header permata pengalamanku

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City

Posting Komentar

 bus otomatis

Padahal, seharusnya minggu depan aku mau ke Jakarta. Rencananya sih, pengin mampir ke BSD City. Sebab, kabarnya ada first autonomous vehicle at Green Office Park, BSD City. Sayang, rencana ini batal karena aku enggak jadi berangkat. 

Sedih, sih. Soalnya, bus otomatis ini bisa dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022. Penasaran seperti apa hebohnya bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City ini? Yuk, kenalan dengan si Navya!

Navya, The First Autonomous Vehicle (AV)

Meskipun namanya seperti nama toko serial India, tetapi kendaraan listrik otonom ini berasal dari Prancis dengan varian Arma. Navya Autonom® Shuttle memiliki penggerak listrik dan baterai berkapasitas 33 kWh. Dapat beroperasi selama 9 jam, lo!

Kendaraan listrik tersebut memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. Navya Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk analisis data besar. Data ini diproses komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasi halangan di sekitar sesuai waktu sebenarnya. Kemampuan ini berguna untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis. Dengan begini, dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh manusia. 

Bus otomatis ini baru aja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20. Acara ini diselenggarakan Kementrian Perhubungan pada tanggal 11-16 November 2022.

Transportasi cerdas bertenaga listrik tanpa awak ini telah digunakan di berbagai negara maju. Kini, hadir di BSD City sehingga warga dan masyarakat luas bisa jadi yang pertama untuk mencoba teknologi terkini. 

Bus Otomatis Si Kendaraan Hijau

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, mengatakan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan."

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur teknologi pintar.  Selain itu, transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat.

Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan dihadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai kota pintar yang terintegrasi secara digital, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.

Kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan GOP (Green Office Park) yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. 

Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Sesuai banget sama namanya yang "hijau", ya.

Autonomous Vehicle

Mau Jalan Sama Navya di The Breeze, BSD City?

Kalau mau mencoba AV ini, naiknya dari Lobby Utama The Breeze. Caranya gampang banget! Cukup dengan memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. Tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore, kok.

AV ini beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00-17.00 WIB sampai tanggal 21 Desember 2022. Gratis! Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua. Selanjutnya, AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023.

Jadi, buat kamu yang tinggal di sekitar BSD City, sudah coba bus otomatis ini?

Related Posts

Posting Komentar