Makna 11.11 Bagi Keluargaku Setahun Ini


"Tergabung dengan sebuah komunitas atau mandiri aja?" Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering diajukan padaku begitu mengetahui keluarga kami adalah homeschooler. Jawabannya, dulu kami menjalaninya secara mandiri. Kemudian akhirnya kami bergabung dengan sebuah komunitas.

Komunitas itu namanya HSMN (Homeschooling Muslim Nusantara), yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Cocok sekali buat kami yang sering berpindah-pindah. Jika kami tinggal di kota lain, tinggal konfirmasi saja untuk dimasukkan ke HSMN cabang terdekat.

11 November 2017, Pertama Kami Mengenalnya


Tapi kali ini aku mau bercerita tentang komunitas HS lain yang ternyata memberi makna lebih dan cukup mewarnai hari-hari keluarga kami. Alkisah, sekarang aku tinggal di Semarang. Seperti yang sudah banyak diketahui, Wilayah Semarang ini terdiri dari Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

Saat ini, HSMN Semarang berlokasi di pusat Kota Semarang. Sepertinya, itu membuat yang tinggal di Kabupaten Semarang agak kesulitan mengikuti acara-acara yang diadakan karena kendala jarak. Muncul deh, ide untuk mendirikan HSMN Kabupaten Semarang.

Namun setelah ditelusuri, ternyata di Kabupaten Semarang sendiri sebenarnya sudah ada komunitas HS. Maka pengurus HSMN Semarang mengagendakan acara perkenalan dengan komunitas ini, yaitu Keluarga Sahabad namanya.


Sabtu itu, berlokasi di Perpusda Ungaran, sebuah pertemuan sederhana antara 2 komunitas berlangsung. Di sana kami saling berbagi kisah dan tips seputar praktik homeschooling. Ramah, hangat dan bersungguh-sungguh adalah kesan pertama yang kudapat tentang komunitas ini.

Selanjutnya, kami sering diundang jika mereka mengadakan acara. Tak disangka, format acaranya kreatif dan seru-seru, lho. Di antaranya akan aku ceritakan pada bagian berikutnya, ya.

1. Indonesia Main Sains


Sudah lama aku ingin memiliki buku tentang berbagai ide eksperimen sains di rumah karya Bapak Muzi A. Marpaung. Namun buku ini sudah habis di mana-mana. Siapa sangka, justru Keluarga Sahabad yang membantu mewujudkannya, bahkan lebih!

Jadi ceritanya tahun ini Pak Muzi mengadakan roadshow Indonesia Main Sains ke 50 titik di Nusantara. Ternyata Keluarga Sahabad berhasil mendapatkan akses dan Ungaran menjadi titik ke-32 dalam roadshow ini. Wow!

Anak-anak antusias sekali ingin ikut. Tentu saja aku tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini. Belajar sains langsung dari ahlinya dengan cara super menyenangkan. Dan, setiap peserta mendapat buku eksperimen sains idaman kami! Nih, cuplikan keseruan yang kami alami saat itu:


2. Camp Sahabad


Acara seru lainnya yang diadakan komunitas ini adalah berkemah bersama. Wih, impian anak-anak banget ini. Lokasi yang dipilih pun indah sekali, yaitu Basecamp Mawar di Gunung Ungaran. Bertaburan bunga, lembah dan kabut. Ada air terjunnya juga, lho.

Apa lagi, kegiatan di sana dikemas dengan brilian. Orang-orangnya pun sangat asertif dan berdaya inisiatif tinggi. Kayak nggak ada mati gayanya, deh!

Orangtua di sini ada yang jago menggambar, olah vokal, olah tubuh, mendongeng, bermain sulap dll. Juga, rupanya mereka sudah terbiasa mengajak anak-anaknya beraktivitas di alam terbuka walau masih balita. Termasuk mendaki gunung! Begini asyiknya berkemah bersama keluarga:


3. Bus Sahabad


Ini adalah aktivitas Keluarga Sahabad yang belakangan kami ikuti. BUS singkatan dari Bantuan Untuk Saudara. Serangkaian kegiatan di beberapa lokasi sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai fenomena bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Beruntungnya, rangkaian acara ini dimulai dari titik lokasi di dekat rumah, yaitu di Taman Tirto Agung. Tanpa berpikir lebih panjang lagi, langsung saja kami menghadiri acara ini. Di sini, kami mengumpulkan donasi baik berupa barang maupun dana. Selain juga aneka kegiatan menarik lainnya.

