Pentingnya Bergabung dengan Komunitas Bloger


Awalnya, aku melihat logo Blogger Perempuan di blognya Mbak Ira Dunia Biza yang memang sering aku kunjungi. Maka terpikirlah olehku bahwa sepertinya bergabung dengan komunitas bloger itu sangat penting.

Aku menganggap bergabung dengan komunitas bloger merupakan gerakan selangkah lebih maju daripada pengalaman ngeblog-ku pada periode pertama dulu. Seperti yang kuceritakan di artikel #SayaNgeblogKarena: Alah Ngeblog Karena Cinta Mentok

Saat pertama kali aktif menulis blog, aku melakukannya sendiri. Benar-benar sendiri. Mencari ide sendiri, menulis sendiri, mengedit sendiri, menjawab pertanyaan sendiri, menyelesaikan masalah teknis sendiri tanpa ada teman berdiskusi.

Setelah melalui masa hibernasi dan kembali ngeblog di blog non TLD, aku mengubah gayaku dan berusaha untuk lebih intens bersosialisai dengan sesama bloger. Aku menyadari banyak hal yang berubah di dunia blog setelah aku vakum selama 4 tahun.

Bergabung dengan komunitas bloger adalah jawabannya. Blogger Perempuan merupakan komunitas bloger pertama yang aku ikuti. Aku merasa mantap bergabung karena melihat sosok-sosok bloger di dalamnya sangat inspiratif. Apa lagi sesama perempuan, hingga bergaul pun lebih nyaman.

Dan benar saja, aku mendapatkan banyak manfaat dari sini. Apa saja sih, manfaat dari bergabung dengan komunitas bloger? Secara singkatnya, pernah aku jadikan salah satu poin dalam artikelku: Ini 5 Caraku untuk Meningkatkan Peringkatku di Google. Rinciannya, antara lain:

1. Ilmu


Ya, dari sini aku mengetahui tentang tatacara menulis blog yang baik, tentang ilmu SEO yang terus berkembang dan berbeda dari saat aku menjalankan blog pertamaku, tentang peran media sosial yang dulu belum ada dan juga limpahan ilmu lainnya baik yang berhubungan dengan blog maupun tidak.

2. Ide Menulis


Writer's block adalah salah satu penyakit yang kadang mengunjungi para penulis. Ada saatnya penulis tidak tahu akan menulis apa. Padahal sebenarnya ide itu ada di mana-mana. Hanya kita yang kurang menggali.

Bergaul dengan sesama bloger akan menjalin hubungan timbal-balik yang membuka pikiran kita untuk menerima dan memberikan buah pikiran. Tak jarang, hal ini akan mencuatkan cipratan-cipratan ide yang tak disengaja untuk dituangkan dalam tulisan.

3. Motivasi


Saat kita menjalani sesuatu sendiri dan merasa malas atau lelah, maka aktivitas bisa benar-benar berhenti hingga kita sendiri yang bersedia memulainya lagi. Namun jika kita berkumpul dengan teman-teman sehobi, maka semangat kita akan senantiasa berkobar dan beresonansi satu sama lain. 

4. Memecahkan Masalah


Dulu, jika aku menemukan problem teknis, aku harus mencari sendiri solusinya dengan membaca dari satu artikel ke artikel lain yang disarankan mesin pencari. Namun dengan berkomunitas, solusi itu bisa lebih cepat kita dapatkan karena ada banyak teman yang siap membantu.


5. Mengatasi Jenuh


Apa yang kaulakukan dengan blogmu jika tidak bergabung dengan komunitas mana pun? Engkau hanya menulis dan menulis terus? Sampai pada titik tertentu, seluruh isi otak kita akan habis terkuras karena sudah tertuang seluruhnya. Dan rasa bosan pun bisa datang menyergap bahkan sebelum itu.

Menjadi anggota suatu komunitas bloger membuat kita mendapatkan pula aktivitas lain sebagai penyeimbang dari kegiatan menulis. Misalnya dengan membaca, memperbaiki desain blog atau mengelola media sosial untuk mendukung blog kita.

