header permata pengalamanku

Cara Membuat Website Agar Menarik

17 komentar
cara membuat website
Bikin website di masa sekarang tuh, gampang banget, ya. Ada yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih aja. Kalau mau bikin sendiri, kita bisa intip cara membuat website di beberapa artikel seperti yang disediakan ansoriweb.com.

Yang lebih menantang saat ini adalah bagaimana bikin situs kita jadi menarik. Menarik bukan hanya dari penampilannya, ya. Namun, juga agar para pengunjung merasa nyaman dan terbantu dengan situs kita ini. Nah, apa aja yang perlu diperhatikan saat mempelajari cara membuat website agar tujuan ini tercapai?

Tata Letak

Hal pertama yang dilihat dari situs kita adalah tata letaknya. Hal ini menyangkut penataan bilah, penggunaan warna, simbol, jarak antarkomponen dan lain-lain yang sebaiknya disusun secara efektif agar pengunjung betah.

Desain

Pendekatan paling banyak digunakan dan sangat penting untuk situs adalah desain yang adaptif dan responsif. Situs kita harus berfungsi baik di berbagai perangkat seperti tablet, PC, telepon pintar, dan lain-lain.

Kecepatan

Kalau situs kita lambat membuka satu halaman, siap-siap deh, kehilangan calon pengunjung. Setidaknya, waktu memuat halaman situs kita ini antara 4 detik sampai 6 detik. Idealnya sih, maksimal 2 detik, ya.

Heading

Membuat heading yang memuat kata kunci itu bagus banget lo, buat bikin konten kita mudah dikenali mesin pencari. Selain itu, ini juga merupakan cara bagus agar pengunjung bisa langsung menemukan bagian konten yang sesuai dengan kebutuhannya.

Fon

Kebanyakan isi situs itu kan, tulisan. Makanya, kita harus memikirkan soal model huruf alias fon ini. Pilihlah yang unik agar pengunjung bisa tertarik dan enggak bosan. Kalau enggak merasa cocok sama yang unik-unik, utamakan yang mudah dibaca sehingga pengunjung enggak gampang lelah menelusuri isi situs kita.

Selain itu, usahakan agar fon yang dipakai mewakili karakter situsmu. Apakah santai, resmi, atau atraktif. Terus, jangan terlalu banyak menggunakan jenis fon, ya. Maksimal tiga deh, dalam satu halaman. 

Konten

Konten adalah raja. Pastikan konten berfokus pada hal-hal yang memang ingin dibaca pengunjung karena memuat sejumlah informasi penting dan solusi yang mereka cari. Terus, jaga konten kita agar tetap sederhana. Jangan bertele-tele dan terlalu panjang. Langsung kepada pokoknya dengan menggunakan rincian dan contoh akan sangat membantu.

Visual

Gunakan gambar, infografik, foto, atau video yang mewakili informasi yang ingin disampaikan karena “Pictures are worth a thousand words”.  Konten visual menjadi sangat populer belakangan ini karena menarik perhatian dan dapat menyampaikan banyak hal.

Navigasi

Jika pengunjung sudah nyaman di situs kita, mereka akan terdorong untuk mengeksplorasi lebih banyak dan dalam bagian-bagian lain. Untuk itu, kita perlu memastikan navigasi di situs kita lancar, sederhana, mudah, jelas, dan tepat.

Bisa jadi, konten pertama yang ditemukan pengunjung tidak cukup mewakili apa yang mereka cari. Jika kita bisa memandu menemukan apa yang benar-benar mereka butuhkan dalam situs kita, pengunjung akan merasa asyik, bahkan terus menjelajahi hal-hal yang sebenarnya di luar tujuan awal mereka.

Ajakan

Setiap halaman situs kita harus memiliki sebuah ajakan yang memberitahukan pengunjung apa yang perlu mereka lakukan setelah menikmati konten kita guna menikmatkan konversi. Apakah memberi komentar, menghubungi kita, melakukan suatu, atau bagaimana? Ajakan ini harus singkat, jelas, dan langsung agar mudah dipahami dan diikuti. 

