Playdate Kecehan Sungai di Ungaran

Ungaran

Dua minggu lalu, akhirnya komunitas homeschooling kami mengadakan playdate juga. Playdate ini adalah yang pertama di tahun ini, lho. Wah, wah ... Tampaknya sibuk sekali, ya. Sampai-sampai tahun sudah berlalu separuhnya baru sempat playdate. Hehehe ...

Setidaknya, kami bersyukur bahwa playdate akhirnya bukan sekadar wacana. Kali ini, agenda kami adalah bermain kecehan sungai di Ungaran. Kecehan adalah kegiatan bermain di genangan air. Bisa di sungai, sawah, rawa-rawa ... Biasanya identik dengan air dan lumpur.


Kami memilih lokasi sungai di Ungaran, karena:
  • posisinya di tengah-tengah domisili para anggota
  • kondisi alamnya yang masih asri dengan sungai yang bersih
  • sebagian anggota kami sudah pernah mengadakan kegiatan di sana sebelumnya

Jika dibandingkan dengan Kota Semarang yang sulit menemui sungai bersih, Ungaran sebagai ibukota Kabupaten Semarang memang masih lebih terjaga kondisi alamnya. Letaknya yang berada di pegunungan, membuatnya berhawa sejuk dengan pemandangan gunung dan pepohonan.

Memangnya, apa saja sih, aktivitas yang bisa dilakukan saat kita main kecehan sungai? Tentu saja, sebenarnya banyak sekali ya, kegiatan seru yang melibatkan air. Berhubung biasanya kan, anak-anak suka sekali bermain air. Bahkan jika dia malas mandi pun, main air tetap menyenangkan baginya. 


Namun, karena keterbatasan waktu, akhirnya segambreng ide yang terkumpulkan pun harus makin kami rampingkan menjadi beberapa kegiatan saja. Nah, dengan cara apa saja kami menikmati kecehan sungai di Ungaran kali ini?


1. Ramah-Tamah



kecehan sungai di Ungaran

Iya, jadi ceritanya komunitas kami baru saja membuat format baru. Pengurusnya pun baru mengalami pergantian. Anggota-anggota baru juga banyak yang masuk. Selain itu, pada dasarnya acara ini terbuka untuk umum. Jadi, momen ini kami manfaatkan untuk lebih mengenal satu sama lain.


2. Coret-Coret


Usai acara ramah-tamah, panitia rupanya memiliki kejutan dengan menyediakan spanduk acara. Uniknya, tidak seperti kebanyakan spanduk yang sudah penuh berisi informasi acara, spanduk ini hanya memuat keterangan acara kecil saja di bagian atasnya, dan selebihnya kosong.


kecehan sungai di Ungaran

Rupanya, spanduk ini terbuat dari bahan yang bisa ditulisi. Ruang kosong di atasnya memang sengaja disediakan untuk anak-anak bebas mencoret-coret mengekspresikan karyanya. Wah, tentu saja hal ini disambut gembira oleh mereka. Spidol aneka warna pun siap beraksi menuangkan kreasi.

kecehan sungai di Ungaran

Lihatlah hasil karya anak-anak yang dipajang di lokasi ini! Anak-anak begitu bangganya melihat kreativitasnya terpampang di sana. Sorotan sinar matahari benar-benar membantu menghidupkan warna-warni di atas spanduk putih ini.


3. Bermain Air


kecehan sungai di Ungaran

Puas bermain dengan warna, kami pun mulai beriringan menuruni jalan menuju sungai. Sungai di sini sangat dangkal. Masih tampak jelas dasar dan bebatuan di atasnya, karena airnya yang sangat jernih. Wah, kecehan sungai kali ini berarti tidak melibatkan lumpur, ya.

Di sini, anak bisa bermain air sepuasnya. Mau berendam, ciprat-cipratan, tuang-tuang ... Bebas!


4. Lepas Ikan


Acaranya selanjutnya adalah Lepas Ikan. Iya, melepas ikan, bukan menangkap ikan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem agar sungai tetap penuh ikan. Jadi, bukan hanya bisa menangkap saja, ya. Kita juga harus bisa membudidayakan ikan juga.

kecehan sungai di Ungaran

Namanya anak-anak, pikirannya bisa beda. Melihat para bibit ikan yang mungil-mungil itu ternyata tidak langsung berenang bebas, melainkan malah bersembunyi di balik batu-batu, mereka jadi gemas dan berusaha menyebarkannya kembali. Duh, itu para bayi memang cari perlindungan, Nak.


