Novel Ayugesa: Primadona Kota yang Terpaksa Hidup di Desa

 

novel romantis

Halo, Teman-Teman! Kali ini aku akan memperkenalkan novel pertamaku yang akhirnya naik cetak. Berhubung aku ini adalah seorang Bloger yang Ingin Bekerja sebagai Penulis, maka tidak heran jika saat kutulis surat Kepada Diriku di Usia 40 Tahun dulu, salah satu pesanku adalah agar aku bisa menelurkan buku solo pada umur tersebut.

Syukurlah, sebulan sebelum genap berusia 40 tahun, aku berhasil juga mencetak buku ini secara mandiri. Gara-gara sudah mendapat komentar positif dari beberapa kalangan serta kurator dalam kelas menulis online, jadinya aku mantap deh, menerbitkannya walau masih melalui jalur independen.

Sekilas tentang Novel Ayugesa


Novel Ayugesa ini mengangkat kisah nyata dari seorang primadona mulai dari kehidupannya di masa SMP hingga menikah. Novel bergenre drama, romantis, dan komedi ini tadinya merupakan sebuah naskah panjang. Kemudian, penerbit menyarankan untuk membaginya menjadi dua seri.

Karena itu, kini novel Ayugesa hadir dalam dua seri, yaitu Seri Gesa dan Seri Ayu. Keduanya adalah serial yang bersambung karena memang asalnya berasal dari satu naskah. Jadi, sayang deh, kalau cuma punya salah satu aja. Hehehe. 

Lalu, apa bedanya kedua seri ini? Keduanya mewakili dua fase besar dalam kehidupan Ayugesa. Jadi, kalau selama ini banyak yang bertanya, apakah Gesa dan Ayu ini adalah tokoh yang sama? Jawabannya, iya.

Terus, kenapa namanya berbeda? Karena memang lingkungan cenderung menyebut Ayugesa dengan nama panggilan yang berbeda pada kedua tahap hidupnya ini. Jadi, seperti misalnya aku dulu waktu kecil sering dipanggil Ida, tetapi kalau sekarang banyak yang memanggilku dengan sebutan Farida.

Buat lebih detilnya tentang isi masing-masing seri ini, aku jelaskan dalam bab terpisah berikut ini, ya.

Ayugesa: Seri Gesa


novel romantis

Seri Gesa berisi tentang pengalaman Ayugesa saat remaja hingga kuliah. Di sini, dia memang lebih dikenal dengan nama panggilan Gesa karena dia sendiri yang ingin disebut begitu berhubung nama Gesa kesannya lebih tangguh.

Sayangnya, di masa ini justru masalah yang dihadapinya malah lebih banyak terkait dengan keayuannya, bukan ketangguhan. Dia ditaksir banyak orang dalam kondisi memang sedang merindukan kasih sayang. Jadi, deh, dia sulit menampik perhatian para pria tersebut.

Terbayang ya, kalau di seri ini kamu akan disuguhi kisah cinta remaja yang manis serta beberapa permasalahan seputar keluarga dan sekolah. Selain sebagai novel romantis, buku ini juga memuat banyak pengetahuan tentang dunia yang lebih luas seiring dengan masuknya Gesa ke jurusan jurnalistik yang sangat menantang itu.   

Ayugesa: Seri Ayu


novel romantis

Nah, kalau seri kedua ini menceritakan tentang kehidupan Ayugesa sejak magang dan akhirnya menikah. Jadi, tema yang diangkat di dalamnya lebih dewasa ya, dibanding Seri Gesa. Primadona yang tadinya terbiasa dengan kehidupan kota, tiba-tiba harus beradaptasi dengan suasana desa. Secara alami, Ayugesa jadi lebih dikenal dengan sebutan Ayu di lingkungan barunya ini.

Dalam seri ini, ada beberapa masalah klasik pernikahan yang dibahas. Misalnya tentang ekonomi, hubungan menantu dan mertua, kehadiran anak, serta orang ketiga. Meskipun klasik, banyak pasangan yang berlarut-larut dalam masalah ini bahkan berakhir dengan perpisahan.