Inspeksi

Lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik. Jangan sampai ada tautan yang rusak, gambar yang tidak bisa dibuka, atau tombol yang tak bekerja, Tindaklanjuti setiap respon dari pengunjung apakah itu berupa komentar, pertanyaan, saran, dan lain-lain.


Nah, yang mana aja nih, yang sudah kamu terapkan dalam situsmu?

Related Posts

17 komentar

  1. banyak banget sih komponen dalam membuat website, gak hanya itu buat kita dekorasi blog biar tampil caem aja pun banyak. aku sendiri masih coba berbenah biar lebih cakep blogku.

    BalasHapus
  2. Kalau makin menarik. Pasti makin terngiang-ngiang di kepala dan ngangein sehingga balik lagi buat baca

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih sukanya yang tampilannya light biar enteng dibuka dan gak bikin sakit mata 😅

    BalasHapus
  4. Buat daku fon pengaruh juga, soalnya kalau hurufnya gak menyenangkan gak nyaman bacanya

    BalasHapus
  5. Blogku masih banyak yang harus dibenahi.
    Fon yang digunakan sangat berpengaruh sih untuk betah membaca sebuah blog kalau sebagai pengunjung sih.

    BalasHapus
  6. Nah, pemilihan fon ini yang menurutku menbutuhkan waktu sedikit lebih lama kak. Selain model hurufnya banyak banget. Bagus-bagus pula. Jadi bingung sendiri mau menentukan yang mana

    BalasHapus
  7. Blog akuu kalau lihat punya teman-teman lain sih suka minder akunyaa kakk...

    Berbenah menuju yg lebih baik dan enak di baca

    BalasHapus
  8. Paling susah saya tuh kalo cari template maunya yanh ringan, enak dilihat termasuk font juga dari metaseo juga ga parah2 banget hehe..

    BalasHapus
  9. Membuat website agar tampil menarik juga harus didukung inpeksi rutin ya mbak.
    Cek performa dan kesehatan blog juga penting

    BalasHapus
  10. Setuju banget mbak. Visual yang menarik seperti foto, video, infografis yang bagus bisa membuat orang betah di website kita ya . Website kelihatan jadi menarik soalnya

    BalasHapus
  11. Dulu aku tahunya bikin website itu ya cuma perkara desain aja sih. Tapi sejak jadi blogger, jadi paham kalau dalam sebuah website ada banyak sekali faktor-faktor yang berkaitan dengan traffic dan search engine, kudu lebih banyak belajar nih

    BalasHapus
  12. Kalau sekarang buat menarik blog itu dengan hilangin error supaya performanya bagus. Apalagi kalau minim kesalahan sejak awal.

    BalasHapus
  13. Sambil baca artikel ini sambil koreksi blog sendiri sudah bagus belum yaa blog aku ini. Hemmm, kayaknya masih banyak yang perlu diupgrade nih.

    BalasHapus
  14. kalau aku biasanya kalau emang bisa diperbaiki sendiri ya aku handle sendiri mba. kalau ngga bisa baru deh aku serahkan ke webdesigner aja deh biar cepet hehe

    BalasHapus
  15. Membuat website ini fase-fase paling bikin semangat. Karena memilih berbagai macam pernak-perniknya agar apa yang kita tampilkan memang personal branding yang merepresentasikan sang pemilik blog.

    BalasHapus
  16. Urusan utak-atik web dan blog ini bener2 gak ada habisnya ya, Mbak. Dan bikin ketagihan plus keterusan. Saya kalau lagi ngoprek blog musti spare waktu banyak. Gak ambil job dengan deadline ketat dan kalau bisa pas bocil libur sekolah. Baru dah, cuss.

    BalasHapus
  17. dulu waktu ngeblog awal-awal, blogku sering aku gonta ganti template dan widget
    kadang aku kasih jam, aku kasih musik
    makin kesini, dibuat lebih simple aja

    BalasHapus

Posting Komentar