Jalan-Jalan ke Kebun Binatang Semarang, Yuk!

Mumpung belum masuk ke jadwal Pemilu dan Bulan Puasa, TPQ (Taman Pendidikan Quran) di komplek perumahan tempat aku tinggal mengadakan acara outing class ke Kebun Binatang Mangkang, Semarang. Selain untuk melepas jenuh, juga untuk menambah pengalaman bagi anak.



kegiatan tpa
Pin tanda pengenal peserta outing class ke Kebun Binatang Semarang

Sekilas Tentang Kebun Binatang Semarang

  
Kebun binatang ini merupakan tempat konservasi satwa yang memadukan konsep edukasi dengan konsep rekreasi. Sudah beroperasi cukup lama, yaitu mulai Februari 2007. Kawasan seluas 8 hektar ini memiliki 250 jumlah satwa dari 50 spesies di dalamnya.

kebun binatang semarang mangkang
Pintu Masuk Kebun Binatang Semarang

Berlokasi di tempat strategis beralamat Jalan Raya Semarang - Kendal Km. 17, Semarang 50155. Tepatnya di depan Terminal Bus Mangkang Semarang dan berbatasan dengan Kabupaten Kendal. Area wisata ini cukup ramai dikunjungi  dengan jumlah pengunjung rata-rata 280 ribu per tahun.

kebun binatang semarang mangkang
Loket Kebun Binatang Semarang

Buka setiap hari jam  08:00 – 17:00. Harga tiket masuknya? Saat ini hanya 10.000 rupiah untuk Senin - Jumat dan 15.000 rupiah untuk Hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional. Ada harga khusus lho, untuk rombongan di atas 30 orang. Yaitu diskon 10% dengan tiket gratis untuk maksimal 5 pendamping!

Fasilitas umum yang tersedia di area wisata ini, antara lain: 
  • Lahan parkir, daya tampungnya cukup untuk 15 bus, 125 mobil dan 1100 sepeda motor 
  • Toilet bersih 
  • Musala dekat loket masuk
  • Ruang kesehatan 
  • Area merokok
  • Kedai makan, termasuk rumah makan apung 
  • Kios cinderamata 
  • Museum satwa 
  • Dokter dan Polisi pariwisata


kegiatan tpa
Rombongan Outing Class TPQ

Wow, pantas saja ya, kalau kebun binatang ini menjadi incaran pengurus TPQ kami untuk menjadi destinasi outing class. Selain harga tiketnya murah, fasilitasnya juga lumayan lengkap. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di sini?

Beragam Aktivitas di Kebun Binatang Semarang


Mengenal Aneka Satwa


kijang
Kijang Muncak

Tentu saja ini adalah tujuan utama kita ke sini, ya. Anak-anak jadi lebih mengenal dan dapat melihat langsung dari dekat berbagai jenis hewan Nusantara yang dilindungi di sana. Banyak di antaranya yang tidak mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

orang utan
Orang Utan yang langsung beraksi melihat banyak orang

Ada aneka kijang, Si Cantik Merak, Si Unik Walabi dari Papua, Si Garang Harimau dan masih banyak lagi hewan-hewan menarik lainnya. Seperti Orang Utan lucu satu ini. Ia langsung berjalan ke tengah panggung dan menengadahkan tangannya begitu orang-orang berkerumun menontonnya.

elang bondol
Papan keterangan Elang Bondol

Aktivitas mempelajari hewan-hewan di sini jadi lebih mudah karena adanya papan keterangan di setiap sangkar hewan. Sehingga kita dapat mengenal tentang seluk-beluk hewan ini secara umum. Seperti yang tampak pada bagian depan sangkar Burung Elang Bondol khas Jakarta ini, misalnya.

tata tertib kebun binatang
Tata tertib kebun binatang

Berhubung ini adalah kawasan wisata sekaligus perlindungan satwa, maka para pengunjung tidak boleh melakukan sesuatu yang dapat membahayakan diri maupun satwa. Perhatikanlah hal-hal berikut ini ketika pergi ke kebun binatang Semarang dan kebun binatang lain pada umumnya:

  • Hindari kontak langsung dengan hewan, terutama yang di dalam kandang
  • Jangan mengganggu atau mengejutkan hewan yang sedang beristirahat
  • Memberi makan ke hewan secara sembarangan
  • Membuang sampah di tempatnya 

Kereta Wisata


kereta wisata
Kereta wisata Kebun Binatang Semarang

Begitu memasuki area kebun binatang, para pengurus TPQ langsung memutuskan bagi rombongan kami untuk naik kereta wisata dulu. Mumpung masih sepi. Untuk menikmati fasilitas ini, kita perlu merogoh dompet sedalam 10.000 rupiah. Kita diajak berkeliling mengitari kebun binatang.

