header permata pengalamanku

Resep Makanan Sehat: Pisang Inulin

112 komentar
resep makanan sehat
Resep makanan sehat Pisang Inulin dengan Morinaga Chil*Go!

Sesudah menimba ilmu secara daring seperti yang aku tuangkan dalam artikel Sehat Selama Pandemi Bareng Morinaga Chil*Go! kemarin, aku jadi semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan pencernaa anak demi meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menjelang awal puasa, aku mengajak anak-anak untuk mencoba resep makanan sehat yang baru hasil kreasiku sendiri di luar Tiga (3) Resep Dasar Nan Praktis Camilan Andalanku. Resep ini kurancang agar kaya dengan inulin untuk dukung daya tahan mereka.

Mengenal Inulin 

Inulin merupakan serat larut dalam air sekaligus salah satu jenis karbohidrat yang disebut dengan fruktan. Fruktan merupakan rantai molekul gula fruktosa yang berikatan bersama sehingga tidak dapat dipecah oleh usus halus. 

Karena itu, fruktan akan turun menuju usus besar tanpa dicerna dan dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di organ ini. Seperti jenis fruktan lain, inulin juga dapat difermentasi oleh bakteri baik menjadi asam lemak rantai pendek guna menutrisi sel di usus besar. 

Inulin ini tidak terasa saat berada di dalam mulut tetapi memiliki karakteristik rasa creamy dan bertekstur halus seperti lemak. Meskipun merupakan jenis gula, inulin tidak menyebabkan gigi berlubang.


Sejumlah Manfaat Inulin

Pentingnya inulin selalu ada dalam asupan sehari-hari anak karena memang zat ini memiliki sejumlah keunggulan, antara lain: 

Menyehatkan Pencernaan

Inulin menciptakan keseimbangan antara bakteri jahat dan baik di dalam usus dan dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di sana, terutama bifidobakteria dan laktobasillius. Bakteri ini membantu menangkis bakteri jahat, mencegah infeksi, serta merangsang sistem kekebalan tubuh. Karena itu, zat ini membantu melindungi saluran cerna dari infeksi saluran cerna seperti diare dan BAB keras, serta berpotensi mengurangi risiko kanker usus. 

Membantu Penyerapan Gizi

Menurut Food and Drug Administration (FDA), inulin terbukti secara ilmiah dapat memberikan manfaat untuk menyerap gizi anak, termasuk kalsium serta mineral lainnya guna membantu kepadatan tulang. Makanya, inulin cocok sekali dikonsumsi bersama susu dan sumber kalsium lainnya.

Mencegah Penyakit Serius

Tidak hanya baik bagi pencernaan, inulin juga disebutkan dalam Jurnal Pediatric Applications of Inulin and Oligofructose bisa menurunkan risiko anak usia dini terkena demam, dermatitis atopik, dan infeksi pernapasan.

Mencegah Obesitas

Melansir penelitian tentang efek prebiotik dan berat badan dari The American Journal of Clinical Nutrition (2017), inulin dapat mengontrol nafsu makan pada anak yang mengalami kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kondisi inulin yang larut dalam air di perut sehingga membentuk zat agar-agar yang memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Mengontrol Gula Darah

Karena inulin memperlambat pencernaan, maka gula dalam tubuh akan dilepaskan perlahan. Hal ini mengakibatkan kadar gula tubuh tetap normal. Inulin menunjukkan aktivitas sebagai penstabil gula darah potensial jika rutin dikonsumsi dalam jangka panjang.


Di Mana Bisa Mendapatkan Inulin?

Inulin banyak terdapat pada tumbuh-tumbuhan seperti akar chicory dan bawang-bawangan. Bawang merah adalah sumber inulin tertinggi. Selain itu, juga terdapat pada bawang putih, bawang bombay, daun bawang, daun bawang perai.

Inulin juga ada di dalam aneka sayuran seperti artichoke, agave, asparagus, akar sawi putih, dan lain-lain. Ia juga bisa kita temukan dalam sumber karbohidrat seperti gandum, jagung, dan ubi liar. Selain itu, kacang-kacangan seperti kenari dan badam juga kaya akan inulin.

