Karet Gelang, Kecil-Kecil Bermanfaat Dia!


Karet gelang (rubber band) itu memang salah satu benda kecil dengan segudang manfaat. Sifatnya kuat dan elastis, sehingga kalau ditarik tidak mudah putus. Karena itulah, walaupun karet gelang adalah benda padat, namun dia bisa mengembang permukaannya.

Harganya pun murah. Terakhir aku beli sekitar 20 ribuan rupiah per kilogram. Tak heran jika benda ini bisa tetap eksis hingga sekarang.


Sejarah Karet Gelang


Karet gelang pertama ditemukan pada tahun 1820 secara tidak sengaja oleh orang Inggris bernama Thomas Hancock. Saat itu, ia mengiris botol karet yang dibuat orang Indian baru secara melingkar hingga berbentuk gelang. Ia menggunakannya untuk mengikat kaos kaki dan ikat pinggang.

Kegunaan karet gelang waktu itu memang masih terbatas, karena sifatnya yang melunak pada hari yang panas dan mengeras pada cuaca dingin. Teknik vulkanisasi kemudian ditemukan Charles Goodyear pada tahun 1840-an untuk menghilangkan ketergantungan suhu pada perilaku karet.

Hancock pun menyarankan agar teknik vulkanisasi ini diterapkan pada karet gelang. Tanggal 17 Mei 1845, Stephen Perry dari Inggris bergerak lebih cepat hingga mendapatkan hak paten atas karet gelang dan membuka pabrik karet gelang pertama di London, Messrs Perry & Co.

Saat itu, kegunaan utama dari karet gelang untuk urusan pabrik dan gudang, bukan rumah tangga. Karet gelang digunakan untuk menjaga tumpukan kertas tetap satu.

Penggunaan karet gelang untuk rumah tangga baru dimulai tahun 1923 oleh William Spencer di Ohio, AS. Dia menggunakan karet gelang untuk mengikat surat kabar. Karet gelang buatan Spencer ini digandrungi banyak orang hingga dia membuat pabrik karet gelang.


Manfaat Karet Gelang



karet gelang memang sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Setidaknya, berbagai manfaat karet gelang yang ada bisa kita kelompokkan dalam beberapa kriteria, yaitu:

1. Mengikat


Sebagaimana fungsi asalnya, karet gelang saat ini masih menjadi andalan untuk mengikat. Seperti Pak Hancock yang memakainya untuk mengikat kaos kaki dan ikat pinggang agar tidak melorot, atau saat banyak pabrik dan gudang menggunakannya agar barang-barang rapi tidak bertebaran.

Bagi perempuan, karet gelang adalah barang yang paling dicari untuk mengikat rambut. Baik sekadar asal beres dengan gaya ekor kuda atau cepol, maupun sengaja untuk membantu menata rambut menjadi beraneka model.

2. Menghapus


Berhubung karet gelang ini memang berasal dari karet, yang dalam Bahasa Inggris disebut rubber, tentu ia memiliki sifat yang sama dengan karet, yaitu to rub, alias menghapus. Jadi, kita bisa mengikatkan karet gelang di bagian pangkal pensil sebagai pengganti penghapus yang hilang.

3. Penanda


Harganya yang murah dan kehadirannya dalam aneka warna, membuat karet gelang menjadi sarana jitu bagi para penjual nasi bungkus untuk menandai isi bungkusan sesuai pesanan. "Yang pedas karetnya dua," adalah sebuah peraturan tak tertulis yang akrab kita dengar.

Dengan begitu, kita juga bisa lho, menggunakan karet gelang sebagai penanda milik kita di antara banyak barang yang mirip. Misalnya, di tengah sebuah acara, kita bisa melingkarkan karet gelang ke gelas kita agar tak tertukar dengan gelas orang lain.

4. Penahan


Sifat karet gelang yang kesat dapat digunakan sebagai penahan permukaan yang licin. Misalnya, untuk membantu membuka toples, menjaga telur agar tidak menggelinding, menahan baju berbahan licin agar tak jatuh dari gantungan baju, mencegah sendok sayur tenggelam ke dalam panci, dll.

Jika kita menggunakan sabun cair, sampo atau losion dalam wadah berpompa, kita bisa mengatur jumlah isi yang keluar menggunakan karet gelang. Benda ini juga sekaligus bisa difungsikan agar pompa botol yang macet dapat bekerja kembali dengan cara yang sama.

