Karena Airy Rooms, Kapan Aja Bisa Jadi Percaya

Airy Rooms, Kapan Aja Bisa

Tak kenal maka tak sayang? Tak kenal maka... kenalan, dong! Hehehe... Itu sepertinya pelajaran berharga yang aku dapat 2 minggu lalu gara-gara hotel Airy Rooms. Lho lho lho... Memang apa salahnya Airy? Tenang, tenang... Duduk manis dulu. Baca ceritanya baik-baik, ya.

Jadi, kisahnya bermula ketika aku mulai pindah ke kota ini, Semarang. Beberapa minggu kemudian, para iparku mengatur jadwal agar bisa berkumpul semua di Semarang. Makanya, mereka meminta kami mencarikan hotel tempat menginap.

"Yang dekat situ saja. Minimal bintang 4, ya," pesan Kakak Kedua via telepon genggam.

Setelah berselancar ke sana ke mari, Suami pun menelepon balik kakaknya, "Di sekitar sini nggak ada hotel bintang 4 atau 5, Mas. Kalau bintang 3 aja, gimana? Kan kemarin di Jakarta juga pakai hotel bintang 3 ya bagus, kok. Nanti aku datangi satu-satu deh hotelnya buat survei untuk memastikan."

"Ah, enggak lah. Ini kan acara kumpul keluarga. Cari yang benar-benar nyaman. Agak jauh nggak papa tapi minimal bintang 4, ya," kukuh Kakak Kedua pada pendiriannya.

Singkat kata, akhirnya kami menemukan hotel bintang 4 yang agak jauh dari rumah. Namun rupanya jiwa ngeyel Suami masih saja bertalu-talu. Maka Beliau pun mengungkapkan rasa penasarannya yang belum tuntas saat kami bepergian satu mobil.

"Apa sih, bedanya bintang 3 dengan 4? Paling cuma di fasilitas tambahan. Kita kan nggak butuh ruang pertemuan, fitnes, spa... Yang penting kan, kamarnya nyaman," kata Suami.
"Ya kan kita nggak tahu tingkat kenyamanan orang. Mungkin saja Masmu memang lagi butuh fasilitas-fasilitas itu. Kan dia habis perjalanan jauh," Kakak Pertama berusaha menengahi.

Tak lama kemudian, kami melewati bangunan hotel bernama Guest House Bintang Tiga, "Nah, kalau guest house ini apa lagi? Bedanya sama hotel apa, ya?" tanya Suami.
"Ah, kalau guest house itu ya losmen. TV tabung, kipas angin, nggak ada shower, apa lagi air hangat," kata Kakak Pertama.
"Masa, sih? Dari luar kelihatannya lumayan bagus tempatnya," kilah Suami.
"Ah, kamu mending nambah biaya dikit daripada nginap di tempat begitu. Kalau kamu sendiri, nggak papa. Tapi kalau bawa keluarga ya nggak nyaman," jelas Kakak Pertama.

Hari-hari pun berlalu. Para ipar juga sudah kembali ke tempat asalnya. Sesekali, aku masih penasaran dengan guest house ini. Karena memang aku sering melintas di depannya jika hendak pergi ke suatu tempat.

Sampai suatu hari aku baru menyadari bahwa guest house ini memasang papan biru bertuliskan Airy Rooms di ujung lahannya. Wah, Airy Rooms? Jadi di sini ada Airy Rooms juga?
Hei, bukannya Airy Rooms punya beberapa standar kenyamanan itu, ya? Mestinya, kalau ini memang Airy Rooms, berarti ya cukup nyaman dong. Tidak seperti sangkaan kakak iparku.

Rasa penasaranku pun semakin membuncah. Karena memang aku belum pernah menginap di Airy Rooms. Jadi ingin menyaksikan sendiri, apa iya bisa mendapatkan kamar yang nyaman dengan anggaran tipis?

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ternyata bulan kemarin aku mendapatkan bonus sebagai Local Guide dari Google Map berupa voucher menginap di hotel standard Airy Rooms! Yeay! 
Voucher-nya senilai 200.000 rupiah, lho. "Wah, bisa-bisa aku menginap gratis, nih. Karena seingatku, tarif kamar Airy Rooms itu murah sekali dan banyak yang di bawah 200.000 rupiah," pikirku.

Sekilas Mengenal Airy Rooms

Tanpa menunggu lama, aku pun langsung mengunduh aplikasi Airy di telepon genggam. Dan segera aku keasyikan pencet-pencet menikmati fasilitas yang ada. Dari aplikasi ini saja, aku bisa mendapat banyak informasi tentang Airy Rooms, lho.