5. Meluncurkan Roket Air


Kalau kamu sudah nonton film Iqro My Universe, atau setidaknya trailer-nya, maka kamu akan melihat salah satu adegannya adalah peluncuran roket air. Sebelum nonton bareng film ini saat tayang perdananya di minggu berikutnya, kami sudah mencoba sendiri sensasinya di kecehan.


kecehan sungai di Ungaran

Roket-roket air ini sudah disediakan terlebih dulu oleh panitia. Terbuat dari botol mineral bekas dan bahan-bahan lain yang tahan air. Instalasi peluncurnya pun menggunakan alat yang pernah dipakai pada kegiatan yang sama sebelumnya. Hal ini untuk menghemat waktu.

kecehan sungai di Ungaran

Jadi, saat kecehan sungai di Ungaran ini, anak-anak langsung belajar meluncurkan roket airnya saja. Seru sekali prosesnya. Mulai dari mencoba-coba teknik agar roket bisa meluncur, hingga akhirnya benar-benar bisa melambung. Bahkan beberapa menyangkut di pohon seperti foto di atas. Hahaha ...


6. Membuat Perangkap Ikan


Kemudian, anak-anak juga diajarkan cara membuat perangkap ikan sederhana. Perangkap ini terbuat dari botol mineral bekas dengan cara sebagai berikut: 

  1. iris bagian atas botol yang mengerucut
  2. isi botol dengan batu atau pemberat lain untuk menahannya agar tak hanyut
  3. tutupkan irisan bagian atas tadi ke botol dalam posisi terbalik
  4. pasang perangkap tersebut secara horisontal di dalam air

kecehan sungai di Ungaran

Air akan mengisi botol tersebut. Demikian juga ikan-ikan kecil yang bisa melalui mulut botol akan ikut masuk. Namun, mereka akan kebingungan mencari jalan keluar dan terperangkap di dalam. dapat deh, ikannya! Untuk ikan yang lebih besar, siapkan perangkap dengan ukuran yang sesuai, ya.


7. Makan Bancakan


Menjelang tengah hari, kami pun kembali berkumpul di antara bentangan sawah hijau untuk makan bersama. Makanan ini kami bawa masing-masing dari rumah untuk dimakan bersama secara bancakan di atas daun pisang. Senangnya, menikmati aneka sajian di alam terbuka bersama teman!

kecehan sungai di Ungaran

Itulah keseruan playdate kami saat kecehan sungai di Ungaran. Ternyata, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan walau waktu terbatas, ya. Untuk lebih menjiwai, silakan simak video rangkuman kegiatan kami berikut ini:

16 komentar

  1. Kegiatannya seru banget, mbak! Nggak heran anak-anak seneng dan antusias banget. Aku pun masih suka kecehan sampe sekarang. Btw itu di sungai apa sih, Mbak? maksudnya di tempat wisata atau gimana gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada namanya say. Ya sungai di seberang nissin gitu

      Hapus
  2. Seruuuuuu...pasti anak2 sangat suka acara playdate ini y mba.. Bisa ditiru nih untuk komunitas2 lainnya..

    BalasHapus
  3. Duh senangnya bisa keceh di air sungai yang belum terkoNtaminasi polusi limbah sampah.Jadi pengalaman berkesan ntuh tentunya buat anak-anak

    BalasHapus
  4. Wah seru ya mba, jadi pengen ajak anak-anak main ke sungai itu..depan Balemonh juga bersih sungainya..masih nyaman untuk main..

    BalasHapus
  5. Kegiatannya menyenangkan dan seru banget. Betah deh matiin gadget buat ikutan kegiatan seseru ini.

    Have fun banget semuanya 🎉

    BalasHapus
  6. Ya Allah seru tenan playdate nya mbak anak2 happy banget ni pasti soalnya ga nemu kegiatan kek gini di kota kan

    BalasHapus
  7. Duh playdatenya nyenengin..jadi inget masa kecil suka main di sungai

    BalasHapus
  8. Kegiatannya seru banget... Anak-anak pasti senang sekaligus dapat banyak ilmu ya ��
    Jadi kangen ikut playdate, dulu pas masih di Semarang dan gabung komunitas kadang ikut acaranya meskipun Hasna bukan homeschooling, hehe

    BalasHapus
  9. Seru banget nih kegiatannya. Main di alam emang paling seru dan suka bikin lupa waktu.

    BalasHapus
  10. Seru banget kegiatannya, Mbak. Rasanya pengen ke sana juga. Anakku pasti seneng ceburan di sungai. Hbs itu Makan di bawah rerimbunan pohon. Serunya.

    BalasHapus
  11. Seruuu kegiatannya, mbak. Dan aku penasaran lokasi suangai di mana ya, bersih dan dangkal. Jadi anak-anak bisa nyebur dan main air ya, eh sama melepas ikan

    BalasHapus
  12. Mba, klo bukan praktisi homeschooler boleh ikutan gabung kah? Menarik banget nih kalau anak lanang ikutan keceh dan main di alam bebas gini.

    BalasHapus
  13. Bagus mbak, aktivitasnya. Itu masuki gambar yang bergerak pakai apa ya mbak?

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^