Mau Sehat? Selalu Perhatikan Sistem Pencernaan Dalam Tubuh

sistem pencernaan

Asupan nutrisi merupakan salah satu hal yang perlu selalu diperhatikan agar tubuh kita bisa tetap sehat. Termasuk menjaga sistem pencernaan agar nutrisi bisa terserap secara optimal. Tapi, menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Dua hal berikut bisa Anda lakukan untuk memastikan sistem pencernaan Anda tetap sehat.


Tetap Terjaga Setelah Makan


Setelah makan, beberapa di antara Anda mungkin akan mengantuk atau ingin beristirahat. Tapi, jangan turuti perasaan tersebut karena bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Ya, tubuh manusia tidak dapat mencerna makanan secara normal saat tubuh berada dalam posisi tidur.

Sebab, dibutuhkan posisi tubuh yang tegak agar sistem pencernaan dalam tubuh bisa tetap terjaga. Ketika Anda tidur setelah makan, maka hal tersebut bisa mengganggu sistem kerja pencernaan dan mengganggu kesehatan organ di dalamnya.

Tunggulah sekitar 2-3 jam setelah makan apabila Anda mengantuk dan ingin tidur setelah makan. Sehingga, sistem pencernaan dalam tubuh tetap terjaga dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap secara maksimal.


Cegah Konsumsi Lemak Terlalu Banyak


sistem pencernaan

Ketika makan, kita tentu membutuhkan makanan yang bergizi dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Mulai dari karbohidrat, protein, berbagai vitamin sampai lemak sangatlah dibutuhkan tubuh.

Namun, jika Anda ingin memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat, sebaiknya hindarilah konsumsi lemak berlebih saat makan.

Konsumsi lemak berlebih bisa membuat sistem pencernaan dalam tubuh bekerja lebih keras dibanding sebelumnya. Sebab, lemak merupakan nutrisi yang sulit untuk dicerna oleh tubuh dan lebih lama bertahan dalam sistem pencernaan.

Inilah yang membuat Anda bisa merasa tidak nyaman ketika banyak mengonsumsi makanan berlemak dan lebih cepat merasa kenyang. Selain itu, konsumsi lemak berlebih juga bisa meningkatkan berat badan secara drastis.

Agar sistem pencernaan bisa tetap sehat, usahakan untuk membatasi konsumsi makanan berlemak seperti daging atau gantilah dengan lemak nabati seperti alpukat.

Selain melakukan hal-hal di atas, pastikan juga Anda selalu menyiapkan obat mengatasi perut kembung di rumah Anda. Anda bisa memilih Domperidone sebagai salah satu obat untuk mengatasi perut kembung.

Kunjungi link berikut https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar untuk mengetahui info bermanfaat dari Guesehat dan mendapatkan Domperidone dari Go Apotik.

11 komentar

  1. Mbak, aku kurus.. kayaknya aku perlu banyak lemak deh, hahhaa. Butuh banyak konsumsi daging. Aku makan pepaya tidap hari mbak untuk memperlancar pencernaan dan minum jus vitamin c seperti anggur dicampur strawberi dan melon. Pas baca post ini yg mbak bilang bisa meningkatkan berat badan tubuh drastis... woh, okeh... untuk kasusku, aku perlu makan lebih banyak daging :D

    BalasHapus
  2. Benar, setelah makan usahakan kita tidak langsung tidur, apalagi pada malam hari. Jika dibiarkan, selain akan mengganggu pencernaan, aktivitas ini juga akan rentan dihinggapi berbagai penyakit.

    BalasHapus
  3. bener, bisa dicoba dengan makan buah sebelum makan bisa bikin kita kenyang duluan sehingga gak terlalu banyak makan pas makan hidangan utama

    BalasHapus
  4. Setuju, untuk makan malam maksimal jam 19. Perbanyak buah (asal jangan durian hehe..)& minum air putih. Juga olahraga ringan 30 menit sehari. Dulu saya suka angkat beban (buatan sendiri) tapi malah membebani sendi, jadi diganti jalan kaki atau renang. Yang penting keluar keringat & pencernaan sehat..Tapi ga tau minuman probiotik manjur ga ya buat pencernaan..

    BalasHapus
  5. saya banget itu kebiasaan kalau abis makan pasti ngantuk. duh, gak bagus buat pencernaan ya ternyata.

    BalasHapus
  6. Kebiasaan aku malah makan buah terakhir. Hehhehe. Tentunya memang lebih optimal jika makan buah dulu ya mba

    BalasHapus
  7. Kalo makan daging terus minum jus alpukat jadi sehat dong yah hehe

    BalasHapus
  8. Aku banget nih kayaknya, walaupun aktivitas padet tp konsumsinya yg lemak2 jd cepet bgt gemuk hiks, skrg udah aku kurangin sih

    BalasHapus
  9. Dari kecil ortu selalu bilang kalau makan buah harus duluan sebelum makan berat, alasannya karena buah lebih cepat busuk daripada makanan berat jadi kalau bisa dicerna terlebih dahulu oleh tubuh. Dan ternyata makan buah terlebih dahulu juga membantu untuk nggak jadi rakus saat makan berat hihihi (soalnya saya termasuk yang doyan makan) :D

    BalasHapus
  10. Gw makan sebanyak apapun tetep aja kurus. Udah DNA kayaknya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^