Jadi, Airy Rooms ini sudah memiliki lebih dari 5000 kamar di 72 kota di Indonesia! Makanya, Kita #KapanAjaBisa mendapat akomodasi murah. Karena Airy Rooms mudah ditemukan di berbagai lokasi. Tidak perlu kawatir tidak kebagian. Lha wong tersedia ribuan kamar gitu, kok.

Airy Rooms ini bekerjasama dengan kamar-kamar hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Bedanya Airy Rooms dengan kamar hotel lain adalah dia menjamin standar kenyamanan yang sama di Airy Rooms mana pun. Jadi, jika kita menginap di Airy Rooms yang berada di hotel bintang 3, akan sama nyamannya dengan yang di hotel bintang 5! Mantap, kan?

Jaminan Kenyamanan Airy Rooms

Airy Rooms memiliki 2 jenis kamar, yaitu: Eco dan Standard. Dari namanya, bisa ditebak bahwa kamar Eco lebih murah dari kamar Standard. Tiap jenisnya memberlakukan jaminan kenyamanan masing-masing yang sedikit berbeda satu sama lain.

Kenyamanan yang dimaksud terkait dengan fasilitas yang didapat pada setiap kamar. Jadi, setiap kamar Airy Rooms:

Eco

memiliki: TV, tempat tidur bersih, Wifi gratis, perlengkapan mandi, air mineral dan AC.

Standard

memiliki: TV layar datar, tempat tidur bersih, Wifi gratis, perlengkapan mandi, air mandi hangat, air mineral dan AC

Tuh kan, yang kelas Eco pun sudah ber-AC, lho. Selisih keduanya juga cuma sedikit, ya. Bedanya hanya kamar Eco menggunakan TV tabung biasa, sedangkan kamar Standard memakai TV layar datar. Selain itu, kamar Standard dilengkapi air mandi hangat. Selebihnya, keduanya menyediakan fasilitas yang sama. 

Asyik banget! Nggak nahaann... Pingin segera icip sensasinya. Bulat sudah tekadku untuk memesan kamar Airy Rooms. Lanjut deh, klak-klik aplikasinya.

Mencoba Aplikasi Airy


Pilihan kamar Airy Rooms dilengkapi fasilitas Filter & Sort dan Map View

Mudah sekali lho, aplikasi ini dioperasikan. Begitu dibuka, kita langsung dihadapkan pada pilihan mau memesan kamar atau tiket pesawat. Pada bagian pemesanan kamar, kita diminta memasukkan isian berupa nama lokasi, tanggal masuk dan lama menginap.

Setelah memencet tombol "Cari Kamar Airy Rooms," tersajilah berbagai pilihan Airy Rooms yang ada. Aku meng-klik pilihan Standard sesuai kategori kamar yang berlaku untuk voucher-ku. Melihat harga-harganya yang terpampang nyata, mata ini berbinar-binar kegirangan. Semuanya benar-benar harga kegencet truk, ya. Murah tanpa embel-embel biaya siluman apa pun!

Ada harga ada rupa. Benarkah? Sepertinya Airy Rooms bisa dijadikan perkecualian. Walaupun harga kamarnya murah, tapi bukan berarti Airy Rooms hanya nebeng di hotel-hotel bulukan. Banyak lho, Airy Rooms di kotaku berada di hotel-hotel keren dan instagramable. 

"Kamar bajet? Berarti cuma untuk 1-2 orang, dong? Memangnya ada kamar untuk sekeluarga?" ini pertanyaan temanku sesama Local Guide yang juga mendapatkan voucher Airy Rooms. Dan setelah aku ubek-ubek aplikasinya, ternyata ada! Jadi, kita tinggal mengetuk tombol "Filter & Sort" di kiri bawah untuk mencari dan mengurutkan hasil pencarian sesuai kebutuhan.

Daftar filter pilihan kamar Airy Rooms

Nanti tampilannya akan muncul daftar panjang seperti di atas. Kita bisa memilih kamar berdasarkan harga, ukuran ranjang, lokasi yang lebih presisi maupun fasilitas penunjangnya. Bisa dibaca kan, bahwa Airy Rooms ada juga yang dilengkapi restoran, ruang pertemuan, kamar keluarga, bath tub, kolam renang, spa, tempat fitnes dll. Bahkan, ternyata Airy Rooms juga menyediakan kamar berkonsep syariah! 

Iya sih, yang memiliki fasilitas tambahan biasanya lebih mahal dibandingkan yang lain. tapi tetap saja lebih ramah di kantong dibandingkan jika kita memesan kamar hotel biasa. Jadi, dengan Airy Rooms, kita mendapatkan kamar yang nyaman dan murah sambil tetap bisa menikmati fasilitas hotel yang ada. Wow! 

