header permata pengalamanku

7 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Rambut

21 komentar

vitamin penumbuh rambut
Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Rambut yang sehat dan berkilau pastinya menambah percaya diri seseorang sehingga perlu dirawat dan dijaga dengan baik. Rambut yang patah dan rontok seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Kesehatan rambut ini juga dipengaruhi oleh kondisi kulit kepala. 
Anda bisa merawat kulit kepala dan rambut anda dengan memenuhi gizi rambut, seperti vitamin-vitamin yang baik untuk kesehatan rambut. Anda bisa mengonsumsi bahan makanan yang mengandung jenis vitamin yang baik untuk rambut anda. Artikel kali ini akan membahas mengenai vitamin yang baik untuk kesehatan rambut anda.

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk melembabkan kulit kepala anda sehingga anda terhindar dari kulit kepala yang kering dan rontok. Vitamin ini juga membantu membentuk kelenjar kulit kepala untuk menghasilkan minyak (sebum) yang bisa merawat batang rambut anda. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kerontokan rambut anda sehingga anda harus terus merawat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.
Makanan yang bisa anda konsumsi sebagai sumber vitamin A adalah wortel, ubi jalar, kangkung, bayam, dan labu. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari makanan-makanan hewani seperti susu, yogurt, telur, dan minyak hati ikan kod.

Vitamin B7

Vitamin yang disebut juga dengan biotin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut anda. Anda bisa menumbuhkan rambut dengan lebih cepat dan mengurangi kerontokan. Banyak orang sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi vitamin ini bisa meningkatkan kesehatan rambut dan kulit, bahkan kuku penggunanya. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari beberapa makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon, ubi jalar, kuning telur, dan hati sapi. 

Vitamin B3

Vitamin B berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan kulit dan rambut anda. Vitamin B3 yang sangat baik untk menjaga kekuatan dan pertumbuhan rambut. Anda bisa mendapatkan salah satu vitamin penumbuh rambut ini dengan mengkonsumsi ayam, daging sapi, kacang-kacangan, ikan, roti, dan sereal.

Vitamin C

Untuk mendapatkan rambut dan kulit yang sehat, anda membutuhkan asupan kolagen yang cukup. Oleh karena itu, anda membutuhkan vitamin C yang cukup agar anda bisa mendapatkan kulit kepala yang sehat. Vitamin C juga memiliki peran yang sangat penting sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit kepala anda agar terhindar dari radikal bebas dan membantu rambut bisa tumbuh dengan baik. Radikal bebas mampu menghambat pertumbuhan rambut anda dan menyebabkan rambut menjadi rusak sehingga harus dihalau dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup.
Anda bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai makanan seperti paprika, stroberi, buah jeruk, lemon, dan jambu biji yang bisa anda dapatkan dengan mudah dari pasar atau supermarket terdekat. Produk suplementasi juga bisa dikonsumsi untuk pemenuhan vitamin C harian. Anda bisa menengok rekomendasi suplemen vitamin C pada artikel Pickybest.id yang mengulas khusus tentangnya.

Vitamin D

Vitamin D yang berperan menjaga kesehatan tulang dan kulit juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Vitamin D ini mampu mendukung folikel-folikel rambut dan akar rambut agar tumbuh dengan sehat dan subur. Untuk mendapatkan vitamin D, anda cukup berjemur di bawah sinar matahari serta memakan makanan yang mengandung provit-D seperti ikan lemak, salmon, jamur, dan minyak ikan kod.

Vitamin E

Vitamin ini berfungsi untuk membuat rambut anda tumbuh kuat dan subur. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga rambut dan kulit kepala anda tetap sehat dan berkilau. Dengan mengkonsumsi vitamin E, rambut anda juga bisa panjang dengan kurun waktu yang lebih cepat. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang almond, biji bunga matahari, alpukat, dan bayam agar rambut anda tetap tumbuh dengan baik.

Itulah 7 vitamin yang bisa anda konsumsi untuk memperkuat batang rambut dan kulit kepala anda. Jika rambut anda terawat, maka penampilan anda akan semakin baik dan anda akan semakin percaya diri.

