header permata pengalamanku

Mengajarkan Cuci Tangan Sejak Dini Bersama Hoala dan Koala

18 komentar
Hoala Koala
Kedua putri terakhirku yang masih balita senang sekali mendengarkan lagu. Tentu ini menjadi cara belajar yang mereka sukai untuk mengetahui berbagai hal di dunia. Syukurlah, pada akhir tahun 2020, hadir karakter musikal yang bernama Hoala & Koala yang bisa diakses melalui akun Youtubenya. 
Karakter-karakter di sini divisualisasikan dengan animasi 3D. Sebuah pilihan cerdas karena biasanya karakter animasi bisa diterima sebagai sosok yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak. Tidak ada kekhawatiran mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 
Karakter yang ada, antara lain: Hoala sebagai karakter utama. Dia adalah anak perempuan manis yang tentu sangat mewakili kedua putri kecilku. Tidak heran jika mereka mudah merasa akrab dengannya. Kemudian ada Koala, sahabat Hoala yang super imut. Selain itu, juga ada Ayah dan Ibu, orang tua Hoala.
Sebagai tokoh pendamping, ada Miss Jeruk, Rubin si Rubah, Lincul si Ular, Burhan si Burung Hantu, Bu Aya si Buaya, Serigili si Serigala, Om Ping si harimau, dan Om Bre si Singa. Seluruh karakter pandai bernyanyi dalam mengungkapkan pesan buat pendengarnya.
Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, bukan hanya anak-anak yang betah mendengarkan, melainkan juga para orang tua yang mendampingi mereka belajar. Saat ini, Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify, hingga iTunes.
Lagu anak-anak CFD Hoala Koala

Tahu sendiri, dong, saat ini perkembangan dunia musik anak di Indonesia masih terasa lesu, ya. Kebanyakan enggak mendapat perlakuan istimewa. Hoala & Koala tampil beda dalam hal ini. Penggarapan seluruh musiknya dikerjakan dengan serius dan matang. 

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala. Bahkan, ada alat-alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai di sini, seperti: saksofon, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Seru banget, ya?

Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak. Keunikan lainnya adalah pemilihan genre. Di samping pop anak, Hoala & Koala juga mengangkat variasi genre lainnya, seperti: jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Pokoknya, Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak itu sederhana dan cukup apa adanya. Dengan demikian, kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.

Mengajarkan Cuci Tangan Sejak Dini
Seperti Lagu anak-anak CFD Hoala Koala yang mengajarkan cuci tangan sejak dini ini, misalnya. Namanya anak-anak, pasti suka sekali bermain air. Jadi, sekalian aja aku tambahkan dengan membiasakan mereka mencuci tangan. Tentu aja hal ini langsung mereka sambut dengan gembira.
Apa lagi, mengajarkan cuci tangan sejak dini ini berlangsung salah satunya menggunakan Lagu anak-anak CFD Hoala Koala. Lagu anak-anak ini bertujuan untuk mendidik anak Indonesia rajin mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Isi lagunya memberi tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan, antara lain: sebelum makan, setelah bepergian, dan sebelum tidur. Juga, mengingatkan agar mencuci tangan menggunakan sabun serta melakukan enam langkah cuci tangan yang disarankan.

Lagunya yang berima dan mudah dihapal. Musiknya juga ringan untuk anak-anak. Bait yang pendek dinyanyikan berulang-ulang. Durasinya pendek, hanya sekitar 2-3 menit. Jadi, enggak membosankan untuk didengar. Animasinya cerah dan ceritanya pun sangat akrab dengan keseharian anak. Simak deh, videonya di sini:

Bagaimana? Sangat menyenangkan, ya? Sudah pernah mampir ke akun Youtube Hoala & Koala, belum?

Related Posts

18 komentar

  1. enak lagunya, gambarnya juga udah semakin bagus ya.. jangankan anak anak ini yang suka, saya nonton youtubenya aja senang dengar musiknya bikin semangat..

    BalasHapus
  2. Lagunya asyik banget. Ceria, khas dunia anak
    Memang paling pas menanamkan pelajaran budi pekerti dan perilaku yang baik lewat lagu begini. Buat anak, tak terasa seperti belajar tapi sebenarnya mereka dapat pelajaran. Mudah diingat pesan moralnya

    BalasHapus
  3. baru ya kak. saya baru liat nih. boleh banget nih nanti jadi salah satu tontonan anak-anak dari pada salah perkenalan lagu apalagi anak-anak daya ingatnya cepet banget nangkapnya

    BalasHapus
  4. Easy listening ya musiknya, liriknya sederhana, karakternya juga lucu. Ternyata udah banyak nih judul lagu di channel hoala dan koala, bisa jadi rekomendasi lagu anak2 hasil karya anak bangsa

    BalasHapus
  5. Semoga channel Hoala dan Koala menjadi pilihan anak-anak Indonesia yang minim lagi anak ini, ya, Kak.

    BalasHapus
  6. Beberapa hari lalu aku sudah sempat mendengarkan lagunya hoala dan koala. Emang seru banget sih. Anak-anak pasti suka. Orang dewasa kayak aku aja seneng kok. Hehehe

    BalasHapus
  7. Menonton hoala dan koala ini bisa mengajarkan anak kebiasaan baik dengan cara yang menyenangkan, ya. Anak-anak bisa belajar tanpa merasa digurui.

    BalasHapus
  8. dengan tontonan yang menarik begini anak anak jadi merasa nyaman belajar karena bisa sekalian juga dipraktekin dong ya

    BalasHapus
  9. Ngecek Youtube ah lihat channel Hoala dan Koala.

    Belajar lewat lagu emang ampuh, anak jadi cepat 'ngeh' dan mempraktekannya, termasuk cuci tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiknya ya belajar dirumah dengan koala Hoala hehehe

      Hapus
  10. MasyaAllah yaa, anakku jg happy banget sejak kenal sama hoala koala ini mbaa. ibunya ikut senang karena punya referensi lagu anak2 lainn

    BalasHapus
  11. Setuju nih, kehadiran Hoala dan Koala saat ini jadi istimewa banget, bisa mengajarkan anak kebiasaan-kebiasaan baik sejak dini apalagi jika anak emang udah tertarik dengan musik, jadi makin mudah nih belajarnya ;)

    BalasHapus
  12. menarik ini yaa kayaknya tayangannya. aku jadi kepengin nonton juga sama anak2ku, kebetulan belum pernah ngajakin mereka nonton hoala koala

    BalasHapus
  13. Anak-anak jadi bisa cari referensi lagu dan tayangan yang memang sesuai usia mereka ya lewat Hoala Koala

    BalasHapus
  14. Nama karakternya lucu-lucu yaa, mudah diingat sama anak-anak. Belajar dengan media seperti ini memang cocok sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  15. Wah aku baru tau nih ada channel youtube Hoala dan Koala. I will definitely check it out with my kids!

    BalasHapus
  16. Seneng banget deh kalau ada konten dan lagu khusus para bocah ini. Daripada mereka salah denger musik orang dewasa yah, Hoala & Koala ini kayak jadi solusi edukatif yang tepat

    BalasHapus
  17. Suka sama tayangan hoala koala, kartunny lucu dan edukasinya dapet nih buat anak anak

    BalasHapus

Posting Komentar