Cokelat hitam pun mengandung inulin. Sedangkan dari golongan buah, pisang dan apel merupakan pilihan yang baik. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan inulin dalam susu cair anak Morinaga Chil*Go!.


Resep Makanan Sehat: Pisang Inulin

Anak-anak memang cenderung suka membeli jajan di luar. Bisa jadi, hal itu disebabkan oleh tampilannya yang menarik dan rasanya yang enak. Padahal, nilai gizinya mungkin saja rendah. Biar enggak kalah pamor, aku pun harus mampu membuat resep makanan sehat yang menarik dan enak banget!

Ceritanya, Bilqis (10 tahun) hanya suka memakan pisang dalam bentuk pisang goreng. Karena itu, aku mengajaknya membuat pisang goreng dalam sajian yang bernilai gizi lebih tinggi dari biasanya. Tentu saja, kegiatan memasak bareng ini disambut gembira olehnya. Selain dia senang, aku pun memeroleh Lima (5) Kebahagiaan Sederhana Saat Anak Belajar Memasak.

Sebelumnya, aku ajak dulu dia belanja bersama bahan resep makanan sehat yang kuberi nama Pisang Inulin ini. Aku pilihkan bahan yang kaya inulin seperti pisang, kacang badam, cokelat hitam, dan tentunya susu cair anak Morinaga Chil*Go!. Jadinya, inilah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Pisang Inulin:


bahan resep makanan
Bahan Pisang Inulin dengan Morinaga Chil*Go!

Bahan Pisang Goreng:

  • 5 buah pisang
  • 130 ml tepung terigu
  • 1 sdm tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 1 botol Morinaga Chil*Go! Original

Bahan Saus:

  • 130 ml krim kocok
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1 botol Morinaga Chil*Go! rasa apa saja
  • pewarna makanan (opsional)

Topping:

  • cokelat hitam, lelehkan
  • kacang badam, sangrai/panggang (boleh dipotong kecil-kecil)

Cara Membuat Pisang Goreng:

Pisang goreng pakai Morinaga Chil*Go!
  1. kupas pisang 
  2. iris daging pisang secara melintang setebal 1/2 cm atau sesukanya
  3. campur tepung terigu, tapioka, garam, dan susu cair anak Morinaga Chil*Go! hingga merata
  4. balutkan adonan tepung ke seluruh potongan pisang
  5. goreng ke dalam minyak panas dengan api kecil hingga kuning kecokelatan
  6. angkat dan tiriskan.
Dalam resep makanan sehat Pisang Inulin ini, aku membuat adonan tepung yang dilarutkan dengan susu cair anak Morinaga Chil*Go!, bukan air seperti biasanya. Hal ini untuk meningkatkan nilai gizi dan citarasa pisang goreng yang dihasilkan.

Cara Membuat Saus:

resep saus susu
Resep saus susu Morinaga Chil*Go!
  1. tuang krim kocok dan gula dalam mangkuk besar yang sudah didinginkan selama satu jam
  2. kocok dengan kecepatan sedang menggunakan mikser hingga kental
  3. campur dengan susu cair anak Morinaga Chil*Go!
  4. beri pewarna jika suka.
Resep saus susu ini hanya menggunakan sedikit gula karena rasanya sudah tertolong banget dengan rasa melon madu dari Morinaga Chil*Go! yang dipilih anak-anak. Ini untuk menjaga agar keseluruhan bahan resep makanan Pisang Inulin tetap rendah gula. 

Sebenarnya, warna hijau dari susu cair anak ini sudah cantik. Namun, Bilqis merasa perlu menambahkan pewarna makanan dalam resep saus susu karena memang namanya anak-anak sukanya warna yang ceria, ya.


Saran Penyajian:

Inulin
Resep Makanan Sehat kaya Inulin dengan Morinaga Chil*Go!

Pisang goreng siap dinikmati didampingi resep saus susu yang sudah jadi. Di samping itu, kita bisa menambahkan cokelat hitam leleh dan kacang badam untuk memperkaya rasa, tekstur, dan tentunya kandungan gizi Pisang Inulin ini.



