Tips Konsisten Menulis Blog

Tips Konsisten Menulis

Setelah mengetahui cara agar bersemangat menulis di blog, kita juga perlu menjaga konsistensinya. Biasanya, saat awal membangun blog, kita sangat rajin mempublikasikan artikel. Namun, begitu blog sudah sedikit berumur, intensitasnya jadi menurun. Iya atau betul?


Nah, berikut ini adalah beberapa tips konsisten menulis di blog, sehingga kita tetap mampu produktif di usia berapa pun blog kita. Let's cekidod!


1. Jangan Plin-Plan


Hal ini biasanya terjadi saat perjalanan blog masih di tengah-tengah. Target blog belum tercapai, sedangkan umur blog sudah agak lama. Bloger jadi merasa bimbang antara mau melanjutkan blognya atau berhenti ngeblog dan fokus ke pekerjaan lain.

Maka, belajarlah untuk fokus! Jika apa yang sudah kita jalani setengah jalan saja tidak mampu membuat kita fokus, maka apa jaminannya bahwa kita akan bisa fokus nantinya pada hal lain? Hayo ...! Jadi, kuatkan tekad untuk tetap konsisten. Setidaknya, agar tahu caranya fokus pada satu hal.


2. Selalu Percaya Diri


Percayalah bahwa kita bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung. Menghibur, memberikan inspirasi, memacu motivasi, menambah pengetahuan, menjawab kebingungan, memecahkan masalah, atau apa pun itu. Kita bisa memberikan sesuatu bagi pembaca artikel kita.

Tips Konsisten Menulis

3. Pasanglah Target


Ada yang bilang, menuliskan target adalah cara paling gratis untuk meraih tujuan. Semua orang berhak memiliki target. Buatlah target yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki sekarang. Mulailah membuat target dari yang terdekat. Pecah target menjadi target-target kecil di dalamnya.

4. Buatlah Jadwal


Target di sini selanjutnya perlu diikuti dengan membuat jadwal. Tentukan waktu yang pas untuk menemukan ide tulisan, menulisnya, mengedit dan terakhir mempublikasikannya. Disiplinlah dengan jadwal! Dengan begitu, bisa diharapkan kita menghasilkan artikel sesuai jadwal.

Baca juga: Manajemen Waktuku Sebagai Ibu Bloger.

Tips Konsisten Menulis

5. Temukan Ide


Topik atau tema merupakan hal utama yang harus kita tentukan agar punya ide untuk menulis. Topik ini bisa kita gali dari niche blog atau tujuan kita berkecimpung di dunia blog ini. Kunci menemukan topik adalah kita harus kreatif dan tidak bosan untuk terus mencari dan merekamnya dalam catatan.

Baca juga: Mengapa Menjadi Bloger Begitu Berharga.

Sebenarnya, mencari ide itu tidak sulit. Sumber ide itu sudah ada di sekeliling kita. Hanya terkadang kita terlalu memilih dan banyak perhitungan. Padahal, walaupun suatu topik itu sangat sederhana, belum tentu itu tidak bermanfaat. Kita bisa mulai menggali ide dengan menulis tentang:

  • keseharian
  • hobi
  • sesuatu yang kita kuasai
  • pengalaman orang lain
  • bacaan/tontonan
  • kesan kita setelah melihat, mendengar atau merasakan sesuatu dll


6. Susunlah Daftar Artikel yang Ditulis


Setelah menemukan sederetan topik artikel yang akan dibuat, yuk buatkan daftarnya! Dengan begitu, kita memiliki arahan untuk menulis. Daftar ini bisa disusun untuk sehari, seminggu, sebulan atau pun setahun. Kalau aku biasanya menyusun daftar tulisan setiap bulan.


7. Menulis Sekarang!


Buatlah poin–poin yang akan disampaikan, lakukan riset kecilterhadap ide tersebut dan tuangkan ke dalam tulisan. Ketikkan kalimat pembuka. Begitu paragraf awal sudah terlewati, biasanya proses menulis akan lebih lancar hingga paragraf terakhir.

Usahakan untuk selalu menmbuat artikel yang orisinal. Hal ini sangat berpengaruh dalam melatih kreativitas dan memunculkan rasa percaya diri. Lagi pula, sentuhan pribadi dari diri kita masing-masing akan lebih berkesan bagi pembaca.

Kemudian, pertahankan irama menulis kita dan meningkatkan kuantitas serta kualitasnya secara bertahap. Berusahalah untuk stabil dan terarah. Suatu saat, tanpa disadari, kita jadi terbiasa untuk konsisten menulis blog dan sangat menikmatimya.

28 komentar

  1. Menulis sekarang n_n .ini ngaplok pipi saya. Trimakasih

    BalasHapus
  2. Oh iya gambar gambar ilustrasinya bagus, gmn cara ngambilnya ya

    BalasHapus
  3. Jyaahhh, Faridaaaa ini kenapa #HAKJLEB banget tapi bener siiikk hihihi
    Semangaaatt ngeblooooggg!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Cucok banget nih tipsnya...Semangat konsisten menulis diawali dengan niat..hehe...Kalo udah gak niat..ada aja alesannya..eh ini sih kalo saya hehe

