Ini 5 Caraku untuk Meningkatkan Peringkat di Google


Hai, Teman-Teman! Kali ini aku akan berbagi pengalamanku dalam menaikkan blog agar dikenal dan dipercaya oleh mesin pencarian Google. Walau banyak bloger yang bilang bahwa nilai Domain Authority / Page Authority itu misteri, namun ada pola teratur yang terjadi pada blogku. 


Nilai DA blogku secara berurutan sejak bulan pertama adalah 3, 6, 9, 11, 13, 15 dan 17. Semakin tinggi nilai DA, biasanya semakin sulit menjaga performanya agar terus meningkat. Makanya, menurutku, resolusi tahun ini untuk menaikkan nilai 8 poin adalah target yang wajar. 

Baca resolusiku untuk tahun ini di artikel Resolusi 2018: Do The Best, Be Better.

Ternyata eh ternyata, di awal tahun inj ada pergantian parameter penentuan DA,  dong.  Nilai DA-ku jadi stuck selama beberapa bulan. 

Namun hepi-nya, begitu standar penilaian yang baru diluncurkan, nilai DA-ku malah melonjak menjadi 31! Yeay! Target pun terlampaui di usia blog sekitar 10 bulan. Dan berikutnya, setiap 2 bulan sekali DA-ku naik 1 poin. 

Aku bukan termasuk yang terbaik sih, untuk masalah begini. Aku pun masih perlu banyak belajar. Hanya saja, aku selalu berusaha melakukan beberapa hal di bawah ini secara konsisten sesuai anjuran para ahli. Maka kupikir inilah hal-hal yang mempengaruhi blogku agar terus meningkat nilai DA-nya.


1. Membuat Konten Berkualitas 


Aku mengsahakan agar konten artikelku bermanfaat bagi pengunjung. Entah itu berupa ilmu, pengetahuan, tips, berbagi pengalaman, pertanyaan yang mengundang diskusi atau yang bersifat menghibur. Hal ini akan membuat pengunjung betah membaca dan ingin datang kembali.

Karena menurutku, keistimewaan terbesar dari blog adalah kontennya itu sendiri yang sudah selayaknya lengkap, sistematis dan bertanggung jawab. Hal ini pernah aku tuangkan dalam artikelku: Mengapa Menjadi Bloger Begitu Berharga.

2. Mengikuti Aturan SEO


Ya, ada banyak pelajaran tentang SEO yang bisa diikuti. Informasinya juga tersebar di jagad maya. Pastikan untuk selalu mendapat ilmu yang terkini tentang SEO, ya.

Aku pribadi nggak menerapkan SEO secara penuh, kok. Diusahakan sebisanya saja. Aku tetap mengutamakan kenyamanan bacaan bagi manusia, bukan mesin. 

3. Memanfaatkan Jejaring Sosial


Setelah mempublikasikan sebuah artikel, selanjutnya aku membagikannya di jejaring sosial. Hal ini membuka kesempatan teman-teman di jaringanku untuk membacanya.

4. Rajin Blog Walking


Cara lain yang lebih efektif menurutku untuk memperkenalkan blog kita adalah berkomentar di blog lain. Apa lagi jika blognya populer dan sesuai dengan topik artikel kita. Tidak lupa aku menyematkan link blog/artikelku di bagian Nama/URL. Nggak banyak, kok. Cukup 10-30 artikel per hari.

Pada dasarnya, aku tidak terlalu pemilih sih, mengunjungi blog yang mana. Karena blogku ber-niche gaya hidup, sehingga bisa masuk ke blog mana pun. Soal popularitas juga. Siapa yang tahu bahwa blog yang kita kunjungi hari ini akan jadi populer beberapa bulan ke depan? Jadi ya, just do it aja

5. Bergabung dengan Komunitas Bloger


Nah ini, kekuatan yang tidak dapat diabaikan. Bergabung dengan komunitas bloger akan meningkatkan kualitas blog kita dalam banyak hal. Kita bisa mendapatkan masukan tentang konten, performa blog, ilmu SEO dan saling bertukar komentar di blog masing-masing.

