Tujuh (7) Resep Super Mudah yang Dapat Anda Buat dengan Menggunakan Rice Cooker

Resep Rice Cooker

Hidup di indekos membuat Anda harus serba simpel karena tidak memiliki dapur yang bisa memasak makanan untuk kebutuhan sehari-hari. Salah satu alat yang dapat diandalkan untuk memasak adalah rice cooker. Selain nasi, alat elektronik ini juga mampu memasak jenis masakan lainnya.

Bila Anda masih bingung apa saja yang dimasak menggunakan rice cooker, artikel ini akan memberikan tujuh (7) resep super mudah yang dapat Anda buat di indekos. Mari kita simak!


1. Nasi Uduk

Nasi uduk bisa dibuat di rice cooker tanpa perlu beli di warung makan. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah beras, jahe, sereh, kayu manis, cengkeh, daun salam, lengkuas dan santan. Masak seperti nasi biasa dan hidangkan saat masih panas.


2. Nasi Kuning

Anda ternyata bisa membuat nasi kuning dengan hanya menggunakan rice cooker. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah beras, sereh, daun salam, kaldu ayam bubuk atau air kaldu ayam, garam secukupnya, bumbu kunyit dan bawang putih yang halus, serta santan di mana Anda bisa juga menggunakan santan instan agar lebih mudah.

Cara memasaknya seperti nasi biasa. Jika nasinya belum matang saat rice cooker dibuka, tekan tombol “cook” sampai benar-benar matang, kemudian aduk agar bumbu dan dan nasi dapat matang secara merata.


3. Sop Ayam

Jika ingin memasak resep ini, caranya sangat mudah. Pertama, tuangkan minyak dan tumisan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan tomat. Kemudian masukan lada, garam, gula secukupnya, dan kaldu ayam bubuk. 

Setelah harum, masukkan air, potongan ayam, dan sayur-sayuran favorit Anda ke dalam rice cooker. Tunggu hingga sop ayam matang dan hidangkan beserta nasi.

Resep Rice Cooker


4. Sarden Kaleng

Selain enak, sarden kaleng juga bisa dimasak di dalam rice cooker tanpa perlu ke warung BKI atau bubur kacang ijo. Cara membuatnya sangat sederhana. Masukkan minyak dan tumisan bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai. Setelah itu, masukkan sarden kaleng dan tunggu hingga mendidih. Lebih nikmat bila Anda menambahkan nasi sebagai pendamping sarden.


5. Kari Ayam

Bila Anda merindukan masakan kari ayam yang dibuat oleh ibu, jangan khawatir! Anda bisa membuat kari ayam versi sendiri dan memasaknya hanya dengan menggunakan rice cooker.

Pertama, siapkan bahan-bahan seperti potongan dada ayam, minyak, irisan bawang merah, bawang putih, bubuk kari, air, saus tomat, kismis, dan yogurt. Masukkan minyak sampai panas dan taburkan irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum dan melunak.

Selanjutnya, tuang bubuk kari sambil aduk hingga dua menit. Kemudian, tambahkan air, saus tomat, ayam serta kismis, dan aduk kembali. Langkah berikutnya, tutup rice cooker dan tekan tombol “cook”. Jika sudah matang, matikan rice cooker, tambahkan yogurt dan aduk hingga merata.


6. Telur Goreng

Tiba-tiba kangen telur dadar buatan sendiri? Tenang saja, Anda bisa membuatnya sendiri tanpa perlu pergi ke luar rumah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah telur, mentega, irisan bawang merah, daun bawang dan bawang putih, serta garam secukupnya.  

Cara membuatnya gampang. Oleskan mentega ke dalam rice cooker. Usahakan jangan gunakan minyak goreng, karena akan membuat rice cooker menjadi cepat rusak. Setelah mentega meleleh, kocok telur dan tambahkan irisan bawang merah, bawang putih, daun bawang serta garam secukupnya. Kemudian, masukkan adonan telur hingga padat, dan balikkan dengan hati-hati sampai telur matang.


7. Mac and Cheese

Cemilan ini ternyata sangat bisa dibuat di dalam rice cooker. Langkah pertama, siapkan bahan-bahannya seperti makaroni, kaldu ayam, susu cair dan keju. Kemudian, rebus makaroni dengan kaldu ayam selama 10 menit dan aduk-aduk di dalam rice cooker supaya makaroni tidak lengket. Selanjutnya, masukkan susu dan keju, baik itu keju parut atau keju cheddar, dan masak hingga harum.

 

Menu-menu tersebut dipilih karena cara memasaknya yang mudah dan memiliki  rasa yang lezat untuk semua kalangan. Di antara resep-resep yang sudah dijelaskan, manakah yang menjadi resep favorit Anda?

7 komentar

  1. anak kost wajib baca ini wakaka...cmn emang resepnya simple-simple yah mbak...nice articles...aku suka !

    BalasHapus
  2. Wah, emang pas banget kalau jadi anak kost bisa menggunakan rice cooker untuk multifungsi ya Mbak, masak, bikin kudapan juga. So, nyammi.

    BalasHapus
  3. bener nih, zaman aku kuliah dulu masak sop pakai rice cooker, goreng kerupuk atau tempe juga pakai rice cooker, untuk gak rusak haha. pernah juga bikin cake pakai rice cooker. seru banget untuk anak kos yang gak punya dapur, pakai rice cooker apa aja jadi hihi.

    BalasHapus
  4. wah penting nih buat dicoba, aku pengen cobain masak mac and cheese jadinya hahha

    BalasHapus
  5. eh ini resep-resep yang mau aku coba nih masak pake rice cooker, kalo liat di youtube tuh auto ngiler2 liat hasilnya, pengen buktiin beneran berhasil atau gak hihi

    BalasHapus
  6. Jadi inget LPG abis tengah malam, saya ceplok telur di magiccom coba. Saya kira saya ajah yg aneh. Ternyata ini wajar dilakukan. Wkwkw

    BalasHapus
  7. Wahh boleh juga ini dipraktekin di magic com masakan yah hehehe

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^