Ada drg. Emilia yang turut serta. Anak-anak berkesempatan untuk belajar lebih banyak tentang gigi. Putriku yang bercita-cita ingin jadi dokter spesialis macam-macam ini tentu girang sekali menyimak, bertanya dan mempraktikkan arahan dokter.

Apa lagi, Sang Dokter punya banyak buku anak yang bagus-baguuusss... tentang gigi. Bahannya tebal dan kuat, gambarnya menarik dan kaya warna, interaktif, ada pop up-nya, teka-tekinya bahkan bisa bersuara.

Selain belajar, anak-anak juga bisa memeriksakan giginya di sini. Bayar, dong. Namun semua hasil pendapatan akan langsung disalurkan sebagai donasi bagi korban bencana alam di Palu dan Donggala.

Usai periksa, anak-anak mendapat buku stiker prestasi menggosok gigi, pasta gigi/sikat gigi dan balon. Yeay! Peduli pada diri sendiri dan sesama dalam suasana ceria!


Hadir pula para relawan yang mengajarkan kami cara menyelamatkan diri untuk berbagai jenis bencana alam. Heboh banget kan, melihat sesi ini dalam video di atas? Juga ada acara sulap untuk menggalang donasi bagi yang penasaran mengalahkan tantangan triknya. Hahaha. Bisa aja, deh.

Ah, 11 November 2017 menjadi tanggal yang demikian bermakna bagi pengalaman belajar kami. Tanggal di mana kami bertemu dengan kawan-kawan baru yang bersemangat dan terus berinovasi dalam menyelenggarakan pendidikan bagi putra-putrinya.

Untuk Diri Sendiri, Kapan?


"Pasti repot banget ya, homeschooling?"
"Sempat me time, nggak?"
Inilah kengerian yang sering terdengung. Membayangkan mengajari sendiri 6 anak di rumah.

Padahal, ya memang repot! Hohoho... Tapi menurutku, setiap orang tentu sibuk dengan kondisinya masing-masing, kan? Bahkan yang jomblo pun biasanya sibuk mencari peluang jodoh atau meratapi nasib. Eh?


Bicara tentang jomblo dan berhubung habis membahas tentang tanggal 11 November tahun lalu, aku jadi teringat dengan Singles Day. Jadi, Singles Day itu adalah hari perayaan para jomblo di Cina yang diperingati setiap tanggal 11 bulan 11. Sepertinya, angka 1 ini mewakili kesendirian, ya.

Seiring perkembangan zaman, tanggal 11.11 kini berevolusi menjadi hari penting untuk memanjakan diri sendiri. Ya, memang setiap orang butuh me time ya sesekali. Tidak hanya terbatas bagi para jomblo.

Pentingnya Memanjakan Diri Sendiri


Meskipun manusia adalah makhluk sosial, namun ia juga makhluk individual yang membutuhkan waktu bagi diri sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Jika kebutuhan ini terpenuhi, maka ia akan menjadi pribadi yang lebih baik dan menyenangkan.

Setiap orang mungkin berbeda caranya dalam memanjakan diri sendiri. Namun yang perlu digarisbawahi, kita perlu memilih aktivitas ini dengan seksama, lho. Kita akan tahu bahwa cara memanjakan diri sendiri yang kita jalani sudah tepat jika ia memberikan manfaat dari 4 sisi ini.


1. Pikiran: Membantu Memahami Diri Sendiri


Saat bersama orang lain, mungkin kita hanya bisa mengikuti pendapatnya saja. Dengan melakukannya sendirian, kita jadi berpeluang untuk mendengarkan diri sendiri. Kita jadi makin tahu apa yang sebenarnya kita mau dan meyakinkan diri atas baik-buruknya.

2. Perasaan: Meningkatkan Mood Tanpa Tapi


Seharusnya, kita merasa bahagia tanpa ada rasa bersalah setelah memanjakan diri sendiri. Kita memahami bahwa aktivitas tersebut memang sangat diperlukan. Sedangkan risiko yang timbul dinilai lebih ringan daripada manfaat yang dihasilkan.

3. Mental: Positif dan Optimis


Kalau sebelumnya kita dilanda masalah atau kebingungan, cara memanjakan diri yang baik akan membantu kita memandang segala sesuatu dengan positif dan optimis. Sebab kita telah memahami keinginan kita, baik-buruknya bagi kita dan bersemangat menjalaninya karena rasa bahagia.

