Kamis, 25 April 2019

Tentang Sebuah Nama, Maryam

Dari Abu Darda’, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian” (HR. Abu Dawud, Ad-Darimi dan Baihaqi)

Setiap orangtua tentu memiliki alasan tersendiri saat memberi nama anak. Tak jarang, ada kisah unik di balik pemilihan sebuah nama. Nah, kali ini aku mau bercerita tentang asal mula dipilihnya nama Maryam untuk putri bungsu kami.

maryam


Memberi Nama Adik, Menjadi Hak Istimewa Kakak


Tradisi ini bermula sejak kelahiran anak keempat. Begitu lahir, kami memberikan Si Sulung kesempatan memilih nama untuk adik laki-lakinya yang baru. Saat itu, usia Si Sulung 7 tahun lebih. Ini adalah salah satu usaha kami untuk menciptakan ikatan cinta kakak beradik.

Hal ini berlanjut pada anak kelima. Kali ini, kakak-kakak yang lain mulai ikut berebut ingin memberi nama. Ada 2 nama kandidat untuk Sang Adik, Ibrahim dan Musa. Maka keputusan diserahkan pada bayi. Lho, bagaimana caranya?

Kami bertanya pada Adik Bayi, dia suka punya nama yang mana? Bayi diminta memberi tanda atas pilihannya. Kalau tangannya ke atas, artinya dia suka nama Ibrahim. Kalau tangannya ke depan, maka nama yang dipilih adalah Musa. Dan tangannya pun ke atas!

Hak Istimewa yang Penuh Kejutan


Nah, untuk Si Bungsu Sang Anak Keenam ini, kesepakatannya jika dia perempuan maka yang memberi nama adalah Putri Ketiga. Sedangkan jika laki-laki, maka yang memilihkan namanya adalah Putra Keempat.

Sebenarnya, mereka berdua ini sangat mengharapkan adik perempuan, karena belum memilikinya. Bahkan, mereka memprovokasi Si Kelima untuk menginginkan adik perempuan juga, "Kan, kamu juga belum pernah punya adik perempuan." Ya iyalah, bontot ini. Hahaha ...

Sayangnya, saat USG pertama, kata dokter jenis kelamin Sang Janin adalah laki-laki. Sedangkan USG-USG berikutnya tidak pernah berhasil melihat jenis kelaminnya dengan jelas, karena selalu tertutup posisinya.

Putra Keempat menjalankan tugasnya memikirkan nama laki-laki untuk adiknya. Tak disangka, hadir kejutan membahagiakan bagi semua. Ternyata bayi yang lahir adalah perempuan. Antara panik dan gembira, Putri Ketiga mencari nama untuk adiknya.

Baca juga: [Cerpen] Rezeki Sang Bloger


Maryam, Nama Pilihan


Nama ini dikenalnya dari kisah Nabi Isa alayhissalam yang sering ia baca dan tonton. Sspertinya kesan yang begitu mendalam di benaknya tentang sosok Ibunda Maryam adalah kedudukannya sebagai ibu dari seorang nabi, dengan sebuah cara yang ajaib, tanpa suami.

Tentu saja, nama yang dipilihnya sangat bagus. Mengingat berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Ibunda Maryam, antara lain:

1. Salah Satu dari 4 Perempuan yang Sempurna


“Yang sempurna dari kaum lelaki sangatlah banyak, tetapi yang sempurna dari kaum wanita hanyalah Maryam binti Imran, Asiyah binti muzahim, Khadijah binti khuwailid dan Fatimah binti Muhammad.” (HR Bukhari)

2. Satu-Satunya Perempuan yang Namanya Disebut dalam Alquran


Bukan hanya itu, bahkan namanya menjadi nama salah satu surat dalam Alquran, yaitu surat ke-19. Sebagaimana nama keluarganya yang diabadikan sebagai nama surat ke-3. Mengingatkan pada kita bahwa perempuan terbaik hanya akan lahir dari keluarga terbaik.

3. Sangat Terkenal di Dunia


Lebih dari 3/5 penduduk dunia saat ini, terutama umat Islam dan Nasrani, tahu namanya. Tentu saja dalam berbagai varian gaya bahasa seperti Maria, Marie, Mary, Mariah, Mariam, Meriam, Miriam, Marian, Maureen ...

4. Taat Beribadah dan Menjaga Kesucian


“Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” (QS. Al-Imran: 42)

Bukan tanpa alasan jika Ibunda Maryam begitu agung kedudukannya. Beliau memang berasal dari keluarga yang salih dan telah diserahkan sebagai pelayan Allah sejak dalam kandungan. Hari-harinya hanya diisi dengan beribadah tanpa ternoda dari pria asing.