Syukurlah, dengan melakukan beberapa poin di atas, aku sudah bisa merasakan manisnya penghasilan dari blog. Memang DA merupakan modal untuk menjadi penyedia jasa backlink. DA bagus adalah salah satu bahan pertimbangan suatu perusahaan saat ingin beli backlink di blog kita.

Kalau menurutmu, apa cara yang efektif untuk meningkatkan peringkat blog kita di mesin pencari Google? 

Komentar

  1. Mantap bener ini sharing dari Mbak Farida. Saya jadi ketampol juga nih, kadang udah nulis ya udah, share aja gitu. Paling ya blog walking saja, sambil cari inspirasi menulis juga. Dan saya baru tahu kalau ada jasa jual/beli backlink, berarti kita bisa menaruh link kita di sana gitu ya? Bisa dicoba nih. Terima kasih infonya, Mbak Farida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja. yuhuu... sama2. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. konten is a king tapi tetep harus diikuti sama yang lainnya, rajin blogwalking dan belajar SEO dengan benar juga yah.

    BalasHapus
  3. Selama ini saya seringnya nulis ya nulis aja sama share di sosial media. Jarang banget ngecek DA PA kecuali kalau ada yang tanya. Berhubung sekarang pengen ngejar traffic makanya jadi ikut komunitas blogger n rajin blogwalking. Selama ini seringnya cuma silent reader aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berkomunitas bisa bikin trafikmu naik ya :)

      Hapus
  4. Kalau SEO ini aku harus belajar banyak, Mbak... kalau pas post di WP sih ada pluginnya, tapi kalau di blogspot, aku soal SEO ini masih harus belajar banyak...

    BalasHapus
  5. Content is king, dan template is queen. Nah King and queen butuh teamwork tentunya, jadi meski king dan queen sdh bagus, belum bisa optimal tanpa teamwork yang bagus juga.

    BalasHapus
  6. makasih tipsnya mba, masih harus belajar nih tentang SEO

    BalasHapus
  7. Waaah... Keren nih tipsnya. Saya newbie banget soal blog. Makasi ya mbak sharingnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. terimakasih apresiasinya. sama2 :)

      Hapus
  8. "aku tetap mengutamakan kenyamanan bacaan bagi manusia, bukan mesin" toss banget mb soal ini. Dulu waktu awal ngeblog bikin judul selalu yg mancing. Skrg aku suka2 aja lah, ehehe. Nice tips mba, bs dicoba nih nanti tips yg lain.

    BalasHapus
  9. sementara ini yang kulakukan adalah postblog dan blogwalking. ALhamdulillah nilai DA ku bertahan. Naiknya keren banget Mbak, selalu disiplin dan rajin hasilnya juga memuaskan ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, hasilnya di luar ekspektasi :)

      Hapus
  10. Tengkyu for sharing nya mba Farida, sangat membantu saya sebagai newbie ini

    BalasHapus
  11. Saua termauk ya g harus banyak belajar ttng blogger ini. Masih meraba2 sisi blog nya, masih fokus menulis saja. Terimakasih mba tips nya cocok untuk saya.

    BalasHapus
  12. saya punya dua blog, yang satunya udah bisa jalan, yang satunya masih merangkak hehehe.
    Semua tips2 nya udah berusaha dijalankan, cuma ya pasti ada belang-belangnya juga. Semangat kita ya mbak. #2019DA/PAnaik

    BalasHapus
  13. Menaikan peringkat sah-sah saja jika dilakukan dengan cara-cara yang baik, kalau parameternya Google maka peraturan dan keinginan merekalah yang harus diikuti.

