuka, wkwkwk. Tapi alhamdulillah aku udah lama sih selalu sedia Insto, untuk jaga-jaga kalo mata terasa pedes

    BalasHapus
  45. Iya banget mbak kalo ngadepin laptop krlamaan mata jd ga enak banget rasanya. Keknya aku musti nyobain insto dry eyes nij

    BalasHapus
  46. mataku tuh kayaknya sensitif, kena debu aja kadang perihnya lama hiks, kayaknya harus sedia insto dry eyes ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang penyebabnya adalah mata kering, ya harus sedia insto dry eyes

      Hapus
  47. Makasih tips-nya Mbak... Yang 20-20-20 harus banget aku coba nih. Aku juga mata kering.. Dulu pernah mata yg 1 minus 1/4, jadi beli lensa anti radiasi biar aman pas di depan lepi. Eh sekarang tiap pakai kacamata pasti direbutin si kecil, jadi udah lama ga dipakai. Kerasa banget sekarang lihat agak jauh dikit udah buram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya. Padahal minus masih sedikit tapi kalau mata dipaksa kerja lebih keras juga bikin mata kering, ya

      Hapus
  48. Wah lengkap sekali infornasinya dan aku barubrahu jika saat hamil dan menyusui bisa menyebabkan mata kering. Alhamdulillah ada insto yang ampuh mengatasi mata kering

    BalasHapus
  49. insto dry eyes ini juga menjadi andalan saya untuk mengatasi mata kering

    BalasHapus
  50. Mata lelah, pegal, dan kering ternyata bisa diatasi dengan insto dry eyes. Perlu punya di rumah nih, soalnya sering beraktivitas di depan layar atau monitor gawai atau laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sediain insto dry eyes selalu, ya..

      Hapus
  51. Aku rasa ya ini, kalau blogger mah pasti banyak yang sama deh. Bisa kena gejala mata kering, karena akupun mengalaminya loh mbak. Dan makanya sekarang kemana-mana aku selalu bawa si Insto Dry Eyes ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharian ini ada diruang ac aja mataku jadi sepet loh, apalagi sambil ngetik nih karena banyak pr menanti untuk di update.

      Hapus
  52. Aku ngeblog kan dr hp krn laptopku rusak udh lama ngk diperbiki. Jdi kadang mata suka perih krn hp kan layarnya kecil, mata pegel. Insto juga andalanku banget mbk.

    BalasHapus
  53. Gejala mata kering ini sering aku alami, dan kadang aku abaikan. Padahal ternyata ngeri juga ya efeknya ya kalau dibiarkan... Fix nih, harus selalu sedia insto dry eyes..tfs

    BalasHapus
  54. Mata sepet Dan perih paling gak enak banget , tapi karena emang suka pake insto gak perlu khawatir lagi deh . insto emang membantu mengatasi kekeringan mata

    BalasHapus
  55. Wah, aku pun kayaknya kudu punya Insto Mata Kering ini deh. Sering banget abis depan laptop mata pegel dan kering. Biar seger terus ya matanya kalo pake Insto gini.

    BalasHapus
  56. Sama nih aku juga aktivitas sehari-hari depab laptop sama gadget yang bikin mata jadi kering
    Duh wajib ke drugstore nih nyari Insto

    BalasHapus
  57. Mba ku ini lengkap bangey tulisannya, kerennn... Klo aku biasanya matanya pegel karena mumet ngerjain dateline sampe tengaj malam...biasanya pake insto juga sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga tulisannya bermanfaat, ya

      Hapus
  58. Aku juga selalu sedia mba Insto dirumah..karena mata aku pasti suka kering. Karena kadang pakai soft lens dan kedua aktivitas nya walau lebih sering di dalam rumah, tapi kan kena AC juga kerja di don laptop. Maka nya kudu sedia Insto di rumah

    BalasHapus
  59. Aku kemana-mana naik ojek dan ruangan ber AC jadi gampang banget matanya kering. Untung insto mudah didapat, jadi kalo kelupaan bawa ya beli aja di apotik terdekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ih, yang begitu butuh banget insto dry eyes, ya

      Hapus
  60. Abis blogwalking, abis ngeblog, dan pakai softlens itu yg sering bikin mataku kering... emang udah bener koq pake Insto ini :)

    BalasHapus
  61. aku suka sama infografis nya nih mbaa, super informatif jd mudah untuk mengambil informasi. Bener banget, insto tuh teman setia dalam menghadapi pekerjaan kalo seharian berkutik depan layar PC/HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih apresiasinya

      Hapus
  62. Mata kering itu emang nggak nyaman banget. Aku juga andalannya pakai Insto

    BalasHapus
  63. Kalo aku seringnya mata pegel. Apalagi kalo kelamaan liat gadget atau baca buku. Beneran pegel gitu rasanya. Jadi di kotak P3K di rumah, aku juga sedia insto

    BalasHapus
  64. akhir akhir ini kalo naik motor tu suka banyak debu yang masuk mata deh aku tu, jadinya bikin mata sedikit merah dan nggak nyaman, kayanya butuh nih bawa tetes mata kemana mana yaa ahihihihi

    BalasHapus
  65. Aku juga pake Insto Dry Eyes kalo pas mataku lagi terasa sepet, mbak. Aktivitas harian berlama-lama di depan laptop tuh menjadi salah satu penyebab mata kering dan lelah, sih.