Resep Pisang Inulin ini memang sederhana dan mudah. Anak-anak saja bisa membuatnya. Tentunya dengan di bawah pengawasan dan didampingi orang tua, ya. Begitu pisang goreng dan saus susunya siap, anak-anak sudah enggak sabar menunggu Pisang Inulin ini ditata dulu sebelum disajikan.

Soal rasa? Jangan ditanya. Tuh, lihat aja videonya! Di menit ke 5:11, Bilqis sontak berteriak, "Enak banget!" pada gigitan pertama pisang goreng yang sudah dilumuri saus susu ini. Sukses deh, resep makanan sehat berjudul Pisang Inulin ini jadi menu baru kesukaan anak-anak.

Silakan kalau mau mencoba di rumah, ya. Semoga resep ini bisa menjadi alternatif camilan sehat bagi si Kecil terutama jika dia tidak suka sayur. Kan, Pisang Inulin ini menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! yang dapat memenuhi kebutuhan serat inulin, 9 vitamin, dan 5 mineral.

susu cair anak
Susu cair anak Morinaga Chil*Go!

Lagi pula, Morinaga Chil*Go! sudah melalui uji kualitas PT Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. Produk susu cair anak ini disterilkan dengan teknologi canggih untuk memastikan terjaganya kebaikan susu bagi daya tahan tubuh anak dalam setiap botolnya.

Selain isinya yang sehat bagi saluran pencernaan anak, kemasannya pun ramah lingkungan demi masa depan anak yang lebih baik. Hadir dengan rasa yang enak banget walaupun rendah gula. Sangat cocok sebagai pilihan camilan anak. Bisa diminum langsung atau dikreasikan dalam resep makanan sehat untuknya.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini, silakan kunjungi situs resminya di https://morinagaplatinum.com/id atau akun Instagram @morinagaplatinum. Di sana tersedia aneka artikel bermanfaat dan resep makanan sehat yang baik bagi tumbuh kembang anak. Selamat mencoba!

Related Posts

112 komentar

  1. Wah olahannya asik nih kayaknya..pengen coba recook..Tapi tanpa diolah pun anak2ku suka banget sama ChilGo ..

    BalasHapus
  2. waaah ada banyak resep asyik yang bisa kita buat dan kreasikan dengan menggunakan susu cair ya mba. Termasuk yang satu ini

    BalasHapus
  3. Ternyata zat inulin bagus buat kesehatan tubuh ya.

    Makasih udah berbagi resep, mak.
    Saya juga sering jadiin Chil*Go ini sebagai bekal buat anak. Soalnya praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang si kecil masih berangkat ke sekolahkah?

      Hapus
  4. Cemilan menyehatkan buat anak2 nih, kreasi yang asik dan tidak membosankan untuk minum susu karena diolah menjadi cemilan yang menggoda.
    Huaa, aku baru ngeh kalo Inulin penting banget nih, teruutama buat kesehatan pencernaan.

    BalasHapus
  5. inulin penying untuk kesehatan pencernaan ya ... resepnya enak2 nih Mbak

    BalasHapus
  6. Serat inulin penting untuk tumbuh kembang anak ya, bisa didapatkan dari berbagai bahan pangan termasuk susu Chill Go..

    BalasHapus
  7. Aku jadi kepnegn bikin pisgor dengan susu buat takjil buka puasa hehe
    Anak2 suka ya diajak memasak bareng gtu, buat hibiran dan kegiatan jg selama di rumah aja ya mbak?
    Btw di rumah kami jg konsumsi morinaga chilgo lho :D

    BalasHapus
  8. Bener yaah..
    Kalau mengolahnya benar dan bahannya disukai anak-anak, alhamdulillah...nutrisi anak terpenuhi.
    Berinovasi bersama Morinaga Child Go. Menyenangkan...

    BalasHapus
  9. Inulin, ternyata banyak mengandung manfaat yg dibutuhkan oleh tubuh ya Mbak. Apalagi anak2 yg sedang dalam masa pertumbuhan, pasti butuh untuk membantu tumbuh kembang nya.

    Cuss lah stok Morinaga Chil Go yg emang praktis dan menunjang pertumbuhan si kecil.