    Apa yang Google inginkan adalah (khususnya produk/layanan mesin pencari) memberikan informasi akurat sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna ketika mengetikan kata kunci di halaman pencarian Google, dan sebaliknya untuk para webmaster atau pemilik web/blog Google sangat menyarankan untuk membuat konten-konten yang bermanfaat, informatif dan yang pasti mendorong untuk melakukan optimasi (SEO) dengan catatan dilakukan secara natural, bukan suatu rekayasa.

    Baca: https://support.google.com/webmasters/answer/66356?hl=id

    Salah satu bentuk rekayasa yang tidak disukai dan dilarang oleh Google adalah JUAL BELI TAUTAN/LINK

    Kenapa gak boleh? Kalau saya ceritakan bisa panjang jadi saya persingkat saja ya.

    1. Untuk menentukan peringkat halaman website di mesin pencari Google menggunakan algoritma yang kompleks, yang tolak ukurnya terdiri dari banyak hal penting, salah satunya adalah BACKLINK! Jadi rekayasa backlink bisa mempengaruhi hasil halaman pencarian

    2. Apakah adil jika nantinya optimasi hanya untuk orang/institusi yang punya uang saja? bagaimana dengan pemilik web yang tidak mampu membeli hal-hal seperti tautan sebagai backlink?

    3. Nantinya mesin pencari akan dipenuhi sampah dan informasi yang tidak relevan, tidak informatif karena yang muncul di halaman pencari adalah yang terbanyak punya duit untuk membeli backlink

    Siapa yang rugi? siapa lagi kalau bukan pengguna internet.

    Mau jadi bagian rekayasa tersebut?

    Intinya SEO itu bukan sekedar backlink, DA menebal-nebalkan keyword saja karena pada hakikatnya SEO adalah kaidah dan cara untuk menyenangkan pengguna internet dengan

    1. Konten yang berkualitas, informatif dan bisa dipertanggungjawabkan misalnya menulis hal yang benar-benar kita pahami, apalagi jika berbentuk panduan atau tutorial

    2. Optimasi Onpage, contoh yang palilng gampang dan bisa dipraktekan oleh blogger awam adalah membuat halaman yang nyaman di mata pambaca (warna background, ). Nah, itu kata ahli bu, jadi kalau mau dipraktekan ibu bisa ganti warna latar dan tulisan dengan yang lebih nyaman dan pantas

    3. Optimasi Offpage, cari backlink tapi dengan cara yang wajar dan natural bukan melalui jual beli

    Intinya sih menyenangkan pengguna internet dan pembaca


    PS.
    Apa yang Ibu tulis disini mengandung kebaikan bagi pembaca, tapi sayang karena sebagian besarnya malah bias,tidak informatif dan malah cenderung misleading. Kalau saya tebak sih ibu ikut campaign salah satu website jual beli tautan bukan?

    Saya berharap bisa mengetuk hati ibu blogger yang terdalam untuk merevisi atau menghapus tulisan ini karena bisa menggiring persepsi yang salah tentang optimasi di mesin pencari.

    salam

    Blogger Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sini saya cuma sharing pengalaman sih. saya cuma menebak-nebak apa yang membuat DA saya bisa naik dari apa yang rutin saya lakukan. saya sudah menyatakan bahwa saya bukan ahlinya dan tidak menerapkan ilmu optimasi secara full kan, ya?
      btw, sebelum menulis ini saya sudah membaca artikel yang anda copas, lho. dan ternyata saya tetap menulisnya begini. mungkin jual-beli backlink yang kita maksudkan berbeda.
      terimakasih atas diskusi menariknya. jadi pingin bikin artikel tersendiri tentang ini. nanti kalau beneran jadi, mampir lagi ya. ditunggu komentarnya :)

      Hapus
  14. Saya suka riset hal yang ga penting .. contoh dua kasus

    Pemiliknya lebih terkenal dari pada situs nya . Tapi situsnya pas coba saya cek. DA-PA rendah, tapi pemilik situs itu sering dapat sponsor post/iklan

    Kasus kedua, Blog nya lebih terkenal dari pada pemiliknya, DA-PA nya tinggi Cuma pemilik nya kurang familiar, dan tidak pernah mendapat sponsor post.

