Warnai dan Hidupkan Harimu dengan Faber Castell



Bicara tentang mewarnai, selalu melemparkanku pada kenangan masa kecil. Ya, ini adalah salah satu hobiku. Setiap 2 hari sekali, Bunda membelikan buku mewarnai yang baru karena yang lama sudah penuh oleh ekspresiku.

Manfaat Mewarnai

Berarti aku pandai mewarnai, dong? Nggak juga, sebenarnya. Aku yakin banyak yang lebih mahir dariku. Namun bukan berarti kegemaranku mewarnai sejak kecil itu sia-sia. Karena ternyata mewarnai itu banyak manfaatnya, lho. Ini dia di antaranya:

 

Mengenal Warna

Otomatis, ya. Sambil kita mencoret-moret gambar kita akan bertanya atau diberitahu nama-nama warna. Dari sini, perbendaharaan kata kita tentang jenis-jenis warna jadi bertambah.

Mengenal Benda

Ya, biasanya saat kita mewarnai kita akan mencari tahu dulu apa yang sedang kita warnai. Dengan proses berulang-ulang, kita jadi mengenal karakter suatu benda dan lebih bisa memberikan jiwa padanya saat mewarnai.

Mengenal Bidang

Nah, ini juga. Dengan mewarnai, kita mulai mengenali batas tepi suatu bentuk yang akan lebih indah jika tidak dilanggar. Sehingga kita belajar lebih hati-hati dalam mewarnai agar tidak melampaui garis.

Melatih Keterampilan Motorik Halus

Sangat dimaklumi bahwa mewarnai melibatkan jari-jari yang perlu terlatih dengan baik agar mampu memegang dan mengoperasikan alat warna. Biasanya dimulai dari yang paling mudah digenggam, yaitu krayon. Kemudian dilanjutkan dengan pensil, spidol dan kuas.

Keterampilan menggunakan alat pewarna ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis.

Koordinasi Mata dan Tangan

Untuk dapat mewarnai dengan tepat, dibutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan tangan. Sehingga kita bisa meletakkan dan menggerakkan ujung alat warna dengan tepat.

Konsentrasi

Mewarnai membantu kita belajar fokus terhadap pekerjaan.

Ketekunan

Ya, jelas saja kita harus tahan duduk lama sambil melakukan gerakan tertentu berulang-ulang hingga semua bidang terpenuhi oleh warna.

Kombinasi

Lambat laun, aktivitas mewarnai mengajak kita untuk semakin memperhatikan ketepatan kombinasi warna agar menghasilkan keserasian dan keseimbangan.

Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70% penderita Alzheimer dan Demensia yang telah mengikuti kelas seni mengalami peningkatan dalam hal kognitif dan ingatan.

Meningkatkan Daya Visual

Leonardo da Vinci mengatakan bahwa mewarnai dan menggambar akan meningkatkan kemampuan mata dalam membedakan gelap, terang, tubuh, warna, bentuk, lokasi, jarak, benda bergerak dan diam.

Imajinasi

Itulah salah satu hal yang difasilitasi oleh aktivitas ini. Kita bebas membayangkan warna tertentu untuk suatu obyek.

Kreativitas

Jika imajinasi terfasilitasi, maka kreativitas pun meningkat. Mewujudkan apa yang sudah ada dalam bayangan dengan menuangkannya ke atas gambar.

Koneksi Otak Kanan dan Kiri

Berbagai manfaat di atas menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai menstimulasi kinerja otak kanan maupun kiri. Satu kegiatan yang mengaktifkan kedua belah sisi otak membuat kita lebih terampil menggunakan keduanya secara bersamaan.

Dekorasi

Tentu saja, hasil dari benda yang diwarnai akan lebih indah dari sebelumnya, kan? Tak heran jika kita suka memajangnya saat sudah selesai.

Relaksasi

Saat mewarnai, ada 3 hal yang terjadi, yaitu: repetisi (gerakan yang berulang), pola dan detail. Ketika kita melakukan sesuatu yang sudah bisa diprediksi dalam cara-cara tertentu, hal itu akan berefek menenangkan.

