9 Mitos Tentang Berlian

Berlian
Foto: https://www.passionjewelry.co.id/

Salah satu perhiasan yang digemari karena keindahannya adalah perhiasan berlian. Perhiasan jenis ini dikenal sebagai perhiasan masyarakat kelas atas yang kaya dan berpendidikan. Tapi ternyata berlian sebagai perhiasan kelas atas juga mempunyai beberapa mitos yang tidak benar.


#1 Berlian adalah investasi yang buruk

Berlian mungkin bukan investasi yang baik untuk orang kebanyakan, tetapi jelas bukan investasi yang buruk. Jika berlian dibeli dengan harga yang tepat, pasti nilainya akan bertahan. Sejak kehancuran harga berlian tahun 1979, ketika berlian D flawless turun nilainya dari $75.000 menjadi di bawah $15.000, harga berlian terus meningkat.

#2 Tidak ada berlian yang sempurna

Sebenarnya ada. Kriteria berlian yang sempurna adalah berlian yang bebas dari inklusi dan noda bila dilihat di bawah kaca pembesar 10X (tanpa cacat), tanpa jejak warna, dan proporsionalnya sempurna. Meskipun jarang, ada berlian seperti itu.

#3 Sulit membedakan berlian dengan cubic zirconia

Setiap toko perhiasan yang bagus bisa langsung membedakannya. Cubic zirconia lebih mirip plastik, tampak ada warna biru muda di seluruh batu. Salah satu cara pasti untuk menentukan perbedaannya adalah dengan menimbang cubic zirconia. Sebuah cubic zirconia kubik akan berbobot 55% lebih banyak dari berlian.

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Ciri Cincin Berlian Asli?

#4 Berlian harganya mahal

Sebagian memang mahal tapi ada yang murah, tergantung pada kualitasnya. Ada berlian satu karat yang harganya cuma beberapa juta rupiah.

Baca juga: Confession of Shopaholic.

#5 Wanita pasti menyukai berlian

Wanita memang menyukai berlian. Tapi ternyata ada juga sebagian wanita yang sangat tidak menyukai berlian dan menganggap membeli berlian adalah pemborosan.

perhiasan berlian
Foto: https://www.passionjewelry.co.id/

#6 Berlian dengan lab-grading report pasti berlian yang bagus

Belum tentu, tergantung pada kualitas laboratoriumnya. Karena ada laboratorium yang sembarangan dan memberi grade berlian apapun yang dikirim pada mereka.

#7 Hanya berlian yang dapat memotong kaca

Tidak benar karena ada beberapa benda yang dapat memotong kaca, dari berlian sintetis hingga kaca itu sendiri. Ada lagi mitos yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk membuktikan berlian itu asli atau bukan adalah dengan menggosokkannya ke kaca.

#8 Pembuat perhiasan cenderung memasang berlian terbaiknya di setting yang siap dipakai

Artinya berlian terbaiknya sudah dipasang di cincin, anting, atau perhiasan lain yang siap pakai. Tapi sebenarnya sebaliknya, pembuat perhiasan cenderung memasang berlian terburuknya dalam setting. Dengan begitu kerusakan berlian (gompal, retak, dll) yang ada bisa disembunyikan. Berlian terbaik seorang pembuat perhiasan ada di brankasnya, dan satu-satunya cara untuk melihatnya adalah dengan memintanya untuk dibawa keluar.

#9 Berlian adalah batu permata yang langka

Banyak orang menyangka bahwa jumlah berlian adalah sedikit. Ini tidak benar, karena di alam sendiri berlian yang belum ditambang masih sangat banyak. Berlian seolah jumlahnya sedikit karena berlian yang diperdagangkan tidak boleh sembarangan dan diatur dengan regulasi yang sangat ketat.

Baca juga: Thanks for Treating Me Like A Hidden Gem.

10 komentar

  1. Apakah berlian sama dengan intan? Jenis perhiasan ini memang menggoda banyak wanita, termasuk aku. Dari bebrapa mitos tsb baru sdkt yg pernah kudengar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intan yang sudah diasah dan dibuat irisannya namanya berlian.

      Hapus
  2. Cukup banyak juga mitos tentang berlian ini ya. Kalo setauku berlian itu mahal, tapi ternyata ada kelas-kelasnya ya. Lalu cara membuktikan berlian itu asli gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa baca artikel selanjutnya. Ada linknya tuh, dalam artikel 🥰

      Hapus
  3. Mba Farida termasuk yang rajin nulis tentang berlian ya. Aku belum pernah punya perhiasan berlian, semoga next time dikasih rejeki biar punya berlian beneran aamiin. Mitosnya banyak sekali ya, bisa jadi nambah wawasan.

    BalasHapus
  4. Wahh beneran baru ngeh sih kalau jumlah berlian ini banyak. Kupikir karena jumlahnya sedikit itulah harganya mahal. Ternyata hanya mitos. Nice sharing kak

    BalasHapus
  5. Pengen sih kak rasanya punya berlian, tapi kalau lihat harganya sih ya hahaha. Daripada yang imitasi, mending nabung ya. Tapi masuk akal kalau mostly harga berlian selangit, proses intan terbentuk lamaaa banget di perut bumi

    BalasHapus
  6. Ngomongin berlian jadi pengen punya berlian yang utuh seperti yang di emot2, semoga kesampean, sholawatin dulu ah siapa tau rejeki 😁

    BalasHapus
  7. hm..padahal selama ini saya berpikiran sesuai mitos-mitos tersebut dan ternyata salah kaprah. hi. Kalo dipikir-pikir, berlian cocok juga untuk investasi jangka panjang selain emas,

    BalasHapus
  8. bener sih, mbak.. banyak yg bilang berlian bukan produk invest yg baik. Orang banyak yg lebih memilih emas yaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^