Manfaat Jintan Hitam untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat jintan jitam
Sumber: dove.com
Sepertinya, manfaat jintan hitam sudah banyak dikenal ya, terutama di bidang kesehatan. Selain itu, sebenarnya manfaat jintan hitam juga besar bagi kecantikan, lho. Kita bisa mendapatkan manfaatnya baik dengan cara diminum maupun diaplikasikan langsung pada kulit.

Resep Jintan Hitam untuk Kecantikan


Minyak jintan hitam juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit yang terluka. Hasilnya dapat dilihat dalam waktu hanya beberapa jam setelah penggunaan. Sedangkan untuk kulit yang meradang karena bengkak atau terbentuk, kita bisa mencampurkan jintan hitam yang sudah dihaluskan dengan madu dan cuka, kemudian dioleskan pada bagian kulit yang meradang sambil dipijat lembut.

Sedangkan untuk kecantikan, manfaat jintan hitam bisa didapatkan dengan cara-cara berikut:

1. Oleskan minyak jintan hitam pada wajah basah, tutuplah dengan handuk lembap, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas muka dengan air bersih. Lakukan tiga kali seminggu untuk menghilangkan kerutan serta mempertahankan keremajaan kulit.

2. Untuk mengatasi jerawat, tumbuk jintan hitam hingga halus, campurkan dengan satu sendok makan madu/minyak zaitun/yogurt, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

3. Guna mencerahkan kulit, kita bisa mencampurkan bubuk jintan hitam, bubuk kunyit, dan madu dengan perbandingan yang sama dan aduk sampai menjadi pasta kental, lalu oleskan pada wajah sampai merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Sebagai scrub, campurkan dua sendok minyak jintan hitam dengan satu sendok gula, aduk rata. Oleskan pada wajah sambil digosok perlahan. Setelah rata dan meresap, bilas hingga bersih.


Resep Jintan Hitam untuk Kesehatan


Berhubung ada beberapa pertanyaan tentang resep kesehatan yang menggunakan manfaat jintan hitam ini, maka berikut ini aku salinkan dua resep ramuan. Yang satu sebagai obat pelangsing alami, sedangkan yang lainnya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat Jintan Hitam

Ramuan Pelangsing Alami


Bahan-bahan:
5 ruas rimpang kunyit
7 lembar daun sirih
2 sdt  jintan hitam
3 sdt madu
2 gelas air

Cara membuat:

  1. Kunyit dikupas lalu dicuci dengan bersih
  2. Cuci daun sirih sampai bersih
  3. Potong kunyit dan daun sirih kecil-kecil
  4. Rebus kedua bahan dengan 2 gelas air rebusan jintan hitam selama 30 menit. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan
  5. Saring ke dalam gelas
  6. Minum sebanyak setengah gelas dengan tambahan madu sebanyak 3 sendok teh
  7. Minum secara rutin 2 kali sehari untuk hasil maksimal

Baca juga: Lima (5) Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Mneghitung Kalori.

Ramuan Peningkat Imunitas 


Secara umum, sebaiknya jinten hitam dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, minimal 30 menit sebelum makan atau 2 jam seusai makan bagi penderita maag. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, cukup 1 gram jinten hitam, setiap hari selama sebulan.

Namun, untuk daya tahan tubuh yang lebih tinggi di tengah serangan aneka penyakit seperti zaman pandemi ini, bisa saja kita meramunya dengan bahan lain seperti resep berikut:

Bahan-bahan:
50 gr temulawak
20 gr asam kawak tanpa biji
25 gr kencur
10 gr jinten
100 ml air matang
100 gr gula aren
2 lembar daun pandan
1 liter air

Cara membuat:

  1. iris temulawak dan kencur lalu sangrai dalam wajan
  2. campurkan dengan asam kawak, jintan hitam, dan 100 ml air matang menggunakan blender
  3. didihkan air dengan gula dan daun pandan hingga larut.
  4. campurkan semua bahan yang telah diolah tadi (air gula dan campuran temulawak) hingga rata, lalu saring.
  5. sajikan dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

18 komentar

  1. Satu bukti lagi ya jika herbal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.
    Aku baru tau kalau fungsi jintan hitam dapat mencerahkan kulit.

    BalasHapus
  2. Baru tau manfaat jintan hitam ini ternyata banyak sekali ^^

    Bisa buat imunitas tubuh juga.. Emang ya rempah-rempah Indonesia itu kaya manfaat banget.

    BalasHapus
  3. Saya catat mbak resepnya yang untuk menambah imunitas tubuh, soalnya penting apalagi sekarang harus jaga daya tahan tubuh karena ada Corona.

    Untuk kecantikan kulit sepertinya bisa juga untuk cowok ya? Tapi nanti takut banyak yang kaget.😂

    BalasHapus
  4. wawaw jintan hitam bisa buat langsing ? hihi pengetahuan baru lagi nih. Sebagai pecinta minuman herbal aku harus mencobanya. Aku dulu ngira cuma buat masakan aja ternyata jadi minuman herbal pun bisa dan bagus untuk tubuh

    BalasHapus
  5. Jintan hitam bnayak banget manfaatnya ya mba ini bisa di beli dimana ya pasar2 traditional Ada gakk ya, mau pakai Juga nih buat wajah

    BalasHapus
  6. Sayang susah dapetinnya di pasar ya mba. Saya pernah abis lahiran cari jinten hitam, gak ketemu. Wkwkwk. Harus ke swalayan dulu, yg udah dipackaging dalam botolan gitu.

    BalasHapus
  7. Di rumah nyetok jintan hitam ini, tapi buat bahan masakan, ku baru tahu malahan bermanfaat juga buat kecantikan dan kesehatan.
    Nanti mau coba tip dari blog ini.

    BalasHapus
  8. Jintan Hitam ini habbatusauda kan, ya Mbak? Memang banyak banget khasiat jintan Hitam baik buat kesehatan dan kecantikan juga.

    BalasHapus
  9. Saya termasuk yang belum bisa jatuh cinta dengan jamu dan sejenisnya. Kalau buat masakan, saya penyuka jenis makanan yang kaya rempah. Mudah2an masih dapat manfaatnya juga ya.

    BalasHapus
  10. Jintan hitam itu habatus sauda ya mbak? Aku biasanya rutin minum dalam bentuk tablet

    BalasHapus
  11. masya allah tabarakallah, jintan hitam ini emang banyak manfaatnya yah, konsumsi jintan hitam ini sebagian dari sunnah juga yah

    BalasHapus
  12. Sejak semakin banyak yang menyuarakan manfaat herbal jintan hitam ini pun tak sedikit diminati. Ternyata begitu banyak khasiatnya dalam menjaga kesehatan

    BalasHapus
  13. oh baru tau, ternyata jinten hitam ini manfaat nya menarik juga utk kecantikan.

    BalasHapus
  14. Yaampun, bisa buat ngelangsingin badan ini ya.. baru tau. Bisa nih kapan-kapan dicoba. :v

    BalasHapus
  15. Banyak ya mbak manfaat jintan hitam. seriusan aku baru tau ini

    BalasHapus
  16. Wah ternyata sebanyak itu ya manfaatnya kak.

    BalasHapus
  17. Wow, aku tertarik resep untuk meningkatkan imunitasnya. Bisa dicoba nih untuk papaku, akhir ini sering sakit-sakitan. Aku jadi khawatir 🙁

    BalasHapus
  18. Ada banyak manfaat ya jintan hitam ini, ternyata bukan cuma untuk kesehatan tapi bisa juga digunakan untuk kecantikan. Btw thanks nih resepnya :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^