9 Persiapan Jitu Menghadapi Harbolnas Tahun Ini

Hohoho... Bukan cuma ujian ya, yang butuh persiapan untuk menghadapinya, tapi dalam rangka menjelang Harbolnas juga butuh trik yang jitu. Hayo... Hayo... Siapa ini yang sudah mengambil ancang-ancang untuk menyambut Harbolnas? Sudah menemukan toko online yang memenuhi kriteria untuk mengisi Harbolnas? Untuk memastikannya, baca dulu artikel di bawah ini, ya.

Baca: Kriteria Tempat Belanja yang Ideal untuk Harbolnas

Nah, kalau sudah mantap dengan toko pilihanmu, yuk bersiap-siap menyambut Harbolnas. Apa saja yang perlu disiapkan? Ini dia diantaranya:

1. Daftar di Toko Incaran

Ya iya, dong. Masa mau belanja dan menikmati diskon tapi belum terdaftar sebagai anggota, sih. Jangan menunggu pas harinya baru mendaftar, ya. Karena biasanya sejak Harbolnas dibuka, toko-toko online akan kebanjiran pelanggan. Jadi sebaiknya lakukan hal-hal yang bisa dikerjakan sebelum berebut barang. Salah satunya adalah aktivitas mendaftar ini.
Sstt... Biasanya, ada promo khusus untuk pembeli baru, lho. Seperti Mothercare, misalnya. Ada diskon 200.000 rupiah khusus yang baru mendaftar! Wah, asyik nih buat para ibu-ibu, ya. Tidak hanya ibu-ibu yang bisa memanfaatkan fasilitas ini. Yang sedang mencari kado untuk kerabatnya yang hamil, baru melahirkan maupun memiliki anak kecil, bisa mendaftar di sini.
Apa lagi, untuk tahun ini, Mothercare bukan hanya memulai Harbolnas dengan masa pemanasan di tanggal 11 November. Bahkan, ada program 11.11 Predeals yang berlaku selama tanggal 6-9 November 2017! Yup, mulai kemarin. Yuk, buruan daftar!

2. Memilih Produk

Walau di artikel sebelumnya sudah pernah saya singgung, namun ada baiknya kamu kembali mencermati produk-produk yang akan dibeli dengan jeli. Baik dari sisi detil spesifikasinya maupun kualitasnya. Perhatikan juga jika barang pilihanmu adalah produk impor. Produk seperti ini mungkin saja memiliki garansi dan kebijakan pengembalian yang berbeda dengan produk lokal. Pastikan bahwa barang yang kamu pilih memang sesuai dengan kebutuhanmu dan tingkat mutunya sesuai dengan harga normal yang biasa berlaku.
Untuk membantumu memilih produk, biasanya toko online menyediakan fasilitas ulasan produk bagi para pelanggan yang sudah membelinya. Sehingga mereka bisa memberi informasi tentang kondisi produk sebenarnya dan tingkat kepuasan yang mereka dapatkan dari produk tersebut. Hijup adalah salah satu toko online yang menyediakan fasilitas ini.
Oya, toko fashion yang satu ini sudah memiliki daftar produk dengan diskon khusus dalam rangka Harbolnas, lho. Tidak perlu menunggu, bahkan diskon tersebut sudah berlaku dan bisa diorder sekarang!

3. Buat Wishlist

Nah, untuk toko-toko yang baru memberlakukan diskon Harbolnas nanti pada tanggal tertentu, sebaiknya kamu memasukkan dulu produk-produkmu itu ke dalam daftar wishlist yang biasanya disediakan. Sehingga pada saat Harbolnas dimulai, kamu tinggal membuka wishlist tersebut tanpa perlu mencari-cari lagi. Tinggal klik tombol 'beli' saja untuk memesannya. Jadi, bisa menghemat waktu dan memperkecil kemungkinan kehabisan produk akibat waktu yang banyak terbuang untuk memilih.
Sebenarnya ini teknik dasar berbelanja, ya. Sejak zaman belanja konvensional pun, sangat disarankan untuk membuat daftar belanja terlebih dulu sebelum berkeliling. Catat dengan rinci jenis, merek, warna, ukuran dan berbagai spesifikasi yang diperlukan serta harganya agar tidak ada keperluan yang tertinggal dan kamujuga tidak membeli barang-barang yang bukan termasuk kebutuhan.

