header permata pengalamanku

10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

18 komentar

Sumber daya alam
Ilustrasi sumber daya alam yang dapat diperbaharui (photo/pixabay/almatel)

Sumber daya alam merupakan sumber yang dapat dimanfaatkan yang bersumber dari alam karena memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan selain itu sumber daya alam dibagi menjadi dua sumber yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Akan tetapi, kali ini kita akan membahas mengenai sumbar alam yang dapat diperbarui.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya dari alam yang persediaannya banyak dan tidak akan pernah habis meski terus-menerus digunakan. Sumber daya alam ini memiliki kuantitas yang sangat melimpah dan tidak terbatas, sehingga dapat dinikmati dari generasi ke generasi. Untuk memenuhi kebutuhan manusia, sumber daya alam yang bisa diperbaharui ini dapat diolah dan digunakan kembali secara alami maupun dengan bantuan makhluk hidup.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Berikut ini Indozone memberikan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui  secara alami maupun dengan bantuan campur tangan manusia. 

1. Matahari

matahari

Ilustrasi matahari (photo/pixabay/jplenio)

Matahari memancarkan panas dan cahaya ke bumi yang tidak akan pernah habis, sehingga sumber daya alam ini dikategorikan dapat diperbaharui dan dapat dipakai terus-menerus. Sebagai pusat tata surya, matahari memiliki manfaat sebagai sumber penerangan alam semesta, mengatur siklus air di Bumi, pembangkit listrik tenaga surya, dan sumber vitamin D untuk tubuh.

2. Udara

Ilustrasi udara (photo/pixabay/fietzfotos)

Udara adalah campuran dari berbagai gas tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang di atas bumi. Sumber daya alam ini sangat melimpah karena dapat diperbaharui dengan sendirinya lewat siklus. Selain bermanfaat sebagai sumber pernapasan, udara juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga angin dan energi alternatif irigasi sawah. Udara atau angin pun dianggap murah dan ramah lingkungan.

3. Air

Air adalah sumber daya alam yang tidak terhingga jumlahnya dan tidak akan punah. Sama halnya dengan udara, air memperbaharui diri melalui proses siklus atau daur ulang. Air berasal dari laut, danau, sungai, dan sumur yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari mulai dari minum, mandi, mencuci, irigasi, transportasi, hingga pembangkit listrik.

4. Tanah

Tanah termasuk dalam golongan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Hal ini karena tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan anorganik dan bahan organik. Sehingga, tanah dapat berkembang dengan sendirinya yang membuat kuantitasnya tidak terhingga. Tak heran jika tanah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pembangunan, pertanian dan perkebunan.

5. Tumbuhan 

Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang bisa berkembang biak, sehingga dapat diperbaharui baik oleh usaha sendiri maupun dengan bantuan manusia. Contoh tumbuhan yang mampu berkembang biak dengan caranya sendiri yaitu pisang, sedangkan tumbuhan yang memerlukan bantuan manusia untuk berkembang biak adalah jeruk, jambu dan mangga.  

6. Hewan 

Serupa dengan tumbuhan, hewan juga bisa berkembang biak atau bereproduksi dengan sendirinya, maka dari itu disebut sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Meski mampu menghasilkan keturunan, hewan terancam punah jika tidak dilestarikan atau pemanfaatannya tidak terkendali dan tidak bertanggung jawab.

7. Nuklir

Nuklir adalah energi buatan yang berasal dari proses pemecahan atom. Meski melalui proses pembuatan, namun nuklir pada dasarnya bersumber dari alam sehingga dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga tidak ada habisnya selama manusia masih memanfaatkannya. Apabila tidak dibutuhkan lagi, keberadaan nuklir bisa saja tidak dapat dijumpai kembali. 

8. Geotermal

Geotermal menjadi salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui karena sumber panasnya berasal dari perut bumi. Geotermal dapat diolah untuk menghasilkan energi pembangkit listrik. Geotermal juga lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi atau emisi gas rumah kaca. Hanya saja, geotermal masih jarang digunakan.

9. Biomassa

Sumber daya alam yang dapat diperbarui juga dapat ditemukan dalam biomassa, yaitu sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati namun masih bisa dimanfaatkan. Misalnya, serbuk kayu yang bisa diolah menjadi bahan dasar pembuatan mebel, kotoran hewan yang diubah menjadi bahan dasar pupuk organik, dan kulit atau bulu hewan yang digunakan untuk pembuatan tas, sepatu, dan pakaian.

10. Mutiara

Indozone- Mutiara merupakan permata yang terbentuk secara alami di dalam jaringan lunak pada kerang. Sumber daya alam ini dapat diperbarui dengan cepat bila melakukan budidaya kerang. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mutiara sering dipakai sebagai perhiasan. Bahkan mutiara yang telah hancur masih bisa dimanfaatkan untuk bahan kosmetik atau obat-obatan.