Berhubung Suami punya agenda rutin di sekitar sini, dan aku pun sedang kebingungan memilih, maka aku akhirnya memutuskan memesan Airy Rooms terdekat saja. Hal ini bisa mudah aku lakukan dengan memanfaatkan tombol "Map View."

"Pesan yang di sekitar sini aja ya, Say?" aku menawarkan.
"He-eh," jawab Suami.
"Untuk nginep kapan? Besok?" kejarku.
"Iya deh, atur aja," tukas Suami.

Eh, iya lho. Kapan aja bisa pesan kamar Airy Rooms. Bahkan di hari yang sama! Yang penting, perhatikan jam check in, ya. Kebanyakan kamar Airy Rooms memberlakukan waktu check in jam 2 siang dan waktu check out jam 12 siang.

Pesananku...

Ternyata eh ternyata, Airy Rooms terdekat dari rumahku itu ya, Guest House Bintang Tiga! Hihihi... Namanya jodoh memang nggak akan ke mana, ya. 

Sekilas melihat foto dan komentar dari para pengunjungnya, sepertinya cukup bagus. Harganya pun masih tertutupi dengan voucher-ku. Jadilah aku memesan satu kamar di sini.

Setelah kita memilih kamar dan mengetuk tombol "Pesan," maka kita akan diminta mengisi data nama, nomor telepon dan alamat e-mail. Selanjutnya, kita diantarkan pada formulir pembayaran. Di sini, kita bisa menggunakan voucher yang kita miliki.. 

Cara menggunakan voucher Airy Rooms

Jadi buat para Local Guide yang belum memanfaatkan voucher-nya, atau siapa pun kamu yang memiliki kode voucher Airy, ketuk tombol "Gunakan Kupon" dan masukkan kode kuponnya pada kotak dialog yang tersedia. Jumlah biaya akan otomatis terkurangi oleh nilai voucher kita. Kalau aku, total pembayarannya jadi 0 rupiah, deh. Hore...!

Ouw, ouw... Melihat fasilitasnya. merasakan kemudahan prosesnya, sepertinya aku mulai jatuh cinta dengan Airy Rooms. Sedikit. Nggak tahu kalau besok sore, saat benar-benar di lokasi. Hehehe...

Menikmati Fasilitas Hotel Airy Rooms

Akhirnya kesampaian juga aku memenuhi rasa penasaranku. Ya penasaran sama Guest House Bintang Tiga, ya sama Airy Rooms juga. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui deh berkat kerjasama Airy Rooms dengan guest house ini dan juga dengan Local Guide. Yipie...!

Nah, buat yang masih ragu dengan kualitas hotel tempat Airy Rooms berlokasi, nih aku beri bukti salah satunya. Biar dikata judulnya guest house, namun ternyata tampilannya nggak sekadar sekelas losmen, lho.

Disambut lobi yang memeriahkan hati

Begitu melewati pintu masuk, kita akan langsung disambut dengan nama guest house ini yang terpatri besar-besar terlindung kaca tebal di ubin lantai. Unik! Berasa sedang melewati Walk of Fame di Hollywood, ya. Hihihi...

Sedangkan plafonnya didesain menggunakan pola kurva yang cantik dengan hiasan banyak lampu kecil yang manis. Jadi, sepertinya nama "Bintang Tiga" ini lebih mengacu kepada konsep bertema galaksi planet dan bintang. Di sisi kanan pintu, terdapat sepasang sofa berwarna cokelat lezat melengkapi bagian lobi bergaya modern kontemporer ini.
  
Toko di dekat pintu masuk? Awas, racun!

Sedangkan di sisi kiri pintu masuk, kita dihadapkan pada jajaran aneka camilan tradisional dan minuman. Selain itu, di sini juga dipajang kerajinan tas cantik dan bantal menggemaskan yang bisa dibeli. Waduh, gawat ini! Belum apa-apa sudah terasa seperti ada magnet yang menarik-narik isi dompet untuk dikeluarkan. Hihihi...

Tak cukup itu. Di sebelah meja resepsionis juga tampak warna-warni pakaian bermotif batik yang siap dijadikan oleh-oleh. Pun di sebelah sofa lobi, terdapat berbagai hasil kerajinan tangan berbaris rapi di rak pajangan. Selain itu, dalam etalasenya juga disediakan barang-barang kebutuhan harian seperti tisu, minyak angin dll. Jadi, sangat memudahkan bagi kita yang kehabisan atau kelupaan membeli di luar.