Kacamata terlalu besar atau gagangnya terlalu melebar? Kita juga bisa menggunakan lilitan karet gelang pada kedua gagang agar kacamata dapat bertengger nyaman di depan mata. Lebih detil cara menggunakannya, bisa dilihat di dalam video di atas, ya.

5. Pengusir Semut


Kabar gembira bagi penyuka makanan manis, kita bisa memanfaatkan aroma karet gelang untuk mengusir semut, lho. Caranya, dengan melingkarkan karet gelang mulai dari bawah hingga ke atas wadah makanan manis kita dengan jarak masing-masing karet 1-2 cm.

6. Penopang


Kadang-kadang kita membutuhkan sebuah rak pengering darurat. Kalau untuk benda-benda kecil, langsung saja jejer beberapa karet gelang sebagai penyangga. Hal ini bisa diterapkan pada kotak sabun batang agar sabun cepat kering usai dipakai dan tidak gampang lembek.

7. Bermain


Banyak permainan mengasyikkan yang bisa dilakukan dengan karet gelang ini. Lompat tali, pistol karet gelang, atau simpul karet. Ini tentu kegiatan yang sangat disukai anak-anak untuk mengembangkan kemampuan motoriknya, apa lagi jika ia termasuk tipe kinestetik.

Baca juga: Ini Cara Efektif Mendukung Belajar Anak Bertipe Kinestetik.

Sifat elastis karet gelang yang menimbulkan gaya pegas ini juga dimanfaatkan anak-anak untuk membuat ketapel atau sebagai penggerak pada baling-baling pesawat terbang model maupun mainan mekanis lainnya.

6. Karya Seni


Selain itu, karet gelang juga bisa digunakan untuk membuat karya seni, lho. Aku pernah melihat gelang anyaman dari karet gelang aneka warna. Ternyata, kumpulan karet gelang ini pun bisa membentuk pola-pola yang cantik. Sayang, aku belum bisa mempraktikkannya.

Juga, kita bisa menggambar atau mewarnai menggunakan karet gelang yang diputuskan. Celupkan karet gelang ini ke dalam cat warna yang kita pilih, dan tempelkan ke atas kertas sehingga membentuk pola alur sesuai alur karet gelang yang kita bentuk.

Baca juga: Warnai dan Hidupkan Harimu.

Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik halus anak, bahkan diri kita sendiri. Jadi, kamu punya ide apa lagi untuk memanfaatkan karet gelang ini?

Baca juga: Yuk, Ciptakan Momen Berharga Mendampingi Anak Mengasah Motoriknya.

28 komentar

  1. wah baru tahu kegunaan karet karet gelang ini, aku penyuka rubber band dan dulu pas booming, anakku juga mainannya itu

    BalasHapus
  2. Bisa ngusir semut juga yah...

    Waktu kecil karet gelang dililitkan di pangkal pensil sbg penghapus. Tapi hasilnya buku jadi menghitam hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah saya baru tahu juga bagian ini. punya banyak karet gelang di rumah karena beli seperempat Kg, hehe. tau gitu saya taruh pojokan rumah biar gak diganggu semut

      Hapus
  3. Fungsi karet gelang = alat nostalgia, membuka kenangan masa piyik

    BalasHapus
  4. Wow rupanya banyak sekali ya kegunaannya. Saya gak kepikiran kalo sampe sebanyak ini :D

    BalasHapus
  5. Satu lagi fungsi karet gelang yaitu bisa jadi duit kalo kita jualan karet. Lumayan hasilnya apalagi kalo plastikan jual karetnya.😀

    BalasHapus
  6. Jaman kecil dulu, aku demen banget main karet sama teman-teman di rumah. Suka minta beliin mamahku karet gelang gini dan kita bikin buat main karet bareng-bareng.

    BalasHapus
  7. Karet gelang ini mengisi masa kecilku dengan bermain lompat tali bersama teman-teman. Lalu belajar mengikat rambut dengan karet gelang aneka warna. Masa kecilku jadi indah :)

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tahu bisa ngusir semut kabetulan tiap ruangan suka Ada semut dah gitu semuanya berbeda-beda bikin kesal Juga mau coba resepnya nih pakai karet gelang

    BalasHapus
  9. Nostalgia banget ini! Karet masa aku kecil udah kaya penanda status sosial ajah. Yang anak-anak orkay, karet miliknya kualitas bagusss, dan banyakkkk bgt punyanya. Qiqiqi

    BalasHapus
  10. Baru tahu banget kalau karet gelang bisa dijadikan sebagai pengusir semut. Perlu nyoba nih, biar semut-semut nakal gak datang di kotak makanan.