4. Kinerja: Menyiapkan Diri Berinteraksi Kembali


Memanjakan diri sendiri bukan berarti mengasingkan diri dari kehidupan, ya. Justru dia dijalani agar kita siap berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih baik bersama lingkungan sekitar. Kumpulan energi, inspirasi dan ide kreatif yang kita dapat selama me time adalah bekal menghadapi tantangan.

Jadi, bagaimana caramu memanjakan diri?

#Lazada1111, #FestivalBelanja1111 Terbesar!



Kembali berbicara tentang 11.11 yang menjadi agenda untuk memanjakan diri. Kini, 11.11 sudah menjadi Hari Belanja terbesar di dunia, lho. Baik luring maupun daring. Iya, berbelanja kan salah satu cara memanjakan diri.

Kalau aku sih, pilih berbelanja daring karena praktis. Makanya aku lagi intip Lazada nih, tempat jual-beli online nomor satu di Asia Tenggara. Karena tahun ini Lazada kembali mengadakan festival belanja Lazada 11.11 dengan Diskon Terbesar 24 Jam!

Ada serba 11 rupiah, voucher 1,1 juta, permainan Slash It dan Shake It serta aneka promo menggiurkan yang diberikan lebih dari 11.111 toko! Wah, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, ya. Memanjakan diri sendiri bersama Lazada bakal jadi seru, nih!

Ingat, ya! Agar momen memanjakan diri sendiri ini berjalan dengan benar, kamu harus:

  1. Memilih sendiri barang yang kamu butuhkan atau sukai
  2. Pertimbangkan reputasi toko, kualitas barang, harga dan ongkos kirim agar bisa bahagia tanpa tapi
  3. Yakinlah bahwa barang pilihanmu mampu menyelesaikan masalah
  4. Kembali beraksi dan menaklukkan dunia dengan barang belanjaanmu.

My Wishlist for My Me Time


Hmm... Jadi, enaknya belanja apa nih, di Lazada? Kalau buat menyenangkan diriku sendiri, maka aku itu paling suka dengan makanan dan parfum. Aha! Biar lebih awet bisa dipakai memanjakan diri berulang-ulang, mending aku pilih parfum aja, ya.

Parfum yang sesuai dengan kepribadian dan suasana hati yang kita inginkan itu, bagiku memberikan efek dahsyat untuk melipatgandakan produktivitas. Makanya, bolehlah sesekali beli yang bagusan, ya.

Parfum apa, nih? Yang pertama, jelas harus yang original, dong. Yang kedua, pilih yang EDP biar harumnya lebih tahan lama. Yang ketiga, demi amannya, aku pilih parfum yang sudah aku kenal dan sukai saja baunya. Kali ini aku ingin aroma yang manis dan menenangkan, deh.

Eh, tiba-tiba jadi ingat Suami. Beliau ini tidak hafal aroma parfum. Namun setiap aku memakai parfum yang beraroma mawar, pasti tanggapannya positif. Seperti dulu, waktu aku dapat miniatur Bvlgari Rose Goldea gratis, bonus saat membeli parfum. Aku pun suka sekali aromanya.

Bvlgari Rose Goldea ini beraroma bunga yang manis. Diawali dengan wangi Pomegranate, Rose dan Musk. Sedangkan fase tengahnya adalah semerbak Damascus Rose dan Jasminum Grandiflorum. Diakhiri dengan harumnya Musk, Sandalwood Milk dan White Frankincense.

Hampir semua note-nya adalah jagoan bagi hidungku. Bahkan aroma mawarnya berulang ya, di depan dan di tengah. Pokoknya mawar banget! Hebatnya, parfum ini memiliki aroma melati yang biasanya aku tidak suka. Tapi di sini, melatinya jadi manis dan berpadu sempurna dengan lainnya.


Waktunya berselancar di Lazada! Eh, ada yang mau flash sale dong, tanggal 11.11 nanti. Stoknya tinggal satu! Aku kan jadi mupeng berat ingin ikut rebutan. Nanti pasang alarm deh, biar nggak ketinggalan. Siapa tahu rezeki, ya.

Kalau kamu, sudah mengincar apa di Lazada?