Sekadar untuk meredam alarm belanja yang mulai berbunyi nyaring, Suami pun memilih membeli beberapa camilan dan minuman sebagai pelengkap acara menikmati staycation di sini. Maklum, kami sekeluarga memang susah dipisahkan dari camilan. Bawaannya pingin nggiling melulu ini perutnya. Hehehe...

"Oh, Airy Rooms, ya?" ucap resepsionis begitu membaca surat elektronik yang ditunjukkan Suami, tanda pelunasan biaya kamar. 

Mas Resepsionis pun menyerahkan kunci sambil bertanya, "Besok mau sarapan apa? Nasi Rames atau Nasi Goreng?" Oh iya, tarif di bawah 200.000 rupiah itu sudah termasuk sarapan untuk 2 orang, lho. Setelah menggalau beberapa detik, akhirnya kami memutuskan untuk memilih Nasi Goreng.

"WiFi di kamar password-nya apa, ya?" tanya Suami. Dan Sang Resepsionis bukan sekadar memberikan satu kartu kata kunci, melainkan tiga! Lha? Ternyata di sini memang dipasang 3 hotspot WiFi. Sepertinya, karena posisi kamar kami memungkinkan menangkap ketiga sinyal yang tersedia, jadi ya kami dipersilakan memakai ketiganya demi kepuasan fasilitas. Hohoho... Mantap jaya!

Restoran, ruang pertemuan dan menu sarapan

Segera kami diantar ke kamar oleh petugas. Menuju ke sana, kami melewati area restoran yang menyala dengan kursi-kursi jingganya. Di sebelah kiri restoran ini terdapat ruang pertemuan yang tampak nyaman dengan fasilitas cukup lengkap.

Tampak gambar besar Gedung Lawang Sewu di salah satu dinding restoran. Sedangkan dinding yang lain berhiaskan hijaunya daun tanaman menjalar. Meja prasmanannya dibangun tetap menempel di dinding. Beralaskan motif marbel yang lucu dengan aneka perlengkapan makan yang sederhana tapi unik. Suka! 

Kamar Airy Rooms, Seperti Apa Sih?


TV layar datar dan air mineral sebagai bagian dari jaminan kenyamanan Airy Rooms

Sampailah kami di kamar yang dimaksud. Segera suasana serba putih biru khas Airy Rooms menyapa kami. Pandangan pun langsung tertuju pada kotak cantik yang terbuka berisikan air mineral dan berbagai camilan. Ah, senangnya!

Kamar ini dilengkapi TV layar datar yang ternyata tidak hanya berisi saluran lokal namun juga internasional. Kami langsung menyalakan AC dan menghubungkan telepon genggam kami dengan WiFi yang disediakan untuk kamar ini. Koneksinya lancar bebas hambatan lho, sampai kami pulang.

Aku jadi bisa menyicil menulis blog semalaman. Enak ya, di Airy Rooms. Kapan aja bisa santai sambil tetap produktif.

Tempat tidur yang bersih, nyaman dan empuk

Kasurnya? Sudah jelas bersih, nyaman dan empuk dong. Tampak dindingnya berhiaskan gambar kilatan bintang gemintang. Di bagian atasnya itu adalah lampu tidur dengan nyala berwarna hijau. Lucu, ya?

Yang tampak segitiga jingga menempel di plafon itu apa, hayo? Tepat sekali! Itu adalah penunjuk arah kiblat.

Lengkap sudah. Kasur, checked. AC, checked. WiFi, checked. Air mineral, checked. TV layar datar, checked. Dan masih dengan beberapa fasilitas tambahan lainnya.

Kamar mandi bersih dilengkapi peralatan mandi dan air hangat

Eit, bagaimana dengan kamar mandinya? Kamar mandinya serba putih dengan shower, WC duduk dan wastafel di dalamnya. Juga tergantung 2 handuk bersih di dekat pintu. 

Sesuai jaminan kenyamanan yang disebutkan, di atas wastafelnya disediakan dompet biru bermotifkan batik mega mendung kesukaanku. Wow! Dompet ini berisikan alat-alat mandi yang terdiri dari sabun, shampoo, sepasang sikat gigi dan pasta giginya. 

Yang menakjubkan bagiku adalah sabun dan shampoo-nya yang didesain khusus untuk Airy Rooms. Kemasan dan isinya benar-benar nggak pasaran, lho. Hal ini bisa langsung dibuktikan saat aku mencium aroma produk dan memakainya. Bukan yang biasa di hotel-hotel lain, deh

Apa lagi di bagian belakang kemasannya itu ternyata tidak dibiarkan kosong begitu saja. Melainkan dicantumkan informasi unik tentang Batik Mega Mendung. Hayo lho, di mana lagi nemu yang begini? Hotel bintang 5 pun belum tentu meyediakan yang seperti ini, kan

Keren banget nih, buat dikoleksi. Moga secara berkala Airy Rooms memproduksi seri peralatan mandi dengan tema lain, ya. Biar makin rajin mampir ke Airy Rooms. 

