Kopi dan Batik, Oleh-Oleh Khas Indonesia


Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki beraneka jenis kopi unggulan dengan ciri khasnya masing-masing? Kenikmatan kopi Indonesia yang beragam ini sudah banyak diakui oleh dunia. Masing-masing jenis kopi khas suatu daerah memiliki karakteristik unik yang membedakan satu dengan lainnya. Baik dari sisi kekentalan, keasaman maupun citarasanya. Hal ini ditentukan oleh faktor alam seperti jenis tanah, tinggi tanah dari permukaan laut, varietas kopi, serta faktor manusia seperti metode penanaman, pemrosesan dan lama penyimpanan. Inilah beberapa karakter kopi unggulan Indonesia menurut daerahnya masing-masing.

Gayo

Citarasa kopi dari Aceh ini memiliki tingkat intensitas aroma yang harum dan gurih dengan kekentalan yang kuat. Rasa pahitnya tidak tertinggal di lidah, sehingga nyaris tidak terasa pada kopi ini. Selain itu, rasanya juga tidak sepat dengan tingkat keasaman yang ringan hingga sedang.

Mandailing

Kopi Sumatera memiliki citarasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki citarasa unik dengan karakteristik aroma tanah, tembakau dan rempah. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam dengan tingkat keasaman yang rendah.

Jawa

Walau Kopi Jawa citarasa dan aromanya tidak sekuat jenis kopi dari daerah lain, namun kopi ini memberikan pengalaman yang unik dan berbeda karena aroma rempahnya yang tipis dan mirip cokelat, kacang atau herba. Tingkat keasaman kopi ini juga rendah.

Kintamani

Kopi Kintamani berasal dari Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Merupakan salah satu dari tiga kopi Indonesia yang telah mendapat sertifikat Indikasi Geografis Unik. Keunikan Kopi Kintamani terletak pada sensasi rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal ini disebabkan kopi di daerah ini ditanam secara  tumpang sari bersama dengan tanaman lain, seperti jeruk dan sayuran. Selain itu, kopi ini memiliki citarasa yang lembut dengan tingkat keasaman sedang.

Toraja

Meskipun sering disebut bercitarasa mirip dengan kopi Sumatera, namun kopi Toraja memiliki ciri sendiri. yang tentunya berbeda. Rasa tanah yang kuat dengan sensasi cokelat, caramel atau herbal. Kadar asam sedang membuatnya diminati pasar penyuka kopi asam.

Flores

Kopi Flores Bajawa memiliki aroma dan rasa yang tahan lama dibanding dengan kopi lainnya. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dengan rasa cokelat, buah atau kayu plus sedikit aroma sitrus dan bau tembakau di belakang. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Karena keunikan dan kualitasnya, maka kopi-kopi di Indonesia sangat layak dijadikan sebagai salah satu alternatif oleh oleh khas Indonesia, di samping batik yang memang sudah terkenal di dunia sebagai kebudayaan warisan milik Indonesia.

Bicara tentang kopi dan batik Indonesia, kedua produk ini bisa kita dapatkan di situs resmi Batik Keris, lho. Ya, Batik Keris yang merupakan sebuah label produk batik terkenal sejak dulu ini sekarang bisa kita akses koleksinya melalui internet. Aku ingat betul bagaimana Batik Keris ini merupakan sebuah citra batik yang berkelas dalam benakku sejak kecil dulu. Produk-produknya yang dikenakan oleh banyak model ternama selalu menghiasi halaman utama dalam majalah wanita langganan Bundaku. Di situs ini, kita bisa menemukan beragam model pakaian batik untuk pria maupun wanita. Baik untuk kesempatan santai maupun formal. Selain, tentu saja, berbagai pilihan oleh-oleh khas Indonesia seperti aneka jenis kopi, dalam bentuk biji maupun bubuk, dari seluruh penjuru Nusantara yang menyajikan keunikannya masing-masing.

Oleh-oleh khas Indonesia? Kunjungi Batik Keris Online saja!


Komentar

  1. Banyaj juga ya jenis kopi lokal. Sayang sekali saya baru bisa menikmati kopi instan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Rata2 kopi instan juga dari bahan lokal juga sih :)

      Hapus
  2. aku sih gak nolak mbak kalo kamu kasih aku oleh-oleh :D

    BalasHapus
  3. Penasaran mbaak sama rasa kopi mandailing apalagi kopinya dgn tingkat keasaman yg rendah 😄

    Oiya mbaak batik dan kopi memang Indonesiaa bangeet yaa. Sudah terkenal pula hingga seluruh pelosok dunia. Banggaa deh, terus semangat melestarikan juga 🙆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strong banget lho. Favoritnya pecinta kopi biasanya :😊

      Hapus
  4. Sampai sekarang selalu pilih kopi lokal, karena suami dan saya ngopi dan belinya bentuk kopi bubuk. Memang cita rasanya beda dengan yang instant atau kopi di gerai kopi waralaba.
    Batik Keris online...? Belom pernah cek saya, Mbak..Coba nanti cuss ke situ. TFS:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^