    BalasHapus
  10. Makan pisang gorengnya bikin pengeeeen! Pasti dikasih campuran morinaga chil go jadi tambah endeeeus....

    BalasHapus
  11. Baru Tau ini Ada kandungan Inulin yg bisa menjaga keseimbangan antara bakteri jahat dan baik di dalam usus dan dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik,,, semoga selalu sehat2 ya dn Kita sbg ortu bisa memberikan yg terbaik buat Anak2 y

    BalasHapus
  12. Anak-anak saya juga sukanya pisang goreng aja mbak, soalnya saya memang nggak pernah mengolah selain pisang goreng. Hihi... bisanya cuma di goreng aja, nggak bisa bikin makanan lain.

    Bisa juga nih dicoba resep pisang inulinnya, tetep pisang goreng, tapi ada tambahan saus berbahan susu

    BalasHapus
  13. Itulah mengapa saya senang dengan ChilGo dan akan saya kenalkan dengan anak kedua saya
    Sebab anak pertama sudah coba dan beberapa kali minta puding dari susunya ChilGo

    BalasHapus
  14. wah enak banget nih resep pisang inulin.. ijin nyontek resepnya ya maaaak, kayanya anak anak bakal suka nih.. hehe. Makasi sharingnya maaaak

    BalasHapus
  15. Saya galfok sama wajah kakak Bilqis menikmati masakannya, Mba.. hahaha.. jadi mupeng banget deh. Ini resep sederhana tapi sehat dan anak-anak suka ya, Mba. Lagipula saya ga perlu kurangi takaran gula kalau pakai susu Chil*Go! karena susu chilgo ga terlalu manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iya. Itu udah yang paling manis. Sepanjang makan susah kontrol wajah dia saking enaknya

      Hapus
  16. Bisa nih dipraktekin untuk menu buka puasa. Kebetulan krucils juga suka banget sama chil go

    BalasHapus
  17. Ini ya bener enak kayaknyaa aku biasanya goreng biasa aja. tapi sausnya menggoda bisa buat menu buka puasa anak-anak yang pasti anak-anak suka dan bergizi yaa

    BalasHapus
  18. Waah alternatif olahan pisang nih. Aku biasanya cuma goreng atau bakar xixixi. Ga kreatipp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting mencukupi kebutuhan gizi, sih ya hehehe..

      Hapus
  19. Wow menarik nih. Aku bookmark dulu ah, kayaknya anakku juga bakal suka soalnya ada pisang dan susu favoritnya

    BalasHapus
  20. Wih makan pisang enak plus menyehatkan, ya. Bisa jadi ide buat bunda yg mulai bingung mau bikin cemilan apa. Hehee

    BalasHapus
  21. Samaan nih kita. Bikin makanan buat anak pakai Morinaga Chil go. Ternyata rasanya enak yah. Anakku juga ketagihan susunya.

    BalasHapus
  22. ya ampuunn, baca ini langsung ke dapur goreng pisang lho saya, nyam nyam, makasih inspirasi resepnya ya mba..pisang goreng sehat dengan morinaga chil go ya

    BalasHapus
  23. ekspresinya Kak Bilqis tuh ... enak banget yaa hasil masakan pisang inulin. Dari baca resepnya sih kayaknya gampang. Bahannya juga mudah didapat.
    btw, aku belum pernah cobain Morinaga yang melon. Anakku suka yang vanilla, nih. Cari dulu ah ...

    BalasHapus
  24. pisang gorengnya jadi istimewa karena saus dg susu Morinaga ini ya..mantaaab deh.. Ikutan catat resepnya ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada campuran susu juga di pisang gorengnya

      Hapus
  25. Alhamdulilkah.
    Jadi bisa apdet pengetahuan tentang Inulin. Ternyata banyak manfaat dan sangat penting di asupan kecukupan gizi anak-anak ya

    BalasHapus
  26. Inulin juga dibutuhkan oleh orang dewasa, Mbak? Anakku kan udah masuk usia dewasa, tapi aku pengen kreasi cemilan dengan bahan chill go.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibutuhkan semua manusia, kak. Hehehe...