    Kalo untuk Google,yah suka dengan DA/PA tinggi.
    Tapi kalo untuk menggaet sponsor/iklan, saya kira riset yang saya lakukan, populerkan diri dulu biar dilirik sponsor.

    Eh ini opini saja yaa
    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe lucu jg ya hasil risetnya.
      sepertinya saya tidak termasuk kedua kasus ini ya.
      karena saya tidak terkenal, DA-PA lumayan kalau menurut saya, dan saya pernah dapat sponsor post :)

      Hapus
  15. Saya sejak ikitan grup-grup share link jadi terdongkrak naik DA/PA blogku. Alhamdulillah yaa, terbantu banget.

    BalasHapus
  16. Wih, DA 31 dalam waktu 10 bulan? Keren loh, mba.

    Tapi aku setuju sama semua poinnya. Karena semua itu emang penting banget buat bikin blog populer.

    BalasHapus
  17. DA ku mengenaskan. Dan sekarang lagi berjuang untuk meningkatkannya. Terutama BW, beberapa bulan belakang dibilang jarang BW.

    BalasHapus
  18. Mengikuti aturan SEO, itu poin yang jadi PR besar saya, Mbak hehehe..
    Belum bisa optimal, baru sebagian kecil saja yang diterapkan. Untuk ke depannya semoga bisa lebih serius lagi, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      sama, SEO juga masih PR besarku :)

      Hapus
  19. Waaah, kereeen, DAnya udah 31 padahal baru 10 bulan...
    DA blog saya sediiiih, huhuhu...
    Harus rajin BW nih saya, selama ini BW semaunya dan sesempetnya ajah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp sih dikit dulu bw-nya yang penting rutin :)

      Hapus
  20. Pingin nanya yang nomer 3 Mak. Apa FB sekarang punya peraturan baru ya? Saya posting link blog saya sendiri kok dihapus hapusin sama fihak FB, dianggap spam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu. coba kasi caption yang berbeda tiap mau share link. moga berikutnya bisa share ke fb ya

      Hapus
  21. Tepat, emang itu semua yang aku pernah lakukan dulu. Tapi sekarang malas banget ngeshare-ngeshare, malas BW, malas main SEO makanya DA stuck di angka 32. Huhu. Dikau keren mak dari 17 melonjak 31.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. kalo dah segitu emang agak seret ya naiknya hihihi.. tetap semangat!

      Hapus
  22. Kadang penasaran sih pgn tau cek DA PA ku karenaaa selama ini ga prnh tau huahahaha.. Mungkin krn blog buatku hanya utk penyaluran hobi nulis dan memperluas kenalan, makanya ga terlalu merhatiin hal2 yg bersifat seo -_- . Tp walo gitu, tips mu di atas aku selalu praktekin mba. Tetep nulis sesuai niche dan semaksimal mungkin, rajin BW, share di sosmed, gabung komunitas.. Semata buatku supaya temen2 yg baca, jd mau balik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cek di seoreviewtools(dot)com.
      DA/PA mu 43/47 mbak. keren banget!

      Hapus
  23. Kalau daku yang paling sulit diterapkan itu, SEO. Pening kepala ngikuti trik trik SEO ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... ho oh. akhirnya ya diterapkan sebisanya dan senyamannya aja

      Hapus
  24. Sepakat Mbk, konten is king dan perlu diterapkan key word yang disukai Google hehe... jadi tips di atas keren banget.

    BalasHapus
  25. Eh, penting ini. Noted dan dipraktekkan ��

    BalasHapus
  26. Dari atas sampai bawah saya ga setujunya bagian beli backlink. hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. gpp. itu kan ga termasuk tips. melainkan salah satu cara saya memanfaatkan blog :)

      Hapus
  27. Nah aku tuh agak kurang telaten nih klo soal SEO memang kayaknya simple tp klo ga konsisten ya ga ngaruh yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mm.. insyaallah lumayan ngaruh sih walau belang-belang seo-nya hihihi..