Yang unik, Ayugesa dan pasangannya akhirnya mampu mengatasi semua masalah itu melalui cara-cara yang tidak biasa dengan segala keterbatasan pribadi Ayugesa yang tidak sempurna. Di masa inilah, Ayu justru perlahan namun pasti membuktikan bahwa dia bisa menjadi perempuan yang lebih tangguh dari sebelumnya.


Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya? Kamu bisa order novel Ayugesa ini melalui:

  • IG: bukufaridapane
  • Shopee: bukufaridapane
  • WA: 0813-5730-3034

Kalau mau dapat gratis, kamu juga bisa mengikuti giveaway yang saat ini sedang berlangsung di IG bukufaridapane hingga akhir Agustus nanti. Selain mendapatkan novel Ayugesa, kamu juga bisa mengantongi sejumlah uang tunai jika berhasil memenangkannya, lho! Kutunggu partisipasimu!

Karya lainnya yang sudah kuunggah secara digital adalah Novel Diary Ingin Cerita dan Bes: Son of Science yang saat ini sedang berpartisipasi dalam lomba di Kwikku.com dan menunggu keputusan dewan juri. Silakan mampir ke sana untuk membaca dan memberikan dukungan like. Terima kasih!

152 komentar

  1. Selamat atas peluncuran novelnya, mbak..
    Semoga tahun ini aku juga bisa menelurkan buku :D

    BalasHapus
  2. Hwaaaa, premisnya kece bangettt!
    Keren ih, kok bisa meng-create novel dg karakter dan story yg buaguss bin mantab djiwa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
  3. Selaamat Maak.
    Turut berbahagiaa.

    Ceritanya bikin penasaran nih,apalagi kabayakan relate sama kehidupan sehari-hari, huhuu dibumbui kisah cinta, dunia pernikahan dan intriknya.
    Kehidupan dan permasalahn membawa kita menjadi lebih tangguh seperti Gesa, sosok yang menginspirasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul. Yuk, belajar tangguh dari Ayugesa

      Hapus
  4. Wah keren Mbak Farida, produktif banget. Saya yakin akan menarik menyimak kisah Ayugesa ini karena berisi pengalaman yang cukup panjang dari tokoh utamanya.

    BalasHapus
  5. Wah selamat ya mbak buat peluncuran novelnya.
    Pasti menarik sekali cerita Ayugesa ini dan akan ada banyak hal yang bisa dipetik setelah membacanya. Masa-masa remaja, kuliah hingga pernikahan selalu menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  6. Hebat sekali bikin cerita langsung bisa jadi dua novel ya. Selamat atas peluncuran novelnya, Mbak Farida. Baca sinopsisnya, sungguh luar biasa Mbak Farida bisa menciptakan karakter dengan kurun waktu yang panjang dan kompleks. Semoga novel Mbak Farida menjadi salah satu sumbangsih perkembangan novel Indonesia masa kini.

    :)

    BalasHapus
  7. Selamaaat Maaak. Setiap ada teman yang berhasil menerbitkan buku (apalagi buku pertama) saya langsung ikut seneng bangeeet. Soalnya di diri sendiri masih belum terwujud juga impian itu hahaha
    Semoga berlanjut dengan buku2 berikutnya ya Mak :)

    BalasHapus
  8. Wooow congrats mak. Jadi penasaran ini diangkat dari kisah nyata siapa ya? hehehe. Beli bukunya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tuh, di akhir artikel. Bisa ke ig bukufaridapane

      Hapus
  9. Barakallah Mbaaa untuk karyanya, menarik dan cukup out of the box ceritanya tapi masih relevan dengan kehidupan sehari-hari, so proud of you :*

    BalasHapus
  10. wah selamat ya, sukses terus bukunya biar laris manis

    BalasHapus
  11. Selamat untuk novelnya yang telah terbit mbak, sesuai target pula, menjelang usia 40 bisa punya buku sendiri.

