header permata pengalamanku

Ini Tiga Pantai Wisata Madura yang Jadi Destinasi Wisata Terdekatku

19 komentar

wisata Madura

Lega, ya. Sekarang pandemi sudah berganti menjadi endemi. Jadinya, yang suka jalan-jalan bisa lanjut lagi. Tentunya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dong. Soalnya, ini masih endemi, lo! Bukan kondisi bebas virus, ya.

Nah, selepas pandemi, pasti kalian punya sejumlah destinasi wisata impian yang ingin diwujudkan, dong? Ke mana, tuh? Kalau pilihanku, sih, ke wisata Madura. Kenapa? Alasannya sederhana aja, sebenarnya. Namun, cukup bikin gemas dan penasaran.

Berhubung aku ini besar di provinsi Jawa Timur, tetapi seumur-umur baru menginjakkan kaki di bumi Madura itu ya cuma sekali. Itu pun cuma di ujung Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Ya, di pinggir pulaunya doang! Enggak sampai masuk-masuk ke tengah. Saat itu ada kegiatan kampus di sana.

Makanya, jika memang masih ada kesempatan sih, pengin banget bisa menjelajah pulau garam ini. Apa lagi, kalau baca-baca tulisan para travel blogger tentang pulau ini, bikin makin antusias aja membayangkan eksotisme unik yang ditawarkan yang pastinya enggak bisa ditemukan di tempat lain.

Jadi, kalau memang bisa kesampaian menelusuri wisata Madura, nih, Memangnya aku bakal ke mana aja? Terus terang, yang paling menggiurkan buatku adalah pantainya. Ya, mau bagaimana lagi, namanya pulau garam ya identik dengan pantai.

Lalu, pantai mana aja di Madura ini yang aku ingin mengunjunginya? Berikut ini tiga di antaranya! Kalau ada destinasi wisata di Madura yang keren dan belum tercantum di sini, kamu boleh tambahkan usulan di kolom komentar, ya.

Slopeng

Ini gara-gara pelajaran IPS saat SD. Guruku pernah bilang bahwa Indonesia punya tiga lokasi dengan nama berakhiran "-peng" yang memiliki keindahan mendunia. Ketiga tempat itu adalah Slopeng di Madura, Kopeng di Jawa Tengah,  dan Soppeng di Sulawesi Selatan.

Doktrin di masa kecil itu begitu kuatnya hingga masih kuingat sampai sekarang. Ketiga daerah itu menjadi impianku untuk menuntaskan rasa penasaran, secantik apa sih, pemandangan alam di sana? Sesudah menikah dan beranak lima, aku baru bisa mendapatkan jawabannya tentang Kopeng.

Nah, berikutnya, boleh dong, daku ke Slopeng. Kabarnya, destinasi wisata Madura yang berada di tepi jalan jalur pantai utara Madura, tepatnya di kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep ini memiliki pantai yang mempunyai ciri khas berupa gumuk pasir di sepanjang pantai. Ketinggiannya bervariasi, mulai 2 meter sampai 10 meter. Gambaran bukit pasirnya seperti dalam foto di awal artikel ini. Bagaimana? Cukup menantang, ya? 

Gili Labak

destinasi wisata
Sebagai kabupaten dengan seratus lebih pulau di sekitarnya, Sumenep memang mempunyai berbagai keindahan alam yang istimewa. Berlompatan dan menyelam permukaan alias snorkeling di pulau-pulau kecil ini tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Maklum, aku ini kan, enggak bisa berenang. Jadi, beraninya ya snorkeling aja. Itu pun sampai sekarang belum pernah kesampaian sama sekali. Padahal, aku pengin banget menyaksikan secara langsung pemandangan di bawah laut itu seperti apa.

Salah satu tempat yang menjanjikan untuk itu adalah pulau dengan hamparan pasir putih di sekitar bibir pantai ini. Gili Labak yang termasuk wilayah Desa Kombang, Kecamatan Talabo, Kabupaten Sumenep ini cukup teduh dengan adanya pohon-pohon kelapa di hampir seluruh bagian pulau.

Yang lebih penting lagi, kawasan snorkelingnya enggak jauh dari pulau, ya. Sekitar 50-100 meter aja sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam. Asyik banget kan, tuh? Sangat membantu bagi calon pemula sepertiku.

Gili Iyang

Untuk yang satu ini, alasannya karena aku terperangah saat membaca bahwa sebuah penelitian mengungkapkan kalau pulau Gili Iyang mempunyai kadar oksigen yang relatif tinggi. Nomor dua di dunia setelah Laut Mati di Yordania, lo!

Kondisi ini menyebabkan warga pulau tersebut dikenal sehat dan awet muda. Enggak heran bila kita bisa menemui warga lansia (usia 80-90 tahun) tetapi masih segar bugar dan beraktivitas seperti masih usia 40-an. Nah, wajar dong kalau aku pengin juga?

Meskipun katanya sebenarnya pantai di sini biasa aja, tetapi kondisi kadar oksigen tinggi itu layak banget untuk dikejar. Lumayan kan, bisa untuk penyembuhan fisik dan mental yang sejati. Bukan sekadar buat dipamerkan di medsos. He he he ...

