3 Aplikasi Penunjang Gaya Hidup Sehat Kita


Hai, hai... Kali ini aku kembali membahas tentang gaya hidup sehat. Jangan bosan, ya. Karena ini penting sekali, lho. Mengingat Indonesia hanya menduduki posisi 108 dari 187 negara dalam Health Index! Yang itu artinya jauh tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya.



Sebelumnya, aku sudah pernah uraikan ya, apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk gaya hidup sehat. Kalau masih ada yang lupa, bisa baca dulu: Berkemah Menunjang Gaya Hidup Sehat.

Eh, anak-anak saja tahu lho, caranya biar bisa tetap sehat. Mereka juga secara tidak sadar telah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sila simak video singkat berikut:

Nah, ternyata menerapkan gaya hidup sehat itu cukup sederhana ya, praktiknya. Yang penting adalah disiplin diri dan konsistensi. Masa sih, kita mau terus-terusan menjadi warga dunia yang dinilai tidak sehat? Yuk, mari sembuhkan Indonesia! Dimulai dari sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Gaya hidup sehat itu bukan ebrarti membosankan, kok. Ada banyak variasi cara yang bisa kita pilih agar gaya hidup sehat terasa lebih hidup. Mislanya, dengan berkemah seperti yang aku sebutkan dalam artikel sebelumnya di atas.

Repot membayangkan persiapan berkemah dengan berbagai printilannya? Tidak ada waktu untuk ke sana ke mari? Lebih suka cara yang praktis?

Baiklah. Mari manfaatkan telepon pintar dalam genggaman Anda! Yuk, cari aplikasi yang dapat membantu kita menjalankan gaya hidup sehat. Aplikasi apa saja, ya? Banyak, kok. Ini 3 di antaranya:

1. Alodokter

Sepertinya aplikasi satu ini sudah cukup ternama, ya. Aplikasi ini memang layak menjadi andalan dalam mencari informasi kesehatan secara akurat dan cepat. Baik itu berupa tips kesehatan, informasi tentang penyakit, obat, dokter dan rumah sakit.

Fitur utama yang paling disukai di aplikasi ini adalah kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis maupun umum. Tidak perlu membuat janji dan tanpa antre panjang. Lebih dari 500 dokter terpercaya dan berpengalaman di seluruh Indonesia siap menjawab semua pertanyaan serta keluhan medis pengguna aplikasi Alodokter secara gratis.

Yang juga istimewa dari aplikasi ini adalah kita bisa mengakses histori kesehatan secara mudah. Rekam medis dapat disimpan, ditambah, dan digunakan untuk kebutuhan konsultasi dengan dokter langsung. Sehingga diagnosis dokter akan semakin cepat karena didukung oleh akses rekam medis yang terintegrasi.

2. Runtastic: Sleep Better

Banyak orang yang bermasalah dengan kesehatan akibat pola tidur yang kacau. Padahal, masalah tidur bukanlah perkara remeh. Jika kita sedang berusaha mendapatkan tidur yang berkualitas, bertanya-tanya apakah sudah menjalankan tidur yang seimbang dengan aktivitas, Runtastic dapat membantu menganalisis pola tidur kita serta memperbaikinya agar bisa bangun dalam kondisi segar.

Pada dasarnya, kebutuhan tidur setiap orang bisa jadi berbeda. Hal ini karena berkaitan dengan jenis kelamin, usia, metabolisme tubuh dan banyak aktivitas sehari-hari. Memiliki alat yang mampu menganalisis kebutuhan tidur kita secara personal serta memonitor pemenuhannya agar tetap ideal akan membantu kita memperoleh tubuh yang lebih sehat.

Aplikasi ini berfungsi untuk mencatat siklus tidur, durasinya baik tidur ringan maupun tidur panjang serta efisiensinya terhadap aktivitas. Selain itu, ia juga memonitor mimpi kita apakah mimpi indah, buruk atau netral. Juga, aplikasi ini mencatat kondisi mood kita segera saat kita bangun.

Siklus tidur kita akan dibandingkan dengan siklus peredaran bulan. Selain itu, ia juga mencatat konsumsi kafein dan alkohol, olahraga serta tingkat stres kita. Hal ini untuk menentukan apakah variabel-variabel tersebut berpengaruh terhadap perubahan kebiasaan tidur kita. Dengan memanfaatkan filter, kita akan melihat kapan saat terbaik bagi kita untuk tidur.

Cara menggunakannya cukup dengan meletakkan gawai kita di sebelah bantal. Aplikasi ini tetap bekerja dalam mode pesawat serta dilengkapi alarm cerdas dengan berbagai pilihan nada di dalamnya. Runtastic tersedia dalam versi gratis maupun berbayar yang tentu saja memiliki fasilitas lebih lengkap.

3. 7 Minute Workout

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, memiliki perut datar dan memiliki jantung yang sehat, aplikasi ini adalah pilihan tepat karena secara ilmiah terbukti paling aman, efektif dan efisien berdasarkan HICT (High Intensity Circuit Training). Merupakan aplikasi terbaik 2016, Top Trending dan penyempurnaan aplikasi terbaik yang dipilih oleh Google Play.

Latihan di dalamnya sangat tepat bagi orang umum. Kita bisa melakukannya kapan saja di mana saja dan hanya membutuhkan waktu 7 menit.

Aplikasi ini terdiri atas 12 latihan yang harus dilakukan selama 30 detik, dengan 10 detik istirahat antara setiap latihan. Alat yang kita butuhkan hanya sebuah kursi dan dinding, ulangi 2-3 sirkuit sesuai dengan waktu Anda.

Bagaimana? Anda tertarik mencobanya? Yuk, mulai dari sekarang tingkatkan indeks kesehatan kita!

Komentar

  1. Memang gaya hidup sehat ini harus banget diterapkan mbak.

    BalasHapus
  2. Dari kwtiganya aku baru nyoba yg pertama aja. Jadi penasaran sama yg lainnya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang itu yg paling terkenal ya��

      Hapus
  3. Ternyata banyak juga ya mbak aplikasi kesehatan saat ini. Yang aku tahu cuma Alodokter aja. Nice sharing mbak Farida.

    BalasHapus
  4. Wah taunya baru alodokter aja nih, kayany perlu nyoba yg 7 minute workout deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk cobain... Btw, bukannya dirimu dah langsing?

      Hapus
  5. Yang terakhir cocok nih untukku. Hahaha. Hawanya mau diet mulu tapi nggak konsisten, Mbak. Payah bener diriku ini. Aku salah satu penyumbang gaya hidup nggak sehat itu. Hiks. Kudu semangat lagi nih untuk menjalani kebiasaan hidup sehat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^