    Semoga novel yang dilombakan di kwikku bisa jadi pemenang ya, dan menyusul untuk diterbitkan juga

    BalasHapus
  12. Selamat Mbak..untuk pencapaiannya menjadi Bloger yang Ingin Bekerja sebagai Penulis, dan bisa menelurkan buku solo sebelum usia 40 tahun. Semoga makin sukses yaaa
    Cerita yang menarik ini, apalagi dibagi dalam dua seri...Keren!

    BalasHapus
  13. Selamat ya Mbak atas penerbitan novelnya. Aku tuh salah seorang pengagum para pencerita fiksi yang menurutku imajinasi mereka tak terbatas:
    Ohya ini novel kehidupan seorang perempuan tangguh bernama Ayugesa ya. Pasti banyak sisi moral yang berguna untuk kaum perempuan

    BalasHapus
  14. Wah keren nih mbak, selamat ya novelnya sudah terbit. Membaca ulasan ceritanya menarik sekali ini. Apalagi ini dibagi menjadi dua seri. Jadi pasti masing-masing seri memiliki keseruan sendiri. Jadi harus baca semua serinya....

    BalasHapus
  15. Selamat ya mba atas penerbitan novelnya...Aku mau coba ikutan giveawaynya ah, siapa tahu dapat novelnya, karena dari ulasannya menarik dan seru sekali

    BalasHapus
  16. Selamat untuk novel pertama dan kedua, aslinya satu kisah ya mbak. Ah aku beneran makin penasaran dengan cerita, konflik, dan bumbu romantisnya. Enggak dikasih tahu harga bukunya juga mbak?

    BalasHapus
  17. Selamaaat Mbak Farida. Bukumu ini mengingatkan aku sendiri, waktu sekolah aku dipanggil Tyas tapi sejak remaja ke sini, aku malah asing sama namaku sendiri 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Lingkungan membentuk kebiasaan juga, ya

      Hapus
  18. Selamat atas peluncuran novelnya ya mbak..
    Sukses terus

    BalasHapus
  19. Selamat ya Mb Farida akhirnya diangkat ke versi cetak juga.Keren loh dirimu produktif sekali menulis. Kapan yooo aku bisa duduk jenak sampai bisa nulis seproduktif dirimu gini hiihihii..

    BalasHapus
  20. Saya penasaran dengan konflik saat Ayu sudah berumah tangga. Masalah anak menantu dan mertua khususnya. Pengen tahu dapat solusinya bagaimana...

    BalasHapus
  21. Suka salut dengan pra penulis yang mengakhiri cerita dengan tokoh perempuannya bangkit, memperbaiki keadaan, mencari solusi dan tangguh menghadapi badai kehidupan. Meskipun fiktif tetap saja bagi pembaca akan memberikan pengaruh sehingga sedikit banyak akan mengubah pola fikir para perempuan untuk lebih tegar dan tidak mudah meneyrah dengan keadaan.

    BalasHapus
  22. MasyaAllah mbak, bisa terkabul banget ya jadi novel gini. Apalagi langsung disuruh jadi 2 seri lagi. Apalag mengangkat kisah nyata lagi ya mba, kisahnya siapa mba? Hehehe..
    Aku juga jadi pingin punya mimpi bisa punya buku solo kelak, aku angkat dari ceritaku sendiri dari masa muda sampai bisa sukses, misalnya. Aaamiin. Jadi harus sukses dulu ya mba, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Enggak harus sukses dulu, say. Karena kisah inspiratif tidak hanya tentang kesuksesan

      Hapus
  23. Waahh aku mau ucapin selamat untuk karya yg telah terbit yahh mbak
    Kepengen baca bukunya dehh, apalagi yg seri Ayu, lohh huhuhu
    JAdi, ppackagingnya, Ayu, seri kedua, Gesa, seri pertama ya mbak
    Kukira Ayugesa sesuai sama nama itu, part 1 sama part 2, ternyata kebalikannya ya heheheee

    BalasHapus
  24. Selamat ya mbak buat peluncuran novel AyuGesa nya. Baca sinopsisnya aja udah bikin penasaran. Jadi novelnya bisa dibaca oleh remaja sampai dewasa ya.. keren.