    BalasHapus
  5. Pakai jadwal perlu juga ya, selama ini aku tidak pakai jadwal, nulis kapan aja semaunya *duh kebiasaan jelek nih, harus diubah. Aku harus mulai belajar disiplin. Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  6. Menulis sekarang, ini nih yang kadang masih susah dilakukan. Apalagi bagi tipe suka menunda-nunda pekerjaan macam saya ini. Udah ada aja di pikiran, ide mau nulis tentang ini itu, udah kebayang juga mau pakai gambar apa sebagai pelengkapnya. Tapi ya cuma di pikiran, karena masih pakai prinsip ntar aja lah nulisnya. terus akhirnya lupa deh

    BalasHapus
  7. Kalau saya harus rutin menulis. Biasanya abis liburan suka mager banget menulis. Tetapi, kalau saya biarkan, bisa-bisa malah kebablasan magernya. Makanya, harus diusahakan untuk terus mau menulis meskipun ada rasa malas

    BalasHapus
  8. saya sempat terputus nulis ketika beberapa bulan lalu, terlalu banyak hal lain yang dikerjakan, bahkan ketika mau mulai nulis sudah banyak lelahnya. Sekarang jadi numpuk PR tulisan. Yes, saya pun selalu sempatkan bikin daftar tulisan

    BalasHapus
  9. semuanya sudah pernah dilakukan. tapi ada waktunya ga ngefek semua krna riweuh amat sangat dan lelah lahir batin :D

    BalasHapus
  10. Jadi inget blog aku lainnya yg belum terisi postingan baru, mbak
    Sebenrnya udah semangat diawal buat nulis, dapat separuh jalan, berenti, terus ngelanjutinnya beberapa hari kemudian hehee. Tapi kalau udah semangat mah bisa bingung mau nulis yg mana hheeee
    TFS yahh Mbak

    BalasHapus
  11. Aku dulu bikin daftar tulisan yang mau dipost di blog. Sekarang lebh suka2 banget kalau nulis. Sudah bisa posting aja bahagia banget. Kudu jaga konsistensi

    BalasHapus
  12. Wah, tips bagus ini. Yang menyusun daftar artikel yang mau ditulis sama membuat jadwal blm saya lakukan... Harus dicoba ini..

    BalasHapus
  13. Konsisten itu yang berat ya mbak. Kalau ide sih banyak, tapi untuk konsisten nulis aku masih nyerah. Banyak sekali aral melintang plus alasan. Hehehw

    BalasHapus
  14. Aku niatnya pengen nulis non fiksi untuk buku solo tuh sampai sekarang nggak bisa. Cuma sementara pengennya konsisten ngeblog dulu. Makasih tips nya ya mbak

    BalasHapus
  15. Sy termasuk tim yang mana ya. Tim plin plan atau gak pasang target ya. Haha. Soalnya agak susah jg sejak punya bayi ini. Kadang mau nulis mata udah 5 watt duluan. Heu

    BalasHapus
  16. Nah ini pas banget waktunya!
    Pas semangat menulis kendor, baca artikel ini.
    Alhamdullillah, bisa membantu mengumpulkan lagi semangat yang sempat tercecer :)

    BalasHapus
  17. ma kasih tipsnya yah, bisa menambah semangat yang kendor, ma aksih tipsnya yah, kucoba terapkan lagi

    BalasHapus
  18. Akutu sungguh kagum sama para blogger yang konsisten bikin konten dengan tema-tema tertentu setiap minggunya.
    Bisa yaa...mood nulis kenceng terus.
    Huhuu...

    Sungguh ku butuh sebuah mood booster untuk saat ini.

    BalasHapus
  19. sejauh ini aku cukup konsisten bikin konten, rajin banget tapi bukan buat blog sendiri hahaha gapapalah ya masih bisa dibilang konsisten meski medianya punya kantor

    BalasHapus
  20. Semua tahap di atas sudah dan sering dilakukan,tapi manakala sedang menulis tangan kesenggol handphone, udah deh buyar semua rencana. Malah asyik main hp.

    BalasHapus
  21. baca tulisan ini berasa digampar berkali-kali. Perih. Haha. Aku termasuk yang gampang gagal fokus nih untuk konsisten nulis di blog. Ada aja godannya untuk mengerjakan yang lain. Luruskan niat nih. Harus dimulai dari sekarang.

    BalasHapus
  22. wohoho ... ini aku yang punya banyak ide untuk ditulis tapi jarang buka laptop. Mau melekan tuh susah, mbak. Udah capek seharian main sama anak.

    BalasHapus
  23. Harus ada tekanan deadline baru bisa nulis tiap hari nih aku hehehe.... Berkejaran waktunya dengan mengurus anak-anak.

    BalasHapus
  24. Bener banget mba.. intinya hrus tepati janji yang sudah dibuat pd diri sendiri

    BalasHapus
  25. Aku kalo pas malas nulis milih baca novel luar ato nonton film. Biasanya muncul ide buat nulis review film

    BalasHapus
  26. Nah sepertinya daftar artikel ini harus saya coba. Soalnya sering dipotong sama artikel iklan, akhirnya ga ketis deh. Jadi basi. Besok mulai nyatet aah.

    BalasHapus
  27. Aku kepengen bikin blog baru. Soalny kpengen ganti nama url yg sekarang sayang. Apakah mengganti nama blog suati ketidak fokusan yah, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung, kita anggap nama blog itu suatu hal prinsip atau tidak. Kalau enggak, ya gpp diganti 😊
      Kalau di blogspot, sebenarnya bisa aja kok ganti nama blog tapi konten yang muncul tetap yang kita punya saat ini. Caranya dialihkan satu per satu link artikelnya

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^