Rekreasi

Ya, mewarnai adalah salah satu cara melepas penat. Dalam keseharian yang berisi ketentuan dan aturan, menepi sejenak untuk memainkan aneka warna sesuka hati sungguh sangat menggembirakan.

Membangkitkan Energi Positif

Aktivitas ini bisa mengingatkan kembali pada memori masa kecil yang menyenangkan. Selain itu, warna-warna tertentu dapat memberi efek tertentu.

Misalnya: warna merah, oranye dan kuning bisa membangkitkan rasa semangat, optimisme dan keceriaan. Sedangkan warna hijau dan biru memberikan rasa tenang dan sejuk.

Media Aktualisasi

Mewarnai memberi kita ruang untuk menjadi diri sendiri. Warnai semua sesuai suasana hatimu atau pun mengikuti harapanmu.

Percaya Diri

Jika kita berkesempatan untuk menunjukkan siapa kita dengan cara positif, rasa percaya diri pun akan tumbuh. Apa lagi jika mendapat penghargaan dari sekitar.

Manajemen

Walau tampak sederhana, namun sesungguhnya mewarnai melatih kita mempersiapkan segala sesuatu untuk mencapai target. Mengatur waktu, tenaga dan alat yang tersedia agar bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Dengan begitu banyaknya manfaat mewarnai, maka tidak perlu ada keraguan lagi ya untuk menjadikan aktivitas ini menghiasi hari-hari Si Kecil. Eit, bukan hanya untuk Si Kecil, lho. Manfaat mewarnai pun berlaku bagi orang dewasa. Makanya hingga kini pun aku suka melakukannya.

Mewarnai Bersama Anak dengan Faber Castell Colour to Life

Menjalani hobi yang sama dengan anak tentu sangat menyenangkan, ya. Saat aku mencetak gambar untuk diwarnai, biasanya anak-anak pun meminta gambar yang sama untuk diwarnai sendiri versi mereka.

Makanya, ketika aku tahu ada produk baru keluaran Faber Castell yang bernama Colour to Life, aku jadi antusias sekali ingin mencobanya. Karena kabarnya produk ini bisa digunakan bersama antara ibu dan anak.


Produk ini hadir dengan sebuah buku yang berisi 15 lembar mewarnai. Di dalamnya terdapat 5 karakter berbeda yang siap diwarnai dengan 20 connector pens warna-warni yang juga tersedia dalam paket.

Yang menarik dari produk ini adalah ternyata kita tidak hanya bisa menggunakannya untuk mewarnai, lho! Namun Faber Castell sengaja merancangnya untuk memberikan manfaat lebih dari apa yang sudah disediakan dalam aktivitas mewarnai.

Dengan Colour to Life, kita juga bisa membuat hasil mewarnai kita jadi lebih hidup menggunakan teknologi Augmented Reality! Wow, seru banget, kan? Teknologi ini membuat kita bisa berinteraksi dengan kelima karakter yang ada, berfoto dan juga bermain games! Yippie..!

Cara Menikmati Colour to Life

Nah, penasaran kan, bagaimana caranya? Sama! Makanya aku langsung coba produk ini bersama anak-anak. Ternyata mudah sekali, lho. Karena semua keterangannya sudah ada pada kemasan. Untuk lebih jelasnya, bisa scan barcode di sudut kanan atas kemasan depan Colour to Life guna mengetahui cara pakai produk ini.


1. Mewarnai

Yuk, jalankan tugas kita seperti biasa, yaitu mewarnai. Ingat ya, bagian bingkainya jangan sampai terkena warna. Karena di sini terdapat kode yang akan dibaca oleh aplikasi.

2. Scan Gambar

Sebelumnya, unduh dulu aplikasi Colour to Life. Bisa di android maupun iOS. Atau lebih praktisnya, scan saja barcode yang ada di kemasan Colour to Life.