    BalasHapus
  25. Waduh, seru banget nih kayaknya novelnya. Bikin kepengen tahu gimana kelanjutannya ini si Ayu ini. 😁

    BalasHapus
  26. Selamat ya mbak buat novel barunya.. semoga best seller.. semoga bamyak manfaat juga yang didapat pembaca setelah baca novelnya

    BalasHapus
  27. Kebayang perjuangan kak Farida. Naik-turunnya kehidupan.
    Dan alhamdulillah, karena pengalaman hidup tersebut bisa menghasilkan karya yang indah dan bisa menjadi warisan untuk anak-anak kelak.
    Sukses, kak Farida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Tapi ini bukan dari pengalaman pribadiku, sih

      Hapus
    2. Aah...maaf, kak Farida.
      Aku pikir sebuah karya itu selalu dari pengalaman pribadi sang penulis.
      Keren banget, kak.
      Sukses selalu..

      Hapus
  28. selamat ya mbak atas terbit novelnya. Bagus banget ceritanya. Waaah lagi ada giveaway. Ikutaan aah..

    BalasHapus
  29. Congratulations mbak untuk novelnya. Semoga sukses ya novelnya

    BalasHapus
  30. Wah masyaallah, hebat bisa lgs bikin 2 novel mba. Saya bikin picbook aja gak kelar2 yg lebih dikit kata-katanya haha. Sukses selalu ya mba.

    BalasHapus
  31. Dua novel ini kalo digabung bisa jadi roman ya, karena menceritakan mulai dari kecil hingga menikah

    BalasHapus
  32. kebayang serunya cerita ini mba..san again congratulations for your novel yaaa

    BalasHapus
  33. Wuih produktif sekali. Aku gak tahu kenapa, gak bisa jalani double-double. Novel tinggal revisi gak kukerjain sampe sekarang. Malah sibuk ngeblog sama influencer. Keren deh, bisa bikin sekali 2 pula novelnya.

    BalasHapus
  34. wah keren banget mbak, selamat ya mbak atas peluncuran bukunya, produktif sekali bisa nulis blog sambil nulis novel :)

    BalasHapus
  35. Wow.. kerennn!
    Selamat, mba Farida, atas terwujudnya impian menelurkan novel sebelum 40 :)
    Semoga segera lahir novel-novel berikutnya..

    BalasHapus
  36. Selamat ya mbak Farida untuk peluncuran novel barunya, wah aku paling senang nih baca novel romantis gitu. Semoga jadi bisa jadi inspirasi untuk teman-teman yang lainnya juga, termasuk aku. Sekali lagi selamat ya mbak.

    BalasHapus
  37. Barokallah ya Mba farida akhirnya menelurkan buku solo sebagai cita-cita yang menggenapkan usia. Laris manis ya Mba.

    BalasHapus
  38. Ashiaap mba. Keren deh bisa produktif kaya gini bikin aku jadi ikut semangat

    BalasHapus
  39. Keren mb Farida, sekaligus launching 2 novel kembar, sekaligus hadiah ulangtahun pula. Barokallah...Meluncur ke giveawaynya aaaah...Penasaran pengen baca utuh...

    BalasHapus
  40. Keren mbaknya sudah bisa kejar target sebelum batas umurnya. Semoga laris dan sukses ya mba.

    BalasHapus
  41. selamat mba untuk peluncuran bukunya, keren langsung dua gitu ya, wah happy banget pasti ya, setelah berjuang sekian lama menulis, akhirnya launching, terus menginspirasi mba, hope someday saya juga punya karya tulisan kayak mba begini

    BalasHapus
  42. Keren sekali mba, selamat ya atas launching bukunya. Aku dulu juga pengen banget bisa nulis buku tapi belum kesampean cuma bisa nulis blog.