      Hapus
  28. Wow naik jadi 31 dalam 10 bulan? Mantap lah. Menurutku sih back link itu masuk ke digital marketing ya. Sah2 saja asal konten tetap berkualitas tidak membohongi publik misal dengan klik bait atau copas sana sini. Pada intinya balik lagi ke konten kan? Konten enggak bisa bohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. selama memang kontennya bagus dan backlinknya emmakai keyword yang sesuai serta menuju pada situs yang sehat, ya malah bagus buat seo :)

      Hapus
  29. Membuat konten berkualitas itu ya penting banget emang :D
    Soalnya bagaimanapun ngeblog kan buat pembaca ya bukan buat robot. Ya walau di-SEO-kan jg penting sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bener. seo membantu kita agar artikel mudah ditemukan pembaca :)

      Hapus
  30. SEO itu bukan berarti bukan manusia yang cari, mbak. Tapi sebisa mungkin manusia manusia lain di luar sana yang menemukan blog kita lewat searching. Nah searching-nya pakai search engine seperti goole, bing dll.
    Jadi meski nulis biasa kalau menerapkan SEO On/Off Page tetap akan dibaca sama manusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. memang seo itu untuk membantu agar artikel kita mudah ditemukan pembaca kan.
      cuma kadang kalau kita mikir seo banget jadinya kata-kata yang dipakai terasa kaku. jadi yah kalau kepentok seperti itu biasanya aku memilih tetap mennggunakan kata-kata yang luwes untuk dibaca manusia. begitu maksudku :)

      Hapus
  31. DA itu bagaikan misteri yaaa... Saat ditunggu2 naik, dia diem aja. Giliran kita lelalh nungguin, dia naik sendiri hehehee....malah curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaaha.. ini dia salah satu yg menganggap DA adalah misteri. emang iya sih. ga bisa dipastikan juga kalau melakukan hal yg sama persis denganku akan mendapat hasil yang sama :)

      Hapus
  32. Kalau aku yang paling berasa bikin DA naik adalah dengan rajin blogwalking.

    BalasHapus
  33. Bener banget mbk, konten yang berkualitas emng perlu banget dibuat oleh para blogger, agar bisa memberikan efek positif terhadapat orang lain. Selebihnya bonus dari konten berkualitas kita. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. yang penting memberi manfaat buat sesama ya

      Hapus
  34. Aku nih stuck deh DAnya karena memang akunya juga belum konsisten nulisnya, tapi selalu diusahakan terus membuat konten yang bisa menjadi inspirasi atau referensi juga. Sekarang mau rajin lagi ah nulis blognya biar DA gak stuck.

    BalasHapus
  35. Dari semua printilan dunia perbloggingngan, yg paling susah aku pahami adalah SEO dan SEO mbak, sampe skrg masih berjuang bgt buat paham segala sesuatu tentang SEO.

    BalasHapus
  36. wah ini dia materi yang saya tunggu-tunggu tentang cara meningkatkan kualitas artikell di google search, BTW katanya asumsi pendorong SEO itu karena backlink juga ya

    BalasHapus
  37. saya baru aja mau nerapin yang ke 4. pasalnya saya udah nerapin langkah lainnya nih mbak. Awalnya saya ga mau bikin nama/url gitu karena takut dikira spaming. tapi saya liat dulu deh hasilnya gimana entar

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak spam kok kalau komennya relevan dengan isi artikel dan ga sama ke semua blog hihihii... :)

      Hapus
  38. Hehehehe aku gagal fokus dengan komen anonim yang panjang lebar dan luas.. hehe.. Tetep semangat berbagi aja mbak.. Apapun itu tetap bermanfaat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^