Simak Hal Ini Sebelum Membeli Genset

Genset

Listrik merupakan sebuah kepentingan pada masyarakat saat ini. Banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk meminimalisir kerugian dan agar selalu bisa beraktivitas seperti biasa saat terjadi pemadaman listrik, sebaiknya selalu sediakan sumber listrik cadangan, yaitu genset. 


Jika Anda memutuskan membeli genset, sebaiknya perhatikan hal berikut ini terlebih dahulu:

1. Tentukan dulu kebutuhan listrik rumah kamu


Memahami kebutuhan listrik di rumah merupakan hal penting untuk dilakukan. Mengingat generator memiliki kapasitas daya yang wajib sesuai dengan kebutuhan listrik di rumah. Kalau tidak, maka akan terjadi kerusakan atau korsleting

Maka penting sekali untuk membuat list daya (watt) dari alat-alat elektronik rumah tangga kamu, seperti lampu, pompa air, AC, televisi, dan sebagainya.

2. Kenali macam kebutuhan genset yang sebenarnya


Sama seperti produk elektronik yang lain, genset pun memiliki beberapa macam. Kamu butuh mengenalinya satu per satu, supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas listrik di rumah kamu. 

Ada dua tipe genset yang biasa digunakan di rumah tangga, yakni standby genset (dipasang secara permanen dan otomatis hidup ketika listrik padam) dan portable genset (bisa dipakai di mana-mana, tetapi suaranya bising).

Genset

3. Kenali merk dan tipe yang terbukti bagus


Sama halnya ketika kamu ingin membeli ponsel, mengenali merk dan tipe tentu menjadi hal yang mutlak dilakukan di awal. Hal ini supaya tidak terjadi kesalahan pembelian, misalkan tidak sesuai budget dan kebutuhan. 

Ada banyak merk dan tipe genset yang terbukti bagus. Kamu bisa mencari ulasan di internet. Bandingkan dari segi keamanan, garansi, bahan bakar serta polusi yang dihasilkan.

4. Sesuaikan dengan daya listrik rumah kamu


Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, kamu wajib mendaftar list kebutuhan listrik mulai dari daya (watt) yang dibutuhkan. Kalau sudah, hitung semua kebutuhan dan cocokkan dengan daya yang ada di rumah kamu. 

Kemudian, belilah genset dengan kapasitas daya yang sesuai dan tidak melebihi kapasitas daya listrik rumah kamu. Kapasitas daya genset biasanya 500 watt, 1000 watt, hingga 1200 watt.

5. Bandingkan harga dan kualitas dengan toko lain


Lagi-lagi, membeli genset hampir sama persis ketika membeli produk elektronik lainnya. Hanya saja, yang perlu diperhatikan betul ialah menyesuaikan kapasitas daya genset dengan kebutuhan listrik di rumah. 

Membeli genset murah dan berkualitas, memang susah. Kamu butuh melakukan survei di beberapa toko elektronik, membandingkan ulasan pelanggan, hingga rating yang diberikan.

Jika belum mau membeli genset atau ingin mencoba-coba dulu genset dari merk tertentu yang Anda incar, Anda bisa melakukan penyewaan genset. Selalu gunakan tempat sewa genset terpercaya yang aman dan berpengalaman seperti di sewatama.

2 komentar

  1. Wah, artikel yang menarik ini mah, biar di crosscek dulu sebelum langsung memutuskan utnuk Beli Genset, harus dibandingkan juga, biar nggak salah beli.

    BalasHapus
  2. bisa jadi acuan ini jika nanti beli genset

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^