      Hapus
  27. Bocilku jg suka banget nih sama susu chil go...agak sedikit mahal tp lbh sehat ya mbak ada kandungan inulinnya...

    BalasHapus
  28. Senang juga ya kak Bilqis diajak langsung bikin pisang goreng kaya Inulin ini. Hmm...sedapnya pisang goreng dengan saus susunya. Apalagi ditambah taburan kacang badam, makin lengkap kandungan Inulin di dalam penganan ini.

    BalasHapus
  29. Wah bisa nih dicontek buat mrnu takjil besok. Pas di rumah ada pisang udh mateng tinggal nyari chil go nya. Selama ni keimala minum chilgo gtu aja udah doyan apalagi di bikin kreasi gini. Makasih idenya kakak

    BalasHapus
  30. wah inulin ya, makasih infonya, mantap resepnya

    BalasHapus
  31. Inulin ini banyak sekali manfaatnya ya Mbak untuk pencernaan dan banyak didapatkan di bawang hingga cokelat hitam, syukurlah Chill Go juga banyak mengandung inulin yang anak butuhkan

    BalasHapus
  32. Ini berarti pisang goreng ala-ala yang diberi saus, ehm, dicocol enak nih ya, banyak manfaatnya pula. Bisa nih kalau ntar buat untuk menu buka puasa.

    BalasHapus
  33. Makasih resepnya, Mbak. Kelihatannya yummy dan so pasti sehat tuh. Pengen nyobain buat anak wedok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cucok nih mba utk dek Pelangi, pasti bakalan suka banget tuh pisgornya ada toping yg manis gurih gini.

      Hapus
  34. Tumbuh kembang anak itu memang tanggungjawab orangtua ya Mba, Aku juga belajar banyak ini Mbak, chill go mendukung banget ya hepi deh ya bunda jadinya.

    BalasHapus
  35. Penasaran pisang inulin tuh apaan, ternyata karena dia mengandung serat pangan inulin yang didapat dari susu cair Chill Go ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Juga ada bahan sumber inulin lain seperti pisang, kacang, dan cokelat hitam

      Hapus
  36. Baru tahu manfaat pisang inulin ini. Apa lagi kalo bagus untuk diabetes. Resep ini juga isa aku coba di rumah 😍

    BalasHapus
  37. Ya ampun ngiler banget ini mah. Duh buru2 beli susu Chill Go ah, mau nyobain resep mbak buat buka puasa besok. Sehat, bisa buat diet, dan bikinnya simpel

    BalasHapus
  38. Morinaga Chil*Go! ini juga kesukaan anakku. Rasanya gak enek.
    Kreatif ya Mbak Farida goreng pisangnya pakai susu, pasti gurihnya lebih terasa daripada cuma pakai air biasa. Mantul..

    BalasHapus
  39. Wah ini susu favorit anak-anakku nih, rasanya enak dan banyak varian tapi aku baru tau kalo bisa di campur dengan masakan, mau coba ah

    BalasHapus
  40. Manfaat Inulin salah satunya Menyehatkan perncernaan, kalau Morinaga Chil*Go! Bisa dikreasikan dengan Pisang Inulin. Tiap buka puasa ponaan dan aku ngemil ini dong, hmm pelajari resepnya ah ☺️

    BalasHapus
  41. Susu kesukaan anakku waktu kecil. Resepnya menggoda untuk ditiru

    BalasHapus
  42. Pas banget nih aku punya stok pisang banyak di rumah sampe bingung mau diapain. ternyata buat sausnya gak sulit ya. besok mau praktek aahh.. thank you mbaa

    BalasHapus
  43. Ooooo... Ini tho resep pisang inulin. Seru banget ya memasak bersama si kecil

    BalasHapus
  44. Resepnya sangat pas nih untuk makanan pembuka saat puasa anak2 juga sangat suka minum susu Chil go dan olahannya pasti pada gk sabar mau cobain

    BalasHapus
  45. Saya penyuka bawang goreng, berarti udah banyak makan inulin ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makan bawang gorengnya 1 ons sehari, insyaallah cukup, Bang. Hehehe..