    BalasHapus
  66. ini jadi senjata andalan banget ya untuk mengatasi masalah mata kering dan iritasi juga ya

    BalasHapus
  67. Eh samaaa. Karena aktivitas blogger, sering menatap layar komputer bikin mata kering. Selain istirahat & lihat cowok cakep, insto juga jadi sahabat untuk bilang "bye mata kering"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaahahha.. Liat cowo cakep bukannya makin bikin mata jadi fokus ya? Hahahha..

      Hapus
    2. Iya mbak. Kalo di aku, lihat cowok fokus itu bikin maya seger. Ya meski kadang suka sedikit hilang fokus sm kerjaan karena terdistraksi sama pandangan. Hahaha.

      Hapus
  68. Baca ini serasa baca analisis mata sendiri. Ibu menyusui yang memiliki mata minus dan silinder tapi tetap gadget holic butuh sahabat mata yang oke. Pantesan sering ga nyaman matanya. Ternyata hampir semua faktor risikonya punya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh. Sedia insto dry eyes ya, biar bye mata kering...

      Hapus
  69. Wah, ternyata banyak sekali jenis penyebab mata kering.
    Syukurlah sudah ada produk Insto Dry Eyes, jadi bisa pede ikutan bilang 'Bye, mata kering!'

    BalasHapus
  70. Komplit banget ulasannya mba farida, emang nih kerja di depan laptop suka bikin lupa waktu jadinya mata kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, ya. Makanya perlu selalu ada insto dry eyes di rumah

      Hapus
  71. Lengkap nih ulasannya, bebas kalau ada mata perih ya. Aku sering nih kalau udah kelamaan depan laptop pasi mataku perih. Kudu ada insto nih

    BalasHapus
  72. Keren mbak Farida, jelas sejelas jelasnya gini. Aku Juga paling demen kalo mata kering pakenya insto.udah terpercaya sih ya

    BalasHapus
  73. Wah tipsnya lengkap banget nih. Aku juga sering kena gejala mata kering ini karena mantengin layar komputer terus. Untung sekarang ada Insto dry eyes ya jadi bisa bilang Bye Mata Kering

    BalasHapus
  74. Mengalami gejala mata kering emang gak enak banget.. makanya aku juga pake insto dry eyes nih. . biar mata seger lagi

    BalasHapus
  75. Seperlunya aja dan saat bener2 mata kering pakainya yah mbak
    Kebiasaan aku nih, mesti betah seharian di depan komputer. Nanti di rumah masih mainan leptop, smpe malam lagi. uwuuuu
    TFs yah mbak sharingnya, completed bangettt ahh

    BalasHapus
  76. waaaah baru tau, ternyata kalo udah lewat 1 bulan gak boleh dipake lagiii yaaa, padahal biasanya beli terus pake beberapa kali, terus lupa, taro aja, baru dipake lagi beberapa bulan kemudian, xixixiiii

    BalasHapus
  77. Keren poooll, Farida.
    Makasiii udah mengedukasi tentang mata kering yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  78. Pake Insto Dry memang cocok banget kalo mata kering. Jadi enak dan nyaman. Infonya lengkap dan jelas Mba.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, terima kasih apresiasinya

      Hapus
  79. Aku punya kebiasaan pegang hp sambil bikin anak dan ini rentan banget bikin mata kering dan ternyata disini aku menemukan solusinya..terimakasih mba Farida 🤗🤗

    BalasHapus
  80. Waaah lengkap banget ni penjelasannya. Jadi paham dah mata kering tu gimana dan cara mengatasinya. Daku kebanyakan nonton drakor ni, fokus menatap oppa oppa mulu jadi pegel matanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahha... nonton oppa bikin mata pegel, ya

      Hapus
  81. Karena tukang bikin ilustrasi kayaknya aku deh yang mengalami mata sepet, mata kering,mata pegel ... Ditambah bahu pegel hati lelah hahahahhaha .. ga selesai selesai gambar itu melelahkan semuanya (lah kok curcooolll... Ooiiii ini blogpost orang oiiii)

    BalasHapus
  82. ALhamdulillah ini ya, insto menemaniku sepanjang usia mba
    hehehe, apalagi kerjaan yang kudu ngadep laptop pula.Insto deh solusinya

    BalasHapus
  83. saat pakai contact lens, mataku jadi kering. Makanya ga bisa lama-lama pake contact lens. Beberapa jam sekali ya aku tetesin insto aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, butuh diistirahatin biar ga mata kering, ya

      Hapus
  84. Asik nih baca artikelnya plus ilustrasi yang mendukung. Aku cocok pake insta dry eyes ini secara bikin mata segar setelah berjam-jam depan lepi.

