5 Kisah Sherlock Holmes Favoritku feat. Filmnya

 

Iya, penulisnya sendiri, yaitu Sir Athur Conan Doyle, sudah membuat daftar cerita favoritnya dalam buku Sherlock Holmes: 12 Best Stories. Tapi boleh dong, aku punya 5 cerita terfavorit menurutku. 


Jika kalian tidak pernah membaca novel Sherlock Holmes, maka aku akan mengaitkannya dengan 2 film Sherlock Holmes yang sudah beredar. Siapa tahu kalian pernah menontonnya. Urutannya aku susun berdasarkan waktu kejadian. Check it out!

1. Skandal di Bohemia


Ini adalah cerpen pertama yang ditulis oleh Doyle. Dalam daftar yang dibuat Doyle di atas, kisah ini menduduki peringkat 5.

Jika kamu pernah menonton film Sherlock Holmes pertama yang diluncurkan tahun 2009 dan dibintangi Robert Downey, Jr itu, kamu mungkin penasaran kapan Sherlock Holmes pertama kali bertemu dengan Irene Adler. Dalam kisah inilah jawabannya. 

Irene Adler adalah satu-satunya perempuan yang betah menghuni relung hati Sherlock Holmes. Tsah... Holmes langsung tertarik karena kecerdasannya dalam mengimbangi kecerdikan Sherlock Holmes. Dia adalah satu-satunya perempuan yang pernah mengalahkan Sherlock Holmes.

Walau kisah cinta mereka berjalan dengan cara yang aneh dan berujung dengan tidak jelas. Mengetahui bagaimana mereka bertemu, ternyata tidak kalah gregetnya. Karena kisahnya, penuh skandal rumit cinta segiempat, eh lima, malah!

2. Penerjemah Bahasa Yunani


Bagian paling menarik dalam kisah ini menurutku adalah pertama kalinya Sherlock Holmes memperkenalkan kakaknya, Mycroft. Lebih tua 7 tahun, lebih pandai dan jeli. Namun dia memiliki keterbatasan fisik dan tidak suka bekerja di lapangan. Makanya dia nggak jadi detektif.

Karakter Mycroft ini dapat kita temui dalam film Sherlock Holmes 2: Game of Shadows.

Namun ternyata kasus yang diangkat dalam kisah ini pun cukup seru. Memberikan ide bagi kita untuk menyelamatkan sebuah nyawa sesuai dengan kemampuan. Seperti Sang Penerjemah ini, yang berhasil mengorek keterangan karena kemampuannya berbahasa Yunani. Yang penting, harus berani!

3. Kasus Terakhir


Dalam daftar yang dibuat Doyle di atas, kisah ini menduduki peringkat 4. Namun bagiku, ini adalah kisah terbaik dari Sherlock Holmes. Pantas saja jika diangkat sebagai cerita sentral dalam film Sherlock Holmes 2: Game of Shadows.

Judul ini mengisahkan pertarungan sengit antara Sherlock Holmes dan musuh bebuyutannya yang bernama Profesor Moriaty. Seseorang yang sangat keji, tertutup dan memiliki banyak agen di London, daerah Britania, bahkan Eropa. Hampir semua kasus pembunuhan keji, didalangi olehnya.

Hingga akhirnya Watson harus menghadapi kenyataan bahwa sahabat terbaiknya telah meninggal bersama Profesor Moriaty di dasar air terjun. Ouch, sedih...

4. Kasus Rumah Kosong


Nah, ini serunya! Kita akan menemukan cuplikan awal dari kisah ini ada di dalam bagian akhir film Sherlock Holmes 2: Game of Shadows. Sudah nonton, belum? Mau spoiler, nggak? Terlambat. Pokoknya aku mau kasi tahu kalau ternyata Sherlock Holmes tidak meninggal. Yeay!

Tadinya memang Doyle ingin pensiun dengan mematikan tokoh Sherlock Holmes. Tapi para pembaca terus mendesak agar tokoh ini dihidupkan lagi dan dijelaskan bagaimana dia bisa bertahan. Ternyata, kembalinya Sherlock Holmes justru menghadirkan kisah-kisah yang lebih menarik, lho!

Dalam daftar yang dibuat Doyle di atas, kisah ini menduduki peringkat 6. Yang menarik, di sini Watson mulai memberanikan diri untuk mencoba teknik penyelidikan Sherlock Holmes untuk sebuah kasus pembunuhan dalam ruang tertutup. Rasa kehilangan juga bisa berdampak positif, ya. 

5. Gambar Orang Menari


Dalam daftar yang dibuat Doyle di atas, kisah ini menduduki peringkat 3. Berkisah tentang gambar corat-coret anak-anak yang telah menganggu ketenangan seorang perempuan. Yang ternyata (spoiler!), gambar itu dibuat oleh Sang Mantan yang gagal move on. Uhuk...

Itulah kisah-kisah Sherlock Holmes pilihanku. O ya, kabarnya, tahun ini akan dirilis film Sherlock Holmes 3, ya? Wah, seperti apa ceritanya? Apakah mengambil dari novel ataukah cerita bebas? Penasaran juga nih, jadinya.

Komentar

  1. Bikin penasaran ya... eh ada sang mantan gagal move on

    BalasHapus
  2. Aku ga baca sherlock holmes nih Mbak. Kalau cerita detektif bacaanku Trio Detektif sama Detektif Conan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. detektif conan terinspirasi dengan sherlock holmes :)

      Hapus
  3. Saya suka dengan kisah Sherlock Holmes juga, soalnya alurnya menarik dan bisa penuh kejutan. Tapi buat saya versi film terbaik tetap Sherlock di BBC. Soalnya di situ Watson karakternya lebih menonjol. Jadi hubungan keduanya kelihatan lebih dinamis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi settingnya lbh modern sih ya yg serial tv

      Hapus
  4. Berat sakalii bacaanya hihihi....
    kelas berat....

    BalasHapus
  5. Haduh mohon maap mbak ndak mudenggg hahaha. Paling berat kelas Dan Brown ajah

    BalasHapus
  6. Mbaa aku tuh dulu sering baca ini, tapi sekarang lupa semua. Aku suka detektif sherlock dalam memecahkan kasus. Dia itu cerdik, kwkwkwk jadi pengen ngulang lagi ih Apalagi filmya belum aku tonton.

    BalasHapus
  7. Aku nggak ngikutin Sherlok tapi aku punya hampir semua buku Agatha Christie..detektif juga kan isinya :D

    BalasHapus
  8. aku pernah baca yang mana aja ya? kok lupa. kayaknya yang orang menari itu pernah deh. itu mecahin kode gambar itu kan.

    BalasHapus
  9. Aku malah belum pernah baca bukunya, tp menikmati banget nonton filmnya. Abis ini coba baca ah.

    BalasHapus
  10. Kalau detektif aku bacanya Agatha Christie, cintanya sama Poirot hihi

    BalasHapus
  11. Ahh syukurlah Holmes ngga jadi mati sedih banget tuh penggemarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh. abis dr air terjun itu ternyata dia selamat

      Hapus
  12. Waaa suka sherlock holmes juga 😍 kalo aku paling suka yg kasus terakhir, sampe kebawa mimpi abis baca itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss berarti ya, pilihan pertama kita sama :)

      Hapus
  13. Saya baca bukunya sampai ber-ulang2, nonton filmnya juga berulang...seru banget cara menemukan dan menghubungkan temuan2nya

    BalasHapus
  14. Aku baru baca beberapa Sherlock Holmes nih, waktu masih aktif jadi anggota arpusda Wsb. jadi makin penasaran setelah baca ulasan Mba Farida

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^