5. Sabar dengan Ujian Allah


Terlahir dari keluarga terhormat dengan tindak-tanduk yang terpuji ternyata tidak otomatis membuat Beliau hidup mulia selalu. Ujian hamil tanpa suami tentu benar-benar saat menimpa perempuan suci seperti Beliau.

Perjuangan Beliau dalam menghadapi tekanan selama mengandung, melahirkan, merawat, membesarkan dan mendampingi putranya dalam dakwah hingga akhir hayatnya sungguh tiada bandingan.

Meme, Nama Panggilannya



Iya, selain Maryam, Putri Bungsuku ini juga sering dipanggil Meme. Kalau dalam video, kakaknya tidak tahu alasannya mengapa dipanggil begitu. Maka, aku beri tahu, ya. Panggilan Meme ini dipakai karena 3 alasan, yaitu:

1. Nama Pendek dari Nama yang Diberikan Bunda


Bundaku alias neneknya Maryam, biasa memanggil Maryam dengan sebutan Meriam, seperti jika kita menyebut nama Meriam Bellina. Suku pertama nama Meriam inilah yang diambil sebagai nama kecil Maryam.

2. Berarti 'Adik Perempuan'


Menurut bahasa apa? Mungkin di antara kalian sudah bisa menebaknya dengan benar, ya dari Bahasa Mandarin, Mei Mei. 

Mengapa Mandarin? Berhubung sebenarnya memang aku ada garis keturunan Suku Tionghoa. Herannya, di antara keenam anakku, baru Maryam inilah yang mewarisi mata kecil yang khas itu. Wajar saja jika kami sangat suka melekatkan panggilan itu padanya.

3. Menggambarkan Makanan Idaman Selama Hamil


Memangnya mengidam apa saat aku hamil Maryam? Ada beberapa. Salah satu yang terkuat adalah Lunpia Cik Me Me. Mungkin karena aku baru tinggal di Semarang lagi dan lunpia ini adalah inovasi terbaik yang pernah aku kenal di jagat lunpia.

Baca juga: Lunpia Cik Me Me, Ikon Kuliner Kota Semarang.

Itulah kisah tentang nama Maryam yang disandang Putri Bungsuku. Kamu tentu punya cerita yang tak kalah menarik tentang nama Si Kecil, kan? Berbagi yuk, di kolom komentar!

29 komentar:

  1. Nama yang sangat terkenal di dunia.
    Wah saya salut, dalam memberi nama ternyata ada mufakat atau musyawarah dengan kakak-kakaknya.

    BalasHapus
  2. Nama yang luar biasa. sejarah namanya juga ada. kalau nama hasil kesepakatan pasti pemilik nama ketika besar pasti senang.

    BalasHapus
  3. Aiiih, Maryam nama yang cantik sekaligus dalam maknanya Mbak. Semoga doa yang baik dalam nama ini terkabul ya Mbak.... Oiyaaa, kebiasaan memberi kesempatan pada anak memberi nama buat adiknya sangat menarik, saya baru kepikiran loh.... :)

    BalasHapus
  4. Wah..kebiasaan yg bagus ya mba.. melibatkan kakak-kakak utk memberi nama adik.. Dalam sayang utk si cantik Meme Maryam ya..

    BalasHapus
  5. Waktu punya anak pertama, pengin banget memberi suatu nama kepada anak tersayang. Tapi pas diskusi sama suami, dibilang nama itu kurang baik artinya. Ya udah akhirnya suami aja yang ngasih nama putri pertama kami. Hihiii... aku tidak punya andil pas merancang nama anak pertama. Alhamdulillah namanya memiliki arti yang sangat bagus.

    BalasHapus
  6. Pengen suatu saat ketika punya anak cewe diberi nama maryam, nama yang cantikk

    BalasHapus
  7. wah kakak-kakaknya ikut berperan ya memilihkan nama, pasti kakaknya senang dan tambah sayang ke adiknya. Anakku waktu mau punya Adek masih kecil jadi belum bisa diajak diskusi mencari nama hehehe

    BalasHapus
  8. Pintarnya si kakak bisa memilihkan nama yang cantik buat adiknya. Maryam itu nama yang ounpu arti bagus ya mba.

    BalasHapus
  9. Wah Meme.. waktu lihat YouTube nya.. jangan-jangan gara-gara Lunpia Cik Meme.. hehe. Dulu pas ke sana masih hamil Maryam ya mbak kayanya?