Komentar

  1. Waah, homeschooler yaa,, kereen.... Aku juga ounya wishlist mba di 11.11 Lazada, karena memang kita sesekali boleh donk kasih reward ke diri sendiri, ya kan

    BalasHapus
  2. Itu sama sekali gak belajar di sekolah ya? Wah pasti repot ya, tapi enaknya anak-anak bisa terawasi 100%. Semoga wish listnya terwujud ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, salah satu keuntungannya bisa memantau anak2. formalnya sih ngga belajar. tapi ada yg nunut belajar di paud juga padahal udah besar. karena suka permainannya hihihi..

      Hapus
  3. Luar biasa kak. Home schooler mandiri oke punya

    BalasHapus
  4. Wah limited edition yah mba tinggal satu, semoga harga bisa turun di bawah satu juta :3

    BalasHapus
  5. waaahhh aku juga nih mbak. udah siap-siap buat tanggal 11.11 besok nih, banyak wishlist di lazada

    BalasHapus
  6. Keren mbak aktivitasnya. Bener2 harus dimanja diri sendirinya setelah berkutat dengan kegiatan keren sehari2. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt. menghirup parfum mahal pun sudah cukup buatku hihihi..

      Hapus
  7. Wah acaranya HS-nya keren-keren, mbak. Kayaknya sekarang makin banyak ya yang memilih HS buat anak-anaknya

    BalasHapus
  8. Aku nhgak kebayang kalau harus ngajarin 6 anak sendirian. Walaupun aku kagum sama para orangtua yang meng-homeschooling-kan anak anaknya. Semoga belanja di Lazada bikin mba punya banyak amunisi bahagia.

    BalasHapus
  9. Wah kereeen mbak memutuskan homeschooling untuk anak-anaknya. Dulu sewaktu pulang dari Australia, saya juga sempat terlintas mau homeschooling, mengingat kesulitan bahasa yang dialami anak saya waktu itu. tapi saya tidak cukup berani, mungkin karena waktu itu belum tau komunitas homeschooling ya.... Sukses terus untuk homeschooling dan wishlist belanjanya ya mbak...

    BalasHapus
  10. Aku baru ngeh lho bahwa kegiatan homeschooling itu ada komunitasnya. Apakah fungsi komunitas homeschooling itu untuk silaturahmi aja atau ada target edukasinya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silaturahim ya edukasi ya support jg. berusaha bisa menghasilkan sebesar-besarnya manfaat deh

      Hapus
  11. keren pasti ibu-ibu yang bisa konsisten homescholling anak-anaknya...saya sendiri sepertinya nggak mampu mengambil pilihan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting selalu memberi yg terbaik utk anak ya :)

      Hapus
  12. Saya selalu kagum dengan para pelaku homeschooling. Keren! Gak mudah memilih jalan yg berbeda, apalagi Mbak Farida punya 6 amanah, ya. Saya pernah baca sekilas juga tentang HSMN. Sip! Dan tentang 11.11, wah mupeng saya. Tetep harus belanja dg bijak ini karena godaan berseliweran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. belanja bijak biar tetep bahagia :P

      Hapus
  13. oooh aku baru tau kalau HS ada komunitasnya
    aku kira ya berjalan sendiri-sendiri, hehe

    parfumnya mahhaaaal mbak
    harumnya berkelas dan awet tuh pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sesuai sih sama harganya. bikin kangen hehehe..

      Hapus
  14. Mantap Mbak infonya, orang tua memang kudu pro aktif dalam mendukung kegiatan anak-anaknya ��

    BalasHapus
  15. Spechlrss saya... Secara memanage anak sendiri itu lebih sulit dibanding "ngajarin" anak orang. Wow!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih. setidaknya saya tahu kalau ada yg salah pada anak maka yg ditunjuk idungnya cukup saya dan suami hehehe..

      Hapus
  16. Woow selera parfumnya mantap nih mba, Bulgari :)
    Semoga kesampaian wishlistsnya yaa.. Aku juga udah listing beberapa yg aku suka di Lazada, biar besok tgl 11 tinggal checkout aja :)

    BalasHapus
  17. Aku selalu salut sama yang menjalankan homeschooling. Walaupun aku lulusan jurusan pendidikan, tapi kayaknya aku sendiri nggak akan sanggup deh menerapkan homeschooling buat anakku nanti. Hehe... Mbak keren banget. You deserve the me time!