    BalasHapus
  43. Selamat mbak sudah bisa menelurkan karya novel pertamanya semoga makin banyak lagi karyanya, keren deh mbak salut

    BalasHapus
  44. Cukup menarik ya ceritanya, pembahasan yang diambil juga related dengan kehidupan, jadi mau ikut giveaway nya biar bisa dpt bukunya juga hihi

    BalasHapus
  45. waah mbak, menarik banget nih bukunya. selamat dan semoga sukses selalu yaaa!

    BalasHapus
  46. Congrats mbak! Akhirnya cita2 tercapai. Aku juga sih pernah pengen nulis buku juga, kebetulan belum lama ini diajak nulis buku antologi. Sebentar lagi mau buka PO, barangkali mba tertarik hehe

    BalasHapus
  47. Selamat ya mbak, semoga lancar semuanya. Btw ceritanya dekat sama kehidupan sehari hari ya, kayaknya bakal banyak peminat juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Dirimu juga berminat, kan? #wink2

      Hapus
  48. Selamat ya mbak Farida atas peluncuran bukunya. Wah menarik nih bukunya dibagi jadi dua tapi masih satu kesatuan cerita ya. Apakah bukunya harus dibaca berurutan dari Gesa atau bisa baca yang Ayu duluan mbak?

    BalasHapus
  49. Omedetou mba �� senangnya punya karya berupa buku. Cita2ku jg. Someday pgn ikut jejak dirimu jg, blogger yg jd penulis buku ��

    BalasHapus
  50. Sukses mbak farida untuk bukunya. Saya sendiri kalau nulis cerita fiksi merasa susah euy, hehe. Sulit bikin cerita menarik dengan alur yang baik. Keren deh Mbak bisa menelurkan dua sekuel sekaligus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
  51. Ini buku mbk sendiri yang nulis ? Congratz ya . Seneng banget bisa nerbitin buku sendiri. Bukanya ini bisa dibeli dmn ya mbk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini aku yang nulis. Bisa order di ig, wa, atau shopee. Udah disebutin di akhir artikel

      Hapus
  52. Barakallah mbak atas novel barunya. Sukses terus ya mbak

    BalasHapus
  53. Tahu banget rasanya saat "calon anak" diendapkan lama dan kemudian bisa "dilahirkan"
    Selamat atas peluncuran novelnya mbak. Semoga laris manis :) amin.

    BalasHapus
  54. Jadi ini ada 2 buku ya? Harga satunya berapa, Mbak? Atau ada bundling-kah?...sepertinya belum disebutkan di atas? Keren banget nerbitin sendiri, perjuangannya berat pasti! Tapi kini sudah lega ya jadinya

    BalasHapus
  55. Selamat atas terbitnya novel Ayugesa, Mbak Farida. Kalau baca sinopsisnya kayanya menarik nih kisah Ayugesa. Apalagi di bagian kedua.

    BalasHapus
  56. Selamat mbak Farida atas peluncuran novelnya yang keren :) Kalau dari namanya sih AYugesa itu bisa jadi orangnya ayu tapi bisa tergesa-gesa hehehe :) Perempuan yang lembut namun tangguh dalam kehidupannya. Mulai remaja hingga pernikahan memang banyak hal2 terjadi tak disangka2. Novel ini berbagi pengalaman yang bisa menjadi pelajaran kita ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya gesa di sini bukan dari bahasa Indonesia hehehe

      Hapus
  57. Wah ... keren. Selamat atas buku solonya. Ceritanya sepertinya menarik ya. Saya selalu suka novel yang diangkat dari kisah nyata

    BalasHapus
  58. Alhandulillah bisa mwwujudkan impian ya. Selamat .... Semoga makin sukses. Saya jd pengen ikutan giveaway nya hehe

    BalasHapus
  59. Sepintas Ayugesa karakternya seperti Mary Sue ya?
    Perempuan biasa yang banyak disukai

    BalasHapus
  60. Saya suka banget dengan tagline nya KEKUATAN PEREMPUAN BUKAN HANYA KECANTIKANNYA. Strong statement yang meaningful banget. Bahkan sering banget kita baca sebuah ungkapan bawah DIBALIK KELEMAHANNYA, DISITULAH KEKUATANNYA BERADA.

