Camilan Berbuka Puasa Pilihanku

Camilan Berbuka Puasa

Puasa sudah berjalan dua minggu, nih. Selama dua minggu ini, aku juga terbiasa menyiapkan hidangan camilan berbuka puasa untuk dinikmati sebelum menu utama. Nah, mau tahu apa saja yang sudah pernah menjadi pilihanku? Ini dia!


Buah


Yang pasti selalu diusahakan ada adalah kurma. Buka puasa dengan tiga butir kurma dan segelas air putih merupakan sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad. Pastikan yang kita dapat adalah buah kurma asli, ya. Bukan kurma yang sudah dilapisi dengan pemanis sebagai pengawet.

Selain cepat memberikan tenaga setelah seharian berpuasa, kurma juga kaya akan serat dan vitamin. Manisnya kurma sebagai camilan berbuka puasa akan menambah kekurangan glukosa, fruktosa, dan sukrosa setelah seharian berpuasa.

Opsi kedua, biasanya yaitu jeruk peras. Biasanya diperas dengan air hangat. Selain itu, sebagai variasi, kami juga membeli aneka buah untuk dimakan dalam kondisi segar dan disajikan dalam bentuk potongan.

Camilan berbuka puasa memang disarankan berupa makanan yang tidak dimasak, seperti buah. Karena, dia bersifat ramah terhadap pencernaan kita yang baru saja beristirahat seharian sehingga tidak terlalu berat bekerja. 

Buah kaya akan serat, vitamin dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, camilan berbuka puasa berupa buah-buahan juga mengandung air dan gula alami yang bisa menghidrasi sekaligus menambah energi.

Yogurt dan Minuman Probiotik


Camilan Berbuka Puasa

Camilan berbuka puasa berikutnya yang baik untuk perut kosong dan selalu menjadi andalan kami adalah yogurt atau minuman probiotik. Aku dan anak-anak suka sekali mengonsumsi ini. Merek favorit kami adalah Yoforia dan Yakult.


Lunpia Basah


Camilan Berbuka Puasa

Camilan berbuka puasa yang agak berat jatuh pada lunpia basah. Selain cara membuatnya mudah, juga karena nilai gizinya yang tinggi, serta bisa diolah dengan sehat. Panduan membuat lunpia yang sehat ini pernah aku dapatkan saat menghadiri acara dari Youvit.


Gorengan


Camilan Berbuka Puasa

Memangnya, tidak pernah memakai gorengan sebagai camilan berbuka puasa? Ya, pernah juga. Biasanya, yang menjadi favorit di keluarga ini adalah pisang goreng, french fries, dan tempe mendoan.

Aneka Minuman


Camilan Berbuka Puasa

Minuman yang mengenyangkan pun kadang-kadang kami jadikan pilihan untuk jadi camilan berbuka puasa. Yang sudah pernah kami pilih di puasa tahun ini adalah Es Blewah, Es Cincau, Es Dawet, dan Es Sirup.

Bubur dan Kolak


Di Indonesia ini, rasanya tak lengkap ya, kalau belum mengisi Ramadan dengan bubur dan kolak sebagai salah satu alternatif camilan berbuka puasa. Kami pun pernah membuat bubur mutiara untuk hidangan buka puasa.

Begitu juga kolak. Pada umumnya, kolak berisi labu, ubi, pisang, dan kolang-kaling. Semua bahan itu mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Kandungan gula pada kolak bermanfaat memberikan energi pada tubuh setelah seharian berpuasa. 

Hanya saja, kita tetap perlu membatasi konsumsinya, ya. Sekadar pengobar rindu saja demi memeriahkan suasana Ramadan. Karena, terlalu banyak makan gula dan santan juga kurang baik bagi tubuh.

Itulah beberapa jenis camilan berbuka puasa yang sudah pernah aku pilih di bulan Ramadan tahun ini. Berapa banyak yang sama denganmu?


Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^