Sertifikasi Bahasa Inggris Syarat Masuk Kerja?

sertifikasi bahasa inggris

Saat ini banyak perusahaan baik dari kelas daerah, nasional, multinasional, sampai internasional menjadikan kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu kualifikasi yang wajib untuk dimiliki. Biasanya perusahaan akan mengadakan tes bahasa Inggris masuk kerja seperti wawancara, atau tes tulis yang dibuat sendiri oleh perusahaan.

Akan tetapi, banyak juga yang memberikan syarat untuk menyertakan sertifikasi bahasa Inggris saat melamar agar perusahaan tidak terlalu repot melakukan tes kembali. Sertifikasi bisa didapatkan dengan mengikuti tes bahasa Inggris seperti tes TOEFL atau IELTS yang berguna untuk membuktikan tingkat bahasa Inggris 

Ada begitu banyak jenis ujian, dan semuanya cocok untuk tujuan yang sedikit berbeda. Mari kita lihat beberapa tes bahasa Inggris terpopuler dan lihat mana yang terbaik untukmu dan sesuai dengan yang kamu butuhkan!


TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS adalah tes yang dirancang untuk orang yang ingin belajar di negara berbahasa Inggris atau mengambil kursus dengan banyak konten bahasa Inggris. IELTS memiliki versi non-akademik tetapi tidak sesering versi akademik. TOEFL adalah tes bahasa Inggris akademis yang paling umum di seluruh dunia, tetapi di beberapa negara, seperti Inggris, universitas lebih memilih orang yang memiliki skor IELTS yang baik karena menurut mereka tes ini lebih akurat untuk tingkat bahasa Inggris. 

Kamu dapat melakukan tes TOEFL secara online atau tatap muka, tetapi kamu hanya dapat melakukan tes IELTS secara langsung. TOEFL dan IELTS keduanya berlaku selama dua tahun. Jadi, penting untuk merencanakan tesmu dalam waktu yang wajar sebelum kamu mendaftar untuk kursus. 


TOEIC

TOEIC adalah tes bahasa Inggris untuk komunikasi dan biasanya digunakan untuk bisnis. Perusahaan, terutama di Asia, menyukai orang yang memiliki skor TOEIC tertentu untuk membuktikan bahwa bahasa Inggris mereka cukup baik untuk bekerja serta memahami klien dan kolega yang berbahasa Inggris. 

Skor TOEIC biasanya dianggap berlaku selama dua tahun dan perusahaan dapat meminta orang untuk mengikuti tes satu kali saat melamar pekerjaan atau dua tahun sekali untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris mereka masih pada level yang sama.

10 komentar

  1. Dari 3 di atas hanya pernah nyoba TOEFL, itupun karena syarat mau lulus kuliah aja. Hihi.

    BalasHapus
  2. Aku juga cuma pernah cobain TOEFL hahaha itu pun untuk syarat kelulusan sama melamar pekerjaan. Ya ampun padahal penting banget loh yaa yang begini ngga harus nunggu lulus atau persyaratan kerja

    BalasHapus
  3. Pernah nyoba TOEFL buat syarat beasiswa, skornya 500 lebih dikit. Gak tau sekarang kalo nyoba lagi, kayaknya bakal turun drastis hihi

    BalasHapus
  4. Terakhir tes TOEFL saat mau lulus kuliah. Karena jadi salah satu syarat lulus juga. Setelah itu nggak pernah ikut test, karena setip pekerjaan saya nggak pernah diminta tes hehe. KEmampuan bahasa Inggris aku juga sekarang menurun jauh. Hikss... Apa musti ikut lagi belajar-belajar kemudian tes gitu ya?

    BalasHapus
  5. Aku pernah coba toefl dan ielts, tapi kalo toeic belum pernah jd gak tau kaya gimana proses tesnya hehehe

    BalasHapus
  6. sebenarnya sejak saya mulai kerja tahun 1990 itu sudah wajib bisa bahasa inggris
    tapi kayaknya dilihat posisinya juga sih
    kalau sekarang tiap orang menambahkan skill bahasa lebih dari satu
    dulu ada juga mata kuliah bahasa jepang
    nyesel nggak dilanjutin, sekarang pingin bahasa korea hehehehe

    BalasHapus
  7. Kalo sekarang mungkin hampir semua udah pada bisa bahasa Inggris ya?
    aku cuman pernah ngalamin TOEFL aja, TOIEC sama IELTS belum pernah karena nggak ada kebutuhan, hehe. Pengen juga belajar bhs inggris lagi...

    BalasHapus
  8. Ini tricky si biayanya mahal berlakunya bentar haha..
    Bisa dipanjangin apa ya masa berlakunya hehehe kan lumayan tuh

    BalasHapus
  9. Iya, sertifikat bahasa inggris itu perlu ya mbak..
    Buat urus beasiswa juga perlu

    BalasHapus
  10. Baru nyobain toefl, itu pun yang versi gratisan aja.
    Kalau untuk toeic, belum pernah nyobain sih, hehe

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^