Memang mau balik lagi? Nggak. Lho? 

Iya. Aku bukan ingin balik lagi ke sini. Tapi jadi ingin bersafari dari hotel satu ke hotel lain yang menyediakan fasilitas Airy Rooms. Hihihi... Habisnya asyik sih ya, bisa mendapatkan kamar nyaman dengan harga murah di hotel bagus.

Hadiahku untuk Airy Rooms

Esoknya, setelah mandi dengan air hangat dan sarapan Nasi Goreng yang pas sekali racikan bumbunya, kami pun bersiap pulang. Sebagai peninggal jejak, mantap jiwa aku mengisi formulir ulasan yang disediakan dengan poin nyaris sempurna. Sebuah langkah tepat yang diambil oleh Guest House Bintang Tiga. Gara-gara bekerjasama dengan Airy Rooms, aku jadi percaya akan jaminan kualitas yang diberikan.

Terimakasih, Airy Rooms, atas pengalaman berharganya. Love you full!

Kalau kamu, bagaimana? Pernahkah menginap di Airy Rooms? Puaskah?

Komentar

  1. airy juga selalu jadi favoritku kalau trip pendek tapi tetep mau menekan biaya traveling. Hotelnya sangat terjangkau dari segi harga dan fasilitasnya baik. thanks for sharing ya mbak ;)

    BalasHapus
  2. Airy Roooms juga jadi pilihan saya kalau menginap mba. Lengkap soalnya :)

    BalasHapus
  3. Belum pernah...😁 tapi sdh banyak sekali membaca review ttg airy rooms dan sungguh penasaran ingin nyoba😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain... Lumayan lah untuk yg pingin hemat anggaran😊

      Hapus
  4. Ternyata di Semarang ada Airy Rooms ya mbak, duh jadi pengen nginep di hotel Airy Rooms Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaaakk.. Buka aja deh di aplikasinya😀

      Hapus
  5. Wah Airy Rooms sekarang pouch nya batik,, tambah cantik aja. Mbak Farida ngingetin aku nih kalo aku masih punya voucher yang belum kepake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo dipake pocernya dan dapatkan pouch batiknya hihihi..

      Hapus
  6. sudah pernaah nginep disitu sama suami dan anak2, nyaman hehe :D

    BalasHapus
  7. Terima kasih ulasannya mbak, lengkap nih... aku masih nunggu voucher dari Local Guide nih, belum dapat-dapat hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, blm pernah dpt ya? Ayo semangat naikin level. Hehehe..

      Hapus
  8. Belom pernaaaah. Kon2 nyoba aaaahhh.. makaosy reviewnya mbaak

    BalasHapus
  9. wah cucok nih mbak buat kalo pas pergi pergi keluarvkota. nggak bakal takut dapet hotel yang nggak enak tapi harganya mehong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya Ola ternyata airy rooms ini. Mba Farida juga beruntung bgt bisa dpt voucher gratis dr google local guide yaa

      Hapus
  10. Waah,memang top dah fasilitasnya Mbak, bikin betah nginap di Airy Rooms.

    BalasHapus
  11. Keren ya, Mbak, sampai soal sabun pun diperhatikan oleh Airy. Keren. Aku belum pernah menginap pakai Airy sih, Mbak. Semoga lain waktu ada kesempatan.

    BalasHapus
  12. Waaah jadi inget masih punya voucher airy juga...kapan2 bisa dicoba nih. Btw itu no kamarnya unik banget nomor cantiknga wiro sableng 212 wkwkkww

    BalasHapus
  13. Kelihatan nyaman deh nginep di airy rooms :D

    Cheers,
    Dee Rahma - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan. Setidaknya jaminan kenyamanan yg dijanjikan terpenuhi😊

      Hapus
  14. Saya belum pernah menginap di Airy Room, Mbak. Jadi penasaran pengin nyoba juga. Ekonomis banget ya

    BalasHapus
  15. Belum pernah coba booking di airy rooms tapi liat reviewnya memuaskan yaaa. Next kalau berlibur coba booking aahh

    BalasHapus
  16. Kapan2 kudu nginep nih di airy

    BalasHapus
  17. Minggu ini mau nyobain nginep di Airy pakek vocher dari Google Local Guide juga ah :)
    Makasi ulasannya Mbak, lengkap banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^