Jadi, misalnya nih, kamu sedang mencari kado dan rangkaian bunga untuk seseorang yang spesial. Kamu harus sudah punya bayangan mau membelikan kado apa dan diiringi dengan rangkaian bunga seperti apa. Jenis bunga, warna, jumlah dan bentuk rangkaiannya.
Untuk keperluan ini, kamu bisa memesan di Flower Advisor. Walaupun dia tidak secara eksplisit menyebutkan ikut meramaikan Harbolnas, namun toko ini sedang mengadakan promo diskon 15% untuk rangkaian bunga hingga 30 November 2017 nanti. Selain itu, masih banyak promo lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, cek saja langsung ke situsnya, ya.

4. Pasang Pengingat

Kalau bisa, lengkap dengan disertai alarm di ponselmu. Catat tanggal dan jam mulai berlakunya setiap promo idamanmu. Seperti misalnya Berrybenka yang memiliki jadwal Promo 11.11. Ada yang dimulai sejak pukul 00.00 dan ada pula yang dimulai pukul 9 pagi.
Selain itu, seringkali tiap marketplace menyediakan fasilitas pengingat melalui newsletter yang dikirimkan ke kotak surat elektronik. Jangan ragu untuk mendaftarkan alamat e-mailmu ya, agar tidak ketinggalan info.

5. Online Dini Hari

Pesta belanja Harbolnas biasanya dimulai sejak pukul 00.00. Ada baiknya kamu menyediakan waktu dan stamina untuk dapat online tepat di awal hari. Karena yang namanya diskon besar-besaran itu banyak peminatnya. Terlambat sedikit bisa-bisa tidak kebagian. Seperti aku nih, kemarin saja sudah ada beberapa produk dalam wishlist-ku yang tidak tersedia lagi alias habis. Padahal aku bertransaksi pukul 3 pagi!

6. Sesuaikan Anggaran

"Mumpung Harbolnas, nih. Kan cuma setahun sekali?" Iya, Harbolnasnya memang setahun sekali. Tapi yakin deh, sebenarnya acara diskon ini bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun. Kalau memang sudah rezekimu untuk mendapatkan barang incaran dengan harga murah, kamu tetap bisa mendapatkannya walau bukan dalam rangka Harbolnas. Seperti misalnya jika kamu sedang membutuhkan untuk mengganti alat elektronik, kamu bisa sekaligus berbuat lebih ramah terhadap lingkungan lho, dengan cara mengurangi sampah elektronik. Kamu bisa mengikuti program Trade In di Kukuruyuk. Di sini kamu bisa menukar barang lama yang dihargai dengan pantas untuk kemudian membeli produk yang baru. Kesempatan ini berlaku sampai 31 Desember 2017.

7. Kumpulkan Aneka Diskon

Kadang, kamu bisa lho, menggunakan berbagai diskon dalam satu transaksi. Misalnya nih, sudahlah harga produknya dipotong parah, masih dapat potongan lagi dari bank yang kita pakai bertransaksi, lalu bebas biaya pengiriman lagi. Dan membayarnya pakai poin reward pula karena kita setia berbelanja di toko tersebut. Eee... Belakangan nanti masih akan menerima cashback juga. Wow! Surga belanja sekali itu rasanya!
Baiklah, Harbolnas memang penuh bertaburan diskon menggiurkan. Namun tetap saja partisipasimu di dalamnya harus sesuai anggaran dan kebutuhan, ya. Harbolnas sejatinya adalah salah satu cara untuk berhemat dalam berbelanja, bukan malah jadi boros karenanya. Jadi, kamu tidak perlu memaksakan diri dengan menggunakan kartu kredit dan akhirnya kewalahan membayar cicilan.

