Guys, Ini 5 Cara Jitu Membentuk Otot Tubuh yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

membentuk otot
Sumber: pinterest.com

Buat sebagian besar pria membentuk otot bukan hanya untuk membangun rasa kepercayaan diri, tapi juga menyiratkan tubuh yang sehat serta menjadi kebanggaan tersendiri untuk seorang laki-laki. Oleh sebab itu, tak jarang banyak pria yang mendaftar ke pusat kebugaran untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.


Walau begitu, tidak ada perubahan yang langsung instan. Butuh waktu yang cukup lama untuk membangun otot tubuh. Selain harus latihan terus menerus, kamu juga harus ada perhatian terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di setiap waktunya. Lalu, bagaimana cara membentuk otot tubuh yang benar dan sudah terbukti secara ilmiah? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1. Mengkonsumsi Protein dengan Maksimal


Protein memang penting banget untuk mendapatkan otot tubuh yang bagus. Tapi, gak semua protein yang kamu makan itu digunakan untuk membentuk otot. Karena tubuh juga membutuhkan protein untuk memproduksi hormon dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu harus memaksimalkan konsumsi protein harian kalau ingin menciptakan otot dalam waktu yang cepat. Selain itu, kamu juga tidak boleh mengurangi asupan kalori setiap harinya. Bahan makanan yang kaya akan protein adalah bayam, lentil, kedelai, almond, telur, susu, dada ayam, keju dan juga kacang polong.

Selain sehat, sumber protein juga membuat kita cerdas. Baca dulu deh, artikel Sehat Cerdas untuk Semua dengan Ayam dan Telur ini.

2. Sebelum Tidur, Makan Makanan Perpaduan Protein dan Karbohidrat


membentuk otot
Sumber: pinterest.com

Sebuah penelitian di University of Texas pada tahun 2001 menemukan fakta jika mengonsumsi minuman yang kaya karbohidrat dan protein dapat meningkatkan pembentukan otot. Sebab olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke semua jaringan pada tubuh. 

Jadi, konsumsi karbohidrat dan protein sebelum latihan bisa membuat penyerapan asam amino di dalam otot menjadi lebih besar.

3. Fokuskan Latihan Otot-Otot Terbesar


Kalau kamu seorang pemula, pasti di setiap sesi latihan bisa membantu meningkatkan pembentukan protein. Namun, kalau kamu sudah melakukan latihan angkat beban sebelumnya, fokuskan pada otot-otot besar seperti kaki, punggung, dan dada. Setelah itu, tambahkan beberapa latihan seperti pull up, bent over rows, deadlift, bench press, dan squat agar pembentukan otot jadi lebih efektif. 

Supaya aktivitas pembentukan otot jadi makin seru dan semangat, temani dengan lagu-lagu yang mendorong daya semangat kamu dengan menggunakan headset bluetooth JBL yang keren abis. Selain itu, usahakan untuk mengurangi olahraga kardio agar otot bisa berbentuk dengan cepat.

4. Konsumsi Karbohidrat Setelah Selesai Latihan


Tubuh tentunya membutuhkan karbohidrat yang cukup setelah selesai latihan. Mengonsumsi asupan makanan yang mengandung karbohidrat setelah berolahraga bisa meningkatkan kadar insulin. Sehingga bisa memperlambat proses pemecahan protein pada tubuh. 

Kalau asupan karbohidrat di dalam tubuh mencukupi, maka tubuh tidak membutuhkan cadangan protein dari otot untuk dijadikan sebagai energi. Dengan begitu, tubuh tidak akan mengurangi masa pembentukan otot.

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup


membentuk otot
Sumber: pinterest.com

Setelah latihan keras untuk membentuk otot selama seharian, luangkan waktu kamu untuk beristirahat keesokan harinya. Beberapa penelitian menunjukkan latihan ketahanan tubuh yang keras bisa meningkatkan proses pembentukkan protein sampai 48 jam setelah latihan berakhir. 

Otot akan mulai terbentuk dan tumbuh ketika kamu sedang beristirahat. Maka dari itu, berikan waktu istirahat dengan tidur yang cukup keesokan harinya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dan maksimal memang membutuhkan komitmen yang begitu kuat. 

Selain itu, selalu usahakan rutin latihan agar hasilnya bisa terlihat dalam waktu yang cepat. Oh iya, jangan lupa gunakan headset bluetooth untuk memberikan suasana sesi latihan yang lebih bersemangat dengan lagu-lagu andalan ya, Guys. Jangan menyerah!

Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^