    Btw, kalau dikasih anak cewek lagi, aku juga pengen kasih nama Maryam.. :) Tapi kok anak temenku banyak banget yang anak perempuannya bernama Maryam. Ntar kalau kumpul Kita panggil barengan, semua yang bernama Maryam langsung mendekat ya.. hehe. Barakallah ya Maryam.. sehat selalu..

    BalasHapus
  10. Kompak ya kakak yang kasih nama buat adiknya....Tapi yang aku tahu lho Mbak, ini tuh salah satu cara supaya mengurangi kecemburuan terhadap adik baru. Si kakak diberi kewenangan untuk memilih nama adiknya. Jadi one day orang tanya namanya siapa,nanti bisa dibilang "iya kakak yg kasih nama" :)

    BalasHapus
  11. Wah nama Maryam itu bagus banget mbak. Inspiratif. Diambil dari sosok shalihah dan luar biasa hebat. Salah satu wanita yang menjaga kehormatan diri dan diabadikan dalam quran

    BalasHapus
  12. mantap mba kasih kesempatan buat kakaknya kasih nama xixixi bagus nama Maryam dan panggilannya Meme lalu salfok sama lumpia cik Meme jadi pengen lumpia deh

    BalasHapus
  13. Senang banget mbak punya tradisi memberikan nama kepada adik oleh sang kakak karena menjalin ikatan yg baik satu dengan yang lain. Menarik juga kalau tangan ke atas namanya siapa kalau tangan ke depan pilihan namanya siapa hehe. Lucu banget mbak.

    BalasHapus
  14. Ya Allah aku baru tahu kalau nama Maryam ini satu satunya nama yang disebutkan dalam Al quran, mba. Smoga si cantik selalu sehat ya

    BalasHapus
  15. Cantiknya arti dan makna nama anaknya mba. Aku sama suami juga mencari nama yang penuh doa dan pengharapan untuk anak-anak kitaaa

    BalasHapus
  16. Suka deh dengan nama Maryam. Aku dulu waktu kuliah kepengen punya anak perempuan namanya Maryam. Soalnya ada temen seangkatan bernama Maryam yang cantik dan soleha. Tapi keburu lupa. Eh, banyaknya anak cowok pula. Makin lupa. Tulisan ini ngingetin lagi. :D

    BalasHapus
  17. Halo adek Maryam, cepat tumbuh gede ya Dek sehat terus
    jadi anak sholehah. Memang ya Mba Maryam itu sungguh ujian sabarnya luar biasa dulu aku baca kisahnya. Beliau belum meninggal ya tapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah meninggal.
      yang masih hidup adalah anaknya, Nabi Isa alaihissalam

      Hapus
  18. Wah jd yang kasi nama kakaknya ya mbak.
    Maryam emang perempuan istimewa. Nama yang bagus mbak.
    Hehe dipanggil meme krn dr Bhs Mandarin artinya adek ya?

    BalasHapus
  19. Kaka, mashaAllah~
    Senang sekali menyambut adik baru.

    Anakku gak ada yang mau punya adik yaa..
    Apa mereka cukup hanya berdua?

    BalasHapus
  20. nama adalah doa dan harapan orang tua pada anaknya yaa, Mba, karena itu orang tua pasti memberikan nama yang baik pada anaknya :). Btw, saya juga suka nama Maryam :)

    BalasHapus
  21. Namanya bagus-bagus yaa,, untuk pemilihan nama juga hati-hati ya kak soale nama juga katanya sebuah doa hehe.

    BalasHapus
  22. Tradisinya unik ya . Kakak diberi kesempatann berpendapat dalam memilih nama untuk adeknya.

    BalasHapus
  23. Wah baru denger saya mbak kalau kakak2 dilibatkan dalam pemilihan nama untuk adiknya. Menarik.

    BalasHapus
  24. Membuat nama anak saya selalu galau hahaha...pengen bagus supaya jd doa yg bagus2...si bungsu sampai sempat ganti2 dulu sblm.ditetapkan heu..

    BalasHapus
  25. Ya Alloh lucu bgt nama panggilannya Mak, semoga semua doa kebaikan utk Maryam aamiin

    BalasHapus
  26. Wah, seru juga ya ketika si kaka dapat kesempatan memberi nama untuk adiknya. Aemoga akan menjadikan ikatan yang luar biasa untuk mereka.

    Suka sedih jika melihat film yang menceritakan perseteruan atau saudara. Padahal saya yakin, ada banyak kisah persaudaraan yang erat antara kakak dan adik. Semoga mereka semua menjadi anak soleh.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^