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Namanya anak-anak ya mba, seneng banget dikasih balon. Apresiasi kecil yang bikin dia semangat utk terus melakukan hal positif. Emaknya hebat nii, dedikasi tinggi utk anak tp ttp merhatiin kebahagiaan diri

    BalasHapus
  20. Aku ngincer Blendeer, hahaha, semoga ada diskon semoga ada diskon.

    BalasHapus
  21. Wahh, kerenn.. aku followersnya HSMN di IG. Anak2ku juga insyaAllah HS, Mbak. Dan aku butuh komunitas seperti ini ada di Batam. Selama ini aku bersama-sama Komunitas Ibu Profesional. Cukup memenuhi kebutuhan, tp kalau ada yang spesial komunitas HS seperti HSMN kan akan lebih baik lagi. Hehehe. Lha, kok aku malah curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm ada ya di batam? coba kumpulin dulu para pelaku hs di sana. kali aja bisa diusulkan bikin di batam

      Hapus
  22. Masya Allah ada 6 amanah ya dengan Homeschooling. Juarak!
    Sudah selayaknya memang untuk memanjakan diri nih, mba Farida.


    BalasHapus
  23. Parfum memang hadiah istimewa bagi diri sendiri, dan bvlgari kebayang wangi dan wwet wanginya heheh

    BalasHapus

  24. Pastinya basis agama nya kuat muh

    BalasHapus
  25. Wah komunitas HS nya keren ya mba..menyenangkan memang berkomunikasi itu.. iya ttg event 11.11 kujadi kepikiran beliin kado2 ultah di event ini..maklum, ada 5 yg ultah di bulan ini .hehe..

    BalasHapus
  26. tanggal 11.11 nanti saya incar hardisk eksternal 2 TB di lazada, Mba. Biar bisa simpan koleksi film india dan drama koreaku yang makin lama makin banyak, hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap 2 TB. untung saya bacanya ga sampe pingsan. hahahaha..

      Hapus
  27. Aku pengen menghadiahkan diriku jam tangan pas besok Harbolnas. Pas banget jam tanganku hilang mba :)

    BalasHapus
  28. wah parfum ini nyaman banget lho aroma nya, seger. bvlgari mah selalu enak aroma nya. kalau aku ingin menghadiahi diriku liburan aja hehe

    BalasHapus
  29. Sesekali memanjakan diri memanjakan diri memang bagus. Bisa bikin mood jadi senang

    BalasHapus
  30. Keren banget Mbak Farida. Merawat dan mengurus 6 orang anak plus jadi guru juga untuk anak-anak. Parfumnya bikin laper mata nih. Hahaha. Tapi harganya nggak bersahabat sama aku. Huhuhu.

    BalasHapus
  31. Lebih banyak manfaatnya kalau gabung dengan komunitas, ya, Mbak. Bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman. Salut, deh dengan Mbak Farida, bisa sabar membimbing 6 buah hatinya :))

    BalasHapus
  32. Aku kalau parfum blm dulu deh. Idungnya kurang tahan, hahaha #Kampungan. Tapi aku ada beberapa wistlist buat besok

    BalasHapus
  33. Kereeen bangeT ya Mbak, kegiatannya banyak gitu. Bisa lebih dekat dengan alam, bisa praktek macam2, dsb.
    Ayooo Mbak, udah waktunya flash sale ini, semangat hunting yak :D

    BalasHapus
  34. Tetap langgemg keluarganya. Selamat belanja di 11.11. Semoga bermanfaat jangka panjang belanjaannya.

    BalasHapus
  35. Semarang dan sekitarnya ni banyak homeschooler yo Mbak. Enaknya... Sering ikut Potrack juga nggak Mbak? Dari dulu pengen ikutan tapi jauh euy ke sananya.

    BalasHapus
  36. Kebanaykan orang yang belum masuk di dunia homeschooling bilangnya repot ya mbak. Padahal kalau dijalani dan niat biasa aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama repotnya lah dengan yang nyekolahin anak. cuma bentuk repotnya beda :)

      Hapus
  37. Keren nih anak-anak homeschooling dan ibunya masih bisa nulis. Kayaknya kalo saya lebih banyak malesnya kali ya.

    BalasHapus
  38. Oya mba..jadi ingin tahu, apakah semua putra/putri mba HS? Apakah ada pertimbangan khusus / sesuai keinginan masing2 anak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semua HS. otomatis pada ngikut HS sih. bbrp ada fase ingin sekolah ya dituruti. tapi akhirnya balik hs lagi

      Hapus
  39. Itu campbya seru banget ya mba.. dan jangan lupa memang manjakan diri sendiri! Penting itu..