Jadi, pernahkah kamu ke Madura?


Sumber foto: dianesuryaman.com

Related Posts

19 komentar

  1. wah ini judul pas banget menyambut semaraknya orang kembali jalan2 setelah pandemik usai ... sehat sehat semua, mari perkuat imun tubuh dengan bahan alami yang kita negeri ini punya.

    BalasHapus
  2. wah pas banget ya, sekarang pandemi udah agak longgar jadi asalkan bisa jaga prokes, next mau ah kesini, thanks for sharing mba

    BalasHapus
  3. Aku pernah ke Madura bagian Bangkalan. Ke daerah masjid itu lho, lupa apa namanya. Penasaran juga sama pantai-pantainya. Masukin liat dulu dan siapa tahu berkesempatan lagi ke sana

    BalasHapus
  4. Aku kyknya dua kali, pertama saat SMA diajakin nginep ma teman di sana, kedua cuma nyeberang Suramadu doank, nyari makan, trus balik Surabaya haha
    AKu belum eksplor Madura, tapi sejauh ini kyknya makin banyak destinasi wisata baru yang indah2 ditemukan di sana ya mbak? Moga kelak bisa ke sana lg aamiin

    BalasHapus
  5. udah berencana ke madura nih mba untuk mengunjungi pantai2nya. biasanya ke sana cuma makan bebek ajaa hahah gimana2 juga itu yang berkesan banget kalau ke madura sih

    BalasHapus
  6. Maksih mba udah kasih rekomendasi wisata di madura :) aku baru nyebrang suramadu dan sampe bebek sinjay aja, masih deket2 surabaya kan itu hehe

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku udah pernah ke Gili Iyang mba. Beneran memang segaaar hawanya karena dia jauh dari polusi kota.

    BalasHapus
  8. Aku paling senang kalau uda maen ke pantai, suka dengan anginnya, pemandangannya, dan suara ombak. Apa lagi kalau bisa snorkeling 😍

    BalasHapus
  9. Wah aku belum pernah ke madura tapi penasaran juga pengen kesana kayaknya seru deh, pengen juga sesekali main ke madura

    BalasHapus
  10. seruuu ya tempat - tempatnya mba.. aku ke Madura tuh udah lamaaa banget, ya ampuuun ..sekitar tahun 2003.. hampir 20 tahun yang lalu! Musti balik lagi nih

    BalasHapus
  11. Senang banget mbak kalau dekat rumah ada wisata yang bagus. Saya penasaran dengan Gili Iyang yang kadar oksigennya sangat tinggi dan membuat masyarakat awet muda ya pasti udaranya juga segar banget.

    BalasHapus
  12. Dipamerkan di medsis juga gpp ko, asalkan niatnya baik, apalagi kalo mau awet muda, salah satu tipsnya bisa main2 ke Gili Iyang .
    Aku pernah ke Madura, makan bebek sinjai keliling, trus balik lagi ke SBY, ga kuku sama panasnya.

    BalasHapus
  13. Wah surprise juga nih saya setelah tahu kalau Gili Iyang mempunyai kadar oksigen relatif tinggi nomor dua di dunia setelah Laut Mati di Yordania. Subhanallah ya...
    Madura memiliki banyak kelebihan yang terpendam

    BalasHapus
  14. Jadi penasaran sama viewnya Gili Iyang Mba Farida, lautnya masih cakep banget ya disana Mba. Masya Allah, semoga terus terjaga kelestariannya. btw, saya belom pernah ke Madura :)

    BalasHapus
  15. Sudah lama banget pengen ke Madura tapi belum kesampaian aja...jd makin pengen deh setelah baca ini...

    BalasHapus
  16. meski Surabaya dekat Madura, namun belum juga eksplore pantai pantai bagus di Madura, paling ke bebek s*nja* doang hiks. Semoga libur sekolah ntar bisa maen ke Gili Labak :)

    BalasHapus
  17. Paling jauh itu baru sampai Pamengkasan.
    Beberapa kali ke Sampang.
    Sebenernya pengen lanjut sampai ujung ke Sumenep, apalagi ada temen disana.
    Katanya di Sumenep hawanya dingin ya mba karena perbukitan?
    Beda sama Bangkalan, Sampang, Pamengkasan

    BalasHapus
  18. Aku belom pernah ke Madura euy! ini sekat bgt sama Jawa tapi bahasanya dah beda banget sama Jawa yaa. asli kalau bicara madura tuh yg deket sama aku cuma makanannya aja! nggak ngeh kalau wisatanya gak kalah kerennya

    BalasHapus
  19. Belum pernah, dan kepengiiiiin banget mba. Aku tuh nyesel pas road trip keliling Jawa 2013 malah ga mampir ke Madura. Cuma sampe Gresik.

    Tapi sebelum tau ttg tempat wisata di atas, aku tau ya Madura itu wiskulnya enak2 🤤👍. Sbnrnya itu sih yg aku kejar bangett 😄. Tapi kalo ntr bisa ke Madura penasaran pastinya liat tempat2 wisata di atas juga

    BalasHapus

Posting Komentar