    Selamat untuk terbitnya 2 novel ini ya Mbak. Semoga memperkaya dunia literasi di tanah air.

    BalasHapus
  61. Selamat ya mbak atas terbitnya novel pertama. Semoga sukses dan lancar. Ohya ini kalau dibaca anakku yang masih SMP, aman aja kan ya?

    BalasHapus
  62. Selamat mba atas terbitnya novel nya semoga laris manis dan banyak yang suka isi cerita novel nya. Aamiin

    BalasHapus
  63. Meluncur... Ke IG nya mo ikutan GA nya. Ingetin aku kalo lupa ya mba. Hehehe

    BalasHapus
  64. Kereenn..punya buku Solo untuk karya tulisan Novelnya. Congrats ya Mba dan semoga terus menelurkan karya² novel selanjutnya

    BalasHapus
  65. Wow, ini novel karya Mba Farida sendiri? Keren! Bikin 2 seri sekaligus! Sukses ya Mba buat novelnya :))

    BalasHapus
  66. Wah Mantap Mbak, Sukses selalu.
    Semoga banyak peminatnya.

    Memang cita-cita seorang penulis walau masih amatir kayak saya pinginya bisa menghasilkan karya, semoga bisa nyusul nie, tapi suka nggak konsisten saya kadang males tuk nulis wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa konsisten dan segera menyusul, ya

      Hapus
  67. selamat mba cantik sudah menghasilkan karya pertamanya, sebelum genap 40 tahun, semoga makin lancar novel-novel berikutnya, jadi insight buat saya juga, berapa tahun kedepan akan menelurkan apa, terima kasih mba untuk semangatnya

    BalasHapus
  68. selamat tuk buku solonya ya Mbak, jadi kado terindah tuk diri sendiri ya ini.
    penasaran deh pengen baca. apalagi yang Seri Ayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih. Diorder, yuk ...

      Hapus
  69. wah keren banget mab hehe. dan cek shopee ternyata lokasi sidoarjo... bisa lah nanti dari sby pick up ke sidoarjo. keren! selamat mba

    BalasHapus
  70. Mantap ini kak Farida, biasanya daku hanya baca sekilas lewat Postingan instagram, sekarang bisa tambah lagi informasi mengenai Ayugesa. Semoga laris manis ya kak novelnya

    BalasHapus
  71. Hadeh... Ini racun. Spoilernya bikin aku pengen baca. Satu bukunya berapa halaman mbak? Selamat ya udah punya buku solo. Sepertinya aku juga harus bikin surat buat diri sendiri nih sebelum 40 tahun.

    BalasHapus
  72. Selamat mba Farida. Coba ikutan aah giveawaynya. Kali beruntung dapet gratiss hihi

    BalasHapus
  73. Selamat ya, Mba. Sukses buat bukunya. Aku baru tahu jadi dua seri. Cerita ayugesha ink menarik juga ya, Mba. Pensaran deh dengan jalan hidup ayugesha.

    BalasHapus
  74. Selalu salut sama bloger yang juga produktif menulis secara impian saya juga pengen menelurkan 1 buku solo tapi sampai sekarang belum kesampaian juga hehe..

    Btw baarakallaah ya Mbak atas peluncuran novel berseri Ayugesa. Cusss ah mau coba ikutan GAnya.

    BalasHapus
  75. Alhamdulillah.. Impian yang terkabul tepat pada waktunya. Ditunggu bedah bukunya nanti di grup. Btw barakallah selamat ya mbak..mana manis sekali covernya :)

    BalasHapus
  76. Keren mbak, Barakallah... Semoga novelnya laris dan disukai semua orang aamiin

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^