Pola Hidup Sehat Meningkatkan Imunitas terhadap Virus Corona

Belakangan, penyebaran virus Corona cukup menjungkirbalikkan aktivitas kita sehari-hari, ya. Banyak yang akhirnya belajar, bekerja, dan beribadah di rumah serta membatasi aktivitas di luar untuk mencegah terjangkitnya virus yang satu ini.

Virus Corona ini bisa menyebabkan infeksi sistem pernapasan manusia. Biasanya, gejala manusia yang terkena virus Corona, yakni: demam, batuk, dan sesak napas.


Virus Corona ini memang merupakan virus yang dapat mematikan. Namun, juga dapat diantisipasi serta dipulihkan kondisinya jika sudah pernah terjangkit. Cara terbaik untuk mencegah dan mengusir virus Corona adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips sehat agar terhindar dari bahaya virus Corona yang mengancam:

Pola Makan Bergizi Seimbang


Menjaga asupan yang cukup bagi tubuh kita adalah syarat penting agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, kita akan mendapatkan cukup energi untuk menjalankan berbagai metabolisme tubuh dengan baik, tanpa ahrus menumpuk kelebihan zat sampah yang tak perlu.

Perbanyak makan sayur dan buah, karena biasanya kedua jenis bahan pangan ini dikonsumsi dalam jumlah sedikit oleh kebanyakan orang. Padahal, tubuh kita memerlukan jumlah yang besar, setidaknya sama banyaknya dengan jumlah karbohidrat dan protein yang kita konsumsi sehari-hari.

Buah dan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian, orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit. Gizi makanan yang seimbang menghindarkan kita dari penyakit hipertensi, hipertiroid, diabetes, dan lain-lain yang memerparah kondisi tubuh jika terserang virus Corona Covid-19.

Baca juga: Mau Sehat? Selalu Perhatikan Sistem Pencernaan dalam Tubuh!

Menghindari Rokok dan Alkohol


Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol. Perokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia, yang memang menjadi media yang diserang virus Corona Covid-19.

Beraktivitas Fisik


Aktivitas fisik bukan hanya berolahraga, melainkan segala kegiatan yang melibatkan fisik. Selain dapat menyehatkan tubuh, aktivitas fisik juga melancarkan peredaran darah dan membantu menyuplai asupan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Tak heran jika hal ini membuat otak dan pikiran menjadi lebih rileks dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Setiap organ pun dapat bekerja dengan optimal, termasuk organ-organ yang ikut membantu menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai infeksi.

Disarankan untuk rutin olahraga selama minimal dua kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 75 menit. Atau, bisa dipecah lagi menjadi 4 kali seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit.

Cukup Istirahat


Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Karena itu, semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu kita memiliki tubuh dan pikiran yang sehat.

Prioritaskanlah istirahat pada waktu-waktu terbaik, yaitu saat tidur malam dan sejenak beristirahat di siang hari.

Jika kita usai makan, tunggulah sekitar 2-3 jam setelah makan apabila Anda mengantuk dan ingin tidur setelah makan. Sehingga, sistem pencernaan dalam tubuh tetap terjaga dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap secara maksimal.

Menjaga Kebersihan


Biasakan untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dengan mandi, berganti pakaian, dan rajin mencuci tangan di air yang mengalir dengan sabun, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Kurangilah bersentuhan atau kontak fisik saat berinteraksi di tempat umum.

Gunakan masker bila sedang batuk maupun pilek, agar zat yang dikeluarkan tidak menyebar ke udara bebas.

Kelola Stres


Bukan hanya tubuh yang perlu dievaluasi kondisinya, melainkan juga kesehatan suasana hati kita. Penyakit bukan hanya menyerang saat tubuh terganggu kesehatannya, namun bisa juga dipicu oleh stres. Karenanya, kita harus pandai memanajemen stres agar tidak mengganggu kinerja kita sehari-hari.

Berikan waktu bagi tubuh dan pikiran kita untuk melakukan hobi, meditasi atau aktivitas yang berbeda dari rutinitas sehari-hari sehingga dapat memberikan efek penyegaran.

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Stres biasanya dialami jika kita sedang banyak pikiran atau masalah. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

Baca juga: 5W1H tentang Baby Blues.

Dalam menyikapi berbagai berita seputar virus Corona ini, misalnya, kita tidak perlu mengutamakan kepanikan apa lagi sampai terjerumus pada mempercayai berita yang tidak benar. Tetaplah berpikir tenang dalam menimbang sesuatu, gali informasi dari sumber terpercaya, dan lakukan tindakan preventif sesuai petunjuk ahli yang berkompeten.

Berkonsultasi pada Tenaga Medis


Periksakan kesehatan jika mengalami gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan, apa lagi jika sampai sesak napas. Karena, hal itu merupakan indikasi pertama infeksi virus Corona baru. Terutama bagi mereka yang baru saja bepergian ke negara-negara yang terdampak virus Corona Covid-19 ini.

Baca juga: SehatQ.com Membantu Kita Mengelola Kesehatan.

Itu dia beberapa tips sehat yang dapat kusampaikan agar kita semua tetap terhindar dari virus Corona. Sebaiknya, hal-hal di atas tidak hanya kita terapkan selama masa pandemi akibat virus Corona ini. Namun, kita jadikan sebagai bagian dari keseharian kita agar memiliki pola hidup sehat.

6 komentar

  1. kelola stress sangat penting menurut saya.. karena kalau marah2 dan banyak pikiran lah yang akan banyak mengundang penyakit ... heheh

    BalasHapus
  2. Terima kasih tipsnya ya, Mbak. Aku pun sedang berusaha lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu, sedang melatih diri sendiri untuk rutin berolahraga.

    BalasHapus
  3. Terima kasih sharingnya, Teh. Kebersihan memang utama sih, terlebih soal makanan dan istirahat. Semoga kita semua sehat selalu..

    BalasHapus
  4. Betul tu. Perlu ada polar hidup yang lebih sihat di musim wabak virus ni. Semoga kita semua sihat fizikal dan mental.

    BalasHapus
  5. Kalo baca di web WHO memang kembali ke pola hidup sehat. Untuk mencegah virus saat ini dengan disiplin mencuci tangan dan menbatasi diri dengan orang lain

    BalasHapus
  6. Terimakasih tips dan nasehatnya, kak Farida 🙏

    Situasi sekarang ini bikin banyak orang cemas. Tapi kalau kita cemas berlebihan justru memperburuk daya tahan tubuh kita.

    Semoga epidemi mematikan ini bisa segera berakhir.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^