Setelah itu, buka aplikasi, klik tombol Start dan pilih jenis karakter yang diinginkan. Scan salah satu gambar karakter yang dipilih dengan benar. Langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama, kita akan mendapati 4 tanda kurung siku hijau yang menandai lokasi tempat lembaran harus ditempatkan. Jika kita tidak mendapati penanda lokasi ini, maka alihkan dulu HP ke arah lain hingga muncul tanda kurung sikunya
  • Kedua, Tempatkan bingkai gambar hingga memenuhi daerah dalam 4 kurung siku tersebut. Hal ini bisa terjadi jika kita scan gambar dari jarak minimal 30 cm. Tunggu hingga daerah di dalam kurung siku menyala hijau
  • Ketiga, Voila! Karakter pun muncul dari dalam buku!

3. Berinteraksi dengan Karakter

Karakter yang muncul ini bisa merespon gerak kita di atas layar, lho. Mereka bisa bergerak dan berpindah sesuai jenis gerakan yang kita lakukan. Masing-masing karakter memberikan respon yang khas. Coba sendiri deh, biar tahu seperti apa lucunya!

4. Berfoto dengan Karakter



Tidak hanya bercanda, karakter di sini juga bisa diajak berfoto, lho. Klik saja tanda kamera di sebelah kanan. Kita bisa memilih menggunakan kamera depan atau belakang.

Sebelum memotret, kita bisa mengatur ukuran, posisi dan arah hadap karakter sesuai keinginan. Keterangan caranya ada di sebelah kiri aplikasi. Mainkan saja jarimu. Anak-anak yang belum bisa membaca pun bisa mengoperasikannya dengan mudah, kok.

Yang menggemaskan lagi, jika kita sedang ancang-ancang bergaya dengan Si Karakter, ia bukan sekadar berdiri mematung begitu. Namun juga sesekali bergerak, menoleh, mengerjapkan mata dan tersenyum. Sehingga kita bisa mendapatkan beberapa ekspresinya yang berbeda. Cool!

5. Bermain Games

Puas berinteraksi dan berfoto, kita juga bisa memainkannya dalam sebuah games. Klik saja tombol play, ya. Setiap karakter memiliki ajang permainannya masing-masing. Ini dia kelima jenis permainannya lengkap beserta manfaatnya.   


6. Bermain Bongkar Pasang

Bagi yang sudah kenal dengan Faber Castell, pasti tahu ya bahwa connector pens yang digunakan dalam produk ini tidak hanya berfungsi sebagai pewarna. Desain wadah dan tutupnya memungkinkan kita untuk menggunakannya sebagai mainan bongkar pasang. Uhuy deh, pokoknya!

Agar lebih tergambar keseruan bermain sambil belajar dengan Colour to Life ini, yuk simak video kegiatan anak-anakku yang tak bosan-bosannya menggunakan produk ini:


Asyik banget, kan? Banyak hal dari produk ini yang mereka temukan sendiri cara menikmatinya. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini sangat mudah digunakan. Mereka bisa tetap belajar baik saat aku dampingi maupun tidak.

Bermain bersama anak-anak jadi makin seru dan berkualitas saat ada Colour to Life. Kami jadi makin akrab, bisa menyalurkan hobi sambil meraup banyak manfaat dari berbagai aktivitas yang disediakan.

Lalu, sempat tidak aku memainkannya sendiri? Ya, sempat aja sih. Pasti ada masanya semua anak tertidur lelap. Dan produk ini berhasil meningkatkan mood serta kreativitasku setelah menjalani rutinitas seharian.

Walaupun yah... Aku harus rela beberapa hasil mewarnaiku diwarnai ulang oleh anak-anak dengan hasil belepotan. Hihihi... Tak mengapa lah. Karena toh, Colour to Life ini sudah memberikan manfaat beberapa level lebih tinggi daripada kegiatan mewarnai konvensional.