    Karet gelang, dulu aku sering menggabung-gabungkannya jadi satu, terus buat main lompat tali sama temen-temen.

    BalasHapus
  11. Hahaha tahun berapa tu, jd keinget zaman sd kalau pas gak punya penghapus ya mbulet2in karet gelang ke pensil trus dijadiin penghapus, tapi ya kurang bersih sih haha

    BalasHapus
  12. Setahuku karet gelang cm untuk mengikat dan mainan anak aja, ga taunya banyak juga ya manfaatnya. Apa lagi yg untuk menghalau semut itu. Pengen kucoba ah. Makasih atas sharenya mbak.

    BalasHapus
  13. Kebetulan sekali, di rumah banyak semut. Mereka membuat rumah di pohon mangga yang ada di depan rumah. Supaya gak masuk ke dalam rumah, saya bisa mempergunakan karet gelang ya ...

    BalasHapus
  14. Karet itu bisa didapat dimana aja, dan murah meriah ya.
    Bisa jadi media permainan dan belajar buat anak. Yg pasti karet aku jadi mainan jepret2an sama anak, hihii..

    BalasHapus
  15. Waaawww banyak banget ya ternyata manfaat karet gelang. Di rumahku juga selalu siap sedia karet gelang, Mbak. Emang banyak fungsinya, sih. Tapi di rumah kami paling sering buat mengikat, apa saja :)

    BalasHapus
  16. Karet gelang ini banyak manfaatnya ternyata yah, di rumah kalau ada karet gelang suka ku simpan sih soalnya kadang sewaktu - waktu memang suka butuh

    BalasHapus
  17. Banyak gunanya ya karet gelang inj. Sayang di rumahku mah selalu habis deh. Soalnya banyak dipake orang-onang. Giliran butuh, pasti aja ke warung 😁

    BalasHapus
  18. Baru ngerti lho, mbak, kalau karet gelang bisa dipakai buat ngusir semut.

    BalasHapus
  19. Oh iya...?
    Karet gelang bisa menghalangi dari semut-semut penyuka manis?
    Hihii~
    Mudah juga yaa...daripada sibuk pakai kapus semut.

    BalasHapus
  20. Karet gelang memang banyak manfaatnya ya mak, jadi inget jaman kecil suka main lompat tali pake tali yang terbuat dari karet gelang. Hihi. Seru!

    BalasHapus
  21. waktu sd suka maen loncat-loncat pake karet ginian. haha

    BalasHapus
  22. Banyak kegunaannya. Zaman kecil dulu buat main lompat je lah :)

    BalasHapus
  23. Wah karet gelang, merupakan alat permainan ku waktu kecil kak. Jadi pengin buat permainan lompat tali dari karet gelang sama anak di rumah, biar sekalian nostalgia

    BalasHapus
  24. jadi ingat aku juga pernah pake buat penghapus waktu kecil wkwkwk...dan sampe sekarang nih aku kumpulin karet gelang hehehe kadang buat ikat kabel mouse kantor kadang buat ikat makanan

    BalasHapus
  25. wah, baru tahu kalau karet gelang juga bisa untuk mengusir semut.
    Selama ini pakai karet gelang buat pengikat aja, sama dirangkai buat main lompat tali

    BalasHapus
  26. Ya ampun aku jadi inget dulu waktu SD, karet dibelit-belitin di pensil buat dijadiin penghapus, ahaha kocak. Eh aku baru tau loh karet bisa buat usir semut. Eh iya, aku juga pake karet gelang buat betulin helm yang kacanya udah longgar, sering nutup sendiri,and it works.

    BalasHapus
  27. Nah karet gelang ini punya kenangan buatku yang bikin trauma. Karet gelang yang bukan dari "karet pentil" terasa pahit di tangan. hihihihi. Makanya, aku ga suka sama karet gelang, tapi suka buat yeye. Tuu kan gimana jadinya..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^