Rajin-rajin cek halaman ini untuk memaksimalkan diskon: Promo Menarik!

8. Teliti Transaksi Kembali

Sebelum benar-benar menyelesaikan transaksi, teliti sekali lagi semua isi ringkasan transaksi yang dibuat. Produk, jumlah, alamat pengiriman, ongkos kirim dan kode promo apakah sudah bekerja dengan benar. Jangan sampai karena terburu-buru, kamu jadi silap membuat kekeliruan yang fatal.

9. Simpan Bukti Transaksi

Ini penting sekali ya. Supaya bila terjadi kesalahan pengiriman seperti jumlah barang yang kurang atau barang mengalami kerusakan, kamu bisa lebih mudah dan cepat mengurusnya. Namanya juga sedang diskon besar-besaran, ya. Toko online kebanyakan akan mengalami banjir orderan dan transaksi. Kemungkinan pesanan yang terlewat atau tidak sesuai jadi lebih besar.

Nah, itulah tips yang bisa aku berikan untuk membantumu mengarungi lautan Harbolnas tahun ini. Kamu punya tambahan tips yang lain? Yuk, bagikan di kolom komentar, ya. Selamat berburu!

Sumber foto: freeimages.com

Komentar

  1. Jd harbolnas ini 11 nov besok ya mba? Kalo 12 dec ga masuk jd hrbolnas jg? Kalo harbolnas nya 12 dec enak, bonus tahunanku udh kluar hahahaha.. Kalo nov, terpaksa skip :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. harbolnas 12 des. tapi sudah pada mulai pemanasan di tanggal 11 nov bahkan sebelumnya. pantengin terus jadwalnya sampai 12 des ya di artikel2-ku berikutnya :)

      Hapus
  2. Wih seru juga kali berlomba2 buat dapetin diskon. Hem, jam 3 pagi saja masih kehabisan. Pasamg alarm brarti buat bangun sblm jam 3... thanks tipsnya mba, salam kenal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. pasang alarm utk bangun sebelum jam 12 malam. hihihi...

      Hapus
  3. Lengkap nih tips nya. Wow mothercare ada diskon 200ribu? Menggiurkan euy 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo daftar jd member baru mother care :)

      Hapus
  4. Paling sering sih bikin wishlist dulu daripada kalap kemudian, hihii.

    BalasHapus
  5. Wah aku mau nyobain harbolnas tahun iniii 😁 Makasih ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk selamat berjuang! sama2, suci :)

      Hapus
  6. ketika budget seret, harbolnas adalah kabar yang menggembirakan hehehe bisa belanja banyak tapi hemat. :D

    BalasHapus
  7. Harbolnas kali ini aku juga harus ikutan nih mbak, setelah beberapa tahun sebelumnya selalu gagal. Terima kasih buat tipsnya =)

    BalasHapus
  8. alamat tabungan berkurang buat belanja lagi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii.. asal buat belanja barang yang memang dibutuhkan kan gpp :)

      Hapus
  9. siap-siap kalap kalau udah harbolnas, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati2 jangan kalap. pasang strateginya pake tips di atas :)

      Hapus
  10. Nyiapin anggaran itu yg paling penting, sama kasi limit. Khawatir kalap haha. Desember selain 12.12 kyknya bakal ada diskon akhir tahun jg ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Pergantian tahun jg bakal banyak diskon biasanya :)

      Hapus
  11. Aku ngincar yang Desember deh mba. Bikin wishlist dari sekarang, sekalian nabung, kalo nggak nanti bakalan khilaf :D

    BalasHapus
  12. siap2 menyambut harbolnas, siap2 juga dananya :)

    BalasHapus
  13. Kesempatan yang baik untuk mencari barang bagus dengan diskon oke ya, Mbak.

    BalasHapus
  14. Harbolnas yang suka belanja online pasti langsung serbu ya

    BalasHapus
  15. Habolnas memang bikin ngiler :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^