E-Bike (Skuter Listrik)


Jika ingin lebih bebas mengambil rute menjelajah kebun binatang ini, kita juga bisa menyewa E-bike (skuter listrik). Tarifnya senilai 25.000 rupiah.

Becak Air, Perahu Motor dan Perahu Kano


becak air
Becak air di Kebun Binatang Semarang

Kalau mau menyusuri perairan berupa danau buatan di sini, kita bisa menggunakan salah satu dari ketiga fasilitas di atas. Harga sewanya sekitar 5.000 rupiah. Kita akan meluncur bersama para burung pelikan yang berenang bebas dan dapat mengamati aksi para monyet penghuni pulau di tengah danau.

Waterboom


Mau yang lebih basah? Main saja di Waterboom. Biayanya hanya 10.000 rupiah untuk usia 3 tahun ke atas. Kedalaman kolamnya hanya 40 dan 60 cm. Jadi sangat aman dan nyaman bagi anak-anak. Dilengkapi dengan wahana bermain seperti ember tumpah dan papan luncur setinggi hanya 90 cm.

Di sekitarnya, juga disediakan sarana rekreasi pendukung, seperti: penyewaan pakaian renang, toilet bilas, kedai makanan, taman yang luas dan teduh, museum pesawat terbang, kolam pasir putih dan kolam batu terapi.

Foto-Foto



Ada banyak spot foto menarik yang disediakan di sini. Mulai dari kolam air mancur mini, jajaran payung warna-warni, juga foto bersama hewan terlatih seperti burung, ular, anak harimau dan Gajah Sumatera. Biaya berfoto bersama hewan-hewan ini senilai 20.000 rupiah.

aktivitas di semarang
Foto bersama gajah langsung jadi


Memberi Makan Rusa


memberi makan hewan
Kita bisa memberi makan hewan rusa dengan rumput yang sudah disediakan

Kita masih bisa kok, ikut membantu memberi makan hewan di sini, yaitu rusa. Di depan salah satu kandang rusa, disediakan tumpukan rumput yang bisa dimakan langsung oleh para rusa maupun kita bantu dengan memberikannya melalui tangan kita.


Flying Fox


flying fox
Flying Fox di Kebun Binatang Semarang hanya 10.000 rupiah

Sering disebut juga Zip Line. Ini memang merupakan permainan yang sangat digemari oleh anak-anak atau pun dewasa. Memang permainan ini mengandung unsur tantangan sekaligus relaksasi, ya. Di sini murah saja lho, tarifnya. Hanya 10.000 rupiah!

Rumah Balon dan Aneka Permainan



Melengkapi kegembiraan di sini, terdapat pula berbagai pilihan permainan di dekat pintu keluar, seperti Rumah Balon, kereta-keretaan, helikopter dll. Masing-masing bisa dinikmati dengan tiket 10.000 rupiah.

Fasilitas Gratis Lainnya


area bermain anak
Area bermain anak

Tidak semua kesenangan tambahan di sini harus ditebus dengan membayar, lho. Masih ada beberapa sarana asyik untuk dinikmati secara gratis. Seperti area bermain anak yang luas ini dan juga museum satwa. Seru sekali! Anak-anak begitu betah berlama-lama di kedua tempat ini.

Piknik dan Makan Bersama


makan piknik
Piknik di Kebun Binatang Semarang

Usai berkeliling melihat-lihat hewan dan bermain, kami pun berkumpul di lahan lapang dekat pintu masuk ini. Kami menggelar tikar dan makan bersama. Ya, walaupun di sini disediakan banyak kedai, namun pengunjung juga diizinkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri.

Kios Cinderamata


Menjelang pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh di sepanjang jalan keluar. Ada banyak pilihan mainan dan perlengkapan anak yang bisa dibawa. Soal harga, jangan kawatir! Semua dengan harga wajar sehingga tak perlu ditawar. Penjualnya pun sangat ramah dan memberikan pelayanan terbaik.

Kesanku Tentang Kebun Binatang Semarang



Tadinya, aku sempat kurang antusias sebenarnya menuju ke sini. Aku membayangkan kebun binatang ini sepi dengan koleksi hewan yang minim dan tak terawat. Namun setelah melihat sendiri, tampaknya asumsiku langsung terbantah.