6. Potensi Diri


Berkomunitas membuat kita tersadar akan nilai diri. Kita akan melihat pencapaian bloger yang lain dan dapat meneladani langkah-langkahnya hingga sampai ke sana. Yang paling terasa adalah aku jadi menyadari bahwa ternyata banyak bloger yang sudah menerbitkan buku.

7. Jaringan


Otomatis ya, namanya bergabung di komunitas akan mendorong kita memiliki teman-teman baru yang sehobi. Jaringan pertemanan yang luas dari dulu merupakan modal berharga bagi kesuksesan. Apa lagi di era serba internet saat ini.

8. Promosi Blog


Salah satu manfaat memiliki sejumlah teman bloger adalah kita bisa saling mengunjungi blog. Membaca artikel, meninggalkan komentar dan menitipkan tautan blog kita di sana. Hal ini selain mempertebal kualitas interaksi juga meningkatkan otoritas blog kita di hadapan mesin pencari.

Di BP, ada tema khusus setiap harinya bagi artikel yang ingin dipromosikan. Sehingga kita bisa menitipkan tautan artikel kita di sana dan saling mengunjungi artikel yang setema. Hal ini juga memudahkan kita jika ingin mempelajari suatu tema tertentu yang telah ditulis para anggotanya.

9. Penghasilan


Menggandeng komunitas bloger adalah cara praktis bagi suatu brand ketika dia membutuhkan sejumlah bloger untuk bekerjasama memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Jika spesifikasi kita sesuai dengan yang dibutuhkan brand, maka kita pun bisa mendapat penghasilan dari blog.

Nah, Blogger Perempuan kemudian juga memfasilitasi para bloger agar mendapatkan kesempatan ini. Maka dibentuklah Blogger Perempuan Network yang keanggotaannya juga terbuka bagi kaum lelaki.

Untuk masuk ke sini, ada beberapa syarat tambahan terkait kualitas blog dan media sosial kita. Aku sempat berbulan-bulan berusaha untuk memenuhi kualifikasi tersebut hingga akhirnya lolos dan diterima sebagai anggota.

Ya, garis besarnya, komunitas bloger akan mendukung kemajuan pengalaman ngeblog kita. Jadi, sudah bergabung dengan komunitas bloger apa sajakah kamu?

Komentar

  1. Kok sama ya mbak, saya juga pengunjung setia dunia biza, he...he...

    BalasHapus
  2. banyaaak... BPN, IIDN, Estrilook Community, KEB, WB. wkwkwk...

    BalasHapus
  3. Setuju dengan 9 di atas, aku gabung GR, KEB, BPN, BCC, MBC dan IDC :)

    BalasHapus
  4. Aku lupa sih tau darimana. Tp emg kalo blogwalking ke temen2 komunitas itu jd kepikiran "Oh iya bisa ditulis jg ya hal2 kayak gitu". Hilang sudah writer's block nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama pemikiranku sama dek lulu. Halah kok manggil dek kan kita seumuran. Ahhaha

      Hapus
  5. Iya. Kerasa banget bedanya berkomunitas dengan enggak.

    BalasHapus
  6. Baru dikit yg kuikuti mbak. Dan pastinya memang dpt ilmu dan income tambahan :)

    BalasHapus
  7. Baru dikit yg kuikuti mbak. Pastinya nbah ilmu dan temen baru

    BalasHapus
  8. Setuju blogwalking bisa membantu memunculkan ide baru atau merefresh jalan pikiran yang buntu, ilmu dan jaringan sudah nggak usah diragukan lagi dengan komunitas semua akan berkembang lebih pesat :)

    BalasHapus
  9. Ah semuamya sama kaya akuu, terutama ilmu, itu ilmu kan mahal harganya, dan ilmu itu bisa kita dapetin di BPN. Anyway, selain BPN, aku gabung sama IFB sama KBBV

    BalasHapus
  10. Aku baru bergabung di dua komunitas blogger bun hehe

    BalasHapus
  11. Seruuu ya gabung BPN salah satunya kecipratan rejeki blogging 😁😁

    BalasHapus
  12. Memang seru gabung komunitas jadi semangat ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^