      Hapus
  46. Meski baru dengar namanya, Bisa dikreasikan juga ya pisang Inulin ini, untuk bantu jaga kesehatan kita

    BalasHapus
  47. oooh tydaack.. siang-siang baca resep pisang inuln berasa pengen langsung nyomot aja nih.. orang puasa sealu gini cobaannya,, hha.. kapan-kapan aku coba nih mba, bagus untuk takjil atau cemilan anak-anak. Apalagi pakai chil*go favoritnya anakku

    BalasHapus
  48. Pisang favorit ini, selain pisang ambon.
    Buah yang tiap hari selalu ada di meja makan ya pisang.
    Pisang inulin ini ku rasa, dibikin apa pun mesti enak.

    BalasHapus
  49. Baru denger aku istilah inulin kak, pantes aja kalau tiap makan pisang ngerasa creamy gitu, ternyata inulin itu sebangsa serat ya. Sangat informatif, mlayan nih resepnya bisa aku coba di rumah 😀

    BalasHapus
  50. Wah, jadi penasaran Mbaa. Kayaknya mudah ya? Secara kita di rumah penggemar pisang juga nih. Jadi ada alternatif resep olahan pisang nih.

    BalasHapus
  51. Baru tahu saya kalau ada inulin yg bagus utk tubuh dan trnyata ada di umbi umbian seperti bawang ya mbak

    BalasHapus
  52. Olahan pisang yang berkelas hehe... Pasti enak rasanya apalagi sajiannya juga menarik. 👍🏻

    BalasHapus
  53. Resepnya mudah dipraktikkan nih, anakku juga suka dengan susu child go. Pakai pisang tanduk juga bisa berarti ya, yang penting jenis pisang untuk digoreng.

    BalasHapus
  54. keren nih terobosannya Morinaga Chil*Go!

    karena tau banget anak-anak harus dibujuk makan makanan sehat ya?

    sehingga selain diminum Morinaga Chil*Go! juga bisa menjadi aneka kreasi makanan

    BalasHapus
  55. Ini nih resep sehat tapi gampang bikinnya. Wajib dicoba. Terimakasih inspirasinya mbak.

    BalasHapus
  56. Aku baru tahu kak soal inulin. Resepnya cukup praktis ya utk dico a sendiri

    BalasHapus
  57. Bisa jadi cemilan sehat anak-anak ya Mbak ini, udah lengkap banget deh, ada susu, juga pisangnya, pasti anak-anak juga suka kalau proses buatnya melibatkan mereka.

    BalasHapus
  58. wah kreatif banget mbak resepnya. jadi pengen nyobain nih resep pisang gorengnya

    BalasHapus
  59. Waah tengkyuu mbaa resepnyaa. Bisa dicoba nih pas puasaan gini, anakku jadi ngga doyan makan karena ngga ada makan bareng kayak hari2 lainnya kecuali pas malem

    BalasHapus
  60. Anak-anak pasti suka ya mba dengan resep ini. Aku nggak suka pisang, hiks tapi nanti mau ajarin anaku doyans segala jenis buah. Chilgo bisa dibuat macem-macem campuran makanan dan olahan ya

    BalasHapus
  61. Ternyata inulin kaya manfaat ya mbak. Baru tahu kl bawang merah tinggi kandungan inulinnya. Aku mau coba resepnya, tampaknya mudah dan enak buat menu buka puasa.

    BalasHapus
  62. Kreatif Mbak kreasi menu-menu makanan anak dari susu ini, jadi kebutuhan akan serat inulin tetap terpenuhi.

    BalasHapus
  63. Baru tau ttg inulin nih pas baca ini. Resepnya patut dicoba nih, bisa ya pake susu Morinaga ��

    BalasHapus
  64. pisang goreng ini camilan favorit anak-anakku mbak
    wah mau recook resep ini ah, pakai susu cair anak pasti bikin pisang gorengnya makin enak dan sehat

    BalasHapus
  65. Seru nih bikin pisang goreng, apalagi pake krim saus juga kayaknya enak nih. Aku mau cobain soalnya bikinnya praktis juga

    BalasHapus

Posting Komentar