Memang jumlah jenis hewan di sini tidak sebanyak yang dimiliki kebun binatang-kebun binatang yang pernah aku kunjungi sebelumnya. Namun semuanya terawat dengan baik walau dalam sangkar yang sederhana. Tentu saja perlu dipertimbangkan pula dari sisi tiket masuknya yang murah, ya.


Selain itu, ternyata atraksi di sini cukup lengkap dan menyenangkan. Semua dapat ditebus dengan harga yang pantas. Anak-anak sangat puas bermain di sini. Bahkan, ingin kembali lagi suatu hari. Kebun binatang manakah yang paling berkesan dalam hidupmu?

26 komentar

  1. Wah... Asyik banget jalan-jalan ke kebun binatang. Belajar tentang hewan.
    Suasananya juga menyenangkan & fasilitasnya lengkap.

    Terima kasih Kakak.

    Salam.

    BalasHapus
  2. Sepertinya anak-anak kalo dibawa ke kebun binatang, ga cukup hanya buat liat-liat binatang, tapi juga mesti malakukan beberapa aktifitas dan berbagai permainan...ini yang bikin seru

    BalasHapus
  3. Kalau kebun binatang/tempat publik gini bersih & terjaga gini seneng yaa... yg dateng jg harus ikutan jaga ngga buang sampah sekitaran, soalnya aku pernah ke kebun binatang Bandung, udah tempatnya sedih, banyak sampah udah gitu aku liat yg dateng masa ngelempari harimaunya sama batu huhuhuhuhu jahat deh, padahal kan harusnya dijaga & dipelihara jg binatang2nya...

    BalasHapus
  4. Waaahh sudah berapa lama ya aku enggak ke bonbin ini. Anak lanang pas PAUD dan TK pikniknya kesana tapi yg nemenin budhenya waktu itu. Bagus juga ya, macam2 wahananya meskipun binatangnya enggak banyak. Anak2 seneng banget lah kalau fasilitasnya udah makin diperbagus gini.

    BalasHapus
  5. Wah wahana permainannya banyak sekali ya, jadi banyak pilihan buat pengunjung terutama anak-anak.

    BalasHapus
  6. EH ini udah lama belum ya kebun binatangnya? Kok aku baru tau di Semarang ada kebun binatang, hihi. Sepertinya seru untuk ajak anak2 bia rlihat langsung aneka binatang :D

    BalasHapus
  7. Assiiknya jalan-jalan ke Kebun Binatang.
    Aku terakhir kali ke Bonbin kapan yaa..?
    Pas ambil raport anak-anak gitu yaa..

    Hehehe...
    Mama males ke Bonbin Bandung, karena tracknya naik-turun.
    Lelaah hayati...

    BalasHapus
  8. Wah..baru tahu semarang ada kebun binatangnya. Tiketnya murmer ya...dan lumayan bagus. Kalau gembiraloka jogja 35rban kalau tidak salah..tapi memang lebih besar sih, dan wahananya juga banyak...senengnya ke kebun binatang tu bisa sekaligus belajar ngenalin binatang ke anak2, jadi piknik sekaligus belajar...

    BalasHapus
  9. Sekarang kurang berapa minggu lagi ya puasa? keren juga idenya, outing bareng ke kebun binatang supaya anak-anak juga semangat ya. Saya pernah nich lewat doang kebun binatang Semarang, lengkap juga isinya ya, ada play ground untuk anak-anak.

    BalasHapus
  10. Lumayan komplit ya mbk kebun binatang Semarang. Nggak hanya bisa lihat aneka satwa aja, tapi bisa main waterboom dan banyak lagi. Nggak ketinggalan, makan bareng ya haha. Aku juga gitu biasanya

    BalasHapus
  11. Ini Ada play ground nya juga mba Lumayan ini bikin betah anak2 hbs seru2an liat binatang main menikmati fasilitas permainan nya juga

    BalasHapus
  12. Puas banget deh wisata di kebun binatang Semarang, tiket masuk terjangkau dan bisa dapat pengetahuan plus arena bermain buat anak2
    komplit banget deh ini mbak hheee
    Makasih sharingnya Mbak Farida

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti cocok banget buat anak-anak :)

      Hapus
  13. Selama ini seringnya main di Gembira Loka Zoo aja sih :D Kalau udah tau kek gini ada kebun binatang di Semarang, next time mau main dah ke sini.