Related Posts

21 komentar

  1. Nah ini yang saya cari secara rambut saya rontok deh ,,untung langsung baca artikel ini tak beli segera hehehe

    BalasHapus
  2. Pengetahuan baru nih untukku.Rambutku jarang rontok, bahkan 8 bulan yang lalu aku botakin (karena rusak) botak abis. Sekarang sudah tumbuh subur dan lebat.Ternyata ada hubungannya dengan kesukaanku makan alpukat dan kacang-kacangan ya. Mengandung vit B7

    BalasHapus
  3. setuju banget

    sejak berjilbab rambut saya rontok,

    udah berbagai treatment dicoba, tetap rontok

    akhirnya saya mengonsumsi banyak sayur dan kacang (sekaligus FC), alhamdulilah rontok rambut berkurang

    BalasHapus
  4. Alhamdullilah sih mporatne tidak ada pantangan makan apapun. Doyan makan soalnya sehingga 7 vitamin yang dibutuhkan rambut terpenuhi.

    BalasHapus
  5. Duh rambut rontok ini jadi masalah saya banget.
    Bermacam-macam shampo dicobain, awalnya sih ngaruh, tapi lama-lama rontok lagi.
    Kayaknya memang kudu perhatikan asupan makanan ya, biar rontoknya berkurang.
    Selama ramadan ini pola makan kacau, rontok makin parah

    BalasHapus
  6. Aduhhh, sebagai hijaber, aku tuh sering banget mengalami masalah rambut rontok

    baeklaahh daku mau coba aneka vitamin nya.
    makasi ya

    BalasHapus
  7. Apalah aku cowok yang gak pernah lihat komposisi sahampoo apaan. Cuma lihat nama shampoo sama tulisan anti ketombe udah cukup 😆

    BalasHapus
  8. Rambut rontok juga sedang menjadi permasalahanku ini.
    Harus memenuhi nutrisi dan vitamin pertumbuhan rambut juga nih, dari asupan makanan dan juga produk perawatan rambut.

    BalasHapus
  9. Vitamin sebagai nutrisi penting untuk tubuh kita memang tidak boleh terlewatkan. Alhamdulillah ya Tuhan sudah menyediakan semua vitamin itu dalam makanan yang bisa kita konsumsi.

    BalasHapus
  10. Rambut pun harus tetap terjaga pastinya ya, banyak banget vitamin yang bisa dimanfaatkan utk rambut nih. Saya paling sebel saat rambut rontok, menariknya sudah temukan beragam vitamin berkhasiat ini.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak juga ya vitamin yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Bahkan vitamin C dan E yang sebelum saya tahu lebih cenderung ke perawatan kulit, ternyata juga menyimpan sumber-sumber vitamin bagi rambut.

    BalasHapus
  12. Yang rutin aku minum vitamin d3. Selain bisa mencegah rambut rontok juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  13. bagiku sekarang rambut udah mulai rontok, kadang mau dibilang faktor gen ya emang, konsumsi multivitamin emang jadi salah satu faktor sebagian kecil yang membantu ya.

    BalasHapus
  14. Baru tahu kandungan di dalam shampoo berpengaruh ke kesehatan rambut. Selama ini selalu percaya sama klaim sampo dan ternyata sering nggak cocok. Lain kali bisa dilihat lagi kandungannya deh

    BalasHapus
  15. Ragam vitamin penumbuh rambutnua alami, biasanya produk lain. Yuk pola hidup sehat.

    BalasHapus
  16. 2 vitamin B punya pengaruh kuat ya buat kesehatan rambut. Perlu diperhatikan sih ini

    BalasHapus
  17. Makasih banyak infonya kak, sejak beberapa bulan lalu rambutq rontok tiap hari, takutnya lama2 rambut makin tipis kan bikin nggak pede

    BalasHapus
  18. Setuju mbak, bukan hanya tubuh yang butuh vitamin akan tetapi rambut kita pun butuh treatment yang baik

    BalasHapus
  19. 7 vitamin di atas bisa dikatakan sebagai vitamin super yang dibutuhkan tubuh kita juga. Rambut sehat bersinar, badan juga selalu sehat jadinya

    BalasHapus
  20. Ternyata asupan vitamin juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut ya, selain penggunaan produk perawatan rambut

    BalasHapus
  21. Entah kenapa rambut saya suka rontok beberapa bulan terakhir ini. Faktor usia bukan sih ya kak ? Coba saya aplikasi 7 vitamin yang kak farida tulis ini agar rambut bisa tebal seperti dulu lagi

    BalasHapus

Posting Komentar