Manfaat tambahan yang kami dapat dari produk ini adalah:
  • Mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Keseruan yang bisa dinikmati bersama dengan berinteraksi dan berdiskusi. Selain itu, karakter dengan teknologi AR membantu anak lebih memahami respon, bahasa tubuh dan ekspresi
  • Mengembangkan kecerdasan intrapersonal. Dengan berfoto, membuat anak-anak mengenal diri dan belajar cara berekspresi
  • Lebih banyak variasi permainan. karena kita tidak sekadar mewarnai, namun juga bisa mengajak karakter bermain games dengan manfaat stimulasinya masing-masing. Selain itu, fitur foto memberi pondasi awal bagi kecerdasan spasial anak yang tak ada pada gambar biasa.

Tertarik ingin mencobanya juga? Bisa ditemukan dengan mudah, kok. Tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat.

Yuk, ikutan mewarnai dan menghidupkan harimu dengan Colour to Life!

Komentar

  1. Lengkap banget Mba Farida manfaat dari mewarnainya...kereen. Memang kegiatan mewarnai yg paling terasa tuh bikin relaks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. kalau buat kita memang alasan utamanya itu ya biar rileks hihihi...

      Hapus
  2. Ini yang aku suka dari mewarnai. Bisa bebas mengekspresikan kata hati, ya kan mbak ? Hidup serasa lebih indah tentunya. #DuniaFaisol

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt. suhunya doodle dah berbicara nih :)

      Hapus
  3. Jadi inget masa kecil dulu nih, demen banget beginian sampek tembok juga diwarnain hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahhaaha.. tembok memang media super luas buat diwarnai ya :)

      Hapus
  4. Aku umur segini (baca tuwir hihiii..) juga masih suka bgt mewarnai :D

    BalasHapus
  5. Waaaah...jadi penasaran nih... TFS mba Farida..

    BalasHapus
  6. Buku warnanya unik ih. Aku mau juga. Aku tuh sampai sekarang masih rajin ngewarnai loh. Nikmaaaat banget rasanya. Koleksi ngeawarna aku sampai punya 2 set connector pen Faber Castle, pensil warna Faber Castle juga punya 2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... anak2 entah dah punya brp. sering ilang :P

      Hapus
  7. Colour to life ini asyik dan seru ya mbak :)

    BalasHapus
  8. Keren ya mbak faber castell ini. Aku aja ketagihan nih.

    BalasHapus
  9. Mantap banget ulasannya mb Farida. Anak-anakku juga lagi seneng banget main gamesnya colour to life Faber-Castell ini loh. Emang seru banget

    BalasHapus
  10. Wah keren bgt manfaat mewarnai, aq tu juga suka mewarnai meski hasilnya pas2an..... Eh itu applikasinya keren jg ya ada karaktet dan bisa diajak selfie

    BalasHapus
  11. Ada game AR gini bocah jadi tambah semangat ngewarna ya mbaa

    BalasHapus
  12. Salfa juga mainan ini, mbak. Senang anaknya...

    BalasHapus
  13. Mewarnai memang cocok banget buat mood booster, apalagi sekarang faber castel ada color to life. Ga sabar pengin nyoba!

    BalasHapus
  14. nadia dari kecil suka banget mewarnai. kalo nyobain faber castle plus games ini pasti happy deh dia

    BalasHapus
  15. Teknologi digunakan secara bijak bisa bermanfaat, Mantap

    https://sastrawacana.id/

    BalasHapus
  16. Wah, menarik juga tuh buku mewarnainya. Btw, info dong harga bukunya berapa? Itu beli langsung satu set atau bisa bukunya saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belinya langsung 1 set. di toped 103.500 rupiah :)

      Hapus
  17. Terima kasih infonya, Mbak. Pas buat aku yang punya balita ����

    BalasHapus
  18. Lucu ya mewarnai trus bisa diajakin selfi. Anak-anak pasti suka banget nih

    BalasHapus
  19. Aduh gemes liatnya, udah lama nggak bermain gambar dan mewarnai

    BalasHapus
  20. Makin betah aja ya anak-anak mewarnainya dengan pakai produk dari Faber Castle :) Bagus banget ...

    BalasHapus
  21. Mewarnai emang asik banget. Aku juga suka produk Faber Castell. Pas ke Gramedia Pandanaran sempat lihat-lihat produk Faber Castell yang terbaru juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik, bisa dicoba nih colour to life-nya

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^