Itulah penjelasan dan contoh mengenai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Semoga bermanfaat, ya Gaes!


Related Posts

18 komentar

  1. Baca artikel super keren ini, serasa kayak lagi belajar IPA. Dan baru tau juga kalo atom termasuk salah satu sumber daya alam yang bisa diperbarui.

    BalasHapus
  2. Dibelakang rumah orangtua di area perbukitan, juga sudah beroperasi PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) yang menurut saya sangat ramah lingkungan, cuma kekurangannya sih, area yang dibutuhkan sangat luas serta tenaga listrik yang dihasilkan juga sifatnya musiman. Sama halnya dengan PLTA, juga harus mengatur debit airnya, agar hasilnya terus kontinyu sepanjang tahun.
    Semoga ke depannya, para saintis dan engineer Indonesia mampu membuat inovasi terbaru dibidang energi, sehingga konsumsi SDA yang tidak dapat diperbaharui semakin sedikit yaa Kak, sehingga lingkungan bisa lebih terjaga.

    BalasHapus
  3. Jadi tahu tentang contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui mbak, berasa mengulang kembali mata pelajaran IPA. Satu hal yang baru saya ingat adalah geotermal, meski masuk sumber daya alam yang bisa diperbarui tapi memang penggunaannya masih langka ya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anak2 terutama dalam penguasaan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  4. Ada banyak sumber daya alam yang di sekitar kita yang dapat di perbaharui ya, semuanya juga bermanfaat dan penting untuk kelangsungan hidup kita. Tapi kalau nuklir, aku sih masih ngeri ngeri gitu ngebayangin efek samping negatifnya dibanding positifnya.

    BalasHapus
  5. Jadi seperti belajar IPA waktu SMU sih ini, banyak SDA yg diperbaharui

    BalasHapus
  6. Dulu waktu SD cuma tau SDA yang diperbaharui itu misalnya air, matahari, angin, hewan, tumbuhan, pokoknya yang ga habis-habis gitu kan ya
    Sekarang jadi nambah deh, ada geotermal, bahkan nuklir pun masuk

    BalasHapus
  7. sekarang udah banyak nih kak ada pengembangan energi solar. walaupun masih mahal ya, tapi transisi ini berjalan terus demi menjaga lingkungan kita juga biar gak terus bergantung pada non renewable resources

    BalasHapus
  8. Aku berasa kembali belajar IPA. Belajar materi sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Dulu suka banget. Karena gurunya ngajak belajar di luar ruangan.. Hehehe

    BalasHapus
  9. Baca ini langsung teringat pelajaran pas IPA dulu. Apalagi negara kita yang memang kaya akan sumber daya alam dan itu harus kita jaga dan lestarikan dong pastinya.

    BalasHapus
  10. bumi kita memang sangat kaya akan sumber daya alam yaa asal kita pandai memanfaatkan dan mengelolanya tanpa berlebihan atau mengeksploitasi

    BalasHapus
  11. Kayak lagi cari tugas buat pelajaran sains deh hahahaha. Kadang hal-hal sederhana gini ingetin kita kalau Bumi makin tua dan kudu mulai berpaling dari energi fosil

    BalasHapus
  12. Ini materinya bisa buat bahan belajar anak-anakku nih. Ternyata banyak juga ya sumber daya alam yang bisa diperbarui.

    BalasHapus
  13. wah mantap tulisannya mbak. Jadi ingat lagi materi tentang sumber daya alam nih
    ada SDA yg bisa dieperbarui, da SDA yg tidak bisa dioerbaruhi

    BalasHapus
  14. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui ini materi pelajaran anakku kelas 5 SD, kak Farida,
    Haturnuhun. Suka banget sama penjelasannya, bisa dijadikan mindmap agar anak-anak mudah memahami konsep SDA yang bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui.

    BalasHapus
  15. Ini pelajaran kelas 4 atau kelas 5 SD ya, tentang Sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui. Tak kira udara tuh dulu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui

    BalasHapus
  16. wah bumi kita menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa memang ya, semuanya tersedia dan tinggal bagaimana kita mengelolanya dengan baik untuk kebermanfaat bagi manusia dan lainnya

    BalasHapus
  17. Banyak juga ya SDA yang bisa diperbaharui. Tapi bisa juga tercemar kan ya. Kayak udara, air, tumbuhan bisa tercemar kalo manusia asal ga melestarikannya

    BalasHapus
  18. Maa syaa Allaah sekali ya Allah ciptakan bumi ini dengan SDA yang melimpah dan dapat diperbaharui seperti matahari, angin, air dan lain sebagainya. Seperti yang udah dijelaskan di atas.

    BalasHapus

Posting Komentar