Penyebab Timbulnya Ruam Popok Pada Bayi

Ruam

Saat bayi Anda memiliki kulit yang sensitif, ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi Anda sebagai orang tua. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada bayi yang memiliki kulit sensitif adalah ruam popok. 

Ruam popok adalah iritasi atau kemerahan pada area di sekitar penggunaan popok seperti bokong, paha atau kelamin. 

Pemilihan diaper cream bayi yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengobati atau bahkan mencegah ruam popok. Ada banyak pilihan diaper cream yang beredar di pasaran, tetapi sebagai orang tua yang baik sebelum memilih diaper cream, Anda harus mengetahui penyebab ruam popok yang terjadi pada bayi Anda.

Berikut 3 penyebab ruam popok paling umum


1. Area yang Lembap


Banyak produk popok bayi yang melakukan klaim bahwa mereka dapat menyerap dengan cepat dan menampung lebih banyak. 

Perlu Anda ketahui bahwa Anda tetap harus mengganti popok bayi secara berkala, jangan menunggu hingga bayi menangis atau buang air besar. Popok yang basah dan lembap membuat bayi dapat dengan mudah mengalami ruam atau iritasi. 


2. Infeksi Bakteri


Saat popok bayi terlalu lembap, ini menjadi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang di celah-celah atau lipatan kulit bayi. Inilah salah satu penyebab terjadinya ruam popok. 

Pastikan saat mengganti popok bayi, Anda membersihkan setiap area yang tertutup popok. Kemudian oleskan diaper cream di area yang iritasi. 

Ruam

3. Makanan Pencetus Munculnya Ruam


Ada beberapa bayi yang sensitif terhadap makanan. Ruam yang muncul bukan hanya karena lembapnya popok, tetapi bisa jadi reaksi alergi dari makanan yang telah dimakan sebelumnya. 

Komposisi makanan juga dapat menyebabkan ruam. Misal saat bayi memakan makanan yang terlalu padat dan menyebabkan komposisi tinjanya menjadi keras.

Banyaknya pilihan diaper untuk ruam popok jangan sampai menyebabkan Anda menjadi bingung. Tentukan kandungan yang tepat untuk kulit bayi Anda. Harga yang mahal belum tentu cocok untuk kulit bayi, maka dari itu mencoba dari yang termurah mungkin menjadi solusi yang baik. 

Ada beberapa pilihan diaper cream dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih di minimarket terdekat. 

12 komentar

  1. Dulu aku gak pake cream² setelah pake popok. Cukup baby oil aja, bebas ruam...

    BalasHapus
  2. Ruam popok bikin baby gak nyaman ya mbak, kasihan sih. Aku dulu kalo anak-anak ruam popok ngasih nya kayak mba Sally, pakai baby oil. Duhh sedihnyaaa

    BalasHapus
  3. wah ribet juga ya ngurus popok bayi

    BalasHapus
  4. Ternyata faktor makanan juga dapat menyebabkan timbulnya ruam ya mom,klo anakku dulu sering ruam karena ukuran diapers yang tidak pas

    BalasHapus
  5. aku pernah sedih dan panik banget waktu liat anakku kena ruam popok.. seelah diselidiki, sepertinya ada alergi sama bubur instan, karena begitu diganti sama bubur yg bikin sendiri, ruam popoknya berhenti..

    BalasHapus
  6. Nah iya klo ruam popok hrs bener pilih diapers yg Aman buat baby dah gitu jangan terlalu lama jugs harus saring2 ganti minimal 2 x ya mba biar gak lembab

    BalasHapus
  7. kadang yang dewasa aja kena ruam ga enak banget, kalo pas dapet kadang nemu pembalut yang kurang nyaman gitu. dan kena ruam. apalagi anak2 yo mba. kudu pilih diapers yang nyaman pol.

    BalasHapus
  8. Iyaaa bangettt moms anak aku pernah juga soalnya ngalamin ruam inih...terus dia aku kasi cream gitu untungnya cepet sembuh

    BalasHapus
  9. Selain gatal, ruam popok kerap menyebabkan rasa tidak nyaman dan membuat bayi menjadi rewel. Jadi harus banget diperhatikan penyebabnya dan sebisa mungkin dihindari ya..

    BalasHapus
  10. Kasihan klo ufah adaruam pd bayi. Pasti gatal dan bkin bayi rewel ya

    BalasHapus
  11. ternyata makanan juga bisa jadi pencetus ruam popok ya. kukira karena popok yg ga cocok saja

    BalasHapus
  12. Kalau anak-anak terkena ruam popok kasihan ya. Bisa jadi rewel dan kurang bernafsu makan juga.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^