    BalasHapus
  14. Ragunan!
    Kebetulan beberapa tahun lalu (2006 s/d 2007) kami pernah jadi warga Kemang Selatan, dan akses ke Ragunan lumayan dekat dari sana.

    Saat itu usia putriku, Yasmin menjelang 6 tahun, masa tumbuh kembang di mana rasa mandiri dan hasrat eksplorasi dominan banget!

    Jadi, doi sangat bersuka cita banget diajak ke sini karena ini adalah pengalaman pertama ke kebun binatang, apalagi koleksi hewannya banyak dan areanya cukup luas.

    Yasmin sering meloncat-loncat kegirangan sambil sesekali
    berlari-lari ke sana kemari mengekspresikan gejolak hatinya

    BalasHapus
  15. Semarang zoo luasnya 8 hektar yak. Wooo anak2 puas banget bisa lihat2 aneka satwa di sana. Semogansepuoangnya jadi makin sayang dan peduli dengan hewan2 di sekitar yaaa, kalau mereka juga makhluk hidup yang wajib kita sayangi

    BalasHapus
  16. Sepertinya kebun binatang selalu menjadi pilihan yang menyenangkan bagi anak-anak ya.

    BalasHapus
  17. Kalau mudik dari Jakarta ke arah Madiun+Kediri - sebelum ada tol- selalu maceeeet parah di depan kebun binatang Semarang Mangkang.
    Pantas saja..pengunjungnya banyak ternyata terawat tempatnya.
    Bagus ini..karena kebun binatang yang lain masih banyak yang kurang terurus.
    Tujuan wisata yang pas buat liburan barenag keluarga

    BalasHapus
  18. Semarang ada kebun binatange yo
    Di sini anak-anak juga senang kalau ke kebun binatang, apagi hewane sehat-sehat ����


    Yang berkesan di aku itu pas ke singapore zoo. Berkesan harga mekdi kok larang men ���� tau gitu bawa bekel.

    BalasHapus
  19. Aku malah belum pernah ngajak anak2 main ke kebun binatang di Semarang. Hihi.
    Padahal mereka pengen.

    BalasHapus
  20. Udah lama ga piknik ke kebun binatang, ternyata tempat wisata ini masih jadi favorit masyarakat ya. Dulu sempat males karena kasihan banyak hewan yang kelihatan kurus gabterawat, tapi itu cuma ulah oknum dan di kebun binatang tertentu aja. Sekarang kayaknya manajemen kebun binatang sudah lebih baik.

    BalasHapus
  21. Penampilannya mirip kebun binatang Ragunan, Mbak. Mirip banget kayak pintu masuknya juga. Kebun binatang ini salah satu yang paling sering kami kunjungi. Sampai usia anak kedua 8 tahun, kami sudah ke Ragunan 5 kali, Bonbin Surabaya, Yogya, Bandung, Taman Safari 3 kali. Wah, pokoknya fans berat animal planet deh, wkwkwkw

    BalasHapus
  22. Anakku kalau diajak main ke Kebun Binatang pasti senang sekali, karena jadi bisa tau jenis-jenis binatang yang hanya dia lihat di tv atau youtube. Suka ketagihan dia kalau diajak kesini.

    BalasHapus
  23. Aku loh sejak kebun binatang pindah di Mangkang tuh malah belum pernah sekalipun kesana. Anak-anak juga udah gede waktu pindah masih kurang terurus. Sekarang alhamdulillah udah bagus kalo lihat foto-fotonya

    BalasHapus
  24. Harga tiket masuk ke kebun binatang di Semarang cukup terjangkau ya, anak-anak pun senang melihat aneka satwa yang ada. btw saya baru tahu kalau di Semarang ada kebun binatangnya juga hehehe

    BalasHapus
  25. Waaah .. itu diaa .. ada anak macan yang bisa diajak foto bareng.
    Aku pengin banget punya dokumen foto lagi manjaan sama anak macan gitu, kak 😁

    Dulu waktu ke taman safari Cisarua, niatanku juga pengin berfoto bareng sama anak macan ..., ngga taunya sampai disana ... anak macan ukurannya udah gedeee ..., hampir kayak macan dewasa.

    Mending dia diam, keliatan mondar mandir gelisah.
    Meski dirantai sih ..., tapi ngeper juga lihat gerak-geriknya wwwwkkk ...
    Jadinya kubatalkan foto bareng dia ..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^