Manajemen Waktuku Sebagai Ibu Bloger

manajemen waktu

Sebagai ibu yang memilih menulis blog sebagai salah satu caranya untuk me time sekaligus menambah penghasilan, tentu memerlukan ketrampilan tersendiri dalam manajemen waktu, tenaga, pikiran, perasaan dan ... dana, mungkin?


Agar manajemen waktu dalam menjalankan peran sebagai istri, ibu dan bloger bisa berjalan lancar, maka sebelumnya aku perlu juga menyiapkan penataan dalam hal-hal lain yang berkaitan dengannya, misalnya terkait rumah dan anak. Tak dapat dipungkiri, keduanya adalah porsi penting bagi ibu.

Makanya, supaya acara menulis blog bisa tetap berjalan lancar, aku berusaha menjalankan hal-hal berikut ini sehingga semua tugas dapat terselesaikan dengan baik.


1. Manajemen Rumah


Salah satu ketrampilan yang perlu dikuasai ibu agar pekerjaan rumahnya lebih mudah ditangani adalah dengan memanajemen rumah. Sehingga kita bisa punya waktu lebih banyak untuk melakukan hal lain, termasuk menulis blog. Caranya sudah pernah aku tulis dalam sebuah artikel, kok.



2. Manajemen Anak


manajemen waktu

Sering kali, anak menjadi alasan bagi ibu bloger hingga kegiatan menulis blognya terhambat. Dengan manajemen yang lebih baik terkait urusan anak, anak bukan lagi momok bagi seorang ibu untuk tetap menjalani minatnya menulis blog. Salah satunya adalah mendidik anak agar menjadi pribadi mandiri.

Jika anak terlatih mandiri, ia akan semakin mampu memenuhi kebutuhannya sendiri untuk bermain, belajar, merawat diri, menjaga barang-barangnya, bahkan akan berlanjut pada kemampuan untuk menolong orang lain. Kalau sudah begini, tugas ibu jadi terasa lebih ringan, kan?

Tentu saja, melatih anak mandiri tidak serta-merta langsung melepasnya sendirian sejak dini. Justru, itu akan membuatnya menjadi pribadi yang rapuh lho, di kemudian hari. Ada trik tersendiri yang aku lakukan agar anak-anak bisa mandiri pada waktunya, yaitu menjadi orangtua yang responsif.



3. Manajemen Waktu


Nah, kalau urusan rumah dan anak bisa berjalan dengan baik, maka kita tinggal manajemen waktu agar tetap punya kesempatan menulis blog. "Kok bisa sih, ibu rumahtangga 6 anak masih sempat menulis? Ya, salah satu rahasianya adalah selalu menyediakan waktu untuk menulis. 

Kalau aku, usaha manajemen waktuku untuk menulis blog dimulai dengan membiasakan anak-anak tidur jam 9 malam. Untuk membangun suasana istirahat, aku pun sudah berbaring di atas ranjang pada jam tersebut. Kadang tertidur, kadang hanya untuk beristirahat sejenak.

Begitu anak-anak tampak mulai terbuai dalam tidurnya, aku pun mulai menulis blog hingga tengah malam. Jika aku mulainya di jam 10 malam, artinya aku punya waktu 2 jam untuk menulis. Cukup? Bisa cukup jika sebelumnya sudah jelas apa yang mau diketik.

Makanya, di tengah-tengah kegiatan harian, aku sudah mencicil memikirkan mau menulis apa malam nanti. Risetnya, outline-nya, gambar-gambarnya, aku lakukan dan siapkan di antara kesibukan mengurus rumah dan anak. Jadi malamnya bisa langsung beraksi!

Semua memang butuh pembiasaan dan latihan terus-menerus, ya. Kadang hasilnya juga tidak langsung tampak. Namun, aku sudah membuktikan sendiri. Menjadi ibu bloger dengan banyak anak itu tetap bisa konsisten menulis blog.

Aku bahkan sudah beberapa kali berhasil memenuhi tantangan ODOP, lho. Jadi, tetap yakin dan telaten saja berusaha menemukan manajemen waktu terbaikmu. Sehingga, kamu juga bisa menunjukkan karyamu, setiap hari. Yuk, semangat!

27 komentar

  1. Urusan manajemen waktu meskipun lebih banyak beraktifitas di rumah emang penting banget.. Karena efeknya bisa kemana-mana ya..Keasikan ngeblog sampe lupa amsak kan berabe ..wkwkwk semangat ngeblog kak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillaaahhh, makasiii sharing tipsnya ya Farida.
    Aku selalu takjub dgn ibu2 setrooong macam dirimuuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Kesempatan menulis saya sudah mulai meredup.
    Mungkin ya karena dunia nyata semakin menyita waktu.
    Dulu kalau ngeblog bisa jam 2 malam, kini semakin berat.
    Kadang sudah letih duluan, terus inginnya tidur deh.

    BalasHapus
  4. Mbaa, postinganku bln lalu baru 1 nih. Terasa lelah bgt setelah melahirkan anak ke-3 duh.. pdhl pas anak sblumnya nggak seperti skrg.
    Sedang mengumpulkan semangat2, alhamdulillah baca ini

    BalasHapus
  5. Keren deh, menginspirasi sekali... Manajemen waktu saya masih berantakan, makanya belum pernah ikut odop

    BalasHapus
  6. Luar biasa mba kesibukan dg 6 orang anak dna masih bs memenej waktu utk blogging dg baik.
    Aku tuh bener-bener kendala bgt sekarang nih soal waktu

    BalasHapus
  7. Manajemen rumah ini yang masih suka terlalu menyita prioritas. Kadang akunya juga yang susah tutup mata, maunya apa-apa pekerjaan rumah beres duluan. Ujung-ujungnya kecapekan trus malamnya langsung ketiduran. Gak jadi nulis deh, hehe.

    BalasHapus
  8. masyaaallah mba, manajemen waktunya cukup baik dan terorganisir dengan baik, jaga kesehatan juga ya mba, dan sempatkan me time. :)

    BalasHapus
  9. Wah... aku masih suka keteteran nih menyeimbangkan urusan rumah terutama anak-anak dengan urusan kerjaan, kadang masih suka salah menetapkan skala prioritas, kalau udah begini butuh banget manajemen waktu, makanya aku sering salut buat emak-emak yang bisa ngatur waktu walaupun kesibukan mengurus rumah padat banget.

    BalasHapus
  10. maaaak memang anak kadang menjadi alasan bagi ibu bloger hingga kegiatan menulis blognya terhambat. istilahnya kambing hitam gitu yaaa... padahal dengan anak ada atau engga seharusnya malah menyemangati

    BalasHapus
  11. Keren mba bisa memanage semuanya dengan baik. Manajemen waktuku masih berantakan padahal belum berumah tangga, aku nggak terbiasa menulis blog malam sepulang kerja karena udah pasti tepar. Waktu senggangnya hanya weekend.

    BalasHapus
  12. Wahh keren banget mbak Farida, sudah bisa memanajemen waktu sebagai nak blogger. Saya belum mbak, masih keteteran. Makasih sharingnya, jadi harus menata lagi nih

    BalasHapus
  13. Keren mba manajemen waktunya nih. Aku yang baru punya satu anak masih suka keteteran. Memang kudu banget nih memanfaatkan setiap waktu dengan baik supaya semuanya beres.

    BalasHapus
  14. Mbak farida golden time buat nulisnya kpan nih? Kalau saya setelah anak tidur atau pagi sebelum subuh

    BalasHapus
  15. Sebagai ibu rumah tangga yang merangkap sebagai blogger penting banget nih punya management waktu ya mbak, kalau aku biasanya nulis pas anakku sekplah dan malam hari saat suami dan anakku tidur.

    BalasHapus
  16. Memang harus disiplin yaa mba, soalnya semua kita atur sendiri

    BalasHapus
  17. Ini aku lg belajar konsisten nulis mba,, mudah2an bisa ini odop.. klobarur waktu udah bisa cuma atur ide belum��

    BalasHapus
  18. Bloger apa blogger nih Mba. Tapi emang mesti terlihat santai ternyata ngurusin blog itu juga butuh usaha dan waktu khusus ya. Perlu diatur juga

    BalasHapus
  19. makasih tipsnya, mba...
    paling susah tuh manajemen waktu kayanya ya...

    BalasHapus
  20. Susah buat konsisten nih...udah 10 thn ngblog tetap blm bisa konsisten kpn waktu nulis msh sekenanya...sekesambinya padahal.hrsnya konsisten ya klo mau prop

    BalasHapus
  21. Setuju, Mba sebagai mom blogger kudu pintar2 mengatur waktu biar semua dapat. Saya juga begitu. Kalau ga diatur, bisa berantakan.

    BalasHapus
  22. HEbat lho mba, saya aja belum kepikiran untuk manajemen rumah, blogger dan lain-lain. Masih ngikutin arus aja, bisa dikerjain nggak bisa ditinggal. Salut sama mba, kereennn bisa bagi-bagi waktu.

    BalasHapus
  23. Manajemen waktu memang penting banget ya mba, supaya lebih teratur lagi ya.

    BalasHapus
  24. Aku juga sdang ikut ODOP beberapa bulan terakhir, kak..
    Dan ketauan banget performa menulisku.
    Kadang kalau lagi males, ya Allah~

    BalasHapus
  25. Setuju banget sebagai mom blogger harus bisa mengatur waktu atau me-manage waktu kalo kagak bisa keteteran

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^