    BalasHapus
  40. Anaknya usia berapakah mba?
    Penasaran banget sama kegiatan anak-anak HS.
    Dan sebenarnya di Bandung sini, banyak sekali komunitas HS.
    Hanya akunya ga pede mau meng-HS kan anak-anak.

    Suka kagum sama keluarga yang HS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 13, 11, 8, 5, 3 tahun dan 9 bulan sekarang :)

      Hapus
  41. Kerrn yah komunitas nya mba, kalau aku sih ngincar kamera mba buat bikin vlog gitu ☺️

    BalasHapus
  42. Aku udah memanjakan diri nih mbak, tadi malam jam 12 berburu skin care dan make up hihihi

    BalasHapus
  43. Kayaknya aku juga butuh memanjakan diri bareng Lazada 11 11 nih, mbaaak

    BalasHapus
  44. Hari ini ayo kita serbu sesuai wishlist masing2 dari kita :)

    BalasHapus
  45. Kalau saya sama adik semalam ikutnya yang dari shopee. Dan ternyata kurang beruntung .. :(

    BalasHapus
  46. Jadwal dan agendanya Mbak Farida padat bener
    Semangat terus yah Mbak Farida, Paringi sehat selalu

    BalasHapus
  47. ya ampun whislistnya kece banget mba? sudah checkout belum hari ini? :D
    aku beli susu anak aja deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. singles day tetep mikirin anak ya hihihi..

      Hapus

  48. Saya selalu kagum dengan orang tua yang nengajar anak sndiri dengan home schooling. Pasti butuh kesabaran tingkat dewa. Saya belym tentu sanggup. Tap saya gagal fokus sama tampilan blognya, Mbak. Kereeen abiss.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih say. baru dirimu yg bilang huahahha...

      Hapus
  49. Acaranya seru tuh mba.
    11.11 yang aku tahu adalah harbolnas mba. Hehe

    BalasHapus
  50. Paling suka baca kesuksesan keluarga homeschooler jadi ikutan belajar.

    BalasHapus
  51. mantaappp mba whislistnya,,, semoga kemarin dapat ya mba

    BalasHapus
  52. Menarik banget kegiatan komunitas HS Kabupaten Semarang, kalau ada info kegiatan lagi, colek ya mba

    BalasHapus
  53. saya berharap di 11.11 tahun ini tabungan saya terus bertambah. mbaknya hebat ya bisa ajarin anak - anaknya sebagai homeschooler ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. moga tabungannya bengkak dan berfaedah :)

      Hapus
  54. ga sanggup aku homeschooling walaupun pernah mengenyam sarjana tapi rasanya gabisa menularkan ilmu. kalo soal 11.11 aku ga ikut taun ini. udah ga sempet berburu diskonan, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, kemarin lupa kelewatan begitu aja jamnya huhuhu..

      Hapus
  55. wah parfum sejutaan...obat jarang mandi kayaknya cocok nih hahah biar wangi terus

    BalasHapus
  56. untuk home scolling ini ada semacam sertifikasi g ya, takutnya nanti kalau anak mau masuk dunia kerja di tanyakan ijasah dan sejenisnya

    BalasHapus
  57. bisa ikut ujian kejar paket A, B dan C

    BalasHapus
  58. Waah, mahal juga ya parfumnya. Dapat ga pas tanggal 11 11 kemarin Mbak?

    BalasHapus
  59. Baru ngeh kalo memanjakan diri membawa manfaat untuk pikiran, persaan, mental dan kinerja. Makasih diingatkan. Btw saya juga ngelist Hp di Festival Belanja kemaren.

    BalasHapus
  60. family time nya oke bgt konsepnya

    BalasHapus
  61. Daridulu parfum Bvlgari emang paling oke kak.. Aku aja ampe sekarang kepengen banget beli yang ori ga kesampean ni huhuhu.. kalau aku wishlistnya pengen ganti hp aja deh ka farida biar makin oke nih kalau foto2 selfiiiihihihihi

    BalasHapus
  62. Nyebut2 jomblo aku suka sensitif nih. Hahaha. Wish list nya sederhana ya mbak Farida (menurutku sih...) semoga bisa terwujud, deh :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^