Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau Bagi Bumil


Sebagai orang Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah kuliner yang bernama bubur kacang ijo. Vigna radiate (bahasa latin) atau kacang hijau merupakan tumbuhan yang termasuk jenis polong-polongan dan memiliki kandungan protein nabati tinggi. 

Ada berbagai cara penyajian dari kacang hijau tersebut, yang salah satunya adalah dijadikan sebagai bubur. Tak hanya kaya akan kandungan protein nabati, bubur kacang hijau juga memiliki citarasa yang manis dan lezat. 

Menurut para dokter kandungan, ternyata ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau, lho. Lantas, manfaat apa sajakah yang akan didapat oleh ibu hamil dari mengonsumsi bubur kacang hijau tersebut? 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang manfaat dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Berperan Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi


Manfaat luar biasa yang pertama dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni berperan sebagai asupan gizi dan nutrisi. Tentunya hal ini sangat diperlukan oleh para ibu hamil, untuk memenuhi kebutuhan asupan tersebut selama masa kehamilan. 

Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki peranan penting bagi perkembangan dan pertumbuhan janin. Dengan demikian, maka tak heran jika ibu hamil diharuskan mengonsumsi bubur kacang hijau secara rutin dan teratur.

2. Mencegah Cacat Kelahiran



Cacat kelahiran merupakan momok yang menakutkan bagi semua ibu hamil. Ya, cacat kelahiran ini biasanya disebabkan karena ibu hamil kekurangan asupan asam folat. Cacat kehamilan tersebut bisa berupa bibir sumbing, kelainan jantung, hingga dapat merusak otak. 

Tentu saja bunda sangat tidak menginginkan hal itu terjadi. Namun, cacat kelahiran itu dapat dicegah dengan mengonsumsi bubur kacang hijau sebab kaya akan kandungan asam folat. 

3. Dapat Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan


Manfaat luar biasa yang berikutnya dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Terganggunya sistem pencernaan ini bisa disebabkan karena bunda yang kekurangan asupan serat, sehingga asupan gizinya akan ikut terhambat. 

4. Dapat Memelihara Kesehatan Tulang


Menurut para pakar gizi ternama dunia, kacang hijau mengandung sekitar 1,5 mg zat besi dalam setiap 100 gram penyajiannya. Nah, zat besi tersebutlah yang bertugas untuk memelihara kesehatan tulang, sehingga Bunda akan terhindar dari penyakit osteoporosis atau yang biasa kita sebut dengan keropos tulang. 

Selain zat besi, bubur kacang hijau ini juga memiliki kandungan kalsium yang bertugas untuk mempertebal tulang bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungannya.

5. Dapat Mencegah Penyakit Anemia


Manfaat luar biasa yang terakhir dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat mencegah penyakit anemia. Ada berbagai jenis penyakit anemia. Namun salah satu yang menjadi penyebab terjadinya anemia pada ibu hamil disebabkan kekurangan asam folat dan vitamin B12.

Mengingat bubur kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, maka zat besi tersebut dapat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin darah, sehingga bunda akan terhindar dari penyakit anemia. 

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil. Dengan manfaatnya yang begitu luar biasa, tak ada alasan bagi Bunda untuk tidak mengonsumsi bubur kacang hijau tersebut. Juga, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat selama kehamilan.

Komentar