    BalasHapus
  85. Wah..
    Cocok nih, untuk aku yg notabennya seorang operator SD, kerja didepan laptop terus. Hihi
    Terimakasih yaa infonya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu.. sama2. moga bisa bye mata kering, ya..

      Hapus
  86. Andalan banget memang buat pakai insto ya mba. Sediain terus kemana mana

    BalasHapus
  87. Udah pernah tahu tentang taktik 20-20-20 Mbak. Tapi hanya sekedar tahu teorinya aja, prakteknya malah lupa hihihi..
    Padahal rentan dengan mata kering ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nih. bawa insto dry eyes ya biar bye mata kering ...

      Hapus
  88. Berarti kayak aku mak semua tanda mata kering ada. Lgi menyusui, blogger, tinggal di tropis. Hikz

    Kerasa emang ini mata suka kering pedih. Nyobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, mari... ikutan bye mata kering aja yuk..

      Hapus
  89. Sebagai blogger yang sering membuat mata kering itu ya aktivitas ngeblog lama-lama duduk depan laptop atau hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. pake insto dry eyes dong biar bye mata kering

      Hapus
  90. aku juga ngalamin mata kering mba habis kejar deadline dan gak lepas dari mandangin hape dan laptop, jadi tetesin aja insto, adem

    BalasHapus
  91. Aku gak pernah makai lensa kontak hehe, ternyata bikin mata kering juga ya kalau dipakai terus2an. Yang penting emang jaga kelembaban mata ya kalau dah kerasa sepet segera tetesin insto. Emang gtu risiko kerjaan terlalu banyak liat layar monitor hehe

    BalasHapus
  92. Sebagai penulis yang mainya di hape sama laptop, perlu banget segerin mata pakai insto. Biasa aku minta suami, karena dia yang suka stock insto hehe

    BalasHapus
  93. Andalanku juga Insto ini mbak. Membantu meringankan mata saat pedes dan perih mulai datang ke mata

    BalasHapus
  94. Fungsi air mata penting banget buat kesehatan mata keseluruhan ya ternyata, seperti:

    menjaga permukaan mata tetap halus dan jernih
    melindungi mata dari benda asing yang masuk
    membersihkan kotoran di permukaan mata
    membunuh bakteri
    membantu menyaring cahaya yang masuk, dll

    BalasHapus
  95. Penting ya menyediakan insto dry eyes ini sebagai persesiaan di rumah.

    BalasHapus
  96. Baca ilustrasinya kok jadi segar matanya
    Cocok bagi penggiat dimana harus terpapar radiasi layar yang sangat banyak tiap waktu

    BalasHapus
  97. Masalah banget yaa mata kering kering klo buat blogger. Kayanya jadi masalah yang sering dihadapi blogger. Maklum kan kerjanya berhadapan sama laptop dan gawai terus. Ngga bisa dianggap remeh juga sih, jadi perlu diwasapdai. Pake insto ini pastinya solusi

    BalasHapus
  98. Akhir-akhir ini sering ngalami mata sepet dan pegel. Biasanya dipakai jalan ke luar ruangan aja, mengalihkan pandangan dari layar laptop dan juga hp. Ternyata bisa diatasi dengan insto dry eyes ya. Harus beli nih buat persediaan

    BalasHapus
  99. Insto dry eyes ini penyelamatku saat berkendara karena dulu pernah hampir kecelakaan gara² mata kering. Huhuhu... Sekarang selalu sedia insto dry eyes donk biar nyaman dan aman berkendara
    --bundadzakiyyah(dot)com--

    BalasHapus
  100. Hempaskan mata kering, soalnya ada INSTO buat kita semuaaa, yeayy!
    Keren bgt artikel ini dah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  101. aku pakai insto dong, sering di depan laptop nih :D

    BalasHapus
  102. Insto dry ice membantu banget pas tiba tiba mata perih dan pegel gara gara kelamaan mantengjn layar laptop

    BalasHapus
  103. Tren anak kekinian selalu mantengin ponsel dan laptop. Polusi juga bisa bikin mata perih. Untung ada Insto ya..

    BalasHapus
  104. Solusi mudah ya..untuk mengatasi mata kering dan pegel.. cocok buat kita2 yg akrab dengan layar monitor/hp.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^