Pola Makan BRAT Sembuhkan Diare

 obat diare alami untuk dewasa

Diare yang tak kunjung sembuh tentunya menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar orang, di mana diare ini memang sangat mengganggu aktivitas di keseharian. Terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan di luar ruangan.

Hal inilah yang menyebabkan anda harus mencari obat diare alami untuk dewasa agar diare yang dialami cepat teratasi.

Salah satu cara mudah untuk mengatasi sakit perut tersebut adalah dengan menerapkan pola makan BRAT, pola makan ini telah teruji mampu menurunkan rasa tidak enak pada perut saat mengalami diare tersebut.


Manfaat Menerapkan Pola Makan BRAT


obat diare alami untuk dewasa

BRAT merupakan sebuah istilah yang merujuk pada pola makan yang terdiri dari Banana (pisang), Rice (nasi), Apple Sauce (saus apel), dan Toast (roti panggang). Kalau di Indonesia, ada satu T lagi yang bisa ditambahkan, yaitu Tempe.

Keempat makanan ini telah terbukti mampu membuat penderita diare bisa sembuh dalam waktu singkat.

Alasan mengapa pola makan ini sangat ampuh mengatasi diare adalah karena BRAT bisa membantu mengembalikan kesehatan pencernaan, menghasilkan energi, menyediakan nutrisi, dan menyediakan mineral yang cukup agar usus tidak mengalami iritasi atau pun bengkak.


Cara Agar BRAT Lebih Efektif


obat diare alami untuk dewasa

1. Hindari Makanan Penyebab Diare


Agar BRAT lebih maksimal, Anda juga bisa menghindari makanan yang bisa menyebabkan diare, seperti cabai, susu, makanan asam, dan sebagainya. Usahakan gantilah makanan yang biasa Anda makan tersebut dengan makanan yang lebih sehat dan baik untuk perut Anda.

2. Minum Air Mineral yang Cukup


Saat terkena diare pastinya cairan dalam tubuh Anda akan berkurang sangat drastis. Hal ini, selain membuat lemas dan tidak berenergi, juga dapat membuat kemampuan tubuh melemah. Sehingga diare yang dialami sukar untuk sembuh. 

Bahkan bisa bertambah parah bila anda tidak mencukupinya dengan banyak minum air mineral.

3. Minum Obat Alami


Terakhir, lengkapilah pola makan BRAT dengan meminum obat alami yang terbukti berkhasiat. Misalnya saja minuman teh hangat, jahe hangat, atau pun minuman hangat lainnya. 

Selain bermanfaat untuk diare, minuman hangat juga mampu menyembuhkan banyak masalah lain seperti sakit tenggorokan, flu, bahkan mengatasi sakit kepala berat sekali pun.

19 komentar

  1. ini bener banget, aku setiap ada gangguan perut entah itu maag atau diare pasti akan mereda setelah makan tempe hehehe

    BalasHapus
  2. Kemarin aku alami diare, mba. Dan itu nggaknyaman bener. Kayaknya emang aku harus perbaiki pola makan aku mba . Makasih mengingatkan, mba

    BalasHapus
  3. Eh di tempat baru sini perut saya malah masalah kalo makan pisang buahnya. Padahal doyan banget pisang buat diet :)

    BalasHapus
  4. Wih menarik juga tuh. Jadi pengen makan pisang wkwk. Boleh nih dicoba.

    etherealpotato

    BalasHapus
  5. Dan banyak minum air putih jangan lupa ya mba, ashiap ku baru tau pola makan BRAT ini thank you tips nya mba, noted

    BalasHapus
  6. haa jahe obat alami diare, mungkin dia seperti air kelapa hijau fungsinya

    BalasHapus
  7. Menjaga pola makan memang penting sekali ya dan pastikan banyak minum air putih juga.

    BalasHapus
  8. Makasih infonya say. Aku baeu tau soal BRAT ini ternyata bisa bantu pasien diare ya ☺

    BalasHapus
  9. Waahhh, nice info, mbak. Memperbaiki pola makan emang penting banget nihhh buat mencegah diare datang lagi.

    BalasHapus
  10. Wah, aku baru tahu dengan metode BRAT ini. Aku kalo diare biasanya makan telor asin sama kerupuk kulit. Lumayan manjur. Noted buat referensi deh metode BRAT ini :)

    BalasHapus
  11. Seneng deh semakin banyak pilihan cara untuk penyembuhan diare, karena ternyata masih banyak banget teman - teman kita yang lain menderita diare dan mereka nggak tau cara menanggulanginya

    BalasHapus
  12. Makasih sharingnya Mak. Ini untuk orang dewasa aja atau bisanjuga buat anak anak ya Mak.

    BalasHapus
  13. wah aku baru tau ada metode ini, bisa pake apel ternyata. terimakasih infonya, sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  14. Ini berguna banget ya jika mengetahui metode ini Tentunya bisa memberikan manfaat lebih bagi kesehatan ya

    BalasHapus
  15. Wah tengkyu untuk ulasan BRAT nya ini mbaa bisa ak aplikasikan nanti kalo kluarga terkena diare ga d kasih obat-obatan dulu

    BalasHapus
  16. aku baru tau POLA ini kak, berguna banget kalo aku dan keluarga diare, tp alternatif aku suka dibikinin teh pait dulu sih kalo diare dan banyak minum air putih biar gak dehidrasi

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu ada istilah BRAT. Ternyata bisa mengatasi diare ya. Artinya nggak bisa terus-terusan dikonsumsi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau diarenya udah reda, ya balik